10 Tempat Wisata di Zakopane Polandia yang Memukau para Pecinta Alam

Nama Zakopane mungkin masih terdengar sedikit asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, namun sebenarnya kota ini merupakan salah satu kota tempat wisata di Polandia yang menjadi favorit para wisatawan. Kota ini terletak di kaki gunung Tatra Mountain sehingga banyak wisatawan yang datang kesini pada musim dingin untuk mendaki gunun dan bermain ski ataupun sekedar melihat pemandangan.

Untuk menuju kota Zakopane ini bisa ditempuh dengan menggunakan bus atau kereta dari Krakow dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan. Kota Zakopane ini cenderung lebih hening dan tenang jika dibandingkan dengan kota-kota di eropa lainnya sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur sembari menenangkan diri dan menikmati keindahan alam perbukitan dan pegunungan kota Zakopane yang indah.

Tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah tempat wisata di Zakopane Polandia yang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi liburan, bagi yang sedang mencari referensi tempat wisata di eropa timur.

1. Tatra National Park

 Tatra National Park

Karena kota Zakopane ini berada di kaki gunung Tatra, mungkin agak kurang rasanya jika tidak mendaki untu menikmati keindahan alam dari gunung ini. Salah satu tempat wisata di Zakopane yang terletak di Gunung Tatra ini yang mempunyai pemandangan indah yang sayang jika dilewatkan adalah Tatra National Park atau Taman Nasional Tatra

Taman Nasional ini dibuat berdasarkan keputusan Pmerintah Polandia dengan luas 215,56 km2 namun kini luasnya hanya 211,64 km2. Dari total luas Taman Nasional tersebut, sekitar 152 km2 merupakan kawasan hutan dan sebagian besar sisanya adalah wilayah padang rumput.

Taman Nasional Tatra ini mempunyai sekitar 650 gua diaman 6 diantaranya dibuka untuk umum dan Gua WielkaSniezna menjadi gua yang terpanjang dan terdalam,yaitu sebesar 814 meter. Taman Nasional ini juga memiliki 30 danau gunung atau staw, dimana Danau yang terbesar adalah Morskie Oko dengan luas 349.000 m2 dan kedalaman mencapai 50,8 meter.

Taman Nasional ini juga menjadi habitat dari beberapa flora seperti cemara perak (Abies Alba), pinus Smiss , edelwies dan masih banyak lagi. Selain Flora terdapat juga berbagai macam fauna yang ada dI Taman Nasional ini seperti Chaomis dan Marmut Tantra serta beberapa spesies endemik lainnya yang terancam punah.

Di Taman Nasional Tatraa ini setidaknya terdapat 270 kilometer jalur hiking dan taman nasional ini menjadi salah satu taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Polandia.

2. Kasprowy Wierch

Kasprowy Wierch

Masih di wilayah Pegunungan Tatra, tempat wisata di Zakopane berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Kasprowy Wierch yang terletak di persimpangan 4 puncak pegunungan Tantra dan menjadi perbatasan antara Polandia dan Slovakia.

Salah satu hal populer yang ada di Kasprowy Wierch dan menjadi favorit para wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini adalah wahana kereta gantunnya. Wahana ini memang sangat ramai  dikunjungi oleh banyak wisatawan,bahkan untuk menaiki kereta gantung ini para wisaatwan bahkan harus menunggu selama 3 jam

Dibawah Puncak Kasprowy Wierch ini, tepatnya pada ketinggian 1959 mdpl terdapat sebuah bangunan dimana terdapat ruangan tunggu untuk menunggu bermain ski dan menyimpan peralatan ski. Selain itu di tempat tersebut juga terdapat kios, bar, dan restoran dimana para pengunjung juga bisa mencicipi beragam makanan khas Polandia.

Kasprowy Wierch memang menjadi salah satu resor ski yang cukup populer dan mempunyai 3 jalur kereta gantung menuju tempat ini yaitu dari Kuznice yang dibangun pada tahun 1935-1936, dan pada tahun 1967 dan 1968 dibangun jalur kursi gantung dari lembah Goryczkowa serta Gasienicowa yang hanya berfungsi pada musim dingin dan ditujukan bagi yang ingin bermain ski.

