20 Tempat Wisata Di Bursa Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Bursa – Menjadi kota keempat terbesar di Turki, Bursa adalah alternatif kota wisata yang bisa Anda kunjungi selain Istanbul, Ankara, dan Izmir. Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 5 juta ini terletak di bagian barat Turki. Luasnya yang mencapai 11.034 m2 menjadikan Bursa memiliki banyak tempat menarik yang bisa dijadikan tempat wisata.

Menjangkau Bursa ketika jalan-jalan ke Turki cukup mudah sebab kota ini terletak tidak jauh dari ibu kota Turki. Bursa terletak di selatan kota Istanbul dan Yalova, sementara di bagian baratnya terdapat Izmir serta Bilecik dan Adapazari di bagian timur.

Jika Anda berada di kota Kutahya, Anda bisa berkendara ke utara untuk sampai ke Bursa. Di kota yang pernah menyandang status sebagai ibu kota pertama kesultanan Ustmaniyah ini, ada banyak tempaat wisata di Bursa yang bisa Anda kunjungi saat melakukan wisata ke Turki murah seperti berikut.

  1. Yeşil Camii

Yeşil CamiiAda banyak jenis tempat wisata di Bursa yang bisa Anda masukkan ke dalam rencana perjalanan. Jika salah satu dari tempat yang ingin Anda tuju adalah tempat ibadah atau mesjid.

Anda bisa memilih Yeşil Camii sebagai prioritas utama. Meski hanya sebuah tempat ibadah tanpa fasilitas rekreasional selayaknya taman beramin, Yeşil Camii memiliki nilai lain yang membuatnya layak menjadi tujuan wisata.

Yeşil Camii memiliki sejarah yang panjang bagi negara Turki, nilai ini kerap menjadi tujuan wisata religi yang dilakukan oleh wisatawan muslim selain menikmati fasilitas beribadah yang nyaman.

Dibangun untuk Mehmet 1, salah satu mesjid terkenal di Turki ini sepenuhnya rampung pada tahun 1422 masehi. Arsitektur bergaya Ottoman sangat kental, menggantikan arsitektur terdahulu bergaya Persia yang dipengaruhi oleh kebudayaan Seljuk.

Hal terbaik lainnya yang bisa Anda kagumi adalah kaligrafi yang terpasang di pintu utama mesjid. Selepas melewati pintu, Anda akan menemukan ruangan dengan mihrab setinggi 15 meter. Interior di dalamnya sangat indah. Selain Yeşil Camii, ada beberapa mesjid yang bisa Anda kunjungi saat berwisata religi ke Bursa yakni sebagai berikut.

  • Ulu Camii
  • Emir Sultan Camii
  • Murat I (Hüdavendigâr) Camii

  1. Kapalı Çarşı

Kapalı ÇarşıBaik untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari selama berlibur maupun membeli oleh-oleh, adalah hal yang paling penting bagi wisatawan untuk mengetahui letak pasar rakyat terdekat.

Salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan untuk aktivitas berbelanja selama berada di Bursa adalah Kapalı Çarşı. Keunikan dan sejarahnya membuat tempat berbelanja ini menjadi tempat wista di Bursa yang banyak dijadikan pilihan.

Meski tersohor, Kapalı Çarşı tidak seluas Istanbul’s 4000 Shop Labyrinth. Namun, lokasi ini akan menjadi lebih luas keitka menjadi rumah bagi Bursa Bazaar District dengan tambahan banyak kios di ruas jalan dan wilayah terdekat. Bazar yang rutin dilaksanakan di Kapalı Çarşı ini adalah tempat terbaik untuk wisata kuliner di Turki.

Produk unggulan yang bisa Anda temukan di Kapalı Çarşı adalah produk kain sutera yang banyak dijajakan di berbagai kios. Kain sutera adalah komoditi utama yang menggerakkan pasar di Bursa selama berabad-abad. Tempat lain yang bisa Anda kunjungi untuk wisata belanja atau wisata kuliner Anda di Bursa adalah sebagai berikut.

  • Kebapçı İskender
  • Eski Aynalı Çarşı
  • Emir Han
  1. Muradiye Complex

Muradiye ComplexMuradiye Medressi adalah salah satu tempat wisata di Bursa yang terletak di kompleks Muradiye. Bangunan bersejarah di Turki ini merupakan klinik tuberculosis pada tahun 1950an.

Hingga kini, bangunanyang yang dibangun sejak abad ke 15 masehi ini merupakan pusat medis. Selain terdapat Muradiye Medressi, Anda juga bisa menemukan bangunan lain di kompleks Muradiye seperti kompleks mesjid agung dan kompleks pemakaman keluarga kerajaan Ottoman.

