Wisata Similan Island, Salah Satu Area Menyelam Terbaik Di Dunia

Pulau Similan Thailand – Pulau Similan atau yang kerap juga disebut sebagai Koh Similan adalah pulau sekaligus taman nasional yang tidak boleh dilewatkan para pecinta snorkeling dan menyelam. Tampak seperti laut biru tenang dengan pantai berpasir halus yang nyaman untuk disinggahi dan bersantai, beragam kejutan akan bisa kamu temukan di bawah permukaan laut di tempat yang kerap menjadi tujuan favorit perahu tur dan yacht ini.

elephant head rock adalah situs menyelam terkenal di similanTerletak 84 km di sisi barat daya Phuket, pulau Similan adalah salah satu yang paling terkenal (juga yang paling besar) di gugusan pulau di laut Andaman dan juga merupakan salah satu area menyelam favorit di dunia. Similan berasal dari kata sembilan, walau sebenarnya pulau ini berada di urutan ke-8 di gugusan pulau. Tak hanya menyelam, pesona alam pulau Similan juga bisa menawan hati dengan batu-batuan besar yang tersebar di tepi pantai, juga binatang dan tumbuhan khas.

Kegiatan Menarik di Pulau Similan

Kegiatan-kegiatan yang dapat kamu lakukan di pulau Similan biasanya sudah tercakup dalam paket tur yang banyak tersedia di Phuket, Khao Lak, ataupun Bangkok.

  1. Snorkeling

Laut di pulau Similan memiliki banyak batu karang yang indah dan air yang jernih. Ribuan ikan dan udang yang bersembunyi dan berenang di karang akan bisa kamu temui saat berenang di kedalaman 10 meter. Pulau ini memiliki setidaknya 200 spesies karang yang sudah teridentifikasi. Beberapa karang yang kerap dapat kamu lihat adalah karang otak, staghorn, whip, dan table. Bila beruntung kamu akan bisa melihat napoleon wrasse, ikan yang punya benjolan di antara kedua matanya.penyu di pulau similan

  1. Menyelam

Titik menyelam terbaik di pulau Similan adalah di pesisir timur, tepatnya di Koh Ha (pulau no. 5) di mana kamu akan bisa menemukan karang Anita. Arus di sekitar karang ini sangat tenang, sehingga kamu bisa mengamati beragam kehidupan bawah laut lengkap dengan pasirnya yang lembut. Untuk menyelam atau scuba diving di sini, kamu hanya perlu sertifikat menyelam karena lokasinya yang cukup aman dan dangkal, hanya sekitar 20 meter.

  1. Trekking atau Mendaki

Pulau Similan tidak terlalu dipromosikan sebagai pulau untuk trekking, namun kegiatan ini tidak akan percuma dilakukan karena kamu akan bisa melihat beberapa kekayaan alam yang menarik seperti kanyon dan bebatuan sedimen besar yang sudah ada sejak 100 juta tahun lalu.

  1. Mengamati Burung

Pulau Similan adalah rumah bagi beberapa spesies burung langka seperti merpati Nicobar, burung tropis ekor biru, elang laut, dan kingfisher. Berawal dari tujuan mengamati burung, mungkin kamu juga bisa mendapati hewan-hewan lain seperti beragam kupu-kupu, tupai, lemur, kelelawar, musang terbang, kepiting kaki rambut dan kadal mangrove. Kadang kamu juga bisa bertemu monyet, meski kemungkinannya kecil karena mereka pemalu.

  1. Berjemur

Setelah lelah snorkeling, menyelam, mendaki, dan melihat-melihat alam di pulau Similan, berbaring di atas pasir putih nan lembut pulau Similan bisa menjadi pilihanmu. Tentunya jangan lupa balurkan krim pelindung matahari terlebih dulu agar kulitmu tidak terbakar.


Dunia Bawah Laut Pulau Similan

menyelam di pulau similanKeajaiban bawah laut pulau Similan dimulai dari kedalaman sekitar 7 hingga puluhan meter. Terdapat beragam spesies karang, ikan, dan hewan laut lainnya yang dapat kamu temui dengan cara snorkeling atau menyelam (untuk melihat lebih banyak keindahan bawah laut).

Ikan onde-onde yang bertutul, ikan badut, ikan singa yang berwarna merah, ikan hogfish, ikan sirip biru, ikan sweetlips, ikan kaca yang bersirip transparan adalah beberapa jenis ikan yang akan bisa kamu temukan di kedalaman 20 meter. Tak hanya itu, berbagai jenis udang, ikan pari, belut laut juga beraktivitas di sini.

