10 Tempat Wisata di Poznan Polandia yang Mempesona

Bagi yang sedang mencari referensi kota untuk dikunjungi saat jalan-jalan ke Polandia untuk berlibur, kota Poznan bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Poznan merupakan sebuah kota yang terletak di bagian barat Polandia dan memiliki luas wilayah sekitar 101 mil atau 261,85 km2

Kota Poznan ini juga menjadi salah satu kota bersejarah di Polandia karena kota merupakan ibukota pertama Polandia dan juga dianggap sebagai tempat kelahiran Poandia. Kota Poznan juga mempunyai banyak bangunan tempat bersejarah di eropa yang sebagian besar terkonsentrasi di kota tua di pusat kota Poznan.

Kota Poznan juga memiliki sistem transportasi umum yang luas sehingga mempermudah akses para wisatawan untuk menuju ke destinasi wisata yang diinginkan. Tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Poznan Polandia yang menarik untuk dikunjungi saat liburan nanti.

1. Poznan Town Hall

Poznan Town Hall

Rekomendasi tempat wisata di Poznan yang wajib  dikunjungi adalah Poznan Town Hall atau balai kota Poznan yang terletak di kota tua Poznandi pusat Old Market Square. Balai kota ini pada awalnya dibangun pada tahun 1253 dan kemudian pada tahun 1500 dibangun kembali dengan gaya kebangkitan oleh Giovanni Batista di Quadro dari Lugano.

Di dalam balai kota ini juga terdapat museum Poznan yang menampilkan pameran tentang sejarah kota ini dari abad ke 10 hingga kini. Hal lain yang menarik dari balai kota ini adalah Great Entrace Hall nya yang dihias dengan menarik dan juga kambing-kambing mekanik yang muncul dari atap bangunan pada siang hari yang didahului dengan pemukulan jam dan permainan panggilan terompet tradisional yang disebut hejnal.

Ada sebuah legenda tentang kambing mekanik tersebut yang mengatakan bahwa ada seorang juru masak ketika menyiapkan jamuan untuk komandan militer dan juga pejabat lainnya mencuri dua buah kambinng di padang rumput di dekatnya sebagai pengganti rusa yang telah dimasaknya. Kemudian kambing tersebut melarikan diri ke atas menara balai kota dan menarik perhatian para penduduk ketika kedua kambing tersebut saling bertubrukan.

Museum ini dibuka untuk para pengunjung pada hari senin, selasa dan jumat mulai pukul 10.00 hingga 16.00, pada hari rabu buka hingga pukul 18.00 dan hari minggu dibuka hingga pukul 15.00 waktu setempat. Untuk harga tiket masuk ke museum balai kota ini sekitar 1,50 euro per orangnya.


 2. Danau Malta

Danau Malta

Tempat wisata di Poznan berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Danau Malta yang merupakan waduk atau danau buatan Di Poznan, Polandia. Danau Malta yang merupakan danau buatan terbesar di Poznan Polandia ini dibentuk pada tahun 1952 dengan membendung aliran air sungai Cybina.

Nama danau Malta ini berasal dari knight hospitaller yang juga juga dikenal sebagai Knight og Malta dan danau ini dibangun diatas tanah yang dahulu merupakan tanah sebuah gereja yang diberikan kepada Miezko III the Old yang menjadi pemimpin setempat pada saat itu.

Danau Malta ini mempunyai panjang sekitar 2,2 km dan kedalaman danau rata-rata berkisar antara 3,1 m hingga maksimum 5 meter. Beberapa jenis ikan yang berhabitat di danau ini antara lain ikan tombak utara, Zander, kakap putih, Tilapia, dan Gynocephallus cenua

Di sekitar tepi danau Malta ini juga banyak tmpat rekreasi yang juga bisa dikunjngi seperti lereng ski,kebun binatang dan dan juga rental sepeda bagi pengunjung yang ingin bersepeda keliling danau. Danau ini sangat penting keberadaannya bagi kota Poznan sehingga kualitas air di danau ini terus dijaga dan ditingkatkan dengan berbagai metode.

