8 Tips Belanja Murah Di Perth Australia Paling Berguna Dan Jitu Agar Lebih Hemat

Semua orang menyukai belanja, apalagi saat berwisata kita pasti selalu ingin membeli oleh – oleh atau souvenir untuk orang – orang tercinta di rumah. Selain itu, saat berwisata tentunya juga kita tetap harus berbelanja baik makanan atau pun hal – hal yang lebih bersifat tersier seperti pakaian atau hiburan lainnya. Lantas bagaimana bisa kita menghemat pengeluaran saat berkunjung ke Perth yang jelas – jelas biaya hidupnya jauh lebih tinggi dan nilai mata uangnya juga jauh berbeda dengan rupiah.

Sebelumnya kita telah membahas tempat belanja murah di Malaysia, negara yang mungkin masih terdengar memungkinkan untuk mendapatkan barang – barang murah mengingat nilai mata uang Indonesia yang cukup rendah. Sekarang, kita akan membahas tips belanja murah di Perth agar kantung tak terkuras apalagi sampai kehabisan uang untuk beli pesawat pulang, waduh enggak banget deh. Yuk, simak pembahasan tips kali ini.

1. Gunakan Bus Gratis (CATS)

cats busPerth yang terkenal salah satunya dengan wisata taman Kings Park adalah tempat yang cukup ramah wisatawan dengan beragam kendaraan umumnya yang lengkap dan nyaman digunakan serta fasilitas lainya yang sangat lengkap.

Bus bernama Central Area Transport Service (CATS) adalah sebuah layanan bus gratis yang disediakan di Perth dengan titik – titik transit di berbagai pusat wisata dan kegiatan di salah satu kota di Australia Barat ini. Busnya melayani titik seperti

  1. Elizabeth Quay,
  2. McIver,
  3. Claisebrook,
  4. City West,
  5. Jetty,
  6. Leederville.

Dengan menggunakan bus CATS, kamu akan bisa menekan biaya pengeluaran untuk transportasi saat akan berbelanja. Bus ini tersedia setiap hari dan bisa dinaiki dari titik – titik yang memiliki pemberhentian. Kamu tinggal naik dan duduk tanpa harus membayar. Enaknya lagi, bus ini memiliki AC dan juga aksesibel bagi penyandang difabel.

2. Uang Tunai Membawa Diskon

tunaiSangat tidak disarankan untuk berbelanja di Perth dengan kartu kredit atau debit. Sebaiknya pergilah ke ATM dan tarik uang sebelum kamu akan belanja. Selain akan bisa mengontrol laju belanjamu karena tak sekedar menggesek – gesek kartu yang terasa sangat nyaman, banyak toko di Perth tidak senang menerima pembayaran dengan kartu apalagi untuk produk yang harganya murah.


Bahkan banyak juga toko yang sama sekali tidak menerima pembayaran dengan kartu, hanya uang tunai.

Harga produk yang dijual biasanya juga lebih dimahalkan apabila pembeli menggunakan kartu. Sementara, bagi yang menggunakan uang tunai, pemilik toko atau kasir biasanya akan memberi harga yang lebih murah serta tak akan segan memberikan diskon lebih atau potongan harga yang lumayan. Jika mereka tidak memberikan diskon, kamu juga bisa memintanya lebih dulu, jangan lupa sambil tersenyum ya.

3. Menjelang Toko Tutup

toko di perthSebagian besar toko di Perth tutup pada pukul 5 sore setiap harinya, bahkan semuanya! Jadi selain menjadi tips belanja murah di Perth agar kantung tak terkuras, informasi ini juga ingin mengingatkanmu agar memperhatikan waktu saat ingin belanja di sore hari. 

Jangan sampai sudah mengeluarkan tenaga menunggu bus, kamu sampai ke toko hanya untuk mendapati pintunya sudah tertutup. Selain itu, berkunjung sekitar satu jam sebelum toko tutup kerap kali akan memberikan keberuntungan untuk para pembeli.

4. Belanja di Hari Kamis dan Malam Hari

night market perthHari Kamis di Perth bukanlah hari biasa, terutama bagi mereka penyuka belanja juga wisatawan. Hal ini karena pada hari Kamis, Perth mengadakan hari belanja khusus dengan membuka pasar malam yang menjual beragam barang mulai dari vintage, kebutuhan sehari – hari, dan banyak lagi. Meski tak selalu dijual murah, banyak tempat yang menjual barang dengan harga sangat miring.

