Wisata Terfavorit Gardens by the Bay Singapura, Kebun Raya Di Tengah Kota

Supertree Grove di Gardens by the Bay

Gardens by the Bay Singapura – Negeri singa putih tak melulu menyajikan modernitas dengan gedung bertingkat dan ketandusan. Gardens by the Bay adalah sebuah kebun raya seluas 101 hektar di tengah kota Singapura yang bersisian dengan Marina Bay yang akan memanjakan setiap pengunjung dengan beragam tumbuhan dan kehijauan. Sesuatu yang tak mudah ditemukan di sisi lain Singapura.

Dalam area yang luas, Gardens by the Bay menawarkan beragam obyek wisata yang tak biasa. Mulai dari tanaman langka, area konservasi, beragam tanaman hingga instalasi karya seni yang berpadu dengan flora. Tak heran bila situs wisata ini telah memenangkan banyak penghargaan destinasi hortikultura (budidaya tanaman kebun) dan dikunjungi hampir 9 juta turis setiap tahunnya.

Awal Berdirinya Gardens by the Bay

Gardens by the Bay diumukan pertama kali pada 2006 oleh Lee Hsien Loong, perdana menteri Singapura, yang bercita-cita untuk menciptakan area rekreasi urban di luar ruang untuk masyarakat dan membuat sebuah ikon nasional. Kemudian kontes digelar secara internasional untuk memperoleh desain taman terbaik. Lebih dari lima perusahaan berbagai bidang bekerja untuk membuat taman yang biaya operasional per tahunnya mencapai 58 US dolar ini.

Gardens by the Bay mulai resmi dibuka untuk umum sejak 2012. Taman ini pada akhirnya memang berhasil terealisasi sesuai dengan cita-cita pemerintah yang menginginkan Singapura menjadi “Kota di dalam Kebun”. Dalam 3 tahun berdirinya, taman ini mampu menarik 20 juta pengunjung. Gardens by the Bay juga telah menjadi referensi budaya pop seperti taman Xandar dalam film Guardian of the Galaxy dan permainan Call of Duty: Black Ops III.

Tempat Menarik di Gardens by the Bay

OCBC Skyway Gardens by the BayMeski Gardens by the Bay berfokus pada wisata alam khususnya tumbuhan, beragam lokasi menarik ditawarkan bagi pengunjung untuk bisa menikmati keunikan tanaman-tanaman dari berbagai belahan dunia.

Kebun outdoor adalah lokasi yang kerap dikunjungi wisatawan karena pilihan atraksinya yang beragam mulai dari tanaman, bebatuan hingga pohon-pphon raksasa. Area dunia tumbuhan mengajak pengunjung mengeksplorasi tumbuhan tropis, tanaman-tanaman primitif, hingga hal-hal yang terlewat dalam kehidupan sehari-hari seperti bagaimana jamur berkembang biak, hubungan mutualisme hewan dengan tanaman dan cara tanaman beradaptasi dalam berbagai cuaca.


Sementara di sisi lain Kebun Outdoor terdapat Kanyon yang memiliki koleksi bebatuan unik dan berbeda. Heritage Garden menyajikan kebun dengan empat tema berbeda yang menginformasikan seputar tanaman dan kaitannya dengan warisan budaya Singapura. Ada kebun India, Cina, Melayu, dan Kolonial.

Danau Kingfisher dan Dragonfly adalah atraksi lain yang selain menarik untuk dilihat juga merupakan sumber kehidupan bagi banyak tumbuhan dan ikan. Tumbuhan di sini juga berfungsi sebagai penyaring air dan menjaga kualitasnya tetap baik. Sesekali kamu juga bisa menemukan capung yang beterbangan. Supertree Grove mungkin adalah atraksi yang paling sering dipamerkan dalam berbagai media.

Dari 18 Supertree yang ada di Gardens by the Bay, 12 di antaranya ada di Supertree Grove. Yang tertinggi setara dwngan gedung 16 lantai. Supertree sendiri bukanlah pohon melainkan kerangka yang dibuat dari beragam material termasuk besi dan didesain untuk merefleksikan bentuk dan fungsi dari pohon sesungguhnya. 

Bosan dengan tanaman tropis, kamu bisa mengunjungi Paviliun Matahari di mana ratusan tanaman padang pasir dipamerkan. Mulai dari kaktus berbentuk otak, tanaman yang mirip topi, hingga tanaman berbentuk kaktus yang sebenarnya masih keluarga pohon karet.

gardens by the bay di siang hariBila ingin menyelamatkan diri dari cuaca panas, Area Konservasi bisa menjadi pilihan dengan Cloud Forest dan  Flower Dome nya. Cloud Forest membawamu ke dalam dunia yang mirip seperti fantasi dengan bangunan menggunung ditutupi ratusan vegetasi.

