6 Tips Jalan – Jalan Ke New Zealand Yang Paling Berguna Dan Bermanfaat

New Zealand sangat terkenal sebagai negara yang indah. Bahkan salah satu film paling populer di dunia berjudul The Lord of The Rings melakukan syutingnya di New Zealand yang membuat negeri ini semakin ikonik. Pemandangan alam, perpaduan penduduk yang berasal dari berbagai ras, dan negerinya yang sedikit banyak masih menjadi misteri bagi sebagian orang karena posisinya yang cukup jauh dari mana – mana membuatnya sangat mengundang rasa penasaran.

Sebut saja tempat wisata di Auckland New Zealand yang pesonanya sangat indah, yang bisa kamu saksikan sendiri. Akan tetapi, banyak orang masih lebih memilih wisata ke negara tetangga Australia karena menganggap lokasi wisatanya mirip sehingga tidak terlalu melirik New Zealand. Padahal perbedaan tempat wisata di Australia dan New Zealand jelas terlihat dan penampakan alamnya juga tak sama.

Di sini kami akan membagikan tips jalan – jalan ke new Zealand yang akan sangat membantu selama perjalanan kamu di salah satu negara yang memiliki zona waktu paling awal ini. Mulai dari perencanaan, bagaimana menghadapi keadaan darurat, hingga cara bersikap yang baik agar tidak mengusik dan menyinggung orang lokal. Semoga setelah membacanya kamu akan merasa lebih siap dan percaya diri untuk mengarungi perjalanan ke negeri ini dan membawa pulang oleh – oleh khas New Zealand.

  1. Keamanan dan Keadaan Darurat

nz-keamananMemang benar New Zealand adalah negara yang sangat aman dibandingkan banyak negara lainnya bahkan termasuk Eropa. Akan tetapi bahaya bukannya tidak bisa terjadi dan kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Terlebih bila kamu ingin menyusuri alam New Zealand yang lebih liar. Ada juga titik – titik di New Zealand yang perlu diteliti dulu sebelum didatangi, karena mungkin bisa terlalu berbahaya.

Sebaiknya kamu juga mempersiapkan nomor darurat 111 yang akan menghubungkan ke layanan ambulan, pemadam kebakaran, atau polisi. Lewat nomor ini, kamu akan dihubungkan dengan layanan di kota tempat kamu berada agar prosesnya bisa lebih cepat. Atau kamu juga bisa memilih ingin dihubungkan ke layanan yang sekiranya paling dekat menurutmu. Juga, jangan keluar malam hari sendirian.

  1. Situs Panduan Wisata Lokal

nz-isiteSeperti halnya Australia yang punya tempat wisata indah seperti Pegunungan Biru Australia, New Zealand juga memiliki banyak lokasi yang tak kalah indah. Bahkan New Zealand sudah mempersiapkan situs bernama i-Site untuk setiap kota yang menyajikan data lokasi wisata di masing – masing kota lengkap dengan peta, data rinci, dan bahkan informasi terkait penginapan dan banyak lagi. Tak kurang, i-Site juga memiliki kantor informasi secara fisik yang juga bisa kamu kunjungi.

i-Site juga menyediakan layanan reservasi bus. Selain itu bila kamu menggunakan bus antar kota, biasanya mereka akan berhenti di samping lokasi wisata. Bila kamu ingin menyetir di New Zealand, jangan lupa juga untuk mengakses situs ini agar lebih aman dan perjalananmu lebih efisien. Situs yang sama juga bisa memberikan tips – tips ala lokal yang pastinya bisa membantu kamu selama perjalanan di New Zealand.


  1. Rencana Sesuai Musim

nz-musimSama seperti negara lain semisal Australia dengan Taronga Zoo yang lebih menarik di musim panas, banyak tempat wisata di New Zealand yang akan lebih menarik dikunjungi pada waktu yang berbeda – beda. Jadi pastikan kamu sudah merencanakan secara matang setidaknya waktu perjalanan dan lokasi wisata yang akan dikunjungi. Sebab jika ingin pergi melihat pemandangan hijau dan menikmati pantai, tetapi kamu berangkat di musim dingin tentunya harapanmu tidak akan terealisasi.

