4 Oleh Oleh Khas Zhuhai Paling Dicari Wisatawan

Cina adalah negara dengan banyak destinasi wisata, bukan hanya Honh kong, Makau, atau Shanghai saja, namun masih terdapat tempat lain yang tak kalah bagusnya. Seperti Zhuhai, jika 15 tahun yang lalu Zhuhai terkenal sebagai desa nelayan, kini Zhuhai telah berkembang pesat dan menjadi salah satu kota modern dengan banyak destinasi wisata menarik.

Bahkan kota ini pernah meraih penghargaan sebagai salah satu tempat terbaik untuk jalan-jalan dan tinggal. Bahkan pada tahun 2013 lalu dalam Global Magazine, Zhuhai terpilih sebagai tempat terbaik dan paling disukai oleh turis.

Cuaca di sana pun tidak terlalu ekstrem, sepanjang tahun suhunya berkisar antara 22 dearajat celcius. bahkan pada musim panas yaitu bulan Juni sampai September, suhunya tetap terasa sejuk.

Melihat banyaknya pusat perbelanjaan, dan destinasi wisata di Zhuhai, sangat sayang kalau sampai melewatkan untuk membeli oleh-oleh. Apa saja hal menarik dan unik yang bisa dibeli sebagai oleh oleh khas Zhuhai? Berikut ini daftarnya.

1. Saus Tiram

Saus Tiram

Saus tiram sedikit kental dan memiliki warna sedikit kehitaman dengan rasanya yang gurih dan asin. Saus dengan kualitas tinggi terbuat dari tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan apapun termasuk juga tanpa bahan pengawet.

Namun saus tiram dengan kualitas terbaik memiliki harga yang mahal dan rasanya pun tidak terlalu enak. Sehingga masyarakat biasanya mengkonsumsinya dengan menambah tepung jagung dan gula, serta menambahkan air agar sedikit lebih encer.

Khusus vegetarian, saus tiram terbuat dari bahan dasar jamur yang ditambah dengan beberapa bahan perasa. Saus ini diciptakan oleh Lee Kum Sheung di Zhuhai, sehingga saat bepergian ke Zhuhai wajib rasanya untuk membeli saus ini. Jika ingin rasa saus tiram yang lebih otentik, belilah di pasar dan pilih saus yang cara memasaknya menggunakan cara tradisional.

2. Akar Teratai

Akar Teratai

Bunga lotus menjadi simbol dan memiliki banyak makna dalam kebudayaan Asia. Sebetulnya, setiap bagian dari tanaman teratai dapat dimasak, namun yang paling umum untuk dimakan adalah bagian akarnya.

Akar lotus memiliki desain sangat unik dengan lubang-lubang yang terlihat sangat menarik. Tanaman ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apalagi jika lotus tersebut baru dipetik langsung dari danau Baiteng. Nah, berikut beberapa manfaat dar akar lotus bagi tubuh.

  • Akar teratai kaya akan serat, sehingga dapat membantu untuk mengatasi masalah sembelit. Lotus juga memiliki kandungan serta tidak larut yang dapat membantu merangsang keinginan untuk buang air besar.
  • Karena kandungan seratnya yang tinggi, siapapun yang mengkonsumsinya pasti merasa lebih lama untuk kenyang. Inilah msumber makanan yang sempurna bagi orang yang menjalani diet. Bukan hanya bagus untuk menurunkan berat badan, akar lotus juga rendah gula, yang membantu tubuh untuk menjaga kadar insulin rendah.
  • Siapa sangka jika bahan makanan yang satu ini juga kaya vitamin C. Dengan mengkonsumsinya maka dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan dan menurangi resiko terkena penyakit.

3. Pakaian

Pakaian

saat datang Zhuhai wisatawan pasti dengan mudah dapat menemukan pusat perbelanjangan yang menawarkan aneka produk fashion. salah satunya adalah Gongbwei Port Shopping Plaza yang lebih dikenal dengan nama Pasar Bawah Tanah Gongbei.

