10 Tempat Wisata Di Portugal Yang Paling Terkenal Dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Portugal – Terletak di ujung Barat Eropa, Portugal tampaknya tidak mendapat lebih banyak perhatian dari wisatawan dunia sebanyak perhatian yang didapat dari negara-negara tetangga. Sebut saja tempat wisata di Perancis, selalu menjadi pilihan utama setiap orang ketika berkunjung ke Eropa. Begitu juga dengan tempat wisata di Jerman.

Meski begitu sebagai salah satu negara tertua di Eropa, Portugal banyak menyajikan lokasi-lokasi warisan budaya dan dunia sebagai tempat wisata. Negara yang pertama kali dibangun oleh Afonso Henriques sebagai kerajaan ini memiliki sebagian dari begitu banyak tempat bersejarah di Eropa yang wajib Anda kunjungi.

Meski terkenal sebagai salah satu negara penjajah, Portugal dikenal sebagai negara yang damai. Bahkan, Global Peace Index menyandangkan gelar negara paling damai nomor urut ketiga kepada Portugal, kalah saing dari negara Iceland dan New Zealend. Berwisata ke Portugal akan membuat Anda lupa bahwa negara ini memiliki begitu banyak negara jajahan.

  1. Praira de Benagel

algar de benagilMencari tips jalan-jalan ke eropa tanpa tour adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika berniat untuk berlibur ke Portugal. Berlibur tanpa paket tur memberikan kebebasan kepada Anda untuk pergi ke tempat mana pun yang Anda minati tanpa harus mempertimbangkan orang lain.

Jika ini adalah kali pertama Anda berlibur ke Portugal, pergilah ke Praire de Benagel. Menjadi tempat wisata di Portugal yang paling direkomendasikan, pantai ini terletak di perkampungan sepi di Algarve. Meski memiliki luas yang sempit dan dibentengi dengan tebing berwarna keemasan, Praire de Benagel memberikan suguhan pantai yang indah.

Berawal sebagai jalan para nelayan untuk mencari ikan di lautan lepas, pantai ini beralih fungsi menjadi pantai wisata. Meski begitu jika beruntung, Anda akan melihat segerombolan nelayan yang pulang melaut dengan membawa tangkapan. Menikmati tangkapan binatang laut dari para nelayan lebih direkomendasikan dari pada pergi ke restoran atau tempat makan.

  1. Algar de Benagil

algar de benagilPuas berwisata di pantai, sewalah perahu boat dan minta diantarkan ke Algar de Benagil. Algar de Benagil adalah sebuah gua tepi laut yang bisa ditempuh menggunakan perahu. Terletak tidak jauh dari Praire de Benagel, tempat ini menjadi tujuan kedua para wisatawan yang berlibur di Praire de Benagel.

Kelebihan dari gua tepi laut ini adalah pemandangan di sela-sela pintu masuk gua yang indah. Ialah pemandangan laut berwarna biru yang horizonnya langsung menyambung dengan langit nan bersih. Tempat ini adalah tempat yang paling terkenal di kalanganb fotografer dan kerap kali menjadi most visited place di sekitar Praira de Benagel.


Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang di tempat ini, sebab sebagian air laut masuk dan membentuk bentangan pantai sempit di dalam Algar de Benagil. Hanya saja, tingkat kedalaman laut yang timpang akan sangat berbahaya jika Anda tidak begitu pandai berenang. Sebab, ketiadaan petugas pantai di Algar de Benagil membuat seseorang riskan tidak tertolong ketika mendapati musibah.

  1. Paiva Walkways

paiva walkwaysJika Anda berlibur ke Portugal pada musim panas, maka Paiva Walkways adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda kunjungi. Pada dasarnya, tempat ini memang tempat wisata nomor satu di Portugal ketika musim panas. Tidak heran jika pengunjungnya sempat membludak dan dibatasi menjadi 3500 pengunjung per hari.

Diresmikan pada tahun 2015, Paiva Walkways merupakan trek mendaki sejauh 8 km. Popularitasnya setara dengan trek sepeda di jalan raya Aardenburgkalseide yang menyambungkan kota Maldegem sebagai tempat wisata di Belgia dengan beberapa kota kecil di selatan negara Belanda.

Para wisatawan yang datang ke Paiva biasanya untuk menikmati pemandangan gunung dan sungai Paiva yang menawan. Terbuat dari kayu, trek berjalan ini dipastikan tidak akan membuat kaki Anda sakit. Jika dalam perjalanan pulang tenaga Anda sudah, Anda bisa menyewa taksi seharga 15 euro untuk kembali ke titik keberangkatan.

  1. Onda Colossal

onda colossalBerkunjung ke Aveiro adalah kegiatan yang tidak bisa Anda lewatkan. Memiliki banyak jalur kanal, Aveiro akan mengingatkan Anda pada tempat wisata di Italia, Venice. Di kota ini, Anda bisa menikmati layanan Onda Colossal atau tur naik gondola selama 45 menit.

