10 Tempat Wisata Di Mindanao Terbaik Dan Terfavorit Wisatawan

Mindanau terletak di Filipina Selatan dan merupakan pulau terbesar nomor dua di Filipina. Banyak temuan arekologis yang menunjukkan bukti keberadaan manusia sekitar seuluh ribu tahun yang lalu. Orang Austronesia menyebar ke seluruh Filipina sekitar 1.500 SM, bukan hanya menyimpan jejak masa lampu. Filipina menyimpan beragam potensi yang unik dna menarik, seperti Tempat Wisata Di Mindanao berikut ini.

1. Hinatuan Enchanted River

Hinatuan Enchanted River

Walaupun memiliki panjang sungai tidak lebih dari 50 meter, Hinatuan Enchanted River yang terletak di dekat Surigao del Sur, Mindanau merupakan salah satu sungai tercantik dan paling jernih di Asia.

Sungai ini terletak bersembunyi di tengah hutan, penduduk lokal menyebutnya “ The Enchanted River “ atau sungai yang mempesona. Karena memang airnya terlihat sangat jernih dan dalam, sehingga tampak berwarna biru cerah dari atas. Sungai ini mengalir hingga ke Samudera Pasifik dan merupakan salah satu Tempat Wisata Di Filipina yang wajib untuk dikunjungi.

Memiliki arus air yang relatif tenang dan kondisi alamnya yang cukup unik. Airnya yang berwarna biru cerah tersebut mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Sejak dulu penduduk lokal menganggapnya sebagai sungai ajaib.

Sumber air garam ini pun tidak diketahui darimana asalnya, menurut Atls Obscuram hal ini dikarenakan adanya sistem gua bawah tanah yang merembes atau memuntahkan air jernih sama seperti halnya geyster yang mengalir di Kota Terindah Di Swiss.

Entah bagaimana air sungai tersebut bisa tersaring sempurna dan bebas dari lumpur maupun kotoran lainnya. Karena memiliki asal-usul yang dianggap misteri hingga saat ini, beberapa penduduk menganggapnya sebagai sungai keramat.

Biasanya mereka akan memberi saran kepada pengunjung untuk tidak berenang di sungai setelah matahari terbenam. Karena mereka percaya saat-saat itulah roh yang meguasai sungai keluar dan berkeliaran di sekitar aliran sugai.

2. Tinago Falls

Tinago Falls

Untuk mengobati rasa penasaran anda dnegan Air Terjun Angel yang merupakan air terjun tertinggi di dunia. Ada baiknya anda datang ke air terjun Tinago yang terletak di antara Kota Linamon dan Kota Ilingan, Lanao del Norte, Mindanao.

Inilah salah satu tempat wisata utama di wilayah ini, dikenal juga sebagai City of Majestic Waterfalls. Dalam bahasa Filipina, Tinago berarti “tersembunyi”, memang air terjun ini tersembunyi diantara jurang yang dalam. Untuk menuju air terjun, harus trekking menuruni anak tangga yang berliku.

Air terjun ini sangat tinggi, airnya sangat dingin dan mengalir dengan indah ke kolam yang dalam dan tenang. Kolam di bawahnya nampak seperti sebuah laguna dengan air berwarna biru. Di bawah air terjun ini terdapat sebuah gua kecil di mana orang bisa masuk dan mendengar kemuruh air dengan jelas.


Tidak seperti Tempat Wisata Di Davao, air tejun ini menyimpan sebuah legenda yang menceritakan bahwa dulu pernah hidup seorang Sultan Agok yang berpengaruh bersama istrinya. Mereka ditunjuk oleh rakyat sebagai raja dan ratu, namun karena terlalu bangga mereka menjadi penguasa yang egois.

Ketika istri sultan hamil, seseorang menyamar menjadi pengemis dan memohon bantuan. Tapi sang sultan dan istrinya malah menolak, karena hal itulah seorang penyamar tadi mengutuk pasangan ini bahwa sang anak akan menjadi jelek, tapi sang raja dan ratu tidak menganggapnya serius, dan menghiraukan seorang penyamar. Saat sang anak lahir, ternyata anak raja dan ratu tersebut benar-benar memiliki wajah tidak rupawan.