Di pasar ini wisatawan bisa mendapatkan aneka produk, mulai dari jam tangan, tas, pakaian, hingga perhiasan. Bahkan perhiasan permata bisa dibeli di pasar ini. Soal harga jangan kawatir, karena pasar bawah tanah ini memiliki persaingan harga yang cukup baik.

Wisatawan bisa membeli oleh oleh khas Zhuhai dengan harga termurah namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain produk fashion, wisatawan juga bisa bisa membeli keramik di sini.

Seperti yang banyak orang ketahui, kalau Cina adalah negara yang terkenal dengan kerajinan keramiknya. Desain yang khas dan harga yang terjangkau bisa menjadi pilihan paling sempurna sebagai oleh oleh khas Zhuhai untuk dibawa pulang ke rumah.

4. Mutiara

Mutiara

Zhuhai terkenal sebagai daerah penghasil mutiara, bahkan landmark Shuhai yang terkenal adalah patung gadis nelayan, yang legendanya merupakan seorang nelayan mutiara.

Mutiara terbentuk dari kalsium kabohidrat yang mengkristal dan disimpan di dalam lapisan konsentris oleh tiram. Mutiara terbaik memiliki bentuk bulat sempurna dengan permukaannya yang halus. Wisatawan bisa membelinya dengan bentuk asli yang berupa butiran, atau yang telah dibuat menjadi perhiasan.

Biasanya mutiara air laut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mutiara air tawar. Banyak toko mutiara yang menawarkannya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jika ingin diskon pandai-pandailah untuk menawarnya.

Mutiara Zhuhai mungkin bisa menjadi kenang-kenangan terbaik bagi wisatawan. Atau bisa juga membelinya untuk dijadikan kado bagi orang tersayang.

Setelah mengetahui apa saja oleh oleh khas Zhuhai yang bisa dibawa pulang, selanjutnya adalah menjelajahi destinasi wisatanya. Nah, berikut ini beberapa tempat yang bisa didatangi ketika liburan di Zhuhai.

  • Saat hari masih pagi, dan ingin merasakan suasana tenang, cobalah untuk jalan-jalan di sepanjang Laut Kuning. Terdapat kawasan bernama Zhuhai Lovers’ Road atau Jalan Romantis Zhuhai, mungkin inilah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan.
  • Jika ingin melihat akuarium terbesar di dunia, datanglah ke Kerajaan Samudra Chimelong. Di sini wisatawan bisa melihat lautan biru lengkap dengan hewan-hewan yang menghuninya. Selain berwisata, anda juga bisa mendapat beragam informasi menarik mengenai satwa laut.
  • Pulau Hebao adalah tempat terbaik untuk menenangkan diri di Zhuhai, suasananya yang tenang dan damai membuat siapapun seolah berada di pulau pribadi. Jika merasa lapar, di sini ada sebuah rumah makan lokal dengan suana kuno, menu yang ditawarkan oleh restoran ini adalah kepiting dan ikan lokal yang didapatkan dari lautan di sekitarnya.
  • Istana Yuan Ming Baru menawarkan sensai berada di Tiongkok pada masa lalu. Banyak restoran kecil dan toko-toko kecil yang menawarkan berbagai macam barang dan jajanan khas.

Itulah beberapa tempat terbaik yang bisa didatangi ketika anda berkunjung ke Zhuhai, Cina. Punya informasi lain, atau pengalam liburan di Zhuhai? Bagi informasinya di kolom komentar yuk.

Selain daftar oleholeh khas Zhuhai dan tempat wisata yang bisa dikunjungi di Zhuhai, kami juga memiliki beberapa daftar tempat wisata lainnya yang bisa menjadi alternatif liburan anda. Berikut ini daftar tempat wisata tersebut.

, , , , ,
Post Date: Friday 11th, October 2019 / 15:42 Oleh :
Kategori : Tiongkok