9 Tempat Wisata Di Panglao Island Yang Wajib Dikunjungi

Panglao Island atau Pulau Panglao adalah sebuah pulau di Laut Bohol Utara dan memiliki luas 91,12 kilometer persegi. Panglao sangat terkenal sebagai destinasi wisata dunia karena memiliki pantai yang berpasir putih, gua, dan keindahan bawah lautnya. Lalu tempat wisata di Panglao Island mana saja yang layak masuk dalam travel bucket list anda? yuk simak

1. San Agustin Church of Panglao

San Agustin Church of Panglao

San Agustin Church of Panglao terletak di sebelah Barat Daya Pulau Panglao, sekitar 11 mil dari ibukota provinsi yaitu Kota Tagbilaran. Gereja ini memiliki ukiran unik berpola anggur dan merpati, selain itu gereja ini juga terkenal dengan mural langit-langitnya yang menggambarkan sakramen.

Altar utamanya dipenuhi oleh murah dari Tritunggal Mahakudus yang dikelilingi 8 devisi malaikat. Keunikannya tidak kalah dari Tempat Wisata Di Lausanne yang memiliki Place de la Cathedrale.

Didirikan pada tahun 1782, namun gereja ini mengalami kehancuran pada tahun 1886. Dan bangunan sementaranya dibangun dari kayu. Pada tahun 1894 hingga 1897 gereja ini dibangun kembali oleh Fr. Valentin Utande, yang kemudian dilanjutkan oleh dua orang pendeta asal Spanyol hingga tahun 1898.

Sempat tidak selesai, pembangunan gereja ini kembali dilanjutkan pada tahun 1912 oleh Pendeta fr. Emiliano Veloso yang bekerjasama dengan para pemimpin gereja, pejabat kota, dan penduduk sekitar.

Gereja besar ini terletak di dataran yang menghadap ke pantai dan sisi kanannya menghadap ke alun-alun yang merupakan tempat berkumpul, dan kegiatan keagamaan serta sosial biasa dilaksanakan. Yang unik, di samping gereja ini terdapat reruntuhan gereja yang lebih tua yang konon dihancurkan pada tahun 1886. San Agustin Church of Panglao adalah salah satu tempat wisata di Panglao Island terbaik bagi anda yang berminat berwisata religi.

2. Panglao Watchtower

Panglao Watchtower

Menara lonceng Panglao tidak kalah menariknya dari Wisata Menara Pisa di Italia, memiliki 5 lantai dan dibangun pada tahun 1851, letaknya berada di sebelah San Agustin Church of Panglao.

Memiliki bentuk segi delapan dan dikatakan sebagai menara lonceng tertinggi di Filipina. Namun Panglao Watchtower sangat membutuhkan perawatn serius, karena semua kayu yang berfungsi sebagai tangga telah rapuh dan hilang. Akses menuju ke lantai atas pun telah raib menghilang.


Selain itu atapnya juga berada dalam kondisi tidak baik, air hujan bisa masuk dan memenuhi menara ini. Tentu jika dibiarkan terus begini, Panglao Watchtower bisa segera rusak. Kelembaban yang tinggi sangat mendukung pertumbuhan alga, lumut dan vegetasi lainnya untuk tumbuh.

Sama seperti bangunan tua Spanyol di bohol, menara ini juga terdampak gempa pada tahun 2013 lalu. Beruntungnya menara ini tidak benar-benar mengalami kehancuran akibat gempa.

Kekuatan strukturnya pun masih dipertanyakan, kini untuk menjaga menara ini tetap berdiri, batang bambu digunakan sebagai penopang untuk menjaganya dari kerusakan yang lebih lanjut. Meskipun kondisinya yang kurang baik, Panglao Watchtower masuk dalam salah satu Tempat Wisata Di Panglao Island yang wajib untuk dikunjungi.

Ada panorama laut indah yang bisa disaksikan oleh wisatawan. Bangunan tua yang berpadu dengan jernihnya air laut dna birunya awan menjadi pemandangan terbaik yang bisa travellers saksikan.

3. Alona Beach

Alona Beach

Bukan hanya Lanikai Beach yang menjadi destinasi wisata pantai dunia, Filipina juga memiliki pantai tak kalah cantik dari pantai-pantai di Hawai. Pantai Alona di Panglao terkenal memiliki pantai berpasir putih dan karangnya yang membentang sejauh satu setengah kilomoter.

