20 Tempat Rekreasi Di Turki Favorit Wisatawan Dunia

Siapa sih yang tidak mengenal Turki? Negara yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kalangan traveler. Selain keindahan alamnya, Tempat Bersejarah Di Turki juga tidak terhitung jumlahnya.

Tempat rekreasi di Turki tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bangunan Bersejarah Di Turki dengan perpaduan Eropa dan Asia mampu menciptakan kesan unik, belum lagi sisa-sisa sejarah kejayaan Islam di masa lalu. Inilah beberapa alasa mengapa traveler dari berbagai negara memimpikan liburan ke Turki.

Jika anda salah satu orang yang ingin liburan ke Turki, berikut ini rekomendasi tempat rekreasi di Turki yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan anda.

1. Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia adalah kawasan bersejarah yang menjadi favorit wisatawan ketika liburan ke Turki.

Memiliki alam yang indah, dengan balon udara yang berwarna-warni membuat suasa di tempat ini menjadi semakin memukau.

Tidak perlu banyak alasan mengapa tempat rekreasi di Turki ini selalu menarik jutaan wisatawan dari negara lain. Berbeda dari kota lainnya di Turki Cappadocia menawarkan area perbukitan berbatu dengan formasi unik yang mengingatkan cerobong peri di negeri dongeng.

Yang lebih unik adalah seluruh rumah penduduk di tempat terbuat dari pahatan batu. Berada di Anatolia Timur, tempat ini memiliki iklim kering karena berada di dataran tinggi sekaligus daerah pedalaman yang memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter.

Salah satu yang terkenal adalah Goreme National Park yang merupakan sekumpulan rumah penduduk yang terbuat dari batu yang berbentuk piramida pipih. Di kawasan ini pula terdapat Goreme Open  Museum yang merupakan kompleks gereja kuno dengan arsitektur yang mengagumkan.
Di kota yang unik ini banyak restoran yang menjual menu Makanan Khas Turki.

2. Teater Aspendos

Teater Aspendos

Jika selama ini Italia dikenal memiliki Colosseum, Turki juga memiliki bangunan yang serupa loh. Walaupun bangunannya memang tidak semegah Colosseum di Roma, Italia. Teater Aspendos terletak di Kota Anantalya, bangunan ini memiliki bangku yang terbuat dari bebatuan dan tertata rapih.

Bangku-bangku tersebut menghadap ke panggung utama yang terlihat megah yang merupakan balkon-balkon. Pada jaman dulu Kota Anantalya adalah Kota Aspendos yang sudah berdiri sejak abad ke 5. Teater tersebut juga ditujukan bagi pertunjukkan romania pada zaman itu.

Teater Aspendos dibangun sebagi hadiah untuk raja dan Dewa Roma ketika itu, bangunan ini dibuat oleh Zenon pada tahun 155 SM atas perintah Marcus Aurelius. Yang paling mencengangkan adalah bangunan teater ini memiliki tinggi mencapai 315 kaki, yang setiap tahunnya menjadi tempat pertunjukkan musik maupun tarian.

3. Pamukkale

Pamukkale

Kota kecil di sebelah barat Turki ini memiliki tempat wisata alam sekaligus sejarah yang sangat terkenal.

Tempat rekreasi di Turki yang berada di kota ini berupa sumber mata air panas yang kaya akan kandungan mineral berwarna biru kehijauan.

Memiliki suhu yang berkisar antara 35 derajat hingga 100 derajat selsius. Air mineral tersebut mengalir ke lembah yang memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Tebing lembah tersebut membentuk teras berundak dengan 17 kolam air panas dan memiliki dasar hingga dinding kolam yang terlapisi kristal putih bersih seperti salju.

Kolam ini sering disebut juga dengan Cleopatra’s Pool atau kolam renang Cleopatra karena menurut kisahnya sang ratu Mesir tersebut pernah berenang di kolam ini. Diperkirakan sumber mata air panas ini terbentuk 400.000 tahun yang lalu akibat dari serangkaian gempa yang mengakibatkan pergeseran tanah di lembah Sungai Menderes.