Di Kasprowy ini juga dibangun sebuah observatorium dimana pada tahun 1961 seorang peneliti luar angkasa bernama Karzimierz Kordilewski berhasil memfoto Awan yang diberi nama Awan Kordilewski yang melintasi titik-tiitik bulan L4 dan L5 secara samar-samar. Di Puncak Kasprowy Wierch ini juga menjadi tempat peneitian para ahli botani karena di tempat ini juga ditemukan beberapa tanaman endemik Polandia yang sangat langka dan hanya ditemukan di beberapa tempat pegunungan Tatra.

3. Morskie Oko

Morskie Oko

Kurang lengkap rasanya menjelajahi wilayah pegunungan Tatra di Polandia jika tak mengunjungi salah satu danau terbesar yang ada disana. Danau ini berada di ketinggian 1395 kaki di atas permukaan laut, tepatnya jauh di dalam taman nasional Tantra dan dikelilingi oleh puncak gunung batu setinggi 1000 mdpl.

Lokasi danau ini juga dihimpit oleh pepohonoan hijau dan air terjun yang ada di wilayah pegunungan Tatra sehingga membuat pemandangan di danau ini menjadi semakin indah dan asri. Di danau yang mempunyai luas sekitar 35 ha ini menjadi habitat dari berbagai jenis ikan seperti ikan trout coklat dan juga Brook Trout.

Untuk menuju ke danau ini bisa menggunakan bus kurang lebih 1 jam dari pusat kota hingga ke sebuah jalan setapak untuk kemudian berjalan selama kurang lebih dua jam untuk akhirnya sampai ke danau ini.

Sebagian besar jalan setapak untuk menuju danau ini sudah beraspal dan pendakian untuk mencapai ke danau ini tidak terlalu curam sehingga mempermudah pendakian. Namun jika memutuskan untuk berjalan kaki ke danau ini sebaiknya siapkan energi yang cukup dan juga membawa bekal makanan dan  minuman yang cukup.

Selain berjalan kaki, pengunjung juga bisa menggunakan kereta kuda dengan biaya sekitar 30 PLN untuk menuju ke danau ini. Namun kereta kuda tersebut tidak bisa mengantarkan pengunjung langsung sampai ke danau sehingga untuk ke danau ini pengunjung tetap harus berjalan kaki.

4. Tatra Museum

Tatra Museum

Tempat wisata di Zakopane selanjutnya yang juga menarik untuk dikunjungi adalah museum Tatra yang merupakan museum sejarah, budaya Tatra, Polandia. Museum ini terletak di pusat kota Zakopane, tepatnya di 10 Krupowki street dan didirikan pada tahun 1888 oleh Tantra Museum Society

Museum Tatra ini memamerkan sejarah Tatra Polandia dari zaman pra sejarah, baik berupa foto, maupun dokumen arsip dan publikasi lainnya.  Selain itu museum ini juga menyajikan pameran etnografi yang antara lain adalah interior pondok podhale abad ke 19 yang khas dengan dua ruang kamar putih dan hitam yang dipisahkan oleh ruang depan.

Museum Tatra ini dibuka untuk umum pada hari rabu hingga minggu mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Selain di 10 Krupowki street Zakopane, museum ini juga mempunyai 7 cabang lainnya di Zakopane dan 4 cabang lainnya yang masing-masing terletak di Czarna Gora, Jurgow, Chocolow, dan Lopuszna.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Zakopane Polandia yang bisa menjadi referensi destinasi wisata untuk dikunjungi ketika memutuskan untuk Jalan-jalan ke Polandia saat liburan nanti. Selain yang sudah disebutkan diatas, beberapa tempat wisata di Zakopane lainnya berikut ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi dan juga untuk mencari oleh-oleh khas Polandia untuk buah tangan ketika pulang berlibur.

  • Gubałówka
  • Krupowki
  • Villa Atma
  • Kapel Jaszczurówka 
  • Museum Jan Kasprowicz
  • Rysy
  • Dan masih banyak lainnya

Akhir kata terima kasih banyak sudah membaca artike ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 16:26 Oleh :
Kategori : Polandia