Salah satu kelebihan dari kompleks situs bersejarah Muradiye adalah arsitektur dan atmosfer yang akan mengajak Anda menyelami kehidupan Turki pada abad pertengahan.

Terletak di Muradiya Mahallesi, 16050 Osmangazi/Bursa, wisatawan yang datang rata-rata menghabiskan waktu satu jam setiap kunjungan. Ada pun waktu kunjungan cukup fleksibel sebab kompleks ini dibuka untuk umum selama satu minggu penuh sejak pukul 7 pagi hingga 7 malam.

Kompleks situs bersejarah Muradiye tidak hanya dikunjungi sebagai tempat wisata bersejaraha. Banyak wisatawan yang datang untuk berziarah dan mengirimkan doa pada anggota kerajaan Ottoman. Selain kompleks Muradiye, Anda juga bisa mengunjungi situs bersejarah lainnya di kota Bursa yakni sebagai berikut.

  • Irgandı Köprüsü
  • Yeşil Türbe
  • Sultan Murat II (Muradiye) Hamamı
  1. Karagöz Festival

Karagöz FestivalMengunjungi tempat bersejarah di Bursa tentu tidak akan membuat Anda puas. Lanjutkanlah dengan mengunjungi tempat wisata di Bursa lainnya yang menampilkan pertunjukkan budaya lokal.

Budaya adalah salah satu kekayaan lokal yang patut Anda kenali ketika mengunjungi sebuah daerah wisata, seperti Bursa misalnya. Salah satu tempat wisata di Turki bertema budaya yang bisa Anda kunjungi Bursa adalah Karagöz Festival.

Karagöz Festival adalah teater tradisional yang serupa dengan pertunjukkan wayang atau boneka. Wayang lokal masyarakat Bursa bernama tasvir. Anda akan melihat bayangannya dalam berbagai bentuk seperti bentuk manusia, binatang, dan objek lainnya di layar. Selayaknya wayang pada umumnya, tasvir pun terbuat dari kulit binatang seperti unta dan kerbau.

Seni pertunjukkan Karagöz menemukan bentuk akhirnya pada abad ke 18 masehi. Pertunjukkan tradisional ini merupakan pertunjukkan populer yang didukung dengan senisuara, mimikri, serta curtain. Selain Karagöz Festival, Anda juga harus mengunjungi tempat wisata pertunjukkan budaya lainnya di Bursa yakni sebagai berikut.

  • Kültür Parkı
  • Ahmet Vefik Pasa Theater
  • Bursa Photofest
  1. Bursa Museum of Turkish and Islamic Art

Bursa Museum of Turkish and Islamic ArtTidak hanya dengan menghadiri festival budaya, Anda juga bisa menikmati pameran benda-benda seni dengan mengunjungi museum-museum yang terdapat di Bursa.

Salah satu museum yang harus Anda kunjungi adalah Bursa Museum of Turkish and Islamic Art. Tempat wisata di Bursa ini juga merupakan destinasi yang tepat jika Anda sedang jalan-jalan ke Turki murah. Museum ini terletak di kompleks mesjid besar Yeşil Camii, salah satu bangunan terindah di dunia.

Ada banyak benda seni yang dipajang di Bursa Museum of Turkish and Islamic Art. Anda bisa mengagumi keindahan benda-benda yang berasal dari abad ke 14 hingga 16 masehi berupa keramik iznik, tirai mihrab, perhiasan, sulaman, kaligrafi, hingga artefak milik orang-orang darwis, serta wayang Karagöz.


Pusat pameran benda seni dari kebudayaan Turki dan Islam sejak tahun 1904 terletak di Bursa Boy’s Highschool. Tempat pameran kemudian dipindahkan ke Bursa Museum of Turkish and Islamic Art.

Di kompleks museum ini juga terdapat bangunan baru yang diprakarsai pda tahun 1971 untuk memamerkan barang-barang arekologi. Selain Bursa Museum of Turkish and Islamic Art, Anda juga patut mengunjungi musuem lainnya yang terdapat di kota Bursa yakni sebagai berikut.

  • Tofaş Museum of Anatolian Carriages
  • Ottoman House Museum
  • Ulumay Museum of Ottoman Folk Costumes & Jewellery

Bursa adalah salah satu dari sekian banyak kota-kota indah di Turki yang patut untuk dijadikan tempat wisata. Selain karena kaya akan sejarah, kota ini juga memiliki fasilitas modern yang cukup mumpuni untuk mempermudah perjalanan wisata Anda.

Selain mengunjungi landmarka nasional, di Bursa juga terdapat deretan tempat wisata paling bagus di dunia. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.

, , , ,
Post Date: Monday 31st, December 2018 / 02:32 Oleh :
Kategori : Turki