16 Tempat Wisata Di Hainan Tervaforit Wisatawan

Saat senggang dan ingin berlibur ke luar negeri, Cina mungkin bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Apalagi jika melihat harga tiket pesawat domestik dan tiket ke luar negeri yang hampir sama. Mungkin, tidak masalah jika kali ini anda memikirkan untuk travelling berhenti dari rutinis sehari-hari sejenak. Benar bukan?

Berbicara soal Cina, pasti anda akan teringat dengan Baijing dan Shanghai, kota kosmopolitan, ramai, dan terkenal sebagai destinasi wisata dunia. Namun, kalau ingin liburan yang lebih tenang dengan suasana yang tidak terlalu bising atau sibuk. Mungkin Hainan bisa menjadi pilihan yang menarik, kelengkapan destinasi wisatanya hingga makanan khas Cina bisa dengan mudah ditemukan di kota ini.

Banyak traveler yang menyebut Hainan sebagai “Hawaii Timur”, pulau tropis ini terletak di ujung selatan Cina. Menawarkan pantai dengan pemandangan indah nan eksotis, akomodasi mewah, acara festival yang diselenggarakan sepanjang tahun, hingga sinar matahari yang bersinar hangat sepanjang tahun.

Bisa dibilang, tempat wisata di Hainan, keindahan alam, budaya, dan sejarahnya adalah berlian tersembunyi yang berhasil ditemukan. Tidak yakin? Inilah tempat wisata di Hainan yang harus dikunjungi jika anda baru pertamakali traveling ke sini.

1. Haikou

Haikou

Haikou merupakan ibu kota dari Hainan yang berada di Laut Cina Selatan, kota ini memiliki paket lengkap sebagai tujuan wisata. Karena traveler bisa menjumpai gunung berapi, taman. Perkebunan kelapa dan tembau yang membuatnya nampak berbeda dan menarik.

Kota ini menjadi persimbangan bagi banyak budaya, pengaruhnya dapat terlihat jelas dari karakter kotanya hingga sekarang. Banyak bangunannya yang memamerkan perpaduan antara Eropa dan Cina Klasik dengan sedikit jejak arsitektur khas India dan Arab.

Wisatawan bisa melihatnya di kawasan Qilou Street dan Yacheng Old Street. Selain rumah-rumah penduduk yang tertata rapi, kawasan ini juga memiliki ruko dan restoran kecil yang menjadi sumber kehidupan bagi warga lokal.

Yang tidak kalah menariknya adalah Movie Town Haikou yang merupakan sebuah studio film yang memiliki desain arsitektur menakjubkan. Tempat lainnya yang bisa dikunjungi di Haikou adalah Kuil Lima Dewa Wugong yang pembangunannya didedikasikan untuk lima pejabat yang dibuang ke Hainan.

Karena pada abad ke 7 saat pemerintahan Dinasti Tang dan Song, Haikoud dijadikan sebagai tempat pengasingan. Kelima pejabat yang diasingkan tersebut adalah Li Deyu, Li Gang, Li Guang, Zhao Ding, dan Hu Quan.

Bahkan sisa kejayaan masa lalu yang mereka miliki seperti plakat batu, aula leluhur, dan patung masih dapat dilihat hingga kini. Tempat wisata yang dapat dijumpai di sekitar kota ini adalah:

  • Nanshan Buddhist Culture Garden, yang memiliki pantung Dewi Kwan Im setinggi 108 meter di atas permukaan laut.
  • Pulau Wuzhizhou, laut di pulau ini memiliki hamparan terumbu karang dan ikan tropis yang beraneka ragam. Pulau ini memiliki bentuk yang menyerupai kupu-kupu ini memiliki suasana romantis dengan keindahan alamnya yang sangat memukau. Untuk sampai di pulau ini, wisawatan harus menuju dermaga pulau terlebih dahulu, lalu menlanjutkan perjalanan selama 15 menit menggunakan boat.
  • Jembatan Cinta, sebagai tempat wisata di Cina yang romantis, kota ini juga menwarkan Jembatan Cinta yang terbuat dari baja. Di ujung jembatannya terdapat sebuah paviliun yang digunakan sebagai lokasi untuk melihat keindahan Pulau Wuzhizhou.
  • Satu lagi pantai yang sangat terkenal, yaitu Yalong Bay yang terletak tidak jauh dari Bandara International Sanya Phoenix. Memiliki hamparan pasir putih sepanjang 7 kilometer dengan perbukitan hijau di sekelilingnya.

