11 Tempat Wisata di Xinjiang China Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Xinjiang – Xinjiang merupakan salah satu kota di China yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Selain itu, Xinjiang juga terkanal akan budaya, buah-buahan, emas, serta batu giok yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas China untuk sanak saudara anda di rumah.

Xinjiang memiliki wilayah yang sangat luas, dan terletak di perbatasan berbagai Negara seperti rusia, Mongolia, India, Kazakhstan, Afganistan, dan Tajikistan. Xinjiang juga dihuni oleh suku uighur, suku Han dan suku Kazakh yang memiliki budaya yang cukup berbeda dengan kebanyakan daerah China di bagian timur.

Ya, Xinjiang memang kaya akan wisata yang memukau, Nah, apa sajakah tempat wisata di xinjiang. Yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Xinjiang berikut ini.

1. Danau Sayram

Syaram-Lake

Danau Sayram terletak sekitar 90 kilometer di barat daya Botala, Urumqi dan terkenal sebagai mutiara di Jalur Sutra. Danau Sayram merupakan danau alpine terbesar dan tertinggi di Xinjiang, dimana danau ini berada di ketinggian 2.073 meter.

Danau berbentuk oval ini memiliki luas sekitar 460 kilometer persegi, dan memiliki kedalaman hingga  92 meter. Air di danau sayram ini sangat jernih, dan segar, dimana anda akan melihat kawanan bebek dan angsa di danau ini.

Pohon cemara dan pohon cedar yang subur menutupi seluruh pegunungan di sekitar danau ini. Sedangkan di tepi danau, kawanan kuda dan domba sedang mencari rumput di sekitar danau yang hijau dan sejuk. Musim terbaik untuk mengunjungi Danau Sayram adalah saat musim panas dan musim gugur.

2. Jiangbulak Scenic Spot

Jiangbulak

Terletak 60 km di selatan dari Kabupaten Qitai, Jiangbulak Scenic Spot adalah padang rumput luas di bagian timur Gunung Tianshan. Lokasinya yang unik menjadikan pemandangan di tempat ini sangat indah dan menakjubkan, meskipun anda berkunjung pada musim panas atau musim dingin.

Namun, bulan terbaik untuk mengunjungi Jiangbulak adalah pada bulan Juni atau Juli. Dimana, anda bisa menyaksikan beraneka bunga dengan berbagai  warna mekar yang dipadukan dengan ladang gandum luas, danau yang berkilauan, dan pegunungan hijau yang sejuk.

3. Danau Tianchi

Tian-chi-lake

Merupakan salah satu gunung yang cukup populer di xinjian dan tempat wisata di China. Danau tianchi terletak di Puncak Bogda, puncak tertinggi di sisi timur Gunung Tianshan, 110 km di sebelah timur Urumqi. Dimana danau tianchi berada di ketinggian 1.928 meter dari permukaan laut.

Danau ini memiliki luas sekitar 380,69 kilometer persegi, dan memiliki pemandangan indah dengan gunung-gunung di sekitarnya. Danau ini memiliki bentuk seperti bulan sabit, dimana titik terdalam mencapai 105 meter. Air di danau ini bersumber dari salju yang mencair, sehingga air di dalam danau ini begitu jernih. Danau ini juga masuk ke dalam program Manusia dan Cagar Biosfer UNESCO.

Di musim panas, Danau Tianchi merupakan tempat yang pas untuk mencari udara yang segar dan sejuk sedangkan pada musim dingin, air di danau ini membeku dan gunung di sekelilingnya tertutup oleh salju dan menjadi resor ski.

4. Mori Forest

Mori-Forest

Merupakan sebuah hutan yang dihuni oleh pohon-pohon spesies purba yang terletak di tepi selatan Cekungan Junggar, 150 km dari Kabupaten Mori. Hutan ini memiliki luas 35 kilometer persegi, dan didapuk sebagai hutan purba tertua di dunia, yang juga dikenal sebagai “fosil hidup”.

Jauh dari daerah perkotaan dan pedesaan, hutan ini berisi sekitar 30.000 pohon poplar berdaun beragam dengan usia rata-rata 200-400 tahun. Pohon tertua, yang dikenal sebagai “pohon leluhur,” diperkirakan hidup selama lebih dari 1.000 tahun, dengan batangnya yang berdiameter 3,1 meter.

5. Kumtag Desert Scenic Spot

kumtag-desert

Kumtag Desert Scenic Spot merupakan taman nasional yang meliputi area seluas 1.880 kilometer persegi. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2002 dan diperluas pada tahun 2007 hingga 1.000 kilometer persegi. Taman Geologi Kanas. Ini diharapkan menjadi taman nasional terbesar di dunia.

Kumtag berarti “gunung pasir” dalam bahasa Uighur. Tempat ini memiliki suhu gurun yang ekstrim, dimana beku pada malam hari, dan akan sangat panas pada siang hari. Tempat ini telah menjadi tempat yang ideal untuk penelitian ilmiah, eksplorasi, ekspedisi, sebagai terapi kesehatan maupun hanya untuk melihat-lihat. Terapi pasir dipercaya sebagai cara yang efektif untuk menyembuhkan rematik serta sakit pinggang dan sakit punggung.

