9 Oleh – Oleh Khas Singapura Yang Wajib Di Jadikan Buah Tangan

Oleh-oleh khas Singapura – Berkunjung ke sebuah negara tentunya tidak boleh melewatkan cindera mata atau produk-produk khas negara tersebut. Baik barang tradisional ataupun modern, buah tangan menjadi sesuatu yang akan mengukuhkan kenangan kita akan wisata di negara tersebut. Meski Singapura begitu dekat lokasinya dengan Indonesia, banyak oleh-oleh yang dapat melengkapi koleksi dari negeri singa putih ini.

aksesoris singapuraSingapura yang memiliki campuran komunitas Cina, Melayu, dan India, berasimilasi masing-masing budayanya dengan lokal Singapura. Negara tetangga ini juga dikenal cukup terdepan dalam teknologi. Ditambah juga dengan modernisasi dan gaya hidup urban yang berkembang pesat, Singapura menjadi salah satu negara yang oleh-olehnya tidak boleh dilewatkan baik oleh wisatawan berbujet minim hingga turis yang tak perlu pikir-pikir urusan dompet sama sekali.

Jadi jangan lagi batasi pikiranmu bahwa oleh-oleh yang bisa dibeli di negara orang adalah gantungan kunci. Berikut ini adalah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Singapura untuk kenangan tak terlupakan di negeri merlion ini lengkap dengan kisaran harga dan tempat membelinya.

  1. Parfum anggrek

singapore memoriesBila kamu belum tahu, anggrek hibrida adalah bunga nasional Singapura. Bunga anggrek Singapura bahkan memiliki julukan sendiri yakni Vanda Miss Joaquim. Bila kamu menyukai Singapura dan ingin memiliki satu memori tidak terlupakan tentang negara ini, maka parfum anggrek bisa menjadi pilihan.

Parfum ini diberi label Singapore Memories dan dikemas dalam botol elegan dengan beberapa jenis wewangian yang ditargetkan untuk pria, wanita dan unisex. Singapore Memories juga memiliki beberapa item produk dengan wewangian beragam seperti Aranda 1965, One Degree North, Orchids by the Bay, The Orient, dan Vanda 1981.

Parfum anggrek Singapore Memories mungkin bukanlah oleh-oleh khas Singapura yang murah, karena harganya yang berkisar dari 28 hingga 168 dolar Singapura. Namun jika kamu adalah penggemar parfum maka produk ini patut dipertimbangkan untuk dibeli.

  1. Singapore Sling

Singapore sling, cocktail khas singapuraSingapore Sling adalah minuman buatan bartender Ngiam Tong Boon dari Long Bar di Hotel Raffles pada 1930. Sejak saat itu minuman ini terus beranjak populer dan bahkan menjadi minuman nasional Singapura. Bila kamu penggemar cocktail, minuman ini wajib dicicipi setidaknya sekali.


Resep original Singapore Sling mengandung gin, brandy ceri, jus jeruk, dan jus nanas. Namun saat ini Singapore Sling memiliki beragam resep yang bisa kamu pilih. Setelah kian populer, kini minuman yang harganya berawal dari 30 dolar Singapura ini mulai dikemas dalam botol yang tentunya bisa menjadi oleh-oleh keren buat orang yang kamu sayang.

Minuman ini dapat kamu beli dari bar di Hotel Raffles, seluruh toko souvenir di Singapura, bandara Changi, bahkan toko minuman dan Supermarket.

  1. Bakkwa

Bakkwa yang menjadi favorit orang singapureUntuk penggemar kuliner, bakkwa adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Selain dapat dimakan langsung saat berada di Singapura, kamu juga bisa membawa bakkwa pulang untuk keluarga dan teman-teman. Beberapa restoran penjual bakkwa bahkan menyediakan bakkwa dalam kemasan vakum yang memang sengaja diproduksi untuk oleh-oleh. 

Bakkwa adalah daging tipis barbeque yang dibuat dari daging sapi atau babi dan dimarinasi dalam gula, kecap asin, dan bumbu-bumbu lalu dibakar di atas bara api. Tidak hanya menjadi oleh-oleh favorit turis, orang Singapura juga selalu menjadikannya oleh-oleh untuk kerabat saat festival tahun baru Imlek. Harganya bermula dari 45 dolar Singapura.

  1. Aksesoris berbentuk anggrek

anggrek pelat emasLagi-lagi sebagai bunga nasional, anggrek dikemas secara kreatif sebagai satu bentuk oleh-oleh di Singapura. Bila kamu penggemar perhiasan, maka kamu bisa memasukkan pelat emas 24 karat berbentuk anggrek dalam daftar oleh-oleh.

Pelat emas berbentuk anggrek ini lantas dibentuk menjadi beragam perhiasan yang bisa dikenakan seperti anting, kalung, bros bahkan juga figura foto dan pajangan piring.

