10 Tempat Wisata Di Madinah Bernuansa Religius Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi tempat wisata di Arab Saudi merupakan salah satu lokasi wisata yang dibanjari oleh para umat Muslim terutama saat sedang musim haji. Pada umumnya, prioritas para orang berkunjung ke Arab Saudi adalah untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Namun, tak ada salahnya beribadah sambil berwisata untuk refreshing sesaat.

Selain terkenal sebagai situs religius, Arab Saudi juga memiliki berbagai tempat yang bisa anda kunjungi untuk berwisata. Mulai dari tempat wisata di Mekkah hingga kota Jeddah yang lokasinya masih berdekatan. Adapun tempat yang dikunjungi saat haji yang sayang jika dilewatkan adalah Madinah. Selain untuk beribadah, banyak tempat wisata di Madinah yang bisa anda jadikan ajang napak tilas religi. Berikut 10 tempat wisata di Madinah bernuansa religius yang wajib anda kunjungi.

1. Masjid Nabawi

madinah.1Sama halnya Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang terkenal di tempat wisata di Brunei, Masjid Nabawi adalah masjid paling ternama di Madinah. Masjid ini sangat berharga bagi masyarakat Arab Saudi bahkan umat Muslim di seluruh dunia karena dibangun oleh Nabi Muhammad S.A.W sendiri. Masjid ini tidak pernah sepi dari para jamaah yang hendak menunaikan ibadah sholat. Masjid ini berlokasi di pusat kota Madinah.

Masjid ini dibangun dengan gaya Islam klasik yang artistik. Terdiri dari banyak menara yang tingginya mencapai 105 meter. Didominasi dengan warna krim yang lembut, Masjid Nabawi dihiasi dengan ornamen-ornamen berwarna hijau dan emas yang memberikan kesan agung pada bangunan ibadah suci satu ini. Selain itu, kubah besar dengan warna hijau yang mencolok membuat tampilan Masjid Nabawi semakin ikonik.

2. Makam Baqi

madinah.2Tak jauh diseberang Masjid Nabawi, terdapat tempat wisata di Madinah yang wahib anda kunjungi yaitu Makam Baqi. Makam ini adalah tempat dimakamkannya Nabi Muhammad bersama dengan para anggota keluarga dan sahabatnya. Makam ini juga dikenal dengan nama lain Jannatul-Baqi.

Makam Baqi memiliki nuansa gurun pasir yang tenang dan sunyi. Banyak pengunjungi dari luar negeri umat muslim yang menyempatkan diri untuk berziarah ke kompleks makam satu ini. Meski memiliki jam buka, banyak turis yang menyebutkan kompleks pemakaman ini sering ditutup. Namun, anda masih bisa melihat dari luar karena desain kompleks makam cukup terbuka. Para peziarah diharapkan tidak mengambil gambar ketika sedang berziarah ke lokasi sakral satu ini.

Jam Buka

  • Setiap hari: 15.00 – 17.00

3. Masjid Quba

madinah.3Berlokasi sekitar 5 Km di sebelah tenggara Madinah, terdapat majid yang tak kalah agung dan mengagumkan yang bisa anda kunjungi sekaligus beribadah. Kunjungi Masjid Quba, masjid pertama di kota Madinah yang dibangun oleh Rasulullah S.A.W.

Bangunan ini memliki arsitektur yang tak kalah mengagumkan dari masjid-masjid besar lainnya. Meskipun memiliki luas yang lebih kecil, Masjid Quba mmiliki gaya arsitektur islam klasik yang indah. Didominasi dengan warna putih, masjid ini terdiri dari empat pilar disetiap sudut masjid dan banyak kubah putih yang membuat masjid ini memiliki ciri khas tersendiri.

4. Masjid Al-Qiblatain

madinah.4Masijd ketiga yang wajib anda kunjungi ketika sedang berada di Madinah adalah Masjid Al-Qiblatain. Masjid ini juga merupakan salah satu masjid terkenal yang ramai dikunjungi oleh para jamaah lokal hingga asing. Masjid in memiliki kapasitas hingga 2.000 jamaah. Awalnya masjid ini dijuluki dengan Masjid Bani Salamah. Karena Masjid ini dibangun di atas tanah bekas kediaman Bani Salamah.

Memiliki arsitektur yang masih serupa dengan Masjid Nabawi dan Quba, yaitu didominasi dengan warna lembut dan arsitektur islam klasik yang menawan. Interior masjid ini tak kalah menarik. Masih didominasi warna putih dengan ornamen emas, di bagian tengah area ibadah terdapat lampu gantung berbentuk lingkaran yang ikonik dan menawan.

5. Madain Saleh Tombs.

madinah.5Tak kalah bersejarah dan menarik seperti kota kuno Petra yang terkenal sebagi tempat wisata di Yordania, di Madinah terdapat Madain Saleh Tombs. Berlokasi sekitar 45o Km dari pusat kota Madinah, Madain Saleh Tombs merupakan kota kuno yang masuk dalam jajaran warisan dunia UNESCO. Kota ini dijadikan situs arkeologi oleh-oleh para ilmuan untuk mempelajarai jejak kehidupan dan kebudayaan kuno yang berada di Arab Saudi. Kota ini merupakan tempat wisata di Madinah yang sayang jika tidak anda kujungi.

