Pulau Lamma , Wisata Alam Yang Wajib DI kunjungi Di Hong Kong

lamma_islandDestinasi wisata di dunia ini sangat banyak dan masing-masing memiliki ciri khas yang menakjubkan. Seperti misalnya, tempat wisata di Paris yang memiliki ikon berupa Menara Eiffel dan tempat-tempat di sekitarnya yang romantis. Tempat lain seperti tempat wisata di Singapura yang memiliki Marina Bay Sands, menjadi sebuah destinasi wisata yang paling ingin dikunjungi oleh orang-orang di Asia.

Bagaimana dengan Eropa? Ada Belanda yang memiliki tempat wisata serba terkesan klasik, misalnya tempat wisata di Belanda yang terkenal dengan sebutan taman bunga tulip, adalah salah satu tempat wisata impian semua orang di dunia ini.

Lalu, jika Anda punya kesempatan untuk menghabiskan wisata di luar negeri, negara mana yang akan Anda kunjungi? Direkomendasikan sebuah tempat wisata di Hongkong seperti hong kong disneyland yang memiliki pemandangan luar biasa. Pulau itu bernama Pulau Lamma atau dikenal dengan sebutan Pok Liu Chau oleh orang Cina asli. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga yang ada di wilayah Hongkong, di mana secara administrative, pulau ini masuk ke Kabupaten Kepulauan.

Keistimewaan Pulau Lama

Lamma Island hong kong

Ada beberapa keistimewaan di Pulau Lama yang tak boleh Anda lewatkan, keistimewaan ini pula yang menjadikannya sebagai pulau destinasi wisata yang tak akan dilewatkan oleh turis dari luar negeri:

  1. Menikmati pemandangan pegunungan desa

Pulau Lamma memiliki daya tarik sebagai pulau untuk hiking terbaik di dunia. Di samping itu juga ada tempat untuk wisatawan dapat melihat wilayah konservasi penyu laut.  Pulau ini memiliki desa bernama desa Yung Shue Wan (Banyan Tree Bay) dan desa Sok Kwu Wan (Rainbow Bay), di mana di antara desa-desa itu terdapat deretan pegunungan yang menjadi ikon keindahan di Pulau lamma.

2. Gunung Stenhouse

Di samping desa-desa yang menakjubkan, dari dua desa tersebut, Anda pun bisa mengamati gunung tertinggi di Lamma, yakni Gunung Stenhouse yang memiliki ketinggian 353 meter (1.158 kaki). Gunung tersebut seolah menjadi pondasi utama Pulau lama karena mengelilingi dua desa sekaligus yaitu desa Sok Kwu Wan dan Sham Wan.

3. Mengamati temuan arkeologi

Kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika Anda berkunjung ke Pulau Lamma salah satunya ialah menikmati temuan arkeologi berupa pemukiman manusia di bagian utara dan timur Pulau Lamma. Pemukiman ini  yang diperkirakan merupakan pemukiman yang aktif pada masa4000-3000 SM.

4. Melihat kampung halaman Aktor Chow Yun-fat

Siapa yang tahu di mana kampung halaman aktor Chow Yun Fat? Ternyata tanah kelahirannya ialah di Pulau Lamma, tepatnya di desa yang bernama desa Wang Long, lokasinya sangat dekat dengan desa Yung Shue Wan. Kini, bila Anda berkunjung ke desa tersebut, Anda akan menemukan restoran seafood yang dioperasikan oleh kerabatnya, restoran itu bernama “Shau Kee” dan berada di pusat desa.

Lamma adalah Pulau yang Damai

Lamma Island

Dengan berbagai macam keistimewaan yang dimilikinya, Pulau lamma mendapatkan predikat sebagai pulau yang palng damai di Hongkong dan juga sebagai pulau yang dilimpahi dengan ketenangan dan pemandangan alam yang luar biasa, lengkap dengan dokumentasi arkeologi alamnya membuat sejarawan pun tak ingin melewatkan kunjungannya ke Pulau Lamma.

Ada berbagai macam aturan yang diterapkan pihak berwenang setempat untuk menciptakan kedamaian dan mempertahankan keindahan Pulau Lamma, antara lain pihak berwenang melarang pendirian bangunan dengan tinggi yang lebih dari tiga lantai. Semua bangunan maksimal memiliki tinggi hanya tiga lantai.

Alat transportasi masyarakat sekitar hanyalah sepeda, jadi kebanyakan masyarakat hanya berjalan kaki. Mobil, truk, dan kendaraan bermotor lainnya dilarang beroperasi di dalam Pulau Lamma. Hanya ambulans dan truk pemadan kebakaran saja yang diijinkan beroperasi di Pulau Lamma.

Aturan tersebutlah yang menjadikan Pulau Lamma tetap damai dan tenang, tidak ada polusi udara yang disebabkan oleh asap knalpot. Faktor-faktor itu membuat wisatawan dari seluruh dunia tertarik untuk mengunjungi Pulau Lamma dan tinggal di sana dalam waktu lama.