Di sini terdapat delapan area berbeda dan kamu juga bisa mempelajari penyebab kelangkaan tanaman. Sementara Flower Dome adalah rumah kaca terbesar (rekor dunia 2015) berisi bunga-bungaan dari lima benua yang pertumbuhannya dapat kamu saksikan.

Tak boleh juga dilewatkan yaitu: OCBC Skyway yang menawarkanmu panorama kebun dan Marina Bay di atas skywalk sepanjang 128 meter dan setinggi 22 meter; Kebun Anak yang menyediakan permainan interaktif dan edukatif yang sangat seru; serta koleksi puluhan patung seni karya seniman-seniman profesional yang tersebar di seluruh penjuru Gradens by the Bay seperti jam floral, moongate, capung raksasa dan banyak lagi.

Harga Tiket Gardens by the Bay

  1. Wisatawan dapat mengunjungi Taman Anak dan Kebun Outdoor secara cuma-cuma.
  2. Untuk mengunjungi area konservasi, wisatawan asing dikenakan tiket sebesar 28 dolar Singapura bagi dewasa dan lanjut usia, serta 15 dolar Singapura bagi anak usia 3-12 tahun.
  3. Untuk mengunjungi OCBC Skyway, seluruh wisatawan baik lokal maupun asing dikenakan tiket sebesar 8 dolar Singapura bagi dewasa dan lanjut usia, serta 5 dolar Singapura bagi anak usia 3-12 tahun.
  4. Terdapat mobil pintar full AC yang akan membawamu berkeliling taman dan disertai penjelasan komentator. Tiketnya 5 dolar Singapura untuk wisatawan di atas usia 3 tahun.

Jam Buka Gardens by the Bay

  1. Area konservasi dan OCBC Skyway buka pukul 9.00 – 21.00.
  2. Kebun Outdoor buka pukul 05.00 – 02.00.
  3. Kebun Anak buka pukul 9.00 – 21.00 di akhir pekan dan hari libur serta pukul 10.00 – 19.00 pada hari Selasa – Jumat.
  4. Area konservasi, OCBC Sky, dan Kebun Outdoor buka setiap hari.
  5. Kebun Anak tutup di hari Senin dan akan tutup di hari Selasa bila ada hari libur yang jatuh pada hari Senin.

Akses Menuju Gardens by the Bay

Gardens by the Bay Flower DomeGardens by the Bay berlokasi di 18 Marina Gardens Dr, Singapura 018953. Singapura yang memiliki fasilitas transportasi baik menyediakan aksesibilitas tinggi ke area taman dengan berbagai moda transportasi.

  1. Dari jembatan Helix kamu bisa berjalan kaki ke arah museum seni dan sains melalui East Coast Parkway (ECP).
  2. Dari Marina Bay Sands, kamu bisa berjalan lewat jembatan Singa atau melalui tunel lewat stasiun MRT Bayfront.
  3. Dengan kereta, kamu bisa turun di stasiun MRT Bayfront, keluar di pintu B dan berjalan di tunel lalu keluar menyeberangi jembatan Meadow.
  4. Dengan bus, dari halte bus 03223 di International Plaza, Anson Road (dekat stasiun MRT Tanjong Pagar) kamu bisa menaiki bus no. 400 dan turun di halte 03371. 

  5. Bila kamu datang dengan kendaraan, situs Gardens by the Bay juga menyediakan petunjuk melalui beberapa titik lokasi.
  6. Area parkir juga cukup banyak tersedia dengan waktu operasional yang panjang. Area tersedia untuk motor maupun mobil juga penyandang disabilitas.

Tips dan Aturan Main Gardens by the Bay

  1. Jangan pernah mencabut, menginjak apalagi merusak tanaman yang ada di area Gardens by the Bay (juga di seluruh tempat umum).
  2. Kursi roda diperkenankan dengan bebas memasuki area taman bagi penyandang disabilitas.
  3. Perhatikanlah baik-baik aturan yang ada agar tidak mengganggu kenyamanan. Di beberapa area kamu diperbolehkan makan, membawa anjing, bahkan berpiknik, namun di area lain semua hal ini dilarang.
  4. Selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  5. Setiap pengunjung diizinkan memasuki area taman selambat-lambatnya 30 menit sebelum jam operasional berakhir.
  6. Untuk mengunjungi tempat dengan tiket berbayar, kamu dapat membelinya di loket paling lambat satu jam sebelum jam operasional berakhir.
  7. Bila kamu menggunakan mobil, harus diingat bahwa parkir di Singapura dihitung per menit bukan per jam

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, February 2018 / 02:46 Oleh :
Kategori : Singapura