Saat ini Alona Beach menjadi salah satu destinasi wisata top di filipina. Dengan beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi, airnya yang nampak biru, Pantai Alona adalah surga tropis. Deretan perahu cadik berwarna biru putih yang siap mengantar wisatawan tour mengelilingi pulau atau menyelam menambah kecantikkannya.

Sinar matahari di pagi hari membuat perairannya nampak berkilauan, sedangkan saat sore hari, travellers bisa menikmati terbenamnya matahari di sisi lain pulau. Saat matahari mulai tenggelam dan langit mulai gelap, ada bintang-bintang yang bermunculan satu demi satu dan menghiasi langit malam.

Di pantai inilah wisatawan bisa menyaksikan bintang-bintangyang bersinar, jika sedang beruntung ada satu atau dua bintang jatuh dan travellers bisa mengucapkan harapannya dengan sungguh-sungguh.

Saat wisatawan mulai merasa bosan menatap bintang-bintang, mereka bis amelihat kearah laut yang luas dan gelap. Ada lampu yang berkerlap-kelip dari kapal-kapal nelayan yang keluar untuk mencari tangkapan harian mereka. Pantai ini memiliki kekayaan laut yang berlimpah, beberapa meter dari bibir pantai terdapat rumput laut yang menjadi habitat ikan kecil. Selain itu berhati-hatilah karena ada banyak sekali landak laut.

4. Bagobo Beach

Bagobo Beach

Inilah salah satu tempat wisata di Panglao Island, Bagobo Beach terletak di sebelah Pantai Alona. Lebih tepatnya di Barangay Libaong, pantai ini berada di seberang Arco Point, yaitu tempat paling terkenal untuk menyelam. Berbaring menikmati sinar matahari adalah ditemani pasir putih yang lembut, saking lembutnya anda pasti akan mengira jika pasir ini adalah tepung hehehe. Air lautnya snagat jernih, dan kehidupan lautnya pun tidak perlu untuk diragukan.

Banyak penyelam yang datang membawa rekan atau keluarganya untuk memperkenalkan surga bawah laut Patai Bogobo. Saat ini ada dua resor yang siap melayani para tamu yang terpikat oleh keindahan Bagobo Beach. Resor tersebut menawarkan layanan dan akomodasi terbaik, tidak kalah dari Tempat Wisata Di Rugen yang memiliki resor dengan fasilitas mewah.

Jika bosan menyusuri pantai, atau berjemur di bawah sinar matahari. Ada Arco Point yang merupakan tempat menyelam dengan sebuah gua yang dipenuhi oleh berbagai jenis ikan yang berwarna-warni.

Bagobo Beach adalah tempat paling nyaman untuk melarikan diri dari aktifitas rutin yang membosankan. Tempat liburan paling nyaman untuk menenangkan diri dan melihat keagungan Tuhan. Dimana laut terbentang dnegan sangat luas, berpadu dengan pasir putih, langit yang kebiruan dan beberapa burung laut yang berterbangan mencari santapan. Perpaduan alam yang sangat cantik dan menarik untuk disaksikan.


5. Momo Beach

Momo Beach

Tempat Wisata Di Filipina ini berada di dekat Pantai Doljo, berjarak sekitar 20 kilometer atau 20 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan mobil. Di pantai ini belum tersedia resor, namun terdapat tempat menyelam dengan dinding dan lereng yang indah. Dan dapat ditemukan di dekat pantai dengan kedalaman 40 meter di mana ikan-ikan bisa dengan mudah dijumpai Pantai Momo terletak di bagian Utara Pulau Panglao.

Tempat Wisata Di Panglao Island ini diberkati dengan pasir putih dan perairan yang berwaran biru kristal. Pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena penduduk sekitar sangat menjaga keasriannya. Di dekat pantai ini terdapat sebuah resor kuno bernama Momo Beach House yag menawarkan pemandangan seperti wiisata Tulum yang terkenal dengan pantainya yang cantik. Di pantai ini matahari terbenam terasa sangat istimewa.

Dengan guratan warna jingga di langitnya dan berpadu dengan hembusan angin yang terasa sejuk. Selain itu Pantai Momo juga memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga relatif aman untuk aktivitas berenang maupun menyelam. Bintang-bintang juga dapat terlihat dengan jelas ketika langit mulai gelap. Air lautnya yang jernih menjadi pilihan terbaik untuk melihat keragaman biota laut. Beberapa Tempat Wisata Di Panglao Island lainnya yaitu:

  • Doljo Beach
  • Danao Beach
  • Bolod Beach
  • Hinagdanan Cave

, , , ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 03:00 Oleh :
Kategori : Filipina