13 Tempat Wisata Di Suzdal Rusia Bernuansa Sejarah

Rusia punya banyak tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan dunia. Ada beberapa tempat wisata yang akan membuat wisatawan betah dan merasakan atmosfer yang membawanya bisa merasakan sedikit kehidupan pada abad ke-13 dan bahkan sampai ke abad-10.

Semua tempat wisata di Rusia memiliki kekhasan abad lama di masa lalu yang masih dijaga oleh penduduk lokal sampai sekarang. Bahkan semua bangunan peninggalan kuno ini menjadi kebanggaan mereka sehingga menjadi landmark kota yang masuk ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi oleh wisatawan.

Termasuk yang ada di kota Suzdal. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Suzdal yang sebaiknya masuk juga ke dalam daftar kunjungan liburan anda selama di Rusia.

  1. Suzdal Kremlin
Suzdal Kremlin

Kremlin tidak hanya ada di ibukota Rusia, melainkan sampai ke kota-kota bagiannya karena dulunya dibangun untuk menjaga seluruh Rusia.

Kremlin merupakan sebuah benteng perlindungan untuk melindungi penduduk kota dari serangan musuh pada masanya. Kini, peran benteng menjadi bagian dari keindahan arsitektur kota.

mungkin orang-orang di masa lalu tidak berpikir sampai seperti itu, namun sekarang, benteng Krmelin dimasukkan ke dalam salah satu tempat wisata bersejarah di Rusia.

Suzdal Kremlin memiliki kesamaan seperti Kremlin yang lainnya. Wisatawan bisa menyusuri benteng Kremlin dan mengambil foto di sekitarnya. Kalau anda berminat, anda juga dapat mampir ke cafe atau restoran yang berdiri dekat dengan benteng kremlin di Suzdal.

Seperti Kremlin Rusia lainnya, benteng bersejarah ini dikelilingi oleh benteng tanah dan posisi yang strategis dengan satu sisi menghadap sungai.

2. Kubah biru dan kubah emas dari Nativity of the Virgin Cathedral di Suzdal’s Kremlin

Nativity of the Virgin Cathedral

Seperti tempat wisata di Eropa lainnya, misalnya saja tempat wisata di Roma yang memiliki katedral tertentu yang dibanggakan oleh seluruh penduduk kota.

Suzdal juga memiliki hal yang sama, yakni tempt wisata yang dinamakan Kubah Biru dan Kubah Emas dari Nativity of the Virgin Cathedral di Suzdal’s Kremlin.

Kedua kubah tersebut berasal dari abad ke-10, Kremlin adalah bagian tertua dari tempat wisata di Suzdal dan pernah menjadi basis pangeran Rusia Yury Dolgoruky yang mendirikan Moskow sebagai pos terdepan.


Nativity of the Virgin Cathedral berdiri di dalam atau di antara dinding Kremlin. Dari kejauhan gedung ini akan nampak berkelip-kelip, berkubah biru, berkubah emas, yang berisi lukisan pada malam hari. Gedung tersebut mendapatkan penyempurnaan dengan penyepuhan interior abad ke-13 dan ke-17.

Hasilnya, gedung ini memiliki sentuhan arsitektur yang indah. Sejumlah pameran sejarah dari masa lalu Suzdal bertempat di Archbishop’s Chambers dan Bell Tower juga terdapat di dalam Kremlin.

The Nativity of the Virgin Cathedral, yang terkenal dengan kubah-kubah birunya yang berwarna emas mendominasi halaman depan Suzdal kremlin. Gedung katedral ini didirikan pada tahun 1220-an. Namun, hanya bagian bawahnya yang kaya ukiran terbuat dari batu putih asli.

Sisanya dibuat dari batu bata yang diproduksi di abad ke-16. Bagian dalamnya mewah, dengan hiasan berupa lukisan dinding abad 13 dan 17 dan damascene abad 13 yang khas dengan emas dan tembaga menghiasi bagian pintu barat dan selatan.

Seandainya anda mendatangi katedral ini, anda mungkin akan dilarang untuk mengambil gambar. Jadi sebaiknya anda menikmati saja isi bagian dalamnya. Anda bisa mengambil gambar di bagian luarnya. Jangan lupa untuk masuk membawa seorang guide yang dapat menjelaskan secara terperinci mengenai seluruh sejarah dan bagian dari katedral tersebut.

3. Biara Syafaat

Biara Syafaat

Lapangan yang menarik dan katedral ialah Biara Syafaat yang mana gedungnya bercat putih. Gedung ini didirikan pada tahun 1364, awalnya aktif sebagai sebuah gereja.