Dengan harga dimulai dari 60 dolar Singapura, aksesoris yang diproduksi oleh perusahaan RISIS ini bukanlah sesuatu yang terlalu mahal mengingat proses pembuatannya yang tidak mudah dan presentasi Singapura diwakilinya.

  1. Selai kaya

selai kayaKaya adalah selai khas Singapura yang begitu digemari bahkan di Indonesia. Namun bagi orang Singapura, kaya toast atau roti panggang berlapis selai kaya adalah sarapan pagi kegemaran semua orang. Jangan lupa untuk membeli selai kaya yang sudah dikemas dalam wadah kaca dengan harga sekitar 5 sampai 10 dolar Singapura supaya bisa membuat kaya toastmu sendiri.

Resep kaya toast sendiri cukup sederhana yakni roti tawar panggang yang dioles mentega dan selai kaya. Selain toast, selai kaya yang bahan dasarnya meliputi telur, gula, santan, dan daun pandan ini juga digunakan untuk membuat dessert dan kue. Kamu bisa membeli selai kaya di seluruh supermarket dan toko souvenir Singapura.

  1. Aksesoris berbentuk merlion

merlion kissSelain bunga anggrek, Singapura juga punya merlion sebagai maskot negara. Merlion adalah makhluk berkepala singa dan berbadan ikan yang patungnya bisa kita lihat di area bisnis Fullerton.

Bila kamu menyadarinya, sebenarnya nama Singapura sendiri berarti kota Singa. Tak heran merlion kerap dibuat sebagai aksesoris yang lucu dan menggemaskan.

Aksesoris berbentuk merlion adalah salah satu oleh-oleh khas Singapura yang paling terkenal selain karena punya banyak varian juga harganya yang tak terlalu mahal (mulai dari 2 dolar Singapura).

Di seluruh toko souvenir dan obyek wisata, aksesoris merlion tak akan pernah hilang dari pandangan. Mulai dari gantungan kunci, magnet, pembuka kaleng, asbak, patung, korek api, figura foto, bantal hingga makanan seperti coklat dan permen.

  1. Pasta laksa

pasta laksaSingapura memiliki budaya Peranakan, yang berasal dari gabungan budaya Cina dan Melayu. Dari asimilasi ini lahir berbagai kekayaan kuliner salah satunya laksa. Bila kamu ingin membuat makanan khas Singapura ini sepulang wisata, pasta laksa beku yang sudah dikemas dengan rapi dengan harga mulai dari 5 dolar Singapura bisa kamu beli.

Dibuat dari santan, terasi, sereh, dan daun laksa, pasta dalam kemasan ini bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai makanan salah satunya sup laksa yang selalu menjadi favorit orang Singapura dan mempunyai rasa yang enak dan mencari . 


Biasanya setiap kemasan pasta juga memiliki resep yang akan memudahkanmu saat membuatnya. Jadi jangan sampai anda terlewat membawa dan membeli oleh oleh tersebut karena anda tidak akan menyesal membelinya karna rasanya yang enak.

  1. Buku

the art of charlie chan hock chyeMungkin buku belum menjadi oleh-oleh khas Singapura yang cukup terkenal untuk dibawa pulang, setidaknya bagi turis Indonesia. Namun Singapura memiliki banyak penulis lokal yang buku-bukunya sangat bagus dan pernah meraih penghargaan literatur, seperti buku The Art of Charlie Chan Hock Chye oleh penulis Sonny Liew yang menceritakan sejarah Singapura dalam bentuk fiksi.

Ada juga buku yang mirip seperti buku pelajaran PPKn di Indonesia (Singapura sudah menghapuskan pelajaran sejenis) namun sebenarnya berisi frasa-frasa yang bisa membantumu mempelajari percakapan dasar di Singapura. Buku ini bernama Going to the Market Dialect Book by Sibeynostalgic.

Bila kamu bukan penggemar buku, setidaknya kamu bisa mengambil foto-foto toko buku yang menarik seperti Littered with Books atau BooksActually yang bisa kamu. Mungkin dari sana kamu bisa menemukan desain ruang yang menarik.

  1. Aksesoris Singlish

aksesoris singlishSinglish adalah salah satu bahasa komunikasi yang lazim digunakan di Singapura. Meski bukan bahasa resmi, namun Singlish sudah melebur sebagai budaya. Tak heran banyak oleh-oleh khas Singapura yang menggunakan Singlish sebagai penghias dalam produk oleh-oleh.

Mulai dari gantungan kunci, cangkir, tote bag hingga buku catatan.

Harganya bermula dari 7 dolar Singapura. Toko souvenir seperti Naiise bisa kamu bidik untuk mendapatkan aksesoris ini, atau bila kamu ingin harga lebih murah dan kesempatan menawar harga, kamu bisa pergi ke Mustafa Centre, Lucky Plaza, Bugis Street atau Chinatown.

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, February 2018 / 03:00 Oleh :
Kategori : Singapura