12 Tempat Wisata di Zhejiang China Populer dan Terbaik

Tempat Wisata di Zhejiang – Zhejiang merupakan sebuah provinsi yang terletak di pantai tenggara China. Beribu kota di Huangzhou, dimana wilayahnya didominasi oleh perbukitan yang indah. Selain pemandangan alam yang indah, Zhajiang juga memiliki berbagai pulau yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah pulau zhousan yang merupakan pulau terbesar di China.

Zhejiang juga berbatasan langsung dengan tempat wisata di Shanghai, yang menjadi salah satu kota metropolitan besar di China. Nah, apa sajakah tempat wisata di Zhejiang, yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Zhejiang berikut ini.

1. West Lake

west lake

Terletak di sebelah barat kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang. West Lake merupakan danau air tawar yang terkenal dengan julukan “Surga di bumi” karena keindahannya. Danau ini memiliki luas sekitar 6,5 ​​kilometer persegi  dan rata-rata memiliki kedalaman 3 meter. Pada tahun 2011, danau ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu biosfer yang harus dilindungi.

West lake juga dikelilingi pegunungan, serta memiliki berbagai tempat mengaggumkan seperti kuil, pagoda, taman, dan pulau buatan yang terletak di tengah danau. Bulan terbaik untuk mengunjungi west lake adalah bulan Juni dan September. Dimana pada bulan tersebut, anda akan disuguhkan pemandangan bunga teratai yang sedang bermekaran indah.

2. Kuil Lingyin

lingyi

Kuil Lingyin merupakan salah satu dari sepuluh biara Budha kuno yang paling terkenal di Tempat wisata di China. Kuil ini dibangun pada sekitar tahun 328 M pada masa dinasti Jin timur dan merupakan kuil tertua di kota Hangzhou.

Saat ini kuil ini  terdiri dari 9 bangunan, 18 menara, 72 aula dengan 1.300 kamar dan lebih dari 3.000 biksu. Jangan lupa untuk mengunjungi Aula Mahavira dimana terdapat  patung Sakyamuni yang diukir dari potongan kayu barus.  

Di depan Aula terdapat dua pagoda batu yang dibangun pada sekitar tahun 960. Disekitar kuil terdapat bukit-bukit dengan pohon-pohon kuno yang menjulang dan juga mata air. Disini anda bisa menggabungkan berbagai wisata seperti sejarah, agama, budaya dan juga wisata alam.

[AdSense-B]

3. Gunung Putou

Putou

Gunung Putuo merupakan salah satu pulau di Kepulauan Zhoushan di Provinsi Zhejiang. Gunung ini juga merupakan salah satu dari empat gunung suci agama Buddha di  Cina. Dimana tiga lainya yaitu gunung Emei di Sichuan, Gunung Wutai di Shanxi dan Gunung Jiuhua di Anhui.

Pulau Gunung Putuo memiliki luas sekitar 12,5 kilometer persegi. Terletak di Laut Timur Cina. Disini anda akan dimanjakan dengan pemandangan gunung dan lautan yang membentang di depan mata. Anda juga bisa melakukan hiking disini dimana Puncak utamanya yang bernama Puncak Buddha memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

[AdSense-A]

4. Danau Qiandao

Qindao lake

Danau Qiandao atau danau seribu pulau merupakan danau buatan yang terletak di sebelah barat Kabupaten Chun’an, Zhejiang. Danau buatan ini dibuat pada sekitar tahun 1959.  Terdapat 1.078 pulau besar dan ribuan pulau kecil yang tersebar di danau ini.

Danau Qiandao mencakup area seluas 573 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata 34 meter. Air di danau ini juga sangat jernih dan bahkan anda dapat langsung meminumnya. Danau ini terlihat sangat indah dari kejauhan, dan anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau eksotis yang terdapat berbagai satwa.

5. Kota Kuno Xitang

Xitang

Kota Kuno Xitang terletak di bagian utara Provinsi Zhejiang yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Shanghai dan 110 kilometer dari Hangzhou. Xitang dikenal sebagai salah satu dari enam kota kuno di Cina selatan. Kota ini  mempertahankan gaya hidup masyarakat China kuno dengan sungai apung, jembatan kuno dan berbagai bangunan kuno di dalamnya.

Di dalam kota, terdapat banyak bangunan yang berasal pada masa dinasti Ming dan Qing. Selain itu, Xitang juga menjadi pertemuan dari sembilan sungai yang kesemuanya dihubungkan dengan 27 jembatan kuno. anda bisa menyusuri sungai-sungai tersebut dengan perahu untuk menikmati pemandangan berbagai bangunan kuno yang luar biasa.

