12 Tempat wisata di Namur Belgia Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Namur – Namur merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Namur, dan berada di wilayah regional Wallonia di Selatan Belgia. Kota namur berada di persimpangan antara Sungai Meuse dan sungai Sambre. Kota ini juga menjadi ibukota provinsi Namur, juga sekaligus ibukota dari wilayah regional Wallonia.

Namur merupakan salah satu kota yang penting dalam transportasi kereta di Belgia, dimana di lajur utara – selatan merupakan perlintasan antara Brugges dan Luxemborg, sedangkan lajur timur – barat, menghubungkan Lille dan dan tempat wisata di Liege.

Posisi Namur yang strategis menyebabkan Namur menjadi tempat pertempuran dan diduduki oleh berbagai bangsa. Bangsa-bangsa tersebut meninggalkan bangunan-bangunan kuno yang megah yang masih bisa kita nikmati hingga sekarang.

Selain itu, masih ada banyak tempat-tempat wisata di Namur yang bisa anda jelajahi. Apa sajakah itu? Yuk kita simak tempat wisata di Namur berikut ini.

1. Benteng Namur / Namur Citadel

Namur-Citadel

Benteng Namur merupakan salah satu benteng populer di tempat wisata di Belgia dan juga  salah satu benteng terkuat di Eropa. Bangunan benteng yang mengesankan ini dibangun pada masa Romawi. Benteng ini mengalami beberapa kali renovasi. Dimana bangunan yang anda lihat saat ini adalah bangunan yang diperbaharui pada sekitar abad ke 19.

Disini anda bisa menjelajah  barak, Jalanan di atas benteng, dan terowongan bawah tanah yang digunakan selama ratusan tahun lamanya. Selain anda bisa mempelajari sejarah benteng ini, anda juga akan disuguhkan pemandangan kota Namur yang indah yang dilintasi sungai Meuse dan sungai sambre dari atas ketinggian di benteng ini.  

2. Katedral Saint Aubain

katedral-St-Aubain

Katedral Saint Aubain berdiri di tengah Place Saint Aubain, di pusat kota Namur. Bangunan berkubah klasik megah ini dibangun pada tahun 1751 dan baru selesai pada tahun 1767.

Katedral ini sebelumnya adalah sebuah situs gereja abad ke – 11 yang kemudian dibangun kembali oleh Gaetano Pizzoni dari Milan, salah satu kota di tempat wisata di Italia. Katedral ini juga ditetapkan sebagai  salah satu situs warisan dunia milik UNESCO.

Di sebelah kanan bangunan katedral terdapat Museum Keuskupan dimana memamerkan harta katedral seperti bejana liturgi, jubah, patung, dan berbagai karya dari emas. Dimana terdapat beberapa peninggalan penting di Museum ini seperti mezbah portabel dari abad ke-12, Merovingian abad ke 8 dari Andenne, dan mahkota peninggalan Philip dari Konstationapel, dimana dipercaya sebagai mahkota yesus ketika disalib.


3. Museum Seni Kuno Namur

Museum-seni-kuno

Museum ini terletak di jalan Rue de Fer dimana merupakan salah satu jalan utama di pusat kota Namur. Museum ini dulunya merupakan rumah seorang bangsawan yang bernama Hotel de Gaiffier d’Hestroy, yang berasal dari abad ke-17.

Museum Seni Kuno ini memamerkan berbagai artefak kuno yang beradal dari Abad Pertengahan dan Renaissance dari wilayah Namur. Pameran tersebut berupa kerajinan dari emas, gading, dan peralatan tembaga dengans kualitas yang luar biasa.

4. Museum Felician Rops

Feliciem-rops-museum

Felician Rops adalah seorang pelukis dan pengukir Namur yang terkenal pada abad ke-19. Karya-karya nya terbilang aneh dan mengedepankan sisi ke-erotisan. Meskipun pernah terlibat dalam kasus obat-obatan dan absinthhe,  dia adalah seorang seniman yang sangat terampil dan produktif.

Semasa hidupnya Rops menghasilkan lebih dari 3.000 gambar aneh, aquatints, litograf, dan cetakan yang diarsipkan kedalam bukunya. Museum ini adalah sebuah museum yang ditunjukkan untuk menampilkan karya-karya Rops yang vulgar. Museum ini tidak cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga, namun menjadi sajian tersendiri para penikmat seni pada khususnya.

5. Taman Annevoie

Annevoie-park

Taman ini terletak di Rue des Jardins 37A, Annevoie. Disini anda dapat menikmati suasana taman-taman hias dan air mancur yang sejuk, dan sebuah kastil megah dari abad ke-18. Taman ini juga terkadang dijuluki sebagai Versailles nya Belgia  karena memiliki kesamaan dengan taman yang berada di tempat wisata di Prancis tersebut.

Taman  annevoie dibuat pada pertengahan tahun 1700-an oleh anggota keluarga de Montpellier. Selain terdapat toko suvenir dan restoran, taman ini juga dilengkapi dengan kafe pedesaan yang dihiasi dengan peralatan pertanian kuno.

