11 Tempat wisata di Whitehorse Kanada Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Whitehorse – Whitehorse merupakan salah satu kota yang cukup populer di tempat wisata di Kanada. Kota ini merupakan ibu kota dari wilayah teritori Yukon yang sekaligus merupakan kota terbesar di wilayah ini.

Air yang deras dan berbuih dari jeram-jeram di sungai Yukon yang melintasi kota ini mirip seperti kuda-kuda putih, dimana menjadi cikal bakal pemberian nama tempat ini dengan Whitehorse.

Tempat terpadat di wilayah white horse berada di utara dari kota ini, dimana berada di persimpangan antara Alaska dan Klondike Highways, dan hanya berjarak sekitar 80 kilometer diutara perbatasan dengan British Columbia.

Kota kecil ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi. Nah, apa sajakah tempat wisata di Whitehorse. Yuk simak tempat wisata di Whitehorse berikut ini.

1. Aurora Northern Light

nothern lights

Aurora Nothern Light atau aurora Borealis merupakan pemandangan langit yang indah, dimana dihiasi cahaya-cahaya alami yang berwarna-warni. Anda dapat melihatnya dari Whitehorse selama bulan Januari hingga awal April. Anda bisa menuju ke salah satu bukit di kota ini untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati aurora ini adalah, anda bisa mengikuti tur pertunjukan aurora malam yang diselenggarakan di Whitehorse . Tur empat jam yang menyenangkan ini meliputi fasilitas penjemputan di hotel dan akan membawa Anda menuju hutan di tempat yang jauh dari cahaya, untuk memaksimalkan fenomena alam yang menakjubkan tersebut.

2. Miles Canyon

miles canyon

Meskipun tidak sebesar grand Canyon di tempat wisata di amerika serikat, Miles Canyon dahulu juga pernah menjadi tempat yang berbahaya dari Sungai Yukon, sebelum akhirnya dibuat bendungan untuk pembangkit listrik yang membuat aliran miles canyon tidak terlalu deras.

Dahulu, miles canyon merupakan tempat yang paling ditakuti para pencari emas, dan banyak penambang yang hilang saat mencoba melewati perairan yang bergolak ini. Saat ini, wilayah miles town dibangun jalur hiking dan berbagai pengaturan tempat yang membuat daerah ini sangat menyenangkan untuk dijelajahi.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi jembatan gantung sepanjang 25 meter yang dibangun pada tahun 1922. Dari atas jembatan tersebut anda bisa menikmati pemandangan sungai yang indah.

3. Takhini Hotspring

Takhini

Terletak di Mile 6 Takhini Hotsprings Road, Whitehorse, yang tidak jauh dari pusat kota Whitehorse. Takhini Hot Springs merupakan tempat wisata  populer di Whitehorse bagi para wisatawan maupun penduduk lokal. Pemandian air ahngat ini terkenal dengan sifat terapeutik dan kuratifnya serta tidak berbau . Dimana mata air panas ini telah digunakan selama berabad-abad.

Terdapat dua pilihan kolam renang untuk bersantai, masing-masing  memiliki suhu yang berbeda. Dimana Kolam renang air panas pertama memiliki suhu sekitar 42 derajat Celcius, sedangkan kolam renang satunya memiliki suhu 36 derajat Celcius. Disini juga terdapat hostel serta area perkemahan yang bisa anda gunakan untuk menginap.

4. SS Klodinke

SS klodike

Terletak di tepi Sungai Yukon, tepatnya di 10 Robert Service Way, Whitehorse. SS Klodinke merupakan kapal sternwheeler terbesar dari Armada kapal British Yukon Navigation (BYN) Company yang melaju di atas Sungai Yukon antara Whitehorse dan Dawson City pada awal abad kedua puluh.

Kapal ini dibangun pada tahun 1929, kapal ini tenggelam pada tahun 1936, dan dibangun kembali untuk kemudian diluncurkan sebagai SS Klondike II pada tahun 1937. Kapal in i dipulihkan kembali seperti penampilan aslinya pada tahun 1937 hingga 1940,  untuk dijadikan sebuah obyek wisata yang cukup populer di kota ini.

5. Cagar Alam Yukon

yukon wild

Cagar Alam Yukon hanya berjarak 30 menit dari pusat kota Whitehorse. Anda bisa melakukan tur dengan seorang pemandu untuk melihat berbagai flora dan fauna seperti rusa besar, muskoxen, kambing gunung, bison, rusa bagal, rusa hutan, karibu hutan , rusa, domba Dall serta domba batu.

Cagar ala mini memiliki luas lebih dari 350 hektar, dimana terdiri dari berbagai  habitat yang berbeda, mulai dari lahan basah hingga tebing yang memungkinkan hewan hidup di lingkungan alaminya. Cagar alam ini juga menjadi pusat rehabilitasi satwa liar. Saat musim dingin biasanya terdapat acara ski salju dan lintas alam.

