11 Tempat Wisata Di Fethiye Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Dunia

Tempat Wisata di Fethiye – Kota di Provinsi Mugla, Turki ini kerap dilanda gempa bumi. Namun, hal tersebut tak menyurutkan para wisatawan dunia untuk jalan-jalan ke Turki dan mengunjunginya. Kota tersebut bernama Fethiye.

Nama Fethiye berasal dari nama soerang pilot pertama dari angkatan udara Ottoman yang tewas ketika perang kemerdekaan Turki, yakni Fethi Bey. Sebelum itu, kota pelabuhan ini memiliki nama Makri dan merupakan tempat pertukaran populasi antara Yunani dan Turki.

Fethiye meski tidak sebesar Istanbul namun memiliki deretan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Fethiye sangat beragam baik tempat wisata alam, kuliner, bersejarah, hingga tempat wisata religi.

Jika Anda hendak wisata ke Turki murah, Fethiye bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik. Ada pun tempat wisata yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

  1. Ölüdeniz Lagoon

Ölüdeniz LagoonJika kota Bursa tersohor dengan deretan bangunan bersejarah termasuk mesjid terkenal di Turki, maka Fethiye terkenal dengan wisata baharinya.

Terletak di pesisir Turki membuat kota ini memiliki banyak wisata pantai dan pelabuhan. Salah satu tempat wisata di Fethiye yang harus Anda kunjungi adalah Ölüdeniz Lagoon. Pantai ini merupakan pantai paling terkenal di Turki.

Anda perlu berkendara sejauh 15 kilometer dari pusat kota Fethiye untuk tiba di Ölüdeniz Lagoon. Setibanya di pantai tersebut, pandangan Anda akan dimanjakan dengan air laut berwarna hijau kebiru-biruan yang tenang dan tersembunyi.

Sepanjang pantai dipenuhi dengan pasir putih yang dipagari dengan hutan pinus. Kombinasi menarik tersebut membuat Ölüdeniz Lagoon kerap dijadikan tempat berkumpul oleh wisatawan.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Ölüdeniz Lagoon. Anda bisa menikmati sentuhan air laut berwarna hijau kebiru-biruan dengan berenang.

Berjemur menjadi alternatif pilihan yang disukai oleh para pencinta sinar matahari. Jika Anda menginginkan kegiatan yang lebih menantang, cobalah untuk mencoba paragliding.


  1. Lycian Sites

Lycian SitesTerletak di Off Kaya Caddesi, Fethiye, Lycian Sites adalah salah satu situs bersejarah yang terdapati di kota pelabuhan Fethiye. Lokasi ini menjadi salah satu bangunan bersejarah di Turki yang berasal dari zaman 200 sebelum masehi.

Uniknya, bangunan tersebut merupakan hasil pahat dari tebing di pesisir Turki hingga membentuk ruangan yang bisa dihuni. Pada zaman tersebut, Fethiye merupakankota terpenting pada masa Lycian bernama Telmessos.

Lycian Sites dihuni oleh banyak bangunan terindah di dunia yang berasal dari peradaban dulu kala. Bangunan dan monumen-monumen tersebut tersebar di sepanjang kota Fethiye dan menjelma tempat wisata di Fethiye yang banyak digemari.

Namun, kartu as dari monumen-monumen tersebut adalah Tomb of Amyntas yang terbuat dari potongan batu dan terletak di Fethiye selatan.

Jangan lewatkan Kaya Caddesi. Jika Anda mendaki ke puncak bukit di area Kaya Caddesi, Anda akan menemukan banyak Sarkofagus masyarakat Lycian di sepanjang jalan.

Sebagian sarkofagus juga bisa Anda temukan di pusat kota tepatnya di area alun-alun. Berwisata ke Lycian Sites akan mengantarkan Anda pada atmosfer peradaban sebelum masehi.

  1. Patara

PataraPantai lain yang menjadi tempat wisata di Turki terfavorit adalah Patara. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan keindahan Ölüdeniz Lagoon.

Salah satu kelebihan dari Patara adalah garis pantainya yang menyandang status terpanjang  di Turki sehingga cocok untuk digunakan berbagai aktivitas pesisir. Anda juga bisa beristirahat dengan berjemur dan menikmati matahari kota Fethiye yang hangat.

Pada peradaban Lycian, area Patara pula merupakan salah satu daerah penting. Tidak heran jika di area tepi pantai ini terdapat banyak reruntuhan yang terletak tidak jauh dari pantai dan laut.