6. Place d’Armes

Place-darmes

Place d ‘Armes merupakan alun-alun di pusat kota Namur, disekitar alun-alun ini terdapat berbagai bangunan-bangunan indah dan megah. Salah satunya adalah Palais de Congres yang digunakan sebagai pusat konvensi.

Di salah satu sisi jalan terdapat  patung siput yang menjadi salah satu ikon dari kota Namur. Selain itu juga terdapat patung Francwes dan Djoseph, dua tokoh yang diciptakan oleh pelukis dan kartunis Jean Legrand, yang mewakili filosofi ketenangan masyarakat Namur. Situs penting lainnya di sekitar place d armes adalah Belfry, yang ditetapkan sebagai Situs Warisan dunia UNESCO.

7. Eglise St-Loup

Merupakan sebuah gereja dengan gaya barok yang luar biasa. Dengan kolom marmer ungu, lengkungan batu hitam, ukiran yang rumit, dan dekor langit-langit yang diukir dalam tufa putih membuatnya menjadi satu kesatuan pemandangan yang menakjubkan dan mengesankan.

8. Gereja Notre dame

gereja-notre-dame

Terletak di tepi sungai Meuse yang indah, dan dibelakangnya berdiri Benteng Namur yang perkasa. Gereja Notre-Dame merupakan sebuah gereja yang bergaya Gotik awal yang dibangun pada sekitar abad ke 13 dan diperbaharui pada tahun 1750 hingga 1756. Di dalam gereja ini terdapat  monumen pemakaman Pangeran Wilhelm I dan Wilhelm II Namur yang berada di ruang bawah tanah.

Terdapat banyak harta religi disini yang seluruhnya dipindahkan ke gereja pada tahun 1818. Salah satu harta terbaiknya adalah emas yang dibuat oleh Pater Hugo von Oignies yang pernah tinggal di biara ini selama abad ke-13. Selain itu juga terdapat harta lainya seperti sampul Injil tahun 1230 dari Trier yang dihiasi dengan karya enamel, dan piala Gilles de Walcourt yang dibuat pada tahun 1238.

9. Museum Arkeologi Namur

museum-arkeologi

Museum ini terletak di pusat kota Namur , yaitu di jalan Pointe de Grognon dan tidak jauh dari Place D’Armes. Museum ini dulunya merupakan  bekas aula daging yang dibangun pada tahun 1590.

Disini anda dapat melihat berbagai koleksi barang antik yang komprehensif dari Provinsi Namur yang berasal dari zaman Romawi, Frank, dan Merovingian (abad pertama hingga ketujuh). Koleksi di museum ini dianggap sebagai salah satu koleksi terbaik di Belgia . Selain itu juga terdapat berbagai seni yang berasal dari  emas dan berbagai gelas unik juga dapat dilihat disini.  

10. Biara Floffere

Floffere-biara

Biara Floffere merupakan salah satu contoh bangunan terbaik dari ordo di Belgia. Biara ini didirikan pada tahun 1121 oleh St. Norbert dan diperluas pada abad ke-17 dan ke-18 hingga ukurannya menjadi seperti sekarang ini.

Pada masa Revolusi Perancis Biara ini sempat mengalami kehancuran, dan hanya bagian transept dan sakristi saja yang masih tersisa dari bangunan awal. Kemudian interiornya diperbaiki pada akhir abad ke-18 oleh Dewez. Yang menarik dari bangunan biara saat ini adalah aula paduan suaranya, dimana terdapat 74 kursi yang diukir dengan bentuk beberapa patung pendiri ordo yang cukup unik dan mengesankan.

11. Kastil Franc Warret

franc-waret

Merupakan kastil dengan bangunan berarsitekur bergaya Louis XV yang mengesankan. Kastil ini dibuat pada sekitar abad ke-17 dan diperluas pada abad ke-18. Kastil ini dikelilingi oleh parit dimana dihubungkan dengan sebuah jembatan gantung.

Disini anda akan disuguhkan kamar mewah yang dilengkapi dengan permadani Brussels yang indah, porselen langka, dan lukisan Belanda-Flemish. Di luar kastil terdapat taman luas yang terawat dengan sangat baik, diantarnya adalah sebuah taman Prancis yang dibangun pada abad ke-17 dan taman Inggris pada abad ke-18.


12. Chateau de Spontin

cheatau-de-spontin

Chateau de Spontin adalah kastil berparit yang mengesankan dan salah satu kastil terbaik di Belgia. Terletak di Lembah Bocq, kastil ini dibangun di atas situs peninggalan abad ke-12, yang diperluas menjadi istana berbenteng pada abad ke-14 dan dibangun kembali dengan gaya Renaisans pada abad ke-16.

Anda bisa berjalan-jalan mengunjungi kastil ini dan saksikan dua ruangan kuno dengan cerobong bergaya Gothic, sebuah perpustakaan dengan  lantai kotak-kotak, dan sebuah aula dengan gaya Renaissance.

Itu dia beberapa tempat wisata di Namur, Jangan lupa untuk menikmati berbagai makanan khas Belgia di Namur dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 11:05 Oleh :
Kategori : Belgia