Mungkin kamu juga bisa mendapati aktivitas alam seperti udang yang mendapat peringatan dari ikan goby akan bahaya yang mendekat atau ikan napoleon wrasse yang bersih-bersih di sekitar karang Bombora.

Di area selatan karang Anita yang lebih berpasir, kamu bisa mendapati kelompok belut laut yang bermunculan dari pasir untuk menyaring makanan dan kembali bersembunyi saat bahaya mengintai. Atau mungkin juga kamu bisa menyaksikan ikan pari yang panjangnya sekitar 2 meter di air yang lebih dalam.

Akses Menuju Pulau Similan

  1. Dari Thap Lamu atau Khao Lak dengan kapal milik taman nasional (4 jam), kapal besar (3-5 jam), atau speedboat (80 menit). Tiketnya mulai dari 1.000 Baht hingga 5.500 Baht.
  2. Kamu bisa pergi ke pulau Similan dengan berbagai moda transportasi lain seperti pesawat, bus, atau taksi. Namun akhirnya kamu tetap harus naik kapal dari Thap Lamu atau Khao Lak.
  3. Bandara terdekat adalah di Phuket
  4. Banyak layanan taksi tersedia di Khao Lak, lengkap dengan situs yang mendata harganya.
  5. Bus dari Bangkok akan tiba di Khao Lak, perjalanannya sekitar 12-15 jam. Sedangkan bus dari Phuket membutuhkan perjalanan 90 menit sampai 3 jam ke Khao Lak.
  6. Hampir semua bus yang menuju ke utara akan melalui Khao Lak seperti bus ke Bangkok, Surat Thani, Ranong, Chumphon, dan Takuapa.
  7. Pulau Similan hanya mengizinkan wisatawan untuk menginjakkan kaki di pulau Ko Miang (no. 4) dan Ko Similan (no. 8). Selain itu kamu hanya bisa mengakses laut.

Penginapan di Similan Island

Pulau SimilanTaman nasional adalah satu-satunya penyedia jasa penginapan di sini. Jumlah yang disediakan juga tidak banyak dan wisatawan lebih disarankan untuk tinggal di Khao Lak yang letaknya hanya sekitar 13 km dari sentral taman nasional pulau Similan. Namun bagi yang ingin bermalam di pulau Similan terdapat beberapa alternatif seperti:

  • Kapal tur

Kamu bisa mengikuti tur di kapal yang memberikan fasilitas penginapan. Tur ini umumnya menyediakan tur semalam lengkap dengan makanan fasilitas kamar mandi. Namun jumlah tur yang tersedia sangat terbatas dan biasanya bertarif cukup tinggi. Kebanyakan, tur menawarkan wisata dari pagi hingga sore di pulau Similan selama dua hari namun mengantar wisatawan kembali ke penginapan masing-masing di malam hari.


  • Kapal penyelam

Kapal ini tersedia di sepanjang pantai dan juga pulau Surin. Namun mereka biasanya hanya menawarkan jasa penginapan bagi para wisatawan penyelam, bukan wisatawan lain bahkan yang ingin melakukan snorkeling. Terdapat lebih dari 40 kapal yang beroperasi untuk mengantarmu ke pulau Similan.

  • Bungalow dan tenda

Taman nasional menyediakan sebanyak 20 bungalow di Ko Miang, tempat pusat taman nasional berada. Kamar bungalow dilengkapi dengan AC dan kamar mandi dengan pemandangan pelabuhan. Harganya sekitar 2.000 Baht per malam.

Sementara tenda yang disediakan taman nasional berukuran cukup besar lengkap dengan kelambu nyamuk, alas lantai, bantal, dan selimut. Biaya sewanya sekitar 570 Baht per malam. Taman nasional hanya memberikan wisatawan izin untuk berkemah di pulau Similan menggunakan tenda yang mereka sewakan, bukan tenda pribadi.

Tips Mengunjungi Similan Island

  1. Pilihlah kapal yang memiliki sertifikasi TAT, karena sertifikasi ini menandakan kapal tersebut memiliki standar keamanan yang baik.
  2. Berhati-hati dengan hewan laut yang mungkin beracun atau bisa membuat gatal-gatal
  3. Bawalah perlengkapan yang cukup, mulai dari makanan, minuman juga sunblock dan obat-obatan yang kamu perlukan. Pulau Similan tidak memiliki rumah sakit atau praktisi kesehatan.
  4. Belilah asuransi kesehatan sebelum kamu memutuskan untuk snorkeling atau menyelam, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

, , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 02:47 Oleh :
Kategori : Thailand