10 Tempat Wisata di Wieliczka Yang Populer Dikunjungi Para Wisatawan

Jika mempunyai rencana jalan-jalan ke Polandia , terutama ketika mengunjungi tempat wisata di Krakow untuk berlibur, tidak salahnya juga jika berkunjung ke kota Wielicza yang juga berada di wilayah Krakow. Kota Wieliczka yang memiiki luas 13,441 km2 ini tepatnya terletak di tengah selatan Polandia dan terletak 13 km di tenggara Krakow.

Kota Wielicza ini terkenal dengan tambang garam kuno yang kini menjadi museum dan untuk menuju ke kota ini bisa ditempuh dari  pusat kota Krakow dengan mobil, bus, maupun kereta api dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Wieliczka yang menarik untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan jika berlibur ke Polandia

1. Tambang garam Wieliczka

Tambang garam Wieliczka

Tempat wisata di Wieliczka yang sangat populer dan wajib dikunjungi pertama kalo adalah tambang garamnya yang sudah memproduksi garam meja sejak abad ke 13 hingga tahun 2007. Tambang garam ini juga dinobatkan sebagai salah satu tambang garam tertua di dunia dan tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1978.

Tambang garam Wieliczka ini mempunyai kedalaman hingga 327 meter dengan panjang tambang mencapai lebih dari 300 km dan sudah beroperasi lebih dari 1000 tahun. Namun untuk rute wisatawan tambang ini memiliki rute sepanjang 3,5 km yang dilalui hampir 800 ribu hingga 1,2 juta pengunjung setiap tahunnya, dimana jalur tersebut juga terdapat patung-patung tokoh sejarah dan mitoogi yang dibuat dari batu karang garam.

Selain patung-patung tersebut tambang garam ini juga mempunyai kapel dan ruang resepsi yang banyak digunakan untuk acara pribadi, seperti pernikahan. Ruangan tersebut memiliki dinding yang diukir oleh penambang tersebut sehingga menyerupai kayu., seperti gereja kayu di awal-awal.

Tambang garam Wieliczka ini dibuka untuk pengunjung pada pukul 7.30 pagi hingga 7.30 malam waktu setempat pada bulan April hingga Oktober. Sedangkan pada bulan November hingga Maret tambang garam ini dibuka mulai pukul 8.00 pagi hingga 17.00 seore waktu setempat.

Untuk tiket masuk ke Tambang garam Wieliczka ini pengunjung dikenakan biaya masuk berkisar zl 54-79 per orangnya. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mengambil foto di dalam tambang ini dikenakan biaya tambahan sebesar zl 10.

2. Zupny Castle

Zupny Castle

Rekomendasi tempat wisata di Wieliczka selanjutnya yang juga banyak dikunjungi para wisatawan adalah Zupny Castle yang merupakan bekas markas tambang raram di Wieliczka dan Bochnia. Markas tambang garam yang berbentuk kastil tersebut dibangun pada  abad ke 14 dibawah pemerintahan Casmir III yang Agung di atas sebuah lereng bukit.

Kastil ini terdiri dari tiga bangunan utama yaitu kastil pusat ,utara , selatan dan juga menara dan dibangun dalam format persegi. Selain bangunan utama di area kastil ini pengunjung juga bisa melihat kebun,  dapur garam, poros penambangan, tembok pertahanan, dan juga toko souvenir yang menjual beragam souvenir oleh-oleh khas Polandia yang berasal dari weiliczka.


Pengunjung bisa mengunjungi kastil atau bekas markas tambang garam ini pada hari selasa hingga minggu pukul 9.00 hingga 20.00 waktu setempat pada bulan mei hingga September dan pada bulan Oktober hingga April mulai jam 8.30 pagi hingga 3.30 petang waktu setempat. Harga tiket masuk untuk kr kastil tambang ini adalah sebesar 8 pln per orangnya, namun jika pergi bersama keluarga atau berkelompok disediakan paket harga khusus.

