10 Tempat Wisata Di Kota Iloilo Filipina Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Filipina mana lagi yang bisa dijadikan destinasi wisata pada kesempatan ini? Untuk kali ini pilihan jatuh pada tempat wisata di kota Iloilo, sebuah kota yang terletak di pulau Panay, Filipina sebelah selatan yang berhadapan langsung dengan selat Iloilo. 

Iloilo sama seperti sebagian besar wilayah Filipina lain yang tak lepas dari kependudukan Spanyol di abad pertengahan. Sisa-sisa peninggalan kolonial itu masih terpelihara hingga sekarang dan menjadikan Iloilo sebagai salah satu destinasi wisata bangunan bersejarah di Filipina. Namun tidak hanya wisata landmark saja yang bisa Anda temui di Iloilo. Banyak juga tempat wisata di kota Iloilo yang berupa objek pantai serta festival menarik yang sering diadakan di kota Iloilo.

10 Tempat wisata di Kota Iloilo yang wajib dikunjungi

1. St Anne Parish Church 

st-anne-parish-church-1

Destinasi bangunan bersejarah di Filipina yang terkenal, bisa Anda temukan di kota Iloilo. St Anne Parish Church adalah gereja dengan nuansa gotik, dibangun sekitar tahun 1831. Dan telah banyak melewati berbagai peristiwa seperti Perang Dunia II, gempa bumi dan kebakaran.

Arsitektur luar yang besar dan terlihat megah, interior dalam gereja dengan bangku-bangku kayu masih dipertahankan hingga kini, tak nampak banyak perubahan. Gereja ini sering dinamai juga gereja Feminis, karena terdapat banyuk patung-patung perempuan yang disucikan. 

Area sekitar St Anne Parish Church ini sangat tenang, dan bisa dipakai untuk duduk-duduk atau makan siang. Ada beberapa gazebo dan taman luas yang bisa digunakan sebagai tempat santai apabila tidak ingin masuk ke gerejanya. 

2. Jaro Cathedral

jaro-cathedral1

Bangunan terkenal di Filipina lainnya adalah Jaro Cathedral. Katedral ini merupakan gereja utama di kota Iloilo. Bangunan gereja yang bergaya roman ini dibangun pada 1874 dan pernah hancur oleh gempa bumi tahun 1948. Untuk kemudian di bangun kembali 8 tahun kemudian.

Di bagian luar gereja ada penjual lilin yang akan memberi Anda lilin dengan warna berbeda sesuai dengan tujuan Anda berdoa. Anda bisa bertanya kepada para penjual tentang warna yang dibutuhkan. Atau membawa pulang lilin-lilin dengan warna yang cantik tersebut.

Karena merupakan gereja utama, maka bangunan ini masih terawat dengan baik. Memang tampak perbedaan antara bangunan asli dan bangunan baru. Namun secara keseluruhan gereja ini harus dikunjungi, manakala Anda jalan-jalan ke Filipina. [

3. Casa Mariquit

casa-mariquit

Tempat wisata di Kota Iloilo berikutnya adalah sebuah rumah yang bentuk arsitekturnya tidak asing, rumah ini adalah peninggalan dari Fernando Lopez yang merupakan mantan wakil Presiden Filipina Ferdinand Marcos. Rumah ini dibangun tahun 1803 dan masih terawat hingga sekarang.

Sampai saat inipun rumah tersebut masih dimiliki oleh salah satu anggota keluarga tersebut, meski tidak ditinggali lagi. Anda bisa mengeksplor bagian dalam ruangan yang masih menyimpan benda-benda bersejarah saat menjabat sebagai wakil Presiden.

Lokasi Casa Mariquit ini terletak tepat dijantung kota. Dan bisa diakses dengan berjalan kaki dari RRC Arguelles. Dikenakan tarif masuk sekitar 50 PHP untuk bisa mengeksplor peninggalan bersejarah di dalamnya.

4. Iloilo Museum of Contemporary Art (ILOMOCA)

Ilomoca

Bagi pecinta seni, jangan lewatkan untuk mengunjungi Iloilo Museum of Contemporary art atau dikenal dengan ILomoco. Di museum ini Anda bisa menemukan hasil karya kontemporer dari seniman Filipina dan Internasional.

Museum dengan bangunan bergaya semi modern ini baru dibuka maret tahun lalu. Dengan luas bangun sekitar 3000 meter persegi dan dibagi dalam lima ruangan pameran terpisah. Terdapat pula toko souvenir dimana Anda dapat menemukan karya seni unik untuk dibawa pulang.

Setiap harinya Anda bisa menyaksikan pameran dari seniman lokal dan Internasional. Dengan jam buka dan tutup yang telah ditentukan, dan tarif masuk yang berbeda untuk jenis usia pengunjung. Museum seni kontemporer ini sangat layak untuk dimasukkan dalam agenda tur liburan ke Iloilo.

5. Nelly’s Garden

nellys-garden1

Peninggalan jaman kolonial lain yang bisa Anda temukan di Iloilo adalah Nelly’s Garden. Sebuah bangunan rumah yang dimiliki oleh keluarga kaya di Filipina. 