6. Southern Pasture

Sothern-pasture

Southern Pasture terletak 75km di Selatan Urumqi , tepatnya di kaki utara Gunung Karawuquntag, dan Pegunungan Tianshan. Anda akan disuguhkan pemandangan padang rumput alami yang hijau seperti halnya tempat wisata di Swiss. Di padang rumput tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan indah pegunungan curam White Willow Ditch dengan puncak nya yang selalu tertutup salju yang dipadukan bukit hijau nan sejuk.

Anda juga akan bertemu dengan kawanan domba dan sapi yang merupakan hewan ternak asli penduduk sekitar. Selain itu, disini anda bisa menunggang kuda, atau berjalan melalui hutan untuk memetik jamur.

7. Erdaoaqiao Grand Bazaar

Xinjiang-grand-bazar

Erdaoqiao Bazaar merupakan pasar yang paling terkenal di pusat kota Urumqi. Pasar ini mulai beroperasi sejak 130 tahun yang lalu di akhir Dinasti Qing. Pasar ini sejak dari dulu sudah menjadi daya tarik berbagai wisatawan dari seluruh Aisa pusat.

Erdaoqiao Bazaar direnovasi pada tahun 2002 oleh pemerintah kota Urumqi, Dan sekarang pasar ini menjadi jalan perbelanjaan dengan panjang 1,2 km, yang terdiri dari Xinjiang International Bazaar  dan Xinjiang Ethnic Prodect Street. Disini anda bisa membeli berbagai keperluan, mulai dari mencicipi makanan khas China, berbagai souvenir, elektronik, alat rumah tangga dan lain sebagainya.

8. Kota Kuno Jiaohe

jiaohe

Meskipun disebut kota kuno, Jiohe kini tinggal reruntuhan yang berdiri terisolasi di dataran tinggi di ketinggian 30 meter di Lembah Ya’ernaizi, 10 kilometer timur Turpan.

Sisa-sisa kota kuno mewakili arsitektur setelah Dinasti Tang. Anda bisa melihat dengan jelas berbagai bangunan seperti  rumah hunian, kantor pemerintah, kuil, serta sisa-sisa dapur rumah tangga. Anda bisa menyewa pemandu wisata, agar lebih memahami sejarah yang ada di kota kuno ini.

9. Grape Valley

grape-valley

Anggur Xinjiang merupakan salah satu anggur terbaik di dunia selama beberapa dekade terakhir. Dan kota asal anggur Xinjiang adalah Lembah Anggur di daerah Turpan . Grape Valley adalah sebuah lembah yang terletak di lereng barat Gunung Kiziltag,

Anda bisa menggunakan gerobak tenda yang ditarik dengan keledai untuk mengelilingi Lembah Anggur ini. Disini Anda juga dapat memetik anggur serta menikmati lagu dan tarian khas penduduk setempat. Nikmati buah anggur segar sambil berbaring, dibawah pohon-pohong anggur yang rindang dan sejuk.

10. Flaming Mount

Flaming-mount

Terletak di tengah Cekungan Turpan, oleh penduduk setempat disebut Gunung Kiziltag dan lebih populer dengan nama “Flaming Mount”. Disebut Flaming mount karena pada malam hari gunung-gunung tanah liat merah ini memantulkan panas dan cahaya gurun yang membuatnya nampak terbakar.

 Sedangkan pada siang hari, batu merah ini bersinar dan udara panas memberikan efek seperti asap yang membuatnya seolah-olah terbakar. Pada pertengahan bulan Juli, Flaming mount ini tampaknya terbakar di bawah sinar matahari dan berubah  menjadi warna cokelat keunguan. Dan tempat ini juga merupakan tempat dengan suhu udara terpanas di China.

11. Makam Apak Hoja

Hoja

Makam Apak Hoja terletak di Desa Ezret, sekitar 5 km timur laut Kashgar. Dibangun pada tahun 1640, makam ini adalah makam Islam terbesar di Cina. Apak Hoka sendiri adalah raja Hoja State of Kashgar .

Namun, menurut legenda, seorang wanita bernama Yiparhan, keturunan Hoja, pernah menjadi selir Kaisar Qianlong pada era Dinasti Qing. Dia dijuluki sebagai “Selir Harum” karena tubuhnya selalu mengeluarkan aroma bunga yang harum dan lembut. Setelah dia meninggal, jenazahnya dibawa kembali ke Kashgar dan dimakamkan di Makam Apak Hoja.

Membahas tempat- tempat wisata di Xinjian memang tidak ada habisnya, karena daerah otonom ini dikarunia dengan pemandangan alam yang begitu kaya dan menakjubkan. Namun diatas merupakan tempat wisata terpopuler wisatawan di Xinjian.

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 15:29 Oleh :
Kategori : Tiongkok