Hal tersebut menyebabkan air panas di dalam perut bumi yang mengandung mineral meluncur ke permukaan bumi. Air mineral yang mengalir tersebut lalu menguap karena sinar matahari lalu mengakibatkan terbentuknya kristal putih yang lama kelamaan mengendap dan membentuk teras, stalaktit, dan kolam.

4. Kastil Bodrum

Kastil Bodrum

Kastil Bodrum atau yang dikenal juga dengan nama Castle of St. Peter adalah ikon wisata yang berada di Bodrum, Turki.

Dalam bahasa Turki, Bodrum memiliki arti “benteng”, tempat rekreasi di Turki ini berupa bangunan istana sekaligus benteng yang berada di bukit kecil yang terletak di pinggiran laut.

Sebuah museum bernama Museum of Underwater Archeology juga berada di tempat ini. Berdiri sejak tahun 1962, tempat ini menyimpan ratusan artefak yang didapatkan dari hasil penggalian di bawah permukaan laut. Selain menikmati ratusan peninggalan sejarah berupa perhiasan hingga muatan kapal yang karam di abad ke 16.

Kastil Bodrum juga memiliki 2 buah kapal yang salah satunya miliki Carian, seorang putri bangsawan yang meninggal 300 tahun SM. Ada juga vas yang berasal dari era Mycenaenaean yang hidup sekita 14 hingga 12 abad SM. Ada pula barang-barang perunggu yang berasal dari era 2.500 tahun SM, koleksi tersebut berada di area bekas ruangan gereja.

5. Gunung Nemrut

Gunung Nemrut

Selain memiliki Tempat Belanja Murah di Turki, negara ini juga memiliki sebuah gunung yang sangat terkenal, yaitu Gunung Nemrut.

Terdapat tiga kota yang berada di sekitar Gunung Nemrut, dari ketiganya bisa diakses menggunakan mobil.

Gunung Nemrut atau Nemrut Dagi dalam bahasa Turki adalah situs monumental milik Kerajaan Komagen yaitu sebuah kerajaan kecil yang berdiri sendiri dan dibentuk pada tahun 162 Sebelum Masehi.

Berada di pegunungan Taurus bagian timur di Turki Selatan, gunung ini adalah tempat bagi kompleks kuno yang dibangun oleh raja paling terkenal di Antiokhus I Theos yaitu Raja Komagene. Gunung ini memiliki ketinggan 2.134 neter yang puncaknya terkenal memiliki patung-patung besar yang didirikan di sekitar makam kerajaan yang berasal dari abad ke 1 Sebelum Masehi.

6. Kota Kuno Efesus

Kota Kuno Efesus

Efesus adalah kota Yunani Kuno yang kemudian membesar sebagai kota Romawi, yang berada di pantai barat Asia dekat dengan Selcuk provinsi Izmir, Turki. Pada periode zaman Romawi, Efesusu memiliki penduduk lebih dari 250.000 di abad ke 1 SM.

Hal tersebut menjadikannya salah satu kota terbesar di dunia Mediterania. Kota ini dulunya menjadi kota perdagangan yang kaya akan nilai budaya. Kota kuno terkenal karena kuil Artemis yang masuk ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno yang dibangun sekitar tahun 550 SM.

Selain kuil Artemis ada pula tempat menarik lainnya seperti Odeon yang merupakan tempat teater kecil beratap. Namun yang paling unik adalah perpustakaan Celcus, walaupun hanya tersisa runtuhannya sana namun bagian pilar depannya masih terlihat. Jalan-jalan Ke Turki tentu harus membeli Souvenir khas Turki sebagai oleh-oleh. Selain tempat rekreasi di Turki di atas, ada beberapa tempat lainnya yang bisa dikunjungi yaitu:

  • Hagia Sophia
  • Oludeniz
  • Pantai Patara
  • Masjid Raya Sulaimaniah
  • Istana Topkapi
  • Princes’ Island
  • The Egyptian Bazaar
  • Ottomania
  • Sahaflar Carsisi
  • Istanbul – for Voyages of Discovery
  • Marmaris – for Thomson Cruises to Istanbul
  • Port of Istanbul – MSC Cruises to Istanbul and Ephesus
  • Eminonu – for Bosphorous Cruise
  • Ani – The Ancient Ghost City of Turkey
, , ,
Post Date: Tuesday 28th, May 2019 / 10:55 Oleh :
Kategori : Turki