Bagian-bagian Penting dari Pulau Lamma

Beberapa bagian penting dari Pulau Lamma yang harus Anda perhatikan ini juga perlu Anda ketahui, bagian-bagian penting ini merupakan kesatuan bentuk dari keindahan Pulau Lamma yang tidak boleh dirusak. Masing-masing dijaga ketat oleh pemerintah daerahnya.

  • Yung Shue Wan

Yung Sue Wan atau disebut juga dengan desa Banyan Bay merupakan sebuah desa yang memiliki populasi penduduk terbanyak di Pulau Lamma. Dulu, desa ini menjadi pusat industri plastik, tapi sekarang telah berubah menjadi desa wisata dengan berbagai fasilitas untuk turis, seperti restoran seafood, toko makanan, toko kerajinan, dan lain sebagainya.

  • Jalan besar Sok Kwu Wan

Di sepanjang jalan besar Sok Kwu Wan Anda bisa menjumpai restoran seafood, di mana bahan-bahan yang dijadikan bahan makanan di restoran tersebut rata-rata merupakan hasil peternakan dari penduduk lokal atau hasil dari melaut dari penduduk lokal.

Banyak restoran di sepanjang jalan Sok Kwu Wan yang menyediakan fasiltias barbekyu dan memancing untuk wisatwan, lokasi memancing berada di Pantai Lo Shing yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama sepuluh menit. Selama menempuh perjalanan menuju Pantai Lo Shing, Anda bisa menyaksikan pemandangan  berupa rerumputan hijau dan halus .

  • Gua orang jepang

Menyusuri jalan antara Yung She Wan dan Sok Kwu Wan akan membuat Anda menemukan gua-gua peninggalan masa perang. Selain gua, ada juga terowongan pada masa penyerangan Jepang. Orang Jepang menggali terowongan puncak pulau di Ling Kok Shan dan di Mt. Stenhouse.

  • Situs arkeologi Sham Wan

Masih ada beberapa lagi hal menarik di Pulau Lamma, salah satunya dengan berkunjungung ke Sham Wan yang merupakan satu dari lima situs arkeologi terpenting yang dimiliki Hongkong. Situs Sham Wan terbukti sebagai area yang dulunya penah ditinggali selama masa “Neolitik Tengah” (sekitar 3.800-3.000 SM).

Desa ini juga menjadi tempat penyu hijau biasa bertelur, sehingga wilayah ini selain mendapatkan perlindungan sebagai situs arkeologi, tempat ini juga menjadi tempat konservasi alam khususnya penyu laut.

Sham Wan menjadi satu-satunya tempat bersarang dan bertelur penyu hijau yang sudah langka, maka tindakan konservasi itu pun dilakukan oleh pemerintah Hongkong. Penyu Hijau mendapatkan luas lahan untuk berkembang biak sekitar sekitar 5.100 m2.

  • Festival tradisional di Kuil Tin Hau di Yung Shue Wan

Selain melihat-lihat budaya setempat dan situs arkeologi, Anda pun bisa mengikuti festival tradisional di Kuil Tin Hau. Kuil ini merupakan tempat khusus untuk melakukan pemujaan dari masyarakat pesisir Hong Kong. Masyarakat setempat berkeyakinan bahwa dewi laut yang melindungi para nelayan bersemayam di kuil tersebut.

Ada tiga buah kuil Tin Hau di Lamma, masing-masing berada di Yung Shue Wan, Sok Kwu Wan, [dan Desa Luk Chau. Festival Tin Hau memperlihatkan pertunjukan opera yang dikenal dengan naam Fa Pau di Sok Kwu Wan dan Yung Shue Wan.


Setiap malam tahun baru Imlek akan ada perayaan yang diberlangsungkan dengan cara menyalakan kembang api selama tiga puluh menit dengan tujuan untuk menakut-nakuti roh jahat.

Pemandangan udara dari Lamma Selatan

Keindahan Pulau Lamma dapat dilihat dari udara. Bila Anda melihat sisi selatan Pulau Lama dari udara, Anda bisa menemukan pemandangan menakjubkan dan tanda-tanda dari semua hal yang ada di Pulau Lamma seperti Yung Shue Wan dan Sok Kwu Wan dari Central di Pulau Hong Kong, kapal feri yang sedang bergerak, pemandangan Yung Shue Wan, pemandangan Sok Kwu Wan, dan lain sebagainya. Semuanya nampak artistik.

Tiket masuk

  • Tidak ada tiket masuk

Jam berkunjung

  • Dibuka kapan saja

Akses menuju Pulau Lamma

  • Naiklah feri dari Central Pier 4 ke Sok Wu Wan
  • Perjalanan ke Sok Wu Wan akan memakan waktu 30 – 40 menit
  • Sesampainya di dermaga feri, Anda bisa berjalan kaki untuk menikmati seluruh isi Pulau Lamma

, , ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 04:19 Oleh :
Kategori : Hong Kong