Reruntuhan yang tertinggal merupakan reruntuhan dari zaman Romawi berupa triple-arched gate tidak jauh dari teater tradisional, colonnaded street, kompleks pemandian, dan pemakaman.

Patara pula pernah berada di bawah kekuasaan periode Byzantine. Dengan demikian, ada bangunan basilica yang juga bisa Anda lihat di dekat laut. Pada kepercayaan setelah itu, Patara diyakini sebagai tempat lahir St. Nicholas of Myra. St. Nicholas adalah uskup abad ke 4 yang dipercaya merupakan tokoh dibalik figur Sinterklaus.

  1. Butterfly Valley

Butterfly ValleyPantai yang cantik ini cocok untuk Anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Turki murah. Sebab, Anda tidak memerlukan transportasi jenis apapun. Pantai yang cantik dan banyak disukai oleh wisatawan ini terletak di antara dua tebing yang terjal.

Karena letaknya yang tersembunyi dan sulit dijangkau, pantai di Butterfly Valley terkesan menjadi pantai pribadi. Menariknya, Anda bisa bercengkrama dengan penghuni Butterfly Valley lainnya yakni Jersey Tiger Butterfly.

Anda bisa menjangkau Butterfly Valley hanya dengan berjalan kaki di trek yang telah disediakan karena tidak tersedianya jalan beraspal. Mulailah perjalanan dari perkampungan Faralya yang terletak di atas tebing.

Alternatif lain untuk menjangkaunya adalah dengan mengendarai perahu. Biasanya, banyak wisatawan dari Ölüdeniz yang melakukan perjalanan ini selama musim panas.

Selain keindahan pantai dan tebing di Butterfly Valley, aktivitas lain yang banyak dinikmati oleh wisatawan di area tersebut adalah mendaki atau hiking. Tak jauh dari pantai, terdapat jurang yang penuh dengan pepohonan. Kegiatan tersebut bisa menjadi tontonan setelah lelah melakukan perjalanan kaki menuju Butterfly Valley.

  1. Letoön

Letoön Merupakan salah satu situs bersejarah yang penting, Letoön menjadi salah satu situs dan tempat wisata di Fethiye yang dilindungi oleh UNESCO.

Lokasi ini menyimpan sejarah atau legenda mengenai kehidupan dewa dewi Yunani. Tidak tanpa sebab, sebab lokasi ini merupakan pusat religi yang penting pada masa Lycian. Pembangunannya didedikasikan untuk Leton, seorang dewi dari mitologi lokal.

Selain didedikasikan untuk Leto, terdapat dua kuil lainnya yang didedikasian untuk dewa lain yakni Apollo dan Artemis. Situs-situs di Letoön memiliki suasana yang luar biasa dan cocok untuk dikunjuingi oleh Anda yang menggemari sejarah serta mitologi Yunani kuno.

Di sekitar Letoön terdapat pula situs bersejarah lainnya seperti ibu kota kuno Lycia yakni Xanthos—salah satu dari sekian banyak kota-kota indah di Turki pada zaman dahulu.

Tidak hanya dikenal sebagai ibu kota kuno Lycia, Xanthos juga dikenal sebagai ‘the oldest republic in the world’. Pada zamannya, Xanthos mengayomi hingga 20 kota pemerintahan. Saat ini, situs ini pun dilindungi oleh UNESCO. Di Xanthos, Anda bisa meliat situs lainnya seperti Agora, Acropolis, Roman Theater, serta Hellenistic City Gate.


Meski terkenal sebagai kota pelabuhan dengan landskap pesisir yang khas, tempat wisata di Fethiye cukup beragam. Kota ini tidak terlepas dari pengaruh sejarah dan budaya Yunani yang berbaur dengan mitologi setempat. Tidak heran jika bangunan bersejarah yang berkembang tidak dapat terlepas dari kepercayaan-kepercayaan tersebut seperti berikut ini.

  • Roman Theater
  • Fathiye Museum
  • Kayaköy
  • Saklıkent Gorge
  • Pinara
  • Tlos

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda menjelajahi Fethiye adalah mencicipi wisata kuliner di Turki. Ada banyak jenis kuliner yang bisa Anda cicipi baik jenis kuliner lokal, kuliner yang mendapat pengaruh dari Yunani, hingga kuliner modern bergaya Eropa.

Dengan segala kelebihannya, tidak dapat disangkal bahwa Fethiye adalah salah satu tempat wisata paling bagus di dunia yang harus Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

, , ,
Post Date: Monday 31st, December 2018 / 07:20 Oleh :
Kategori : Turki