3.  Imperial Castle, Poznan

imperial Castle, Poznan

Tempat wisata di Polandia, tepatnya di kota Poznan berikutnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Poznan Imperial castle yang dalam bahasa Polandia disebut Zamek, atau lengkapnya Zamek Cesarkiw Poznaniu. Kastil ini dibangun pada tahun 1905-1910 oleh Franz Schwecten untuk kasir Jerman, William II, dan hingga tahun 1918 dan selama perang dunia II bangunan ini menjadi kantor pemerintah Jerman.

Kastil ini dibangun dengan gaya Neo Romawi yang dianggap mewakili kekaisaran Romawi suci dan dimaksudkan untuk mencerminkan kontrol  kerajaan Prusia dan kekaisaran Jerman atas wilayah Polandia. Bangunan utama kastil ini mempunyai 2 sayap, yakni sayap barat yang terdiri dari apartemen dan sayap timur dengan ruang representatif.

Lantai dasar di sayap barat merupakan kamar-kamar bagi pengadilan kekaisaran sedangkan di lantai 1 adalah apartemen untuk kaisar dan istrinya. Sedangkan di sayap timur yang merupakan ruang representatif terdapat ruang tahta bergaya Bizantium dimana ruang tersebut diterangi Jendela besar dari tiga sisi dengan 8 patung kaisar romawi yang diletakkan dibawah lengkungan.

Selama perang dunia ke II kastil ini adalah kamp sementara untuk tawanan perang Jerman dam kemudian digunakan sebagai barak oleh Tentara Rakyat Polandia. Setelah perang dunia II kastil terebut direnovasi dibawah Albert Speer dan salah satunya adalah menara kastil ini yang awalnya mempunyai tinggi 4 meter namun harus diturunkan menjadi 20 meter akibat kerusakan berat setelah Perang Dunia II.

4. Taman Cytadela

Taman Cytadela

Tempat wisata di Poznan berikut ini merupakan sebuah taman besar yang berlokasi di situs Fort Winiary , sebuah kawasan berbenteng abad ke 19 di sebelah utara pusat kota Poznan.  Taman ini dibangun diatas tanah seluas 100 ha pada tahun 1963 dimana dahulu taman ini adalah sebuah wilayah benteng yang seteleh perang sebagian benteng ini dihancurkan dan diubah menjadi Taman Cytadela hingga saat ini.

Di  lereng tepi barat daya taman ini tempat perkuburan militer yang disana disemayamkan sebagian besar tawanan perang dunia I dan penerbang dari Perang Dunia II yang terbunih saat pengebomam Stettin. Selain itu Ada juga museum Poznan Army di tepi selatan taman dan juga monumen pahlawan yang berdiri di puncak tangga dan membentuk pintu masuk utama ke Taman.

Di taman ini juga hidup sekitar 20 spesies mamalia, termasuk 1 diantaranya yang dilindungi seperti singung eropa, musang, tupai merah, tikus kayu, landak eropa dan masih banyak lagi. Taman ini juga menjadi salah satu habitat yang penting para spesies kelelawar musim dingin seperti kelelawar netteter.

Pada tahun 2008 taman ini juga terdaftar sebagai salah satu monumen bersejarah nasional resmi Polandia dan dikellola oleh Dewan Warisan Nasional Polandia.Taman ini dibuka untuk para pengunjung sepanjang tahun setiap harinya.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Poznan Polandia yang bisa menjadi salah satu poilihan destinasi wisata ketika berlibur ke Polandia. Selain tempat wisata di atas, masih banyak tempat wisata di Pozna ainnya yang juga tak lkalah menarik untuk dikunjungi, seperti :

  • Old Market Square
  • New Zoo
  • Muzeum Narodowe w Poznaniu
  • Palmahaz
  • Park Railway Maltanka
  • Centrum Kultury Zamek
  • Dan masih banyak lainnya

Selain berwisata jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Polandia dan juga membeli oleh-oleh khas Polandia agar lburanmu menjadi lebih lengkap dan mengesankan. Akhir kata teimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 16:31 Oleh :
Kategori : Polandia