11 Tempat Wisata di Quanzhou China Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Quanzhou – Quanzhou merupakan salah satu kota pelabuhan dan kota sejarah di Provinsi Fujian, China. Kota ini terletak di selat Taiwan dan merupakan salah satu wilayah di China yang berbatasan dengan tempat wisata di Taiwan.

Sebagai salah satu kota bersejarah di China, Quanzhou memiliki banyak peninggalan bangunan dan budaya kuno yang masih dilestarikan hingga sekarang. Kota ini juga  diberkati dengan pemandangan alam yang indah karena lokasi geografisnya yang istimewa. Dimana kota ini memiliki gunung dan juga teluk serta pantai nya yang juga layak untuk dikunjungi.

Seberapa menarikkah tempat wisata di Quangzhou, yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Quangzhou berikut ini.

1. Kuil Kaiyuan

kaiyuan

Merupakan kuil Budha terbesar di Provinsi Fujian yang terletak di Jalan Barat di Distrik Licheng Quangzhou. Kuil Kaiyuan merupakan salah satu situs bersejarah dan budaya utama yang dilindungi pemerintahan China. Dimana kuil ini dibangun lebih dari 1.300 tahun yang lalu.

Bangunan-bangunan di kuil ini cukup megah, dan yang paling menarik adalah Grand Prayer Hall yang memiliki 86 pilar batu besar. Bangunan yang juga tak kalah terkenal di kompleks kuil kaiyuan adalah dua pagoda yang berdiri di kedua sisi kuil utama kaiyuan.

Pagoda tersebut merupakan pagoda batu tertinggi di seluruh tempat wisata di Cina, dimana pagoda tersebut memiliki tinggi sekiar 40 meter. Kuil ini juga merupakan salah satu landmark populer yang wajib dikunjungi.

2. Gunung Qingyuan

Qingyuan

Gunung Qingyuan terletak di pinggiran utara kota Quangzhou. Tempat wisata ini menggabungkan keindahan alam dan kuil-kuil Budha dan Daoisme yang eksotis. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri jalan setapak di gunung ini.  Dan nikmati pemandangan pepohonan hijau, sungai, kolam, dan formasi batuan yang berbentuk aneh.

Selain itu, Gunung Qingyuan juga memiliki tiga peninggalan budaya utama nasional yang tersebar di 8 lokasi. Situs yang paling populer  adalah Patung Tao yang memiliki tinggi 5,63 meter dan lebar 6,85 x 8,01 meter, dimana patung tao ini adalah patung tao terbesar di China saat ini.

Terdapat juga makam Islam dari  Dinasti Song, kaligrafi batu Qifeng di Gunung Jiuri, patung granit Sanshifu  dari Buddhisme Tibet Dinasti Yuan, patung granit raksasa Amituofu, dan peninggalan Buddha dari guru Hongyi, biksu senior dalam sejarah China modern, serta peninggalan Buddha dari Hui.

3. Masjid Qingjing

Qinjing

Terletak di Jalan Tumen di Distrik Licheng Quangzhou, merupakan salah satu contoh tertua arsitektur Muslim di Cina. Dibangun pada tahun 1009 dan direnovasi beberapa kali. Hingga sekaranag Masjid Qingjing masih digunakan dan terawat dengan sangat baik dimana menghadirkan gaya arsitektur tradisional Islam Arab.

Di masjid in iuga terdapat prasasti batu Al-Quran yang ditulis dalam bahasa Arab, yang disimpan di hall masjid ini. Masjid ini menjadi saksi persahabatan dan pertukaran budaya antara Cina dan negara-negara Arab pada zaman dahulu.

4. Heavenly Empress Palace

tianhou

Terletak di Jalan Tianhou dekat gerbang selatan kota Quangzhou. Kuil ini digunakan untuk menyembah Tianhou atau juga disebut Mazu, seorang dewi yang diyakini menjaga para pelaut dalam mengarungi lautan.

Terdapat banyak kuil sejenis di China selatan namun Heavenly empresss palace merupakan kuil yang tertua dan terbesar diantara yang lainya. Meskipun sudah berdiri selama ribuan tahun, kuil ini masih sangat terawat dan masih dalam kondisi baik.

Di aula utama, terdapat pola ukiran di jendela dan berbagai relief yang memperlihatkan budaya Taoisme. Di kuil ini  juga terdapat sebuah museum yang berisi pameran mengenai perkembangan hubungan antara China daratan dan Taiwan.

5. Jembatan Luoyang

luoyang

Termasuk salah satu Jembatan batu paling awal di China yang dibangun di pelabuhan. Jembatan ini membentang di Sungai Luoyang di sebelah timur kota Quanzhou. Dibangun pada tahun 1053 dan merupakan salah satu jembatan kuno paling terkenal di Cina.

Jembatan ini juga terdapat dalam catatan Marco Polo dimana dia menggambarkan jembatan Luoyang menyerupai naga perak yang tergeletak di atas air hijau. Pembangunan jembatan ini juga cukup unik, dimana  fondasi jembatan ini menggunakan ribuan kerang yang berfungsi sebagai jenis semen.

Metode pembangunan seperti ini merupakan contoh pertama di dunia penggunaan bahan-bahan biologi dalam pembangunan jembatan, serta menunjukkan kearifan besar orang-orang Cina kuno.

