9 Tempat Wisata di Xuzhou China Terbaik dan Terpopuler

Tempat Wisata di Xuzhou – Xuzhou merupakan kota besar yang terletak di provinsi Jiangsu, China. Kota ini pada zaman dahulu dikenal dengan nama Pengcheng. Xuzhou terkenal dengan wisata sejarahnya dan kota ini ditetapkan sebagai kota sejarah dan budaya nasional pada tahun 1986.

Sejarah panjang menjadikan Xuzhou sebuah kota yang memiliki budaya yang kental, khususnya budaya dari Dinasti Han. Kaisar Han yang pertama, Gaozu, lahir di Peixian, Xuzhou, yang kemudian menjadikan kota Xuzhou sebagai pusat budaya dan politik selama Dinasti Han.

Selain wisata sejarah, Xuzhou juga memiliki wisata alam yang juga tak kalah menariknya dengan wisata sejarahnya. Nah, apa sajakah wisata di Xuzhou? Yuk kita simak tempat wisata di Xuzhou berikut ini.

1. Terracota Museum

teracotta-museum1

Terletak di kaki Lion Mount, Teracotta museum memiliki luas lebih dari 6.000 meter persegi. Museum ini berdiri di tempat makam Raja Liuwu, yang merupakan raja ketiga dari Kerajaan Chu di Dinasti Han Barat. Di sekitar makam terdapat sekitar 4.800 prajurit terakota dan kuda-kuda dengan tinggi sekitar 40 cm yang lengkap dengan ekspresi wajah yang unik.

Secara ukuran, prajurit terracotta yang ada di tempat wisata di Xian lebih besar dibandingkan yang ada di Xuzhou. Namun, patung terracotta di Xuzhou dibuat dengan lebih detail dan cermat. Para pengrajin fokus pada dunia batin para prajurit dan semangat mereka. Sebagai figur makam raja, kebanyakan dari prajurit terracotta di Xuzhou menunjukkan ekspresi sedih dan hormat.

2. Guishan Han Tomb

guishan-han-tomb

Terletak di sisi barat Gunung Guishan yang berada di barat laut Kota Xuzhou. Makam Guishan Han, merupakan salah satu perwujudan dari budaya Dinasti Han yang unik. Guishan han tomb merupakan makam dari Raja Chu Liu Zhu keenam yang memerintah antara 128 SM – 116 SM dan istrinya dari Dinasti Han Barat.

Area pemakaman ini memiliki luas lebih dari 700 meter persegi dimana Guishan han tomb menawarkan desain luar biasa, dan detail yang cukup rumit. Makam terdiri dari dua bagian yang paralel tetapi masih saling terkoneksi.  Pada bagian selatan adalah makam Liu Zhu sedangkan pada bagian utara merupakan makam istrinya.

Setiap bagian memiliki jalan untuk wisatawan agar bisa memasuki bagian utama makam. Bagian utama makam terdiri atas lima belas aula termasuk kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang cuci serta kandang. Seluruh makam bahkan memiliki sistem drainase yang lengkap.

3. Galeri Patung Han

Stone-han-gelari

Terletak di kaki Gunung Yunlong yang indah , Galeri Patung Han meliputi area seluas 25.000 meter persegi dan berisi total lebih dari 800 patung batu tematik yang berasal dari Dinasti Han. Di sisi barat galeri berbatasan dengan Danau Yulong dan di sisi timur  Gunung Yunlong yang hijau terlihat cukup indah dan perkasa.

Terdapat  total tujuh ruang pameran di Galeri Patung Han. Patung-patung tersebut memiliki desain yang sangat beragam di antaranya menggambarkan dongeng, kehidupan bersama dan makna keberuntungan. Di sepanjang koridor yang memiliki panjang sekitar 206 meter, juga terdapat 69 patung dimana, salah satu patung terpopuler adalah patung penenun, dan patung pertunjukkan.

4. Xuzhou Han City

Xuzhou-han-city

Xuzhou han city berdiri di area seluas sekitar 40 hektar yang  terletak di Gunung Jiuli. Xuzhou Han city juga dekat dengan Makam Guishan Han, Gua Yunlong, dan Kuil Yunlong. Kota Xuzhou Han juga memiliki pemandangan yang indah dengan udara segar dan lingkungan yang bersih dan rapi.

Setelah masuk, Anda akan disambut gambar bunga dengan dua naga bermain bola di halaman serta patung dua belas hewan dewa.  Xuzhou Han city terdiri dari empat area pemandangan utama yaitu Istana Kekaisaran, Kota Kekaisaran, Pasar dan Area Latihan Seni Bela Diri.

Xuzhou han city membentuk sebuah Kompleks yang mencerminkan gaya arsitektur dari Dinasti Han yang  sederhana dan mengagumkan. Di tempat ini terdapat 23 bangunan dan 28 patung yang mengesankan yang menambah daya tarik dari tempat wisata ini.