Misalnya saja, musim yang paling baik buat bermain ski tentunya adalah musim dingin. Sementara lokasinya disarankan seperti Gunung Ruapehu di utara dan Gunung Cook atau Aoraki di selatan. Musim gugur juga sangat indah. Akan tetapi tidak seperti negara empat musim pada umumnya di mana musim semi merupakan musim yang indah, di New Zealand cuaca sangat berangin dan tidak cocok untuk jalan – jalan. Sebaiknya gunakan jaket yang bisa melindungi dari angin bila berkunjung di musim gugur.

  1. Reservasi Penginapan Sejak Dini

nz-hostelTips jalan – jalan ke new Zealand yang akan sangat membantu selama perjalanan selanjutnya, terlebih bila kamu tidak ingin menghabiskan banyak biaya hanya untuk membayar penginapan (apalagi yang tidak memuaskan), sebaiknya lakukan reservasi sejak jauh – jauh hari.

Beberapa kegiatan wisata yang akan sangat sibuk misalnya adalah Pulau Waiheke di musim panas dan destinasi wisata resort ramah lingkungan di musim dingin. Sebab meski tampak mahal, bukan berarti New Zealand adalah negara yang tidak terkenal.

Kamu juga bisa memilih penginapan seperti hostel yang tentunya jauh lebih murah. Selain itu ada alternatif lain seperti Couchsurfing di mana kamu akan bisa mendapatkan penginapan secara gratis dari anggota situs yang bersedia meluangkan tempat di rumahnya. Namun, biasanya kamu akan bisa mendapatkan akses ke Couchsurfing dengan lebih mudah bila tujuan wisatamu adalah kota – kota populer seperti Auckland atau Wellington.

  1. Siapkan Bujet dan Perhitungkan

nz-bujetTetap harus diingat bahwa New Zealand bukanlah negara murah, bahkan untuk standar orang dari negara bermata uang seperti dolar atau euro. Ini karena New Zealand agaknya memang jauh dari akses global.

Makan di restoran setiap hari bila kamu ingin berwisata dengan hemat tentunya bukan pilihan yang baik. Sebaiknya kamu mencoba untuk melakukan selingan masak sendiri di penginapan. Jangan lupa juga untuk mengecek diskon di supermarket misalnya Pak’nSave, Countdown, atau New World.

Tidak hanya itu, mungkin kamu akan melihat beberapa orang memberikan uang tip saat berada di restoran. Akan tetapi, ini bukanlah budaya New Zealand, kecuali bila pelayanannya memang luar biasa baik. Sehingga tak perlu terlalu merasa terbebani bila tak memberikan uang tip. Selain itu, jangan berharap banyak akan bisa melakukan tawar menawar saat belanja di New Zealand karena umumnya harga yang mereka miliki sudah tetap. Kecuali bila kamu akan membeli mobil atau rumah, biasanya mereka masih terima negosiasi harga.

  1. Tentang Maori

nz-marae15 persen dari keseluruhan populasi New Zealand adalah orang – orang dari suku Maori. Ada tempat wisata yang dibuka untuk turis agar bisa melihat kehidupan orang Maori yang asli dan masih berkumpul di Marae, sebuah komplek gedung yang digunakan sebagai tempat pertemuan orang setempat.

Bahkan tidak hanya pertemuan, Marae merupakan tempat tinggal, tempat mengadakan festival, pendidikan, pemakaman, dan pada dasarnya seluruh kegiatan.


Pergi ke Marae, sebagai tips jalan – jalan ke new Zealand yang akan sangat membantu selama perjalananmu khususnya bersama suku Maori di sini adalah untuk tetap menghormati dan mengikuti seluruh aturan yang ada dalam Marae. Misalnya saja yang paling sederhana adalah untuk selalu melepas alas kaki sebelum masuk ke Marae. Selain itu ada juga beberapa aturan lain yang sebaiknya tetap kamu ingat misalnya:

  • Tidak duduk di tempat kamu meletakkan makanan.
  • Menaati prosedur saat proses Powhiri (upacara penyambutan).
  • Mencuci tangan setelah penyambutan.

Pada dasarnya aturan – aturan yang ada terdengar mirip dengan bagaimana seharusnya kita bersikap sopan saat bertamu ke rumah orang lain. Ada baiknya lakukan penelitian kecil – kecilanmu sebelum berkunjung ke sini agar tak melakukan kesalahan. Selain itu, bila memungkinkan pelajarilah beberapa kata – kata sederhana dalam bahasa Maori agar bisa memahami seluruh prosesi kegiatan.

, , ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 04:14 Oleh :
Kategori : New Zealand