10 Oleh-Oleh Khas Kanada Yang Unik Dan Wajib Dibeli

Oleh-oleh khas Kanada – Kanada merupakan salah satu negara di Amerika Utara yang memiliki wilayah yang sangat luas. Namun, banyak wilayahnya yang tertutup oleh salju karena dekat dengan kutub utara. Salah satu tempat wisata di Kanada yang populer adalah air terjun Niagara, dimana merupakan salah satu air terjun paling eksotis dan menjadi air terjun terlebar di dunia.

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Kanada tanpa membawa oleh – oleh khas dari negara ini. Salah satu ikon yang sangat populer dari negara ini adalah daun maple dimana daun ini juga menjadi simbol dalam bendera kanada. Oleh karena itu, memilih oleh-oleh khas bukanlah perkara mudah, namun anda juga tidak usah terlalu dipusingkan dengan hal ini. Untuk itu, simak yuk oleh-oleh khas Kanada berikut ini.

1. Dream Cathcer

dream-cactherOleh-oleh khas ini merupakan kerajinan 100% buatan tangan di Kanada, dan setiap Dream Cathcer dibuat dengan cinta. Perusahaan pembuat souvenir ini juga dianugerahi sebuah penghargaan untuk Peringatan 125 Konfederasi Kanada” oleh Gubernur Jenderal Kanada. Oleh-oleh ini memang cukup unik  dimana terdapat lingkaran dengan rajutan jaring di dalamnya. Dan dibawah menggantung beberapa bulu.

Biasanya Dream Cathcer digantung di atas tempat tidur atau tempat dimana sinar matahari pertama kali masuk menembus sela-sela tempat tidur anda. Dream catcher seperti namanya, memang ditujukkan sebagai penagkap mimpi saat tidur, dimana mimpi tersebut akan terserap oleh jarring pada dream catcher. Ketika mimpi buruk datang, mimpi tersebut tidak tahu jalan melalui jaring dan terjebak di jarring, hingga cahaya pertama hari datang dan menyebabkan mimpi buruk mencair dan lenyap. Sedangkan Mimpi-mimpi yang baik akan memiliki jalan dari pusat jaring, mengalir melalui bawah bulu dan mengalir menuju sang pemimpi.

2. Maple

Maple-syrupSirup maple, maple butter, maple cookies dan maple candy merupakan oleh-oleh khas kanada yang wajib anda bawa pulang. Sebagai lambang budaya Kanada, tidak mengejutkan bahwa sirup maple digolongkan sebagai suvenir Kanada nomor satu, jadi pastikan untuk mencantumkan ke dalam daftar oleh-oleh khas yang harus dibawa pulang. Selain Maple Sirup yang menjadi salah satu minuman khas Kanada, anda juga bisa mencoba Maple Fudge merupakan kue dari Maple dengan rasa yang manis dan Lezat. Anda bisa membelinya di Pasar umum di Granville.

Selain oleh-oleh beberapa cemilan dan juga sirup, anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh dalam bentuk pernak – pernik dengan gambar maple seperti, ukiran kayu dengan motif daun maple, Gantungan kunci, Magnet kulkas, Kaos, Handuk yang juga dengan motif daun maple yang merupakan salah satu ikon dari negara kanada.

3. First Nation dan Topeng Kayu

Totem-IndianPenduduk asli kanada merupakan orang-orang bangsa Indian, hampir sama seperti penduduk asli Amerika. Salah satu kesenian budaya masyarakat asli Kanada adalah topeng kayu nya, yang menggambarkan berbagai hewan dan beberapa karakter keramat khas Indian.

Ada berbagai bentuk topeng, jadi anda bisa memilih sesuai keinginan anda. Salah satu topeng khas Kanada adalah topeng Thunderbird. Topeng-topeng ini  tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari bentuk miniature hingga topeng yang bisa anda pakai. Selain dalam bentuk topeng,anda juga bisa memilih kerajinan kayu dalam bentuk tiang untuk persembahan orang-orang Indian, Tiang-tiang ini diukir hampir seperti bentuk asli yang digunakan oleh masyarakat asli Kanada. Terdapat beberapa gambar hewan seperti burung, katak, dan bahkan wajah manusia. Tongkat ini juga disebut Totem.


4. Kerajinan dari Kayu Cadar

Cedar merupakan salah satu pohon yang dianggap penting oleh masyarakat kanada asli. Mereka menyebutnya sebagai pohon kehidupan, mereka juga memanfaatkan beberapa bagian dari Pohon Cedar, seperti batang, daun untuk membuat berbagai kerajinan. Salah satu oleh-oleh yang bisa anda beli adalah dalam bentuk gelang ataupun dalam bentuk keranjang yang unik yang terbuat dari pohon cadar. Selain itu, Juga ada beberapa kerajinan kayu cadar yang dibuat miniature kapal yang bisa anda jadikan oleh-oleh.

