20 Tempat Wisata Di Goreme Paling Menpesona

Tempat Wisata di Goreme – Ada banyak pilihan kota-kota indah di Turki yang bisa Anda jadikan destinasi wisata ketika berkunjung ke Eropa. Berbeda dengan negara Eropa lainnya, Turki terhitung cukup ramah untuk wisatawan Indonesia terutama wisatawan muslim. Dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam, tentu akan banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan.

Salah satu kota yang bisa Anda masukkan ke dalam itinerary wisata ke Turki murah adalah Goreme. Terletak di lembah yang kaya akan kebudayaan, Goreme menjelma kota bersejarah di Cappadocia, Turki. Banyak tempat wisata di Goreme yang harus Anda kunjungi ketika berkunjung, baik wisata alam maupun wisata bersejarah. Ada pun beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut.

1. Goreme National Park

Goreme National ParkSalah satu hal yang menjadi daya tarik dari kota Goreme adalah formasi bebatuan indah pada bentang alamnya. Formasi-formasi tersebut bisa Anda temukan di Goreme National Park. Ketika Anda sedang jalan-jalan ke Turki, mengunjungi tempat wisata di Goreme yang telah mendapat status sebagai situs warisan dunia UNESCO ini adalah sebuah pilihan yang tepat.

Formasi-formasi tersebut bisa Anda temukan di Goreme National Park. Ketika Anda sedang jalan-jalan ke Turki, mengunjungi tempat wisata di Goreme yang telah mendapat status sebagai situs warisan dunia UNESCO ini adalah sebuah pilihan yang tepat.

Ada dua jenis formasi batuan yang bisa Anda lihat; formasi batuan pertama adalah yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Bentuk batuan yang bisa Anda lihat saat ini adalah hasil pengolahan alam selama ribuan tahun. Sementara formasi batuan kedua adalah yang dimodifikasi secara khusus oleh penduduk lokal. Batuan-batuan raksasa tersebut umumnya dibuat menjadi gua dan menjadi rumah bagi masyarakat Turki tempo dulu.

Posisi terbaik untuk menikmati keindahan formasi bebatuan tersebut adalah dari atas. Oleh karena itu, lakukanlah pemanasan dan pendakian menuju wilayah Goreme National Park yang lebih tinggi.

Dari sana, Anda bisa melihat lebih leluasa keindahan Goreme National Park. Di Goreme National Park, Anda juga bisa menemukan beberapa tempat wisata lainnya seperti berikut ini.

  • Uchisat Castle
  • Azize Barbara Sapeli
  • Elmah Kilise

2. Goreme Rainbow Balloons

Goreme Rainbow BalloonsJika enggan melakukan pendakian, Anda masih bisa menikmati bentang alam kota Goreme yang indah dengan mengikuti tur udara.

Belilah paket wisata menaiki balon udara bernama Rainbow Ballons. Harga yang dipatok untuk menikmati paket wisata ini adalah sekitar 100 euro untuk tiga orang.

Harga bisa saja berubah tergantung kapan Anda mengikuti paket wisata tersebut. Agar bisa lebih leluasa, pesanlah tiket tur terlebih dahulu dari hotel atau travel terdekat

Waktu terbang dari Raibow Ballons yang bisa Anda nikmati bisa jadi berbeda, tapi selalu lebih dari satu jam.


Dengan waktu sebanyak itu, Anda tentu akan mendapat banyak hal dari ketinggian kota Goreme, semisal formasi bebatuan yang menjadi salah satu bangunan bersejarah di dunia. Anda juga bisa melihat beberapa bangunan terindah di dunia yang berada di sekitarnya.

Paket tur udara Rainbow Ballons sangat aman sebab dikepalai oleh seorang profesional. Akan tetapi jika terbang di ketinggian membuat Anda merasa tidak nyaman, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata di Goreme lainnya sebagai berikut.

  • Yılanlı Kilise
  • Karanlık Kilise
  • Tokalı Kilise

3. Red and Rose Valley

Red and Rose ValleyDominasi tempat wisata di Goreme adalah wisata alam, salah satu yang harus Anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Turki murah adalah Red and Rose Valley.

Bentang alam berupa lembah dengan warna yang cantik ini terjalin di antara dua permukiman kota Goreme dan Cavusin.

Di waktu-waktu tertentu, Anda bisa melihat perpaduan warna yang cantik seperti pastel pink, kuning, hingga jingga pada tebing-tebing di lembah tersebut

Warna dan tebing-tebing dengan bentuk yang indah tersebut dibentuk dari ledakan vulkanis dan erosi yang disebabkan oleh angin dan air selama ribuan tahun.