Dengan harga 8 euro untuk orang dewasa dan 4-5 euro untuk anak-anak, menikmati keindahan Portugal dari gondola adalah pengalaman yang menarik. Didirikan sejak tahun 2010, lewat tur kanal ini juga Anda berkesempatan untuk melihat aktivitas warna memanen rumput laut dan molico—sejenis tanaman bawah air—di Ria, laguna Aveiro.

  1. Dom Luis I Bridge

dom luis i bridgeBerlibur ke Portugal belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kota Porto. Kota ini terletak di wilayah utara Portugal. Banyak tips jalan-jalan ke Eropa yang bisa diaplikasikan di kota ini. Porto sendiri merupakan kota tempat perahu-perahu berlabuh, sebab Porto berari laut dari lautan.

Catatan sejarah mengatakan bahwa Porto adalah asal nama Portugal terbentuk. Porto sendiri memiliki arti pintu (dari lautan), merupakan tempat bagi perahu-perahu nelayan berlabuh. Kota ini terletak di wilayah utara Portugal.

Salah satu tempat wisata di Portugal yang terdapat di kota ini adalah Dom Luis I Bridge, merupakan sebuah jembatan sepanjang 1.264 kaki. Jembatan ini menghubungkan kota Porto dengan kota Vila Nova de Gaia. Dibuka pada tanggal 31 Oktober 1886, jembatan ini diinisiasi pembangunannya oleh Gustave Eiffel si arsitek menara Eiffel di Perancis.

Terdiri dari dua deck atau dua tingkat jembatan, Anda bisa melewati jembatan ini dengan kendaraan lewat deck bawah. Namun, menikmati kota Porto dan Vila Nova de Gaia dengan berjalan di sepanjang deck atas Dom Luis I Bridge adalah kegiatan yang paling direkomendasikan.

  1. Museu Interativo & Parque Tematico

Museu Interativo & Parque TematicoMasih terletak di Porto,  World of Discoveries adalah tempat wisata di Portugal lainnya. Museum ini merupakan tempat yang paling direkomendasikan jika Anda berlibur dengan anak berusia lima tahun ke atas. Harga wisata yang tidak murah untuk masuk ke tempat ini bisa terbayar dengan pengalaman yang diberikan.

World of Discoveries museum merangkum sejarah Portugal sejak aba 14, 15 hingga 16. Tidak hanya merangkum sejarah Portugal di negara Eropa, museum ini juga merangkum catatan perjalanan Vasco de Gama dalam menjelajahi dunia. Tidak heran jika di dalamnya, Anda akan menemukan banyak kebudayaan dari seluruh dunia.


Menariknya, Anda tidak perlu lelah berjalan untuk tur museum ini. Dipadukan dengan tur godola, Anda hanya perlu duduk di atas perahu sambil mendengarkan narasi-narasi sejarah lewat audioguide dan menontonnya dalam sebuah layar besar. Sayangnya, museum ini tidak menyediakan terjemahan dalam bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya.

Selain enam tempat wisata di Portugal tersebut, negara di ujung barat Eropa ini masih memiliki banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Selain tempat wisata sejarah, juga banyak tempat wisata modern yang menggunakan fasilitas teknologi sebagai penunjangnya.

  • Bussaco National Park, taman nasional ini dibangun pada tahun 2004. Merupakan tempat yang ditahbiskan ke dalam daftar World Heritage Sites oleh UNESCO. Selain menjadi tempat wisata, taman nasional ini juga memiliki beberapa spesies tumbuhan yang diteliti oleh universtis.
  • Furehal, Madeira patut Anda kunjungi jika Anda adalah pengagum olahraga sepak bola. Sebab di sinilah legenda sepak bola Christiano Ronaldo dilahirkan. Selain itu, di laut Madeira Anda bisa mengikuti tur untuk melihat lumba-lumba dan paus.
  • Evora, merupakan kota yang memiliki banyak monumen bersejarah, restoran yang berkualitas dan hiburan malam yang memabukkan. Evoira merupakan kota wisata yang perlu Anda kunjungi selama sehari penuh.
  • Hieronymites Monastery Portugal, atau Biara Jeronimos adalah sebuah biara yang terletak di Lisboa, Portugal. Sebagai situs warisan dunia, di biara ini terdapat makam tokoh-tokoh sejarah Portugal sepeti Vasco de Gama.

Berkunjung ke tempat wisata di Portugal memberikan pengalaman yang tidak jauh berbeda ketika Anda berlibur ke tempat wisata di London juga kota-kota besar di Eropa lainnya. Jika Anda berkunjung pada musim dingin, jangan malas untuk mencari tips liburan ke Eropa Musim dingin sebab akan menuntut kebutuhan yang berbeda.

, , , ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 04:25 Oleh :
Kategori : Portugal