6. Water Rock Temple

water rock

Merupakan kuil Budha yang dibangun di atas Gunung Penglai, Anxi , Quangzhou. Kuil ini berbentuk menara tiga lapis yang dibangun dengan batu bata biru dan ubin merah. Berada di tengah-tengah pepohonan bambu dan pinus yang sejuk, serta terkadang diselimuti kabut tipis dan awan, menjadikan kuil ini terlihat megah dan mengagumkan.

Di sekitar kuil, terdapat berbagai  keajaiban alam dan peninggalan budaya, seperti pohon kuno dengan semua cabangnya yang tumbuh ke utara, empat batang bambu yang menjulang tinggi ke langit, dan tablet batu dari Dinasti Ming yang menunjukkan peta gunung Penglai.

7. Gunung Xiangong

xiangong

Gunung xiangong adalah tempat wisata terkenal yang terletak di bagian utara kota Quangzhou. Gunung ini memiliki pemandangan yang cukup indah dengan tebing-tebing curam dan hutan yang hijau nan sejuk.

Terdapat banyak legenda yang menyelimuti gunung ini. Dimana hampir setiap kuil di gunung ini akan menceritakan berbagai dongeng yang sudah berkembang di masyarakat. Di Gunung Ziangong juga sudah disediakan fasilitas wisata modern seperti kereta gantung, jalan beraspal, dan berbagai fasilitas lainnya yang akan membuat perjalanan wisata Anda lebih nyaman dan menarik, seperti halnya berabagi restoran dan kafe yang menyajikan makanan khas China yang lezat.

8. Museum Bahari Quanzhou

maritime museum

Musuem bahari Quangzhou terletak di distrik Fengze, merupakan satu-satunya museum di China  yang didedikasikan untuk para penjelajahan Tiongkok saat menjelajah dunia. Musum ini didirikan pada tahun 1959, dimana Aula pamerannya dirancang seperti sebuah kapal. Dimana memamerkan berbagai peralatan maritime dari Dinasti Song yang ditemukan di pelabuhan Quanzhou.

Pada tahun 1991 museum ini membuat satu aula pameran lagi yang diberi nama East Lake. Dimana pada aula tersebut lebih berfokus pada pameran sejarah eksplorasi luar negeri, patung-patung batu religius, dan berbagai kebudayaan rakyat di tepi laut. Museum ini menunjukkan pentingnya Quanzhou dalam eksplorasi luar negeri China.

9. Kota Tua Chongwu

Chongwu

Tempat wisata ini mendapatkan predikat AAAA oleh pemerintahan China yang berarti sangat direkomendasikan. Kota tua ini terletak di distrik  Chongwu, daerah pesisir di sebelah timur Hui-an. Situs ini mencakup area seluas 300 meter persegi, yang terdiri dari kota kuno Chongwu, Hui-an woman glamour, museum ukiran granit, dan Earth Art.

 Tembok kota tua chongwu masih berdiri kokoh dan terpelihara dengan baik, dimana tembok kota tersebut berbentuk huruf T. Kota tua chongwu dianggap sebagai salah satu bangunan dengan pekerjaan sipil sistematis kuno yang memiliki arsitektur yang unik.

10. Hutan Niumu

niumu

Terletak di kota Xiayang, sebelah barat Kabupaten Yongchun, Quanzhou. Hutan Niumu berada di perpanjangan Gunung Daiyun yang memiliki ketinggian 1.105 meter. Hutan ini merupakan hutan primer terbesar dan terbaik yang dilestarikan di Cina Selatan.

Area wisata utama di zona ekologi hutan Niumu meliputi sekitar 1.000 hektar, yang terdiri lebih dari 40 spot-spot menarik. Diantaranya yaitu museum ekologi dan ilmiah, taman anggrek, Taman Qingqian Liule, Kebun Tangerine Yongchun, Parasitic cauline flower , Kastil Cuckoo, board root, Strangled killing, pohon phoebe Fujian, Yew, Zhonglidizhu, Woniutan, dan Konggulaifeng.

Selain itu terdapat juga berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan disana seperti Cable Flyng, memanah, grass ski, mock hunting, standard shooting, dan operasi hutan.

11. Kuil Guandi

Guandi

Kuil ini didedikasikan untuk dua jenderal kondang Cina, Guan Yu dan Yue Fe, dimana kuil ini selalu ramai dikunjungi oleh para jemaah saat siang maupun malam hari. Selain kedua jenderal tersebut terdapat  banyak jenderal yang mewakili para jenderal dan pahlawan militer di China.

Ketika berkunujng kesini anda akan menjumpai penduduk setempat yang berdoa, membakar dupa dan membakar uang kertas untuk para leluhur mereka . Kuil ini juga memiliki sebuah pagoda besar yang dihiasi dengan beberapa ukiran yang detail daan menarik.

Diatas merupakan tempat wisata di Quanzhou yang wajib dukunjung I ketika berlibur kesini. Jaga selalu kesehatan anda dan jangan lupa untuk mampir di toko souvenir dan mampir untuk membeli oleh-oleh khas China yang berada di Quanzhou. selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Thursday 15th, August 2019 / 08:56 Oleh :
Kategori : Tiongkok