Kehidupan sosial antara warga kaya dan warga biasa di masyarakat Filipina memang terlihat cukup berjarak. Dimana rumah-rumah bangsawan terlihat cukup menonjol, baik dari segi arsitektur hingga luas bangunan dan tanah yang dimiliki. Seperti yang dimiliki oleh salah satu keluarga terkaya di Filipina, Nelly’s Garden

Nelly’s Garden bisa difungsikan juga sebagai tempat resepsi pernikahan bernuansa kebun yang cantik. Ada tarif-tarif tertentu yang ditawarkan untuk menggunakan tempat ini. Anda juga bisa menyewa guest house disini untuk menginap dan merasakan sensasi menjadi bangsawan era lampau.

6. Sicigon Island

sicigon-island

Seperti halnya tempat wisata di Bohol , wisata pantai ternyata banyak juga terdapat di Kota Iloilo, salah satunya adalah Sicigon island.

Destinasi pulau Sicigon memang masih terbilang baru. Namun keindahan pantai dan laut Filipina sudah tak diragukan lagi untuk memikat para turis berlibur. Pasir putih yang berpadu dengan air laut yang biru jernih adalah magnet yang sulit dihindari saat berliburan.

Banyak tempat wisata di kota Iloilo yang sudah dikelola secara baik. Maka tak heran bila Anda bisa menemukan berbagai fasilitas di pulau ini, seperti cottage, pondok-pondok tempat bersantai, penyewaan snorkeling, dan transportasi penyebrangan. 

7. Antonia Beach

antonia-beach-1

Antonia Beach terletak di Gigantes Sur Island, provinsi IloIlo. Pantai yang memiliki pasir putih bersih dengan sedikit bebatuan karang ini sering dijadikan lokasi snorkeling favorit.

Anda bisa sekedar berkunjung ataupun melakukan kemah di sepanjang pantai Antonia. Ada juga penjual makanan seperti nasi atau minuman ringan atau Anda bisa membeli seember hasil laut dari nelayan kemudian membakarnya sebagai santapan lezat.

Tempat ini ramai dikunjungi pada setiap akhir pekan. Untuk itu persiapkan waktu yang tepat agar kebagian tempat strategis menikmati keindahan pantai ini. Dan jangan lupa untuk mengambil poto sebanyak-banyaknya sebelum Anda meninggalkan pulau Gigantes dan terbang kembali ke tanah air.

8. Agho Island

agho-island

Deretan bukit-bukit kecil tampak mengitari Agho Island. Seperti pantai indah di Filipina lainnya yang menyajikan pemandangan pantai putih bersih, air biru memikat yang berlatar langit cerah.

Banyak turis mancanegara yang merekomendasikan pantai ini sebagai tempat wisata di kota Iloilo yang menyenangkan. Perjalanan ke pantai ini menghabiskan waktu sekitar 2 jam setengah dari terminal Tagbak, kemudian sekitar tiga puluh menit berikutnya untuk menyebrang ke pulau.

Jauhnya perjalanan tidak akan membuat Anda menyesal. Sebab pemandangan pantai di pulau ini memang benar-benar menakjubkan. Siapkan kamera anti air terbaik untuk mendapatkan poto-poto yang indah.

9. Camina Balay nga Bato

camina-balay-nga-bato1

Camina Balay nga Bato sebuah bangunan museum benda khusus yang terletak di jalan Osmena, kota Iloilo. Ada sajian khas semacam welcome drink yang akan menyambut Anda jika berkunjung ke tempat ini.

Coklat panas yang disajikan dengan kue kering atau biskuit lokal yang enak, bisa Anda nikmati sambil mengeksplor sejarah benda-benda yang terdapat di Camina Balay nga Bato.

Tarif masuk yang dikenakan sekitar 150 PHP. Dan Anda bisa juga memesan makanan untuk prasmanan jika mengikuti paket tur yang disediakan. Museum ini memang memadukan wisata makanan khas di Filipina dengan tur sejarah yang cukup mengedukasi.

10. Festive Walk Iloilo

festive-walk-iloilo-1

Ada satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berada di Iloilo, yaitu 
Festive Walk Iloilo. Tempat ini terletak di Megaworld Boulevard, Business park Iloilo city. Tempat yang memadukan workshop penjualan oleh-oleh khas Filipina sekaligus photo booth menarik.

Ada banyak atraksi dan spot menarik di Festive Walk Iloilo. Kolam bola, lampu-lampu bergaya retro atau awan-awan cantik bisa dijadikan poto selfie menarik saat berkunjung ke Festive Walk Iloilo.

Sebetulnya ada banyak destinasi serupa di seputaran Business park, di kota Iloilo ini. Luangkan sekitar setengah hari untuk berkeliling ke berbagai tempat dan mall. Dan Anda akan menemukan berbagai tempat menarik yang bisa menambah kenangan liburan Anda di Iloilo.

Begitulah beberapa tempat wisata di kota Iloilo yang bisa Anda masukkan ke daftar Itinerary jalan-jalan ke Philipina. Cobalah mengeksplor lebih jauh lagi untuk mendapatkan sensasi liburan di Asia yang tak terlupakan.

, , ,
Post Date: Friday 15th, March 2019 / 09:26 Oleh :
Kategori : Filipina