3. Solanková rozptylová věž

Solanková rozptylová věž

Tempat wisata di Polandia, tepatnya di wielciczka berikutnya yang juga menarik perhatian para wisatawan adalah Solanková rozptylová věž. Tempat yang namanya berarti menara kelulusan ini merupakan salah satu fasilitas yang ada di bawah tanah tambang garam Wieliczka di sekitar Danilowicz Shaft dan memiliki luas sekitar 7.500 meter.

Menara ini dibangun dari kayu larch,yang merupakan salah satu jenis kayu yang tahan lama dan bisa bertahan hingga kurang lebih 1.800 tahun. Konstruksi dari kayu larch ini kemudian ditutupi oleh bundel cabang blackhorn yang merupakan tanaman duti yang tumbuh di hampir seluruh wilayah eropa.

Menara ini sering digunakan sebagai tempat terapi inhalasi air garam yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit sistem pernafasan yang kronis. Menara kelulusan ini dalam satu waktu yang sama bisa menampung hingga  100 wisatawan atau pasien yang akan melakukan terapi inhalasi air garam.

Di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan panorama taman dan poros tambang pada menara obsevasi dengan tinggi sekitar 22 meter. Solanková rozptylová věž atau Memara kelulusan ini dibuka untuk pengunjung setiap hari senin hingga minggu mulai pukul 09.00 hingga 18.00 waktu setempat

Para pengunjung yang yang menuju ke menara kelulusan ini jika ingin melakukan terapi inhalasi disarankan untuk melakukan terapi ini selama 30 menit. Selain membantu mengatasi penyakit sistem pernafasan terapi ini juga bisa membantu membersihkan saluran pernafasan dari polusi dan juga juga debu.

Selain di negara Polandia, menara kelulusan ini juga berada di negara jerman sebanyak sekitar 20 fasilitas dan juga di Austria terdapat 1 menara kelulusan.

4. Gereja St.Clement

gereja St.Clement

Rekomendasi Tempat wisata di wieliczka berikutnya adalah gereja St.Clement yang merupakan tempat ibadah utama di Wieliczka yang sudah dibangun sejak abad ke 13. Namun sayangnya gereja ini sempat rusak akibat pertambangan serta dirobohkan oleh Austria dan hanya kapel makam Barbara dan Wladyslaw Morsztyn masih tersisa.

Pada awal abad ke 19 dibangun kembali sebuah gereja paroki baru diatas fondasi gereja sebelumnya tersebut dan ditahbiskan pada tahun 1826. Interior dari gereja ini juga terbilang cukup indah dan mempesona dengan perpaduan warna merah muda, emas dan juga hijau yang menarik.

Gereja ini juga mempunyai ruang bawah tanah yang menampilkan beberapa pameran dan juga altar bersejarah yang sudah ada dari abad ke 19. Ruang bawah tanah ini dibuka untuk pengunjung setiap senin hingga jumat mulai pukul 9.00 hingga 17.00 waktu setempat dengan harga tiket masuk 2-4 zl.

Selain itu di selatan gereja pengunjung juga bisa melihat menara lonceng, patung St.Florian dan juga rumah pendeta yang sekarang menjadi Bank.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Wieliczka yang bisa menjadi referensi destinasi wisata ketika berlibur ke Polandia. Jika masih belum puas dengan rekomendasi tempat wisata di atas, bisa juga mengunjungi tmpat wisata di Wieliczka lainnya yang tak kalah menarik seperti :

  • Kościół pw. św. Klemensa
  • The painting 3D Salt World
  • Kościół św. Sebastiana w Wieliczce
  • Pałac Konopków
  • Podstolice SKI
  • Papugarnia Krakow Parrot House
  • Dan masih banyak lagi

Setelah puas berkeliling tempat wisata Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Polandia yang juga banyak dijajakan di rumah makan yang ada di wilayah wieliczka. Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 16:44 Oleh :
Kategori : Polandia