6. Wuzhen

wuzen

Hampir sama seperti Xitang, Wuzhen juga merupakan salah satu kota dari enam kota kuno di Cina selatan. Hanya berjarak sekitar satu jam dari Hangzhou. Kota kecil ini terkenal dengan bangunan-bangunan kuno dan tata ruangnya, dimana terdapat berbagai jembatan dengan berbagai ukuran yang melintasi sungai-sungai di kota.

Salah satu wilayah yang wajib anda kunjungi adalah di xizha. Dimana terdapat lusinan bangunan bergaya Ming dan Qing yang masih utuh dan berjejer di jalanan. Anda juga bisa mengikuti gaya hidup penduduk Xizha kuno dengan meminum teh di rumah teh tradisional atau menikmati pertunjukan opera di teater.

7. Pagoda Six Harmonies

six harmony pagoda

Pagoda Six Harmonies merupakan salah satu bangunan yang  dilindungi sebagai peninggalan budaya nasional utama. Dimana struktur bata dan kayunya sebagian besar masih asli sejak awal berdirinya pagoda ini.

Beberapa prasasti Dinasti Song masih dapat ditemukan di dalam pagoda ini. Pagoda Six Harmonies ini memiliki tinggi 59,89 meter. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan Sungai Qiantang yang berkelok-kelok  indah dan menakjubkan. Serta terdapat juga lebih dari 200 situs ukiran batu di pagoda ini  yang merupakan bukti material langka dari arsitektur kuno China yang masih bertahan hingga sekarang.

8. Museum Teh Cina

tea museum

Museum Teh Cina merupakan satu-satunya museum nasional the di China. Terletak di Desa Teh Longjing yang indah di Kawasan West lake yang indah. Museum ini menampilkan semua hal yang berkaitan dengan teh, seperti sejarah teh, berbagai varian teh, acara teh, peralatan untuk menyajikan teh serta kebiasaan minum teh di Cina.

Museum teh China terdiri dari empat kelompok bangunan yang menampilkan sejarah dan perkembangan teh di China. Di dalam museum, juga terdapat berbagai bunga, bukit buatan, kolam dan paviliun yang terintegrasi dengan baik.

9. Grand Canal Hangzhou

canal hangzhou

Grand Canal Hangzhou memiliki panjang sekitar 1.700 kilometer hingga ke Beijing, dimana kanal ini merupakan proyek pemeliharaan air di Cina kuno.  Berbeda dari kebanyakan sungai di Cina yang mengalir dari barat ke timur, Grand Canal adalah penghubung antara utara dan selatan dari Lembah Sungai Yangtze ke bagian utara, menghubungkan Sungai Haihe, Sungai Kuning, Sungai Huaihe, Sungai Yangtze, dan Sungai Qiantang .

Grand Canal memainkan peran yang sangat penting selama zaman kuno dalam industri ekonomi. Anda bisa menyusuri grand canal dengan menggunakan perahu dan nikmati pemandangan indah di sekitar sungai ini.

10. Xikou Town

xikou

Xikou terkenal karena integritas budaya, agama, dan keindahan pemandangannya yang menakjubkan. Kota ini  adalah kota kelahiran Chiang Kai-Shek, yang merupakan tokoh bersejarah yang signifikan dalam sejarah China.

Di sini, terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Museum Xikou, Menara Gerbang Wuling, Paviliun Wenchang, Fenggao House, Toko Garam Yutai, Kuil Xuedou dan Gunung Xuedou. Jangan lupa untuk mampir ke salah satu restoran atau kafe disini dan nikmati makanan khas China yang lezat dan autentik.

11. Desa Tengtou

Tengtou

Desa Tengtou merupakan salah satu atraksi ekowisata yang populer di China maupun di seluruh dunia. Terdapat sekitar 500 akomodasi, 1.000 tempat duduk untuk makan malam dan Banyak jenis ruang pertemuan berbeda yang melayani berbagai kebutuhan wisatawan.

Di sini, Anda bisa merasakan bagaimana keseruan memetik bunga maupun menjadi seorang petani China. Anda akan diajari bagaimana cara menanam, panen, menggiling biji-bijian, mencari ikan ataupun membuat kue beras.

[AdSense-C]

12. Orchid Pavilion

Orchid pavilion

Terletak di pinggiran barat daya Kota Shaoxing, Provinsi Zhejiang, Orchid Pavilion terkenal karena sejarah dan pemandangan tamannya yang indah. Pada awalnya, Orchid Pavilion merupakan tempat Gou Jian, Raja Yue selama Periode Musim Semi dan Musim Gugur menanam anggreknya.

Tempat ini menjadi populet karena menginspirasi karya-karya Wang Xizhi, seorang kaligrafer terkenal dari Dinasti Jin Timur, yang disebut sebagai Sage of Calligraphy.

Itu dia berbagai tempat wisata di Zhejiang, dan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas China di Zhejiang.

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, August 2019 / 15:55 Oleh :
Kategori : Tiongkok