5. Taman Hutan Nasional Quanshan

Quanshan-forest-park

Taman Hutan Nasional Quanshan terletak di Gunung Quanshan di pinggiran selatan Kota Xuzhou.  Taman Hutan ini baru dibuat pada tahun 1992, dimana meliputi area seluas 577 hektar. Di Taman ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna serta memiliki pemandangan yang indah.

Terdapat beberapa wahana di taman nasional ini, salah satunya adalah the banyan, kawasan hutan beringin yang rindang yang tersebar seluas 837 meter persegi. Selain itu, ditaman ini terdapat Taman Burung ekologis, yang merupakan taman burung terbesar di tempat wisata di Cina. Dimana terdapat sekitar 150 spesies burung langka, seperti bangau mahkota merah, flamingo, dan burung emas.

Anda juga bisa mengunjungi taman Peony  yang terdapat sekitar 30.000 peony dari lebih 100 varietas, Taman Bambu, Hutan Metasequoia, dan Hutan Cedar, lapangan ski rumput, Rose Square, serta kereta gantung.

6. Gunung Yunlong

gunung-yunlong

Gunung Yunlong terletak di selatan Heping Street, di pinggiran selatan Kota Xuzhou. Gunung ini juga disebut Gunung Shifo karena terdapat batu Buddha yang berada di Kuil Xinghua di Gunung ini. Gunung Yunlong  memiliki tinggi 142 meter di atas permukaan laut dan sekitar tiga kilometer panjangnya dari utara ke selatan.

Dari puncak gunung, anda bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa . Dimana terdapat pemandangan Danau Yunlong di barat, dan Sungai Kuning di timur. Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan khas China di Xuzhou dengan udara sejuk yang menyegarkan.

Selain karena pemandanganya yang indah, Gunung Yunlong juga terkenal karena beberapa bangunan bersejarah, seperti Paviliun Fanghe Ting, Kuil Xinghua , Dongpo Su Shi, Dongpo Shichuang, Paviliun Shiyi Ting, Paviliun Chuan Ting, Kediaman Bekas Zhang Shanren serta prasasti yang diukir di permukaan tebing pada era Dinasti Tang dan Song.

7. Danau Yunlong

Yunlong-lake

Terletak di barat daya dari pusat kota Xuzhou, Danau Yunlong juga dijuluki “Sister Lake of West Lakein Hangzhou ”karena pemandangan danau yang indah. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan di ketiga sisinya dan dibelah oleh jalan di tengahnya yang membagi danau Yunlong menjadi 2, yaitu Timur dan Barat.

Anda bisa berjalan-jalan menikmati keindahan danau ini yang berukuran 14 kilometer. Nikmati bunga persik merah dan willow hijau di musim semi, bunga teratai merah muda di musim panas, dedaunan berwarna-warni di musim gugur dan bunga prem di musim dingin yang dipadukan riak air di danau ini.

8. Museum Xuzhou

xuzhou-museum

Terletak di lereng utara Gunung Yunlong, Museum Xuzhou dibangun pada tahun 1959 dan diperluas pada  tahun 1999. Saat ini Museum Xuzhou memiliki luas 39.468 meter persegi. Museum Xuzhou terdiri dari gedung empat lantai, istana sementara Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing dan Makam Han dengan total luas 14.352 meter persegi.

Di gedung pameran anda bisa melihat berbagai barang bersejarah seperti tembikar, perunggu,  batu giok, benda-benda Zaman Neolitik, seladon, kapal emas dan perak, porselen dan logam dari Periode Tiga Kerajaan, tembikar, serta terdapat ratusan patung  terakota.

9. Folk Xuzhou Museum

Xozhou-folk-museum

Folk Xuzhou Museum terletak di daerah perkotaan Xuzhou dan memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Dibuka pada bulan April 2000 yang menggunakan perumahan dari Dinasti Ming dan Qing. Tema museum ini berfokus pada peninggalan rakyat dan budaya rakyat yang berisi lebih dari 160 ruangan.

Terdapat banyak sekali benda-benda dan karya-karya khas di museum ini, diantaranya yaitu rumah-rumah hunian pada zaman dahulu,  lukisan petani Pizhou, lukisan anak-anak Suining, gambar adonan dan permen, seni potongan kertas, dan keramik,  diorama Kehidupan masyarakat xuzhou, serta pernikahan era  Dinasti Ming dan Qing.

Selain itu, beragam kegiatan biasanya diadakan selama liburan untuk mempromosikan kesenian rakyat setempat. Disini anda bisa merasakan seperti di kehidupan rakyat Xuzhou pada zaman dahulu.

Xuzhou memang memiliki tempat-tempat yang memukau untuk dijelajahi. Namun, sebelum anda kembali ke tanah air, anda bisa membelikan oleh-oleh khas China yang bisa anda dapatkan di sepanjang East Huihai Road, South Zhongshan Road, atau pusat perbelanjaan lainya di kota Xuzhou.

, , ,
Post Date: Thursday 25th, July 2019 / 14:19 Oleh :
Kategori : Tiongkok