Pasangan itu pun sedih dan merasa kecewa, karena malu anak tersebut pun disembunyikan di dalam gua dan menamainya Tin-ag yang berarti “wajah tersembunyi”. Sultan dan istrinya merawat dan mengunjungi anaknya di dalam gua, ketika ana tersebut tumbuh, ia pun keluar dari dalam gua dan kagum dengan apa yang dilihatnya di luar gua. 

Seorang pengemis yang mengutuk orang tuanya, melihat sang anak dan menawarkan untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang indah. Anak tersebut pun menerima tawaran tersebut, hingga akhirnya ia menjadi Tinago Falls, yang kini dikenal sebagai Tempat Wisata Di Mindanao.

3. Daku Island

Daku Island

Pulau yang berada di Provinsi Surigao del Norte ini merupakan rumah bagi pemandangan indah yang sempurna untuk hari libur.

Air bersih berwarna biru jernih, pasir pantai yang halus dan berwarna krem, garis pantainya yang lebar, dan matahari yang bersinar hangat. Terdengar seperti sebuah kisah di halaman buku adventure yang menakjubkan bukan? Seperti halnya menggigit sepotong pizza, semua terasa lezat dan memuaskan sama seperti yang dibayangkan.

Meskipun tidak memiliki garis pantai yang panjang, namun karena lebar cukup memberikan ruang untuk bermain pasir di Tempat Wisata Di Mindanao ini. Hanya ada beberapa keluarga saja yang menghui pulau ini, anginnya yang berhembus sejuk dan pasir yang halus, seakan menyambut siapapun yang mendatanginya.

Inilah Tempat Wisata Di Mindanao yang spektakuler. Bahkan anda bisa melihat bayangan diri anda sendiri di air laut pulau ini, karena memang airnya snagat-sangat jernih dan terlhat biru berkilauan.

Karena memiliki ombak yang cukup baik, peselancar juga banyak yang datang ke tempat ini. Saat berjalan melewati desa dan bertemu penduduk pulau, mereka akan menyambut anda dengan ramah.

Daku island tidak memiliki aliran listrik dan jalanan macet, haya tersedia pemandangan cantik dan ketenganan di tempat ini. Beserta penduduknya yang selalu tersenyum dan siap membantu wisatawan. Tempat mempesona yang tidak kalah dari Tempat Wisata Di Preston.

4. D’Bone Collector Museum

DBone Collector Museum

D’Bone Collector Museum memiliki lebih dari 700 spesimen, dengan salah satu koleksi tulang, tengkorak, dan kerangka terbesar di negara ini. Museum ini disebut sebagai museum pertama dari jenisnya di Kota Davao, Filipina. Tidak sama dengan Larco Museum, D’Bone Collector Museum Bukan hanya menjadi rumah bagi kerangka hewan yang berasal dari hutan hujan tropis, D’Bone Collector Museum juga memiliki kerangka yang berasal dari dalam laut dan samudera.

Pengunjung hanya perlu berjalan kaki sebentar dari balai Kota Davao atau Gereja Paroki San Pedro. Museum ini dibuka pada tahun 2012 dengan total spesimen 15 dalam bangunan satu lantai. Namun kini D’Bone Collector Museum sudah memiliki lebih dari 700 spesimen dan menempati bangunan tiga lantai. Inilah museum dengan kerangka paus dan lumba-lumba terbesar di Filipina.


Total koleksinya mencapai 29 dan akan terus bertambah, dalam waktu dekat museum ini akan menambah koleksi berupa kerangka gajah yang memiliki tinggi hampir 12 kaki.
Inilah Tempat Wisata Di Mindanao paling menarik untuk ditelusuri.

Selain itu ada banyak kerangka tulang ular, tarsius, penyu, berbagai macam spesiesikan, dan banyak kerangka burung, serta rahang ikan hiu dengan berbagai macam ukuran. Setiap hewan yang ditampilkan pun memiliki cerita, seperti seekor paus sperma kecil yang mati karena terperangkap jaring ikan. Satu lagi, yaitu paus pembunug palsu bernama Alcoholic yang ditemukan mati dengan botol alkohol di dalam perutnya.

Selain daftar destinasi wisata diatas, ada beberapa lokas menarik yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Filipina. Inilah daftar Tempat Wisata Di Mindanao yang layak menjadi destinasi liburanmu.

  • Mantigue Island
  • Eden Nature Park
  • Enchanted River
  • International Doll House
  • Museum Istana Balangau
  • Camiguin Island

, , ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 03:31 Oleh :
Kategori : Filipina