Kota kuno ini merupakan peninggalan dari kaum Tsamud yaitu kaum yang merupakan umat dari Nabi Saleh AS. Madain Saleh juga memiliki sebutan lain yaitu Al-Hijir atau Hegra. Terdiri dari panorama padang pasir dan reruntuhan bangunan dari batu merah, memberikan kesan kuno yang klasik dan indah untuk dijadikan sebagai latar foto.

6. Al Ula City

madinah.6Beralih dari kota kuno yang suci, kunjungi kota Al Ula yang terletak di sebelah Barat Laut Arab Saudi. Kota ini merupakan pintu gerbang menuju Madain Saleh. Struktur kota kota Al Ula memiliki bentuk seperti labirin yang terdiri dari rumah-rumah kuno yang terbuat dari lumpur. Kota ini merupakan ibukota kuno Lihyanites.

Bangunan-bangunan yang usaianya sudah lebih dari 2000 tahun ini mulai memiliki warna yang menyatuh dengan tanah. Dulunya baangunan yang terbuat dari lumpur dan batu di kota ini secara rutin direkonstruksi. Namun seiring berjalannya waktu, kota ini dibiarkan begitu saja oleh pemerintahan Arab Saudi.

Namun hal tersebut tidak membuat situs bersejarah ini dilupakan dan kekurangan pengunjung dari wisatan asing.

7. Jabal Uhud

madinah.7Jabal Uhud yang juga bisa disibut sebagai Bukit Uhud adalah satu satu situs bersejarah bagi umat Muslim. Di lembah bukit ini pernah terjadi peperang kaum isalam melawan kaum Quraisy kafir pada 625 Masehi. Perang tersebut membuat 70 pejuang muslim mati syahid yang harus di ketahui umat islam.

Selain untuk mengenang peperangan tragis yang pernah terjadi di lembah bukit ini, anda juga bisa mengunjungi bukit ini karena keindahan alamnya. Banyak turis mancanegara maupun turis haji yang tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mengujungi bukit bersejarah satu ini supaya wawasan dan ilmu pengetahuan kita bertambah dan bisa mendalami sejara itu sendiri.

8. Grave of Hamzah

madinah.8Grave of Hamzah merupakan sebuah makam dimana jasad Hamzah dikuburkan. Sayyidina Hamzah adalah seorang pejuang kaum muslim yang memiliki gelar sebagai Singa dari padang pasir. Hamzah merupakan sosok yang disegani dan diakui kharisma sebagai pejuang yang pemberani dan memiliki kelihaian dalam berperang.

Sayangnya sosok ksatria satu ini meninggal karena dibunuh oleh pembunuh bayaran yang dikirim oleh orang kafir. Banyak turis yang menyempatkan untuk berkunjungi dan berziarah ke area kuburan ini. meski memiliki area yang luas, hanya terdapat satu makam yaitu makam Hamzah yang memberikan kesan sunyi dan misterius pada area kuburan satu ini.

9. Jabal Magnet

madinah.9Satu lagi bukit yang tempat wisata di Madinah yang populer adalah Jabal Magnet. Terletak 60 Km dari pusat kot Madinah, bukit ini sering dikunjungi oleh para turis haji. Sebutan Jabal Magnet ternyata hanya sebutan yang terkenal di kalangan turis Indonesia. Nama asli dari bukit satu ini adalah Manthaqotul Baido yang berarti tanah putih.

Meski tidak seterkenal Jabal Uhud dengan kisah sejarah isalam yang berada di lembah bukitnya, Bukit Magnet masih sering dikujungi oleh para turis mancanegara karena keindahan alam di sekitar bukit ini.

Suasananya yang sepi dan tanah di lembahnya yang memang berwarna putih memberikan keindahan yang khas pad area Jabal Magnet.


10. Al Hejaz Railway Museum

madinah.10Al Hejaz Railway Museum merupakan salah satu situs sejarah dan budaya terkenal yang masuk dalam warisan dunia UNESCO. Museum ini mengabadikan proyek kuno besar yang dicetuskan oleh Sultan Ottoman untuk membuat jalur kereta yang menghubungkan Istanbul dengan Madinah. Museum ini memiliki 14 hall yang berisi tentang berbagai informasi tentang perkembangan projek besar ini dari jaman prasejarah hingga sekarang.

Tampilan luar museum ini memiliki arsitektur yang klasik indah yang terpengaruh oleh gaya bangunan Turki yang merupakan perpaduan budaya anatra Timur Tengah dengan barat. Pada jalan masuk museum terdapat taman yang dihiasi dengan berbagai tumbuhan hijau yang terawat dan rapi.

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 07:23 Oleh :
Kategori : Arab Saudi