5. Inukshuk dan Totem Stone

InuksukhInukshuk adalah tumpukan batu yang disusun di atas satu sama lain. Merupakan sebuah simbol yang digunakan di pegunungan untuk menandai jalan atau sebagai monument dari suatu peristiwa. Simbol ikonik ini juga digunakan sebagai lambang pada Olimpiade Vancouver 2010. Biasanya Souvenir Inukshuk dibuat minniatur yang biasanya terbuat dari kayu, batu atau bahkan dari permata.

Totem Stone merupakan batu kecil yang memiliki tanda-tanda spiritual yang diukir pada batu tersebut. Menurut mitos Totem stone membawa energy positif dan keberuntungan bagi yang membawanya.

6. Cider Ice

cider-iceEs cider juga dikenal sebagai  cidre de glace,  atau anggur es apel, diproduksi melalui alkohol fermentasi jus dari apel beku yang di peras. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1990, meskipun sangat populer setelah Badai Es 1998 yang menghancurkan bagian selatan Quebec dan meninggalkan jutaan apel beku. Cider Ice bisa anda temukan di Quebec.

Hampir sama seperti Wine di Kanada, Cider ice ini sangat cocok jika dimakan bersama pate, foie gras, atau dengan keju halus. Di Quebec Cider Ice bisa anda beli di SaQs dan di beberapa toko khusus. Neige Apple Ice Wine dan  Domaine Pinnacle merupakan pilihan rasa yang paling banyak digemari.

7. Sepatu bulu

Kanada memiliki suhu udara yang dingin, bahkan dibagian utara negara ini selalu ditutupi oleh salju. Jadi tak heran jika sepatu bulu sangat banyak ditemukan dinegara ini. Bulu Sepatu terlihat ringan di kaki tetapi membuat kaki Anda terasa hangat di iklim yang dingin. Ada berbagai desain sepatu bulu di Kanada terutama di Vancouver dan British Columbia.

Selain sepatu bulu anda juga bisa membeli sarung tangan bulu untuk dijadikan oleh-oleh dari kanada. Seiring waktu berkembang, sarung tangan bulu diKanada mengalami inovai, dimana terdapat lubang di bagian ujung jari. Hal ini dapat mempermudah anda untuk mengoperasilan smartphone tanpa harus melepas sarung tangan.

8. Pernak Pernik khas Kanada

Filigre-FineJika anda menginginkan oleh-oleh yang murah, simple dan mudah dibawa, pernak-pernik seperti cincin, gelang dan kalung sangat direkomendasikan. Ada berbagai pernak-pernik unik yang berasal dari berbagai bahan diantaranya yaitu:

  • Filigre Fine, pernak pernik ini biasanya terbuat dari emas, perak ataupun tembaga, dimana anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas kanada yang satu in di Vancouver. Biasanya Filigre Fine terbuat digunakan sebagai cincin dengan bentuk seperti jaring-jaring yang cukup rumit. Oleh-oleh ini cocok untuk anda yang menginginkan oleh-oleh khas kanada dengan nuansa modern. Namun, anda harus merogoh kocek agak dalam untuk membawa oleh-oleh yang satu ini.
  • Perhiasan dari tulang dan kayu, Di pasar umum Granville Island, anda akan menemukan banyak seniman yang membuat perhiasan dari bahann batu, kayu, dan tulang binatang. Perhiasan – perhiasan tersebut di buat dengan motif yang indah dan bervariasi. Kebanyakan gambar-gambar di pernak pernik ini adalah bunga-bungaan maupun pepohonan.

9. Rempah Khas Kanada


Selain beberapa souvenir yang bisa anda beli diatas, Anda bisa memasukkan beberapa rempah-rempah  yang dikemas dalam botol dengan rapi dan indah. Di Kanada Terdapat banyak bumbu – bumbu terutama garam, dimana garam di kanada memiliki rasa garam laut yang beragam, sehingga Anda memiliki beberapa pilihan yang bisa anda bawa pulang.

Anda pun juga bisa menikmati makanan khas kanada dengan racikan sendiri di rumah. Dengan membeli beberapa botol bumbu yang bisa anda gunakan untuk memasak makanan di rumah. Atau anda bisa membelikan oleh-oleh ini untuk keluarga atau teman anda yang hobi memasak.

10. Selimut Hudson Bay

Sejak sekitar tahun 1780 selimut wol ikonik dari Hudson Bay telah menghangatkan penduduk kanada. Selimut ini dijual secara eksklusif oleh Hudson’s Bay Company, sebuah department store yang permulaannya sejalan dengan sejarah negara inii. Kehangatan dan warna selimut dari Hadson Bay sangat dihargai oleh orang-orang dari Penduduk setempat, yang memperdagangkan kulit berang-berang sebagai ganti mereka dengan para pendatang.

Diatas merupakan oleh-oleh khas Kanada yang bisa anda beli untuk kolega anda dirumah. Selamat berlibur.

, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 14:35 Oleh :
Kategori : Kanada