2. Xinlong

Xinlong

Untuk sampai di kota ini membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari Sanya, Xinlong memiliki cuaca yang hampir sama dengan Indonesia. Hal menarik yang dapat ditemukan di kota ini adalah, Desa Bali yang dulu merupakan daerah penampungan bagi warga Cina yang berasal dari Asia Tenggara.

Yang akhirnya terjadi asimilasi budaya ketika warga Tionghoa dari Asia tenggara datang ke Hainan. Di Desa Bali, wisatawan juga akan merasakan nuansa yang kental dengan Bali yang merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal.

Selain gapura dan candi, di tempat wisata di Hainan ini wisatawan juga disuguhi dengan makanan khas yang disebut dengan kue semprong. Desa di kota ini juga semakin menarik karena terdapat perkebunan sayur da tanaman hijau yang menyejukkan mata.

3. Lingshui

Lingshui

Tempat wisata di Hainan bukan hanya terkenal dengan pantainya saja, namun juga kebudayaan dan kearifan lokal yang khas. Jika di Xinlong terdapat Desa yang kental dengan budaya Bali, maka di Lingshui terdapat Yetian Minority Village yang dikenal sebagai daerahnya suku tradisional Li dan Miao.

Suku minoritas ini berada di Desa Yetian, dimana warga lokal masih mempertahankan dan melestarikan kebudayaan tradisionalnya. Berbagai kerajinan tangan brokat, keramik, tarian, dan keterampilan menempah masih tetap dilestarikan oleh suku minoritas Li. Sedangkan Suku Miao yang telah mendiami Pulau Hainan selama 4 ribu tahun dikenal dengan keahliannya dalam kerajinan anyaman rotan dan perak.

Kentalnya kebudayaan dan kelestariannya tersebut, membuat Desa Yetian mendapat status The World Intangible Cultural Heritage. Di desa ini, wisatawan dapat menyaksikan kehidupan suku Li yang kebanyakan membangun rumahnya dari bambu. Suku Li dapat dikenal dari pakainnya yang dominan berwarna hitam. Sedangkan suku Moao dapat dikenali dari pakaiannya yang lebih berwarna-warni. Tempat wisata di Hainan lainnya yand dapat dikunjungi adalah:

  • Pantai Dadonghai, pantai ini memiliki apsir putih dengan garis pantai yang panjang.
  • Wennan Old Street
  • Arcade Steet, adalah salah satu kawasan yang memiliki banyak bangunan tua bersejarah. Selan itu di tempat ini juga banyak penjual yang menjajakan oleh-oleh khas Cina.
  • Sanya Romance Park
  • Luhuitou Park
  • Huoshankou National Geopark
  • Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park
  • Mission Hills Huayi Brothers Feng Xiaogang Movie Town
  • Yanuo Tropical Rain Forest Resort
  • Binlang Ethnic Village
  • Sanya Beauty Crown Cultural Exhibition Center
  • Hainan Tropical Wildlife Park and Botanical Garden
  • Pineapple Shopping Center

Kecantikan dan keragaman tempat wisata di Hainan ini tentu tidak kalah dengan tempat wisata di Korea. Bahkan beberapa munkgin tidak akan bisa dijumpai di negara lainnya, karena itulah Hainan bisa mnejadi salah satu tempat terbaik untuk berlibur.

Anda punya tips jalan-jalan ke Cina? Atau punya list destination di Hainan lainnya? Yuk bagi di kolom komentar. Apalagi jika anda sudah pernah berkunjung dan liburan di Hainan, Cina. Langsung saja bagikan pengalaman dan tips jalan-jalan anda di bawah ini. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di negara lainnya yang dapat dikunjungi. Seperti yang dibawah ini.

, , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 09:43 Oleh :
Kategori : Tiongkok