8 Souvenir Khas Kanada Yang Wajib Di Bawa Pulang

Kanada kerap dikaitkan dengan suasana yang muram, dingin, dan membosankan. Padahal banyak tempat wisata di Kanada yang menarik untuk dikunjungi. Atau untuk permulaan kamu bisa memulai dengan mencicipi 11 makanan khas Kanada yang lezat dan wajib dicoba. Setelah mencicipi semua makanan ini, dijamin kamu akan segera tertarik untuk pergi berkunjung ke negara yang saat ini dipimpin oleh Justin Trudeau ini.

Meski terletak cukup jauh dari Indonesia, namun berkunjung ke Kanada akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik dan tak terlupakan. Negeri yang dikenal dengan ikon negaranya berupa daun maple ini memiliki beberapa tempat indah yang akan memesona dan memberi kesan tersendiri untukmu. Selain itu, ada juga banyak oleh – oleh yang bisa kamu beli selepas berkunjung ke sini. Sayang kan, sudah jauh – jauh datang tak membeli apa – apa. Berikut adalah daftar souvenir khas Kanada yang patut dibawa pulang untuk kerabat.

  1. Sirup Maple

maple-syrup1

Sebagai negara yang dikenal memiliki lambang maple, Kanada tak menyia – nyiakan kekayaan alamnya hanya sekedar untuk menjadi lambang pada bendera. Negara ini juga merupakan penghasil terbesar sirup maple yang merupakan pemanis sejenis gula namun sumbernya berasal dari pohon maple.

Memang sudah banyak sirup maple tersedia di berbagai supermarket internasional di beberapa negara termasuk Indonesia, namun kualitasnya sangat jauh di bawah produk yang dijual di Kanada, bahkan kadang kandungan maplenya sedikit sekali.

Biasanya sirup maple digunakan sebagai pelengkap pancake atau waffle, namun tak jarang juga digunakan untuk memaniskan teh, kopi, atau susu. Sirup maple adalah oleh – oleh nomor satu asal Kanada. Dan tak hanya sirup saja, banyak juga varian lain maple yang tersedia untuk souvenir seperti mentega, biskuit, permen, yang semuanya dibuat dengan bahan dasar maple.

  1. Dream Catchers

dreamcactcher

Sebelum bangsa Eropa datang, Kanada juga ditempati beragam suku Amerika asli yang lebih kita kenal dengan nama Indian, seperti di Amerika Serikat. Dream catchers adalah salah satu budaya mereka yang masih tersisa hingga saat ini.

Benda satu ini berasal khususnya dari kebudayaan Ojibwe yang berfungsi sebagai jaring laba – laba untuk menahan mimpi buruk agar terjebak di dalam jejaringnya dan membiarkan mimpi baik menemukan jalan keluar untuk kembali kepada pemilik dream catcher.

Kerajinan dream catchers biasanya dibuat dengan tangan oleh para pengrajin. Jarang sekali dream catchers yang dibuat di pabrik secara massal. Bila kamu membeli kerajinan ini di saat ada momen penting di Kanada, kemungkinannya kamu juga akan bisa mendapatkan edisi spesial, misalnya disertai medali dari pemerintah.


  1. Figurin Inukshuk

inukshuk

Selain Ojibwe, ada juga suku Inuit yang memiliki sisa kebudayaan yang masih diteruskan hingga kini di Kanada, yaitu inukshuk. Inukshuk dibuat dari batu granit, yang saat ini dibuat dari produk yang bisa didaur ulang.

Fungsi inukshuk adalah untuk alat komunikasi yang membantu proses penyelamatan. Dahulu, suku Inuit menggunakan inukshuk untuk memberi tanda sebagai pemberi rute agar tidak tersasar di hutan tundra.

Inukshuk adalah salah satu souvenir khas Kanada yang patut dibawa pulang untuk kerabat selain sirup maple dan dream catchers. Jika kamu ingin mencari lebih banyak souvenir berbau etnik atau bernuansa seni, kamu juga bisa berkeliling ke beberapa daerah di Kanada misalnya Wanuskewin. Selain menemukan oleh – oleh cantik, mungkin kamu juga akan bisa menemukan tempat seindah Air Terjun Angel.

  1. Crown Royal Maple (dan minuman beralkohol lainnya)

crown-royal

Beberapa orang Kanada mungkin akan menilai Crown Royal Maple sebagai minuman beralkohol yang terlalu klise. Namun tak bisa dibantah bahwa merek satu ini adalah salah satu pionir dan yang masih terus digemari juga mudah ditemukan.

