6 Tips Jalan-jalan Ke Ankara Wajib Diketahui Wisatawan

Ankara merupakan jantung kota Republik Turki. Ankara adalah kota terbesar kedua di Turki setelah Istanbul. Kota ini benar-benar terletak di perbatasan di mana timur bertemu barat. Di kota ini, anda dapat melihat Pengaruh Eropa dikombinasikan dengan orang-orang dari Timur Tengah. Semua itu dapat dilihat dari segi arsitektur, makanan, anggur, kehidupan malam, fashion dan seni. Kedua budaya telah bergabung menjadi identitas kota yang unik.

Kalau anda berkunjung ke tempat wisata di Turki, sangat kami rekomendasikan untuk berkunjung ke Kota Ankara. