22 Tempat Wisata Di Guimaras Filipina Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Guimaras—Selain tempat wisata di kota Samal, pulau wisata lainnya yang layak untuk Anda jajal ketika Anda berkunjung ke Filipina adalah Guimaras. Guimaras merupakan salah satu pulau yang terdapat di region Visayas Barat.

Pulau ini memiliki luas selebar 604,6 km persegi dan beribu kota di Jordan. Sebagai sebuah pulau wisata, terdapat banyak tempat wisata di Guimaras yang bisa Anda kunjungi.

Guimaras terbagi menjadi lima municipal, yakni Buenavista, Jordan, Nueva Valencia, San Lorenzo, serta Sibunag. Setiap municipal memiliki tempat wisata unggulannya sendiri.

Hal tersebut membuat tempat wisata di Guimaras sangat beragam dan bisa Anda pilih sesuai selera, selayaknya ketika Anda mengunjungi tempat wisata di Pagudpud. Sebagai rekomendasi, berikut adalah dua puluh tempat wisata di Guimaras yang bisa Anda jajal ketika berkunjung ke Filipina.

  1. Roca Encantada

Roca EncantadaTempat wisata di Guimaras pertama yang harus Anda kunjungi adalah Roca Encantada. Rocas Encantada adalah salah satu bangunan bersejarah di Filipina.

Pada tanggal 14 Agustus 2002, bangunan ini ditahbiskan sebagai bangunan warisan nasional negara Filipina oleh National History Institute. Pada awalnya, bangunan ini merupakan sebuah mansion yang juga dikenal sebagai Enchanted Rock.

Sebagai situs warisan nasional, bangunan yang dibangun pada tahun 1910 ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kendati, bangunan yang terletak di atas sebuah bukit berbatu ini pernah direnovasi  agar tampak lebih modern.

Letaknya Roca Encantada tidak begitu jauh dari tempat wisata di Guimaras lainnya seperti pantai. Bangunan ini sendiri berhadapan langsung dengan sebuah pantai berpasir cokelat.

Rica Encantada cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bagi Anda bersama keluarga atau sahabat saat Filipina memasuki musim panas. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa menjajal situs bersejarah ini melainkan juga tempat wisata lainnya seperti berikut.

  • The Town of Nueva Valencia
  • San Isidro Labrador Church
  • Jordan Municipal Hall
  1. Trappist Monastery

Trappist MonasteryBiara adalah salah satu bangunan yang akan jarang Anda lihat ketika berkunjung ke pulau Guimaras. Trappist Monastery disebut sebagai satu-satunya biara yang terdapat di pulau wisata ini.

Oleh karena itu, keberadaannya sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata cukup penting. Anda bisa menjadikan Trappist Monastery sebagai salah satu tempat wisata di Guimaras yang bisa Anda jadikan alternatif.

Biara ini dibangun pada tahun 1972. Ketika Anda berkunjung ke bangunan religi ini, Anda tidak hanya akan disapa oleh arsitekturnya yang indah. Ada sekumpulan biarawan yang tinggal di biara ini.

Mereka kerap menjual berbagai jenis produk yang bisa Anda lihat secara langsung di lokasi wisata. Umumnya, produk-produk tersebut memiliki merek Trappist Monatic Products.

Beberapa jenis produk yang dijual adalah selai mangga, nanas, berbagai jenis makanan olahan, minuman khas Filipina, serta suvenir-suvenir yang menarik. Selain di Trappist Monastery, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata berikut ini untuk membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Filipina.

  • Baras Cave
  • Lamurawan Island
  • Museu de Guimaras
  • Jordan Municipal Hall
  1. Guisi Point Light House

Guisi Point Light HouseGuisi Point Light House adalah mercu suar tertua kedua di Filipina. Sebagai salah satu bangunan mercu suar yang sudah berumur, tentu Anda tidak akan mudah menemukan bangunan ini di tempat lain seperti tempat wisata di Subic. Oleh karena itu ketika mengunjungi pulau Guimaras, sempatkanlah untuk mengunjungi Guisi Point Light House.

Mercu suara ini dibangun pada masa pemerintahan Spanyol pada abad ke 18 sekitar tahun 1894 hingga 1896. Dalam bahasa parol Spayol, mercu suar ini disebut juga dengan nama Faro de Punta Luzaran.

Karena sudah cukup berumur, Anda hanya bisa melihat reruntuhan tower ini dari kejauhan. Namun, pemandangan Guisi Point Light House sudah cukup memanjakan mata, terutama pada malam hari.

Anda juga bisa menjelajahi tempat wisata ini. Namun berhati-hatilah, karena tangga spiral yang bisa mengantar Anda menuju puncak mercu suar sudah cukup tua. 

Dari atas mercu suar, Anda bisa melihat lautan di sekeliling pulau Guimaras yang berwarna kebiruan yang berpadu dengan daerah pegunungan di daratan. Selain Guisi Point Light House, kunjungi juga tempat wisata di Guimaras lainnya seperti berikut ini.

  • Mango Platantion
  • Balaan Bukid
  • Windmills
  1. Southeast Asian Fisheries Development Center (Seafdec)

Southeast Asian Fisheries Development Center (Seafdec)Ada banyak situs menarik yang bisa Anda temukan di pulau Guimaras. Salah satu situs yang harus Anda kunjungi adalah Southeast Asian Fisheries Development Center (Seafdec).

Situs ini merupakan pusat pemijahan ikan-ikan besar yang ditujukan untuk studi atau penelitian. Mengunjungi tempat wisata di Guimaras yang berupa pusat studi kelautan seperti ini akan Anda sulit temukan ketika berkunjung ke tempat wisata di Bacolod atau daerah Filipina lainnya.

Pengalaman berwisata yang bisa Anda temukan di Seafdec adalah berinteraksi secara langsung dengan ikan-ikan besar yang banyak tinggal di penangkaran. Anda bahkan bisa merasakan sensasi memberi pakan ikan-ikan tersebut secara langsung.

Jika Anda ingin pengalaman lain yang lebih berkesan, Anda bisa membayar sebesar PHP 25 untuk melihat jenis ikan besar lainnya yang terhitung cukup jarang.

Pada dasarnya, Seafdec adalah sebuah organisasi yang memiliki konsentrasi dalam hal pengembangbiakan dan peternakan ikan-ikan. Di tempat ini, ada beberapa seksi yang berisi berbagai jenis ikan berbeda. Selain di Southeast Asian Fisheries Development Center atau Seafdec, masih banyak tempat wisata di Guimaras lainnya yang bisa Anda kunjungi yakni sebagai berikut.

  • Smallest Plaza
  • Buenavista Town Hall
  • Guimaras Provincial Capitol
  1. Turtle Island

Turtle IslandJika Anda tidak memiliki keinginan untuk berinteraksi dengan ikan, cobalah untuk mengunjungi turtle Island.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Guimaras tersebut merupakan pusat pengembangbiakan dan penangkaran bagi kura-kura. Turtle Island berada di lokasi yang cukup strategis, tepatnya hanya menyeberang tidak jauh dari pulau kecil Ave Maria.

Anda butuh keberuntungan untuk bisa melihat dan berinteraksi dengan kura-kura secara langsung. Sebab, ada saatnya wisatawan yang muncul tidak bisa menemukannya. Bertanyalah pada nakhoda atau ABK kapal yang mengantarkan Anda menuju turtle Island untuk mengetahui masa dan waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan kura-kura.

Tempat wisata serupa yakni berupa penangkaran kura-kura bisa juga Anda temukan di tempat wisata di kota Quezon, tepatnya di Arena Island Turtle Sanctuary. Selain turtle Island, pulau-pulau kecil di sekitar pulau Guimaras yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata selanjutnya adalah sebagai berikut.

  • Ave Maria White Beach
  • Island Hopping
  • Alubihod Beach
  • Natago Beach

Pulau Guimaras adalah salah satu gugusan pulau kecil yang terdapat di negara Filipina. Pulau ini memiliki banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi selagi Anda berwisata ke Filipina. Selain pulau Guimaras dengan deretan tempat wisatanya yang wajib dijajal, Anda juga perlu mengunjungi kota wisata lainnya seperti tempat wisata di Cebu, Filipina.

Berwisata di Filipina tidak lengkap jika Anda tidak mencoba untuk mencicipi makanan khas Filipina halal dan minuman-minuman khas lainnya. Anda bisa mudah menemukan banyak makanan halal untuk dikonsumsi di kota Manila dan kota lainnya yang ramah wisatawan muslim atau memiliki banyak penduduk muslim.

Mencicipi kekayaan kuliner khas Filipina akan membawa Anda pada pengalaman berwisata yang lebih intim dengan budaya lokal. Jangan lupa pula untuk ikut memahami budaya dan tradisi lokal agar perjalanan wisata Anda lebih bermakna.

, , , ,
Post Date: Tuesday 07th, May 2019 / 08:45 Oleh :
Kategori : Filipina