Minuman beralkohol yang paling menjadi ciri khas Kanada adalah whiski dan bir. Mereka dikenal memiliki minuman beralkohol yang kandungannya lumayan tinggi dan rasanya enak.

Molson Canadian dan Canadian Club adalah beberapa merek lain yang juga cukup banyak tersedia. Kamu bisa membeli minuman beralkohol di banyak toko baik yang khusus menjual minuman ataupun super market. Bila kamu ingin lebih otentik, kunjungilah produsen kecil karena biasanya buatan mereka lebih enak. Atau bila sudah terburu – buru, bandara juga memiliki banyak pilihan produk minuman beralkohol.

  1. Moose dan Berang – Berang

moose-toy

Tentunya kami tak membicarakan soal binatang moose dan berang – berang yang sesungguhnya untuk dibawa pulang melainkan produk – produk yang terinspirasi atau berbentuk seperti mereka. Moose dan berang – berang adalah dua binatang yang paling identik dengan Kanada. Moose adalah sejenis rusa yang hidup di daerah dingin. Sementara berang – berang adalah sejenis binatang pengerat yang hidup di dekat sungai.

Banyak sekali boneka yang dibuat menyerupai moose dan berang – berang dalam bentuk lebih imut. Tak sedikit juga produk seperti kaos, sweater rajut, dan mainan yang dibuat menyerupai atau memiliki motif kedua hewan ini. Bahkan di toko souvenir juga kerap kali boneka – bonekanya sengaja dipakaikan baju dengan lambang bendera Kanada.

  1. Uang Koin

loonie

Dengan membawa oleh – oleh ini pulang, secara tidak langsung kamu sudah tak perlu repot – repot lagi pilah – pilih hadiah atau melangkah ke toko – toko. Uang koin satu dolar dan dua dolar Kanada memiliki semacam “internal jokes” atau candaan internal di kalangan masyarakat dan media Kanada.

Uang koin ini diperkenalkan pada tahun 1996 dengan wajah Ratu Elizabeth II di satu sisi dan burung loon di sisi lain. Ini membuat koin dua dolar disebut “two-nie” atau “toonie” dan uang satu dolar “loonie”. Burung loon sendiri mirip bebek yang didominasi warna hitam.

Kisah toonie dan loonie agaknya bisa kamu ceritakan kepada kawan – kawan di rumah, sembari memberikan sebuah koin untuk mereka. Atau bila kamu ingin membeli koin yang lebih mahal untuk diri sendiri atau kerabat, ada koin emas maple yang juga masuk dalam daftar salah satu rekomendasi koin emas untuk dibeli sebagai investasi.

  1. Pin Bendera Kanada

pin

Kanada mungkin tidak sepopuler Brazil dari segi wisatanya, yang memiliki pantai indah seperti Copacabana. Namun bukan berarti Kanada tak punya souvenir khas Kanada yang patut dibawa pulang untuk kerabat.

Kanada juga memiliki kekhasannya sendiri seperti oleh – oleh berupa pin, kaos, sweater, dan lain – lain yang cukup dengan disematkan maple sudah pasti bisa diketahui berasal dari Kanada. Lambang negara Kanada ini nyatanya memang punya dampak sendiri.

Siapa yang tak tahu bahwa Kanada adalah salah satu negara yang dikenal paling tenteram? Rasanya semua orang tahu itu dan ini membuat orang Kanada akan dengan senang hati menyapa sesama warga Kanada di luar negeri. Salah satu cara paling mudah adalah dengan melihat lambang negara yang dipakai. Bila kamu memakai lambang negara Kanada, mungkin juga kamu akan bisa lebih mudah memulai obrolan dengan mereka.


  1. Piringan Hitam

vinyl

Penggemar musik tak boleh melewatkan kunjungan ke toko – toko penjual vinyl alias piringan hitam saat berada di Kanada. Kanada tak hanya memiliki kecintaan pada barang – barang antik, melainkan juga persediaan yang cukup lengkap untuk musik dari berbagai genre dalam format piringan hitam.

Tak hanya penyanyi internasional, tetapi juga penyanyi lokal dengan genre musik unik bila kamu penasaran. Saat ini di Kanada, toko musik yang khusus menjual piringan hitam atau setidaknya memiliki satu rak penuh berisi piringan hitam tak sulit ditemui. Banyak yang mencoba menganalisa penyebab kembali populernya piringan hitam di sana. Jadi, sebelum trend ini hilang, jangan lupa berikan hadiah piringan hitam ini untuk orang tersayang yang menggemari barang vintage.

, , , ,
Post Date: Monday 07th, May 2018 / 06:44 Oleh :
Kategori : Kanada