Tidak hanya terdapat tebing yang kering, di antara tebing-tebing tersebut, Anda bisa melihat kesegaran kebun buah dan sayuran yang dirawat oleh petani lokal.

Ada banyak jalur pendakian yang bisa Anda jelajahi di Red and Rose Valley. Selan aktivitas berat tersebut, Anda juga bisa menikmati bangunan terkenal di Cappadocia yang kerap menjadi tempat wisata di Goreme terfavorit seperti berikut ini.

  • Kolonlu Kilise
  • Haçlı Kilise
  • Uç Haçlı Kilise

4. Paşabaǧ

PaşabaǧCappadocia sebagai rumah bagi Goreme memiliki banyak tempat wisata yang menarik, sebagiannya berada di Zelve tak jauh dari kota Goreme.

Selama perjalanan menuju Zelve Open-Air Museum tepatnya di Avanos-Goreme Road, Anda bisa menemukan formasi bebatuan yang unik sekaligus menjadi salah satu landmark terkenal dari kota Goreme.

Bernama Paşabaǧ, formasi bebetuan tersebut menjadi tersohor karena bentuknya yang menyerupai jamur. Landmark ini kerap disebut sebagai the mushroom-shaped rock needles of Paşabaǧ.

Meski tampak seperti bentukan acak dari kuasa alam, tempat wisata di Goreme ini memiliki latar belakang sejarah yang cukup penting. keberadaan Paşabaǧ berhubungan erat dengan kehidupan komunitas agama dari St. Simeon Stylites.

Hal paling umum yang bisa Anda lakukan di Paşabaǧ adalah mengagumi keindahan bentang alam di sepanjang Avane-Goreme Road. Anda juga bisa mengambil beberapa foto dari formasi bebatuan yang unik di sekitarnya. Selain Paşabaǧ, tempat wisata di Turki yang terletak di Goreme cocok untuk dijadikan latar belakang berfoto adalah sebagai berikut.

  • Kolonlu Kilise
  • Haçlı Kilise
  • Uç Haçlı Kilise

5. Goreme Mosque

Goreme MosqueSebagai salah satu negara Islam terbesar di Eropa, Turki memiliki banyak mesjid dan tempat ibadah lainnya yang bisa Anda kunjungi di sela-sela berwisata.

Beberapa mesjid terkenal di Turki bahkan memiliki interior yang indah serta sejarah yang penting dan menjadikannya salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Begitu juga dengan Goreme.

Ada banyak mesjid cantik yang terletak di Goreme, salah satunya adalah Goreme Mosque. Tempat ibadah ini terletak di pusat kota Goreme dan kerap menjadi persinggahan utama bagi wisatawan muslim yang sedang berlibur.

Selain menyediakan fasilitas beribadah yang nyaman, Goreme Mosque memiliki arsitektur dan interior yang menarik sehingga menimbulkan decak kagum.  

Di sekitar Goreme Mosque, Anda bisa menemukan beberapa kedai makanan yang bisa Anda jadikan tempat untuk wisata kuliner di Turki. Selain Goreme Mosque, ada beberapa mesjid lainnya yang bisa Anda kunjungi di Goreme yakni sebagai berikut.


  • Bahceli Mosque
  • Goreme Kasabasi Merkez Cami
  • Gedik Cami

Tidak hanya berhenti di kota-kota besar seperti Istanbul, Anda memiliki alternatif lain ketika berkunjung ke negara Turki. Cobalah untuk pergi ke Cappadocia dan memilih beberapa tempat wisata di Goreme tersebut untuk dikunjungi.

Tempat wisata yang dominan di kota dengan landskap alam yang indah ini adalah tempat wisata alam. Anda bisa melihat berbagai jenis karya tangan alam yang menjelma bangunan-bangunan indah dengan formasi yang menarik.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Goreme adalah memastikan cuaca kota Goreme. Ada beberapa tempat wisata yang sebaiknya Anda hindari pada situasi tertentu seperti Rainbow Ballons pada saat-saat cuaca buruk dengan tingkat kecepatan angin yang tinggi.

Selebihnya, Rainbow Ballons adalah salah satu jenis wisata yang bisa mengantar Anda untuk menikmati tempat wisata paling bagus di dunia yang terdapat di Goreme.

, , , ,
Post Date: Monday 31st, December 2018 / 07:36 Oleh :
Kategori : Turki