6. Whitehorse Fishladder & Hatchery

fishladder

Ketika es mulai mencair di musim semi, spesies ikan salmon Chinook akan menuju ke hulu dari Samudra Pasifik ke Sungai Yukon untuk berkembang biak. Beberapa ikan menempuh perjalanan hingga sekitar 60 hari untuk menempuh perjalanan sejauh 3.000 kilometer.

Disini anda bisa menyaksikan tontonan yang luar biasa ketika ikan-ikan salmon tersebut melompat-lompat di Whitehorse Fishladder dan Hatchery. Tidak jauh dariWhitehorse fislhladder and hatchery terdapat tempat penetasan ikan yang didirikan sejak tahun 1984.

Tempat penetasan tersebut memainkan peran penting dalam melindungi ikan Salmon Chinook Yukon serta spesies ikan lain termasuk arctic char dan trout pelangi dari kepunahan. Jangan lupa untuk menikmati makanan khas Kananda disini berupa berbagai hidangan salmon di berbagai restoran.

7. Museum Transportasi Yukon

museum transportasi

Museum Transportasi Yukon di 30 Electra Crescent, Whitehorse menampilkan contoh-contoh alat transportasi awal di Yukon.  Seperti sepatu salju, kereta luncur anjing, kereta stagecoaches, kapal, pesawat terbang, dan kendaraan yang digunakan selama pembangunan Jalan Tol Alaska.

Salah satu yang menarik adalah pesawat Spirit of St. Louis Lindbergh . Dan juga berbagai sejarah, kisah dan informasi mengenai kota Yukon. Untuk bisa menikmati Tur di museum ini, anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Di museum ini  juga terdapat  toko souvenir jika anda ingin membeli berbagai barang unik souvenir khas kanada untuk dibawa pulang.

8. Yukon Beringia Interpretive Center

beringia

Beringia diyakini sebagai rute yang ditempuh oleh orang-orang pertama dari Asia yang memasuki Amerika Utara, Wilayah ini juga terkenal sebagai wilayah dimana hewan raksasa hidup. Terletak di Kilometer 1423, Alaska Hwy, Whitehorse.

Di Yukon Beringia Interpretive Center anda akan disuguhkan berbagai sejarah Beringia, peristiwa geografis yang terjadi, fosil, pameran dari Bangsa Pertama di beringia, berbagai mural, dan diorama. DI pusat reservasi ini juga tersedia tur berpemandu gratis selama 30 menit.

9. Yukon Arts Center

YAC

Yukon Arts Center (YAC) di Whitehorse meruapakan fasilitas seni multi guna yang menampilkan berbagai acara seni, pertunjukan lokal, tari, teater, serta pameran seni lokal. Untuk pameran seni di Yukon art center terdapat berbagai karya seniman lokal dan Kanada, mulai dari pelukis hingga musisi, dapat dilihat di koleksi permanen disini.

Selain itu juga terdapat Serangkaian program anak-anak yang menyenangkan yang selalu ada di sepanjang tahun. Yukon Art center terletak di 300 College Drive, Whitehorse, tidak jauh dari pusat kota Whitehorse.

10. Pusat Kebudayaan Kwanlin Dun

kwalin dun

Dibangun pada tahun 2012 yang terletak di 1171 Front Street, Whitehorse, Yukon. Pusat Budaya . Kwanlin Dun (KDCC) ini berfungsi sebagai tempat pertemuan dan tempat untuk memamerkan warisan budaya dan sejarah whitehorse.

Salah satu yang populer disini adalah terdapat berbagai informasi mengenai Kwanlin Dun, orang pertama yang telah menetap di wilayah whitehorse. Selain itu, disini juga terdapat koleksi artefak budaya Kwanlin Dun yang cukup besar, Anda juga bisa melihat berbagai pertunjukan musik tradisional, tarian, dan drama. Berbagai Seni karya pribumi juga dipamerkan disini serta berbagai karya dari seluruh Kanada.

11. Museum Sejarah Yukon MacBride

macbridge

Museum Sejarah Yukon MacBride memiliki banyak koleksi artefak dan foto-foto dari masa penambangan emas di Yukon. Pameran yang paling terkenal di museum ini adalah sebuah kabin kayu milik Sam McGee, Bard of the Yukon, berbagai mesin dan peralatan lama untuk penambangan, serta berbagai satwa liar Yukon.

Kunjungi juga kantor telegraf Whitehorse pertama, yang juga masih dalam satu bagian dengan museum ini. Setiap musim panas terdapat konser musik yang bisa anda saksikan disini.

Selain itu, juga terdapat acara Trolley Waterfront MacBride yang merupakan sebuah acara ramah keluarga yang menyenangkan yang menarik bagi segala usia.

Anda bisa menaiki sebuah troli emas yang dibuat tahun 1925 yang telah diperbaiki, dimana anda akan dibawa untuk berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai Whitehorse yang indah.

Whitehorse memiliki udara yang cukup dingin, sehingga anda perlu mempersiapkan berbagai peralatan agar liburan anda tetap menyenangkan.

, , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 08:47 Oleh :
Kategori : Kanada