15 Tempat Wisata di Xi’an China Terbaik dan Terpopuler

Tempat Wisata di Xi’an China – Xi’an merupakan kota yang paling populer di kalangan wisatawan sebagai destinasi  tempat wisata di China setelah Beijing. Xian merupakan sebuah kota yang memiliki banyak peninggalan sejarah, dimana kota ini pernah menjadi ibu kota kuno untuk beberapa dinasti paling penting dalam sejarah Cina, termasuk Zhou, Qin, Han, yang Sui, dan dinasti Tang.

Kota Xi’an memiliki budaya China yang lebih kental dibandingkan kota-kota metropolitan lainya seperti tempat wisata di Beijing, ataupun Shanghai. Selain memiliki banyak peninggalan  sejarah peradaban China, Xi’an juga menawarkan berbagai wisata alam yang juga tak kalah menariknya. Nah, apa sajakah tempat wisata di Xi’an China, Simak yuk ulasan berikut ini.

1. Teracotta Museum

Teracotta-museum

Salah satu tempat wisata di China terpopuler dan wisata terwajib untuk dikunjungi di Xi’an. Situs asli terracotta ditemukan oleh seorang petani setempat ketika sedang menggali sumur pada tahun 1974. Museum Tentara Terracotta Ini dianggap sebagai salah satu situs arkeologi terbesar di dunia , dan salah satu penemuan terbesar abad ke-20.

Teracotta terdiri dari ribuan patung prajurit dan kuda yang terbagi dalam beberapa bagian , diantaranya yaitu vault 1, vault 2 dan vault 3 serta ruang pameran kereta dan kuda. vault 1 adalah bagian  terbesar dan paling mengesankan  di situs ini. Diyakini berisi lebih dari 6.000 patung tentara dan kuda terakota, Namun, hanya 2.000 patung saja yang dapat di lihat oleh wisatawan.

Vault 2 berada  sekitar 20 meter di utara ke Vault 1. Pada Vault ini prajurit diperkirakan disusun menurut strategi perang pada masa lampau. Dimana terdiri dari barisan pemanah berlutut dan berdiri, kereta, unit pasukan campuran dan unit pasukan yang memegang senjata.

Sedangkan pada Vault 3 hanya terdapat 68 patung terakota, dan banyak di antaranya tidak memiliki kepala. Diperkirakan Vault 3 mewakili pos komando  yang diisi dengan para petinggi-petinggi perang.

2. Tembok Kota Xi’an

tembok-xian

Selain Teracotta, Magnet utama Xi’an adalah tembok kotanya, yang merupakan salah satu tembok kota terlengkap yang masih  bertahan di Tiongkok dan menjadi salah satu sistem pertahanan militer kuno terbesar di dunia. Tembok ini  dibangun oleh Dinasti Tang dan kemudian diperbesar pada masa Dinasti Ming.

Saat ini tembok kota Xi’ang memiliki tinggin 12 meter, lebar 12-14 meter yang meliputi 14 kilometer panjangnya dengan parit yang dalam di sekitarnya. Anda bisa berjalan, bahkan bersepeda di dindingnya. Sebagian besar wisatawan memilih gerbang selatan untuk jalan-jalan, karena memiliki ukuran yang besar dan juga terdapat  jembatan gantungnya.

3. Museum Provinsi Shaanxi

Museum-shangxi

Terletak sekitar 6 km selatan Menara Lonceng di jantung Kota Xian. Untuk mencapainya anda bisa naik ke Bus Pariwisata No. 08 dari West Bell Tower dan turun di halte 11 Cuihua Road dan berjalan ke museum yang berjarak sekitar 90 m atau bisa langsun naik taksi ke sana.

Museum Provinsi Shaanxi dibuat sebagai penghormatan terhadap kekaisaran Shaanxi yang megah. Bangunan museum ini dirancang dengan gaya Dinasti Tang kuno  yang megah dan anggun.

Di Museum ini anda akan disuguhkan berbagai pameran diantaranya yaitu beberapa prajurit terakota dan kuda yang dirawat dengan baik, pameran perunggu, keramik, bahan bangunan dari dinasti ke dinasti, cermin perunggu Han dan Tang, koin, mata uang kuno, kaligrafi, rubbings , gulir dan sebagainya.

4. Menara Lonceng dan Drum

menara-lonceng

Dalam sejarah Tiongkok dari Dinasti Ming, setiap kota memiliki menara lonceng dan menara Drum sebagai sarana untuk memberitahu waktu. Lonceng dibunyikan ketika fajar tiba dan drum dibunyikan ketika senja di setiap harinya.

Kedua menara ini terletak di pusat kota Xian yang menghubungkan empat jalan dari timur, selatan, barat dan utara di dalam tembok kota. Dari atas Menara Lonceng,  Anda bisa menikmati pemandangan Kota Xian yang indah, sedangkan dari atas Menara drum, Anda bisa melihat ramainya mosleem Quarter yang dipenuhi para pedagang dan pembeli yang berlalu lalang.