Sementara untuk pasar malam, biasanya mereka ada pada musim panas yakni pada bulan Maret hingga April sekitar pukul 16.30 sampai pukul 22.00. Pasar malam ini terdapat di beberapa lokasi dan menjual banyak barang mulai dari makanan hingga produk fashion. Beberapa yang paling terkenal misalnya

  1. Twilight Hawkers di Forrest Place,
  2. Monday Night di Inglewood,
  3. Night Noodle di Elizabeth Quay,
  4. South Beach Sunset di South Beach,
  5. Maylands,
  6. Kalamunda Night.

5. Jalan Kaki

jalan kaki perthCara lain yang bisa kamu tempuh untuk memperoleh kesempatan berbelanja murah atau setidaknya menekan biaya adalah dengan berjalan kaki. Beberapa lokasi di Perth memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dan jalanan yang disediakan juga cukup aman dan nyaman. Banyak juga orang yang senang berjalan kaki di Perth sehingga capek kamu tidak akan terasa.

Lagipula dengan berjalan kaki, kemungkinan menemukan spot belanja tersembunyi lebih besar. Biasanya tempat ini berada pada lokasi yang lebih sedikit di dalam gang, dengan produk yang serupa namun harga yang lebih miring. Jangan hanya berjalan kaki ke Pegunungan Biru Australia ya!

6. Weekend Market

weekend marketAda lagi tempat lain yang cukup terkenal dan kerap diburu para penyuka belanja sekaligus penggila diskon dan barang – barang murah di Perth. Weekend market yang buka hanya setiap akhir pekan menawarkan beragam produk mulai dari yang bersifat kuliner, barang antik, barang seni, produk fashion, hingga kebutuhan sehari – hari.

Ada banyak Weekend market yang bisa kamu datangi saat berada di Perth untuk memperoleh barang murah. Beberapa bahkan berlokasi dekat tempat wisata di Australia yang terkenal, jadi bisa sekalian jalan – jalan.

Tips belanja murah di Perth agar kantung tak terkuras ini bisa dipraktekkan di beberapa weekend market seperti Perth City dan Freemantle dengan barang – barang kerajinan etniknya, Perth Beach Market yang memiliki banyak barang kerajinan unik, Swan Valley yang menjual beragam kebutuhan sehari – hari dan makanan, Avon Valley dan Perth Hill yang menjual beragam produk mulai dari buah – buahan hingga makanan, serta Mandurah and Peel yang menjual produk porselen dan banyak lagi.

7. Belanja Online

gumtreeSebagai wisatawan, belanja online mungkin tidak menjadi pilihan karena tujuan kamu mengunjungi Perth adalah untuk bisa menyusuri kotanya. Namun sebagai tips belanja murah di Perth agar kantung tak terkuras, informasi ini tak boleh dilewatkan karena kenyataannya memang banyak toko online yang menjual barang dengan harga lebih miring dibanding toko konvensional. Kamu bisa meminta bantuan pada pihak penginapan atau teman di Perth untuk masalah pengirimannya.

Toko online seperti Gumtree bisa diakses dan mereka juga memiliki sistem lelang dan forum di mana kamu bisa mendapatkan beragam produk mulai dari elektronik, pakaian, serta benda lainnya dengan harga yang sangat murah. Selain berbelanja, cara ini mungkin juga akan memberikan kamu teman baru dari Australia.


8. Food Court dan Air Keran

food court perthSelain pergi ke kios – kios makanan yang ada di pasar atau lebih baik lagi makan sebelum pergi belanja, bila kamu terlalu lapar, bisa juga pergi ke food court di mall untuk mencari makan. Food court menyediakan beragam makanan dengan harga yang jauh lebih murah dan rasa yang sama enak.

Pilihannya pun tak melulu franchise internasional, namun ada juga kios lokal yang akan tetap memberimu kesempatan mencoba makanan Australia. Perth juga tidak seperti Indonesia, di mana air kerannya tidak bisa diminum.

Hampir semua keran di Perth memiliki drinkable water (air yang bisa diminum), jadi kamu tak perlu membeli botol air mineral yang harganya sekitar 2 Dolar. Hanya saja, tetaplah berhati – hati dan jangan sembarang mempraktekkan tips belanja murah agar kantung tak terkuras ini. Misalnya, jangan minum air dari keran yang memiliki tulisan ‘bore water’, karena air ini tak aman untuk diminum.

, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 04:05 Oleh :
Kategori : Australia