Biara Syafaat menjadi terkenal sebagai tempat wisata di Suzdal karena sejarahnya sebagai tempat pengasingan bagi wanita yang tidak diinginkan dari keluarga kekaisaran. Ada banyak tokoh-tokoh terkenal yang dikirim ke sini termasuk saudara perempuan Ivan the Terrible.

Pada awal abad ke-16 Katedral Syafaat yang putih dan berkubah tiga ini menjadi yang paling cantik di selurh kota dengan bunga-bunga yang menutupi taman dan bunga-bunga berwarna-warni yang menghiasi sekitar biara.

Anda bisa masuk ke kawasan ini gratis, tidak ada biaya masuk. Di dalamnya, anda bisa melihat gambar klasik Suzdal yang menyempurnakan keindahan dinding biara yang berwarna putih dikelilingi oleh padang rumput hijau di tepi sungai yang berkelok-kelok.

Di dalamnya terdapat hamparan bunga-bunga berwarna cerah yang dirawat oleh para biarawati, yang tinggal di pondok-pondok kayu yang tersisa dari sebuah hotel pedesaan yang dibangun di sini ketika biara ditutup setelah revolusi pada tahun 1992.

4. Biara Juruselamat St Euthymius

Biara Juruselamat St Euthymius

Tempat wisata di Suzdal sangat berbeda dengan tempat wisata di Vatikan yang notabene merupakan pusatnya pengembangan dan pelestarian agama Kristen.

Di Suzdal terdapat Biara Juruselamat St Euthymius yang dibangun pada abad ke-14. Bangunan ini dibangun untuk memperkuat pintu masuk utara Suzdal dengan kompleks bangunan yang mencakup sejumlah gereja, katedral, dan penambahan penjara di kemudian hari.

Gedung ini mencapai puncak pembangunanya pada abad ke-16 dan ke-17 dengan sumbangan besar dari keluarga Ivan the Terrible dan bangsawan Rusia, struktur kayu biara digantikan dengan dinding dan menara bata megah yang menutupi Katedral Transfigurasi Juruselamat dan kubah tujuh kubah Gereja Refectory Assumption dua lantai.

Pameran yang bertempat di Dungeon Biara memberikan wawasan yang menarik tentang sejarah berbagai tahanan yang ditahan di sini. Anda harus mampir ke ruangan tersebut untuk melihatnya.

5. Museum Arsitektur Kayu

museum Arsitektur Kayu

Tempat wisata di Suzdal berikutnya ialah museum Arsitektur Kayu,  di kawasan ini terdapat gereja kayu peninggalan abad ke-18 yang terbuka untuk umum di Suzdal.

Tempat wisata ini terletak di seberang sungai dari Kremlin, museum terbuka ini menampilkan arsitektur kayu khas Suzdal  di Rusia dengan sejumlah bangunan rakitan yang mencakup rumah kayu dan kincir angin.

Didirikan pada tahun 1968, puncak dari museum ini adalah Gereja Transfigurasi abad ke-18 yang merupakan bangunan pertama yang dibawa ke sini dari desa terdekat. Gereja Kebangkitan yang kurang megah adalah bangunan kedua yang dikirimkan ke museum dan hari ini sekitar 20 bangunan menghiasi halaman berumput.


Rumah-rumah pedesaan yang terpelihara dengan sangat baik menggambarkan dengan sempurna bagaimana petani  beraktifitas di masanya.

Alasan kenapa tempat ini disebut dengan museum arsitektur kayu karena di dalamnya merupakan sebuah taman luas yang diisi dengan berbagai macam bangunan yang terbuat dari kayu. Bangunan-bangunan tersebut pernah digunakan oleh masyarakat, sehingga bisa dibilang menyimpan sejarah perkembangan kota Suzdal.

Rekomendasi Tempat Wisata di Suzdal

Selain tempat wisata tersebut di atas, masih ada banyak tempat wisata misterius di Suzdal. Anda bisa memasukkan daftar yang kami rekomendasikan selanjutnya berikut ini ke dalam daftar kunjungan wisata anda selama di Suzdal. Paling penting untuk anda ketahui selama berwisata ke sana ialah, jangan merusak properti bersejarah yang ada di Suzdal.

  • Torgovaya Ploshchad
  • Gereja Asumsi Bunda Allah
  • Wax Museum
  • Saviour Monastery of Saint Euthymius
  • St. Damian Churches
  • Churches of Saints Peter
  • Prepodobenskaya Bell Tower

Demikian pemaparan kami tentang tempat wisata di Suzdal, kota kecil di Rusia yang menawarkan pemandangan yang cantik dengan berbagai macam bangunan bersejarah, utamanya katedral yang megah dan berselimut seni kebanggaan warga Suzdal dan Rusia pada umumnya.

, , , ,
Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 11:30 Oleh :
Kategori : Rusia