5. Mosleem Quarter

Muslim-quarter

Muslim Street atau The Muslim Quarter Xian terletak tepat di belakang Menara Drum. Merupakan jalan beraspal dengan banyak pepohonan, di mana terdapat toko-toko kuno yang sudah ada sejak era dinasti Ming dan dinasti Qing sejalan.

Di sepanjang jalan, terdapat banyak  ini restoran dan kedai makanan, dimana anda bisa mencicipi berbagai makanan khas china yang lezat dan enak.

Selain itu, di mosleem quarter juga terdapat  sejumlah bangunan arsitektur kuno yang terpelihara dengan baik, seperti halnya  Gerbang Hanguang dari Dinasti Tang, Cluster Menara Gerbang Xicheng dari Dinasti Ming, Kuil Dewa Tao dan Masjid Agung, yang semuanya terlihat sangat kontras satu sama lain.

Anda bisa juga membeli permen Xi’an yang khas dan enak, serta anda juga bisa melihat secara langsung proses pembuatanya. Permen-permen tersebut bisa anda jadikan oleh-oleh khas china untuk sanak saudara anda di rumah.

6. Hutan Prasasti

Prasasti

Hutan prasasti awalnya dibangun pada tahun 1087, dimana terdiri dari berbagai koleksi prasasti yang di klaim sebagai museum prasasti terbesar di Cina. Hutan prasasti ini dibuat di bekas Kuil Konfusianisme di Sanxue Street, Xian, dekat dengan gerbang selatan Tembok Kota Xi’an.

Museum ini memiliki luas lebih dari 30.000 meter persegi. Tempat ini merupakan salah satu pusat klasik ukiran batu Tiongkok kuno. Dan jga merupakan pusat karya seni kaligrafi terkenal dari dinasti terdahulu. Prasasti-prasasti tersebut dibuat berdiri, dan saking banyaknya sehingga menyerupai hutan, oleh karena itu dinamakan sebagai “Hutan Prasasti”.

7. Makam Hanyang

hanyang-tomb

Makam Hanyang atau hanyang tomb merupakan  makam Kaisar Jing, kaisar keempat dari Dinasti Han (206 SM – 220 M). Makam Hanyang berjarak sekitar 20 Km di sebelah timur bandara Xian, dan 30 km di utara pusat kota Xian.

Makam ini dibuka sebagai tempat wisata baru pada tahun 2001 dan terkenal dengan koleksi patung-patung dan binatang terakotanya. Makam yang sebenarnya  tidak terbuka untuk umum. Sedangkan yang dipamerkan di ruang pameran adalah artefak dari situs makam utama di sekitarnya.

8. Big Wild Goose Pagoda

big-goose-pagoda

Big Wild goose pagoda terletak di Kuil Da Ci’en, sekitar empat kilometer dari pusat kota, dan merupakan salah satu pagoda Budha paling terkenal di Cina. Pagoda ini merupakan  tempat yang baik untuk anda yang ingin tahu dan belajar tentang pengaruh agama Budha dan budaya Tiongkok.

Pagoda ini masih merupakan sebuah kuil Budha yang aktif dengan para biksu yang tinggal disini. Kuil ini dibangun pada masa dinasti Tang dan selesai pada tahun 652 M dengan tinggi bangunan Lima lantai atau sekitar 60 meter.

Kemudian pada tahun 704 M pagoda di bangun kembali hingga menjadi 10 lantai. Hingga pada tahun 1556, Pagoda terkena gempa dan hingga saat ini tinggi bangunan menjadi 64 meter dengan 7 lantai.

Dan saksikan juga air mancur terbesar di dunia yang berada di utara Big goose Pagoda. Air mancur tersebut Meliputi sekitar 110.000 meter persegi dengan 1.360 set pompa, 1124 set transduser, 3300 set lampion dan lebih dari 2.000 set nozel.

Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem pencahayaan teknologi tinggi dan sistem audio professional yang membuat air mancur ini menampilkan pertunjukkan yang menakjubkan.

9. Huaqing Hot Spring

huaqing-hot-spring

Para wisatawan biasanya mengunjungi Huaqing Hot Spring setelah mengunjungi Terracotta. Ya, Huaqing Hot Spring  terletak di bawah Gunung Lishan,dan hanya  berjarak 8 km di sebelah timur Terracotta Warriors and Horse Museum.

Tempat ini terkenal karena pemandangan musim semi dan kisah cinta romantis Kaisar Xuanzong dengan selirnya pada masa Dinasti Tang. Selain anda bisa menikmati pemandian air panas, anda juga bisa mempelajari  banyak tentang sejarah Tiongkok, terutama Dinasti Tang dan juga anda bisa mencoba untuk berkebun seperti penduduk China pada umumnya.

Xi’an memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Selain yang ada dalam daftar diatas, anda juga bisa mengunjungi Museum keramik, Makam Zhanghuai, makam Qianling, Museum banpo, Istana Huaqing, Museum Qianling,

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 10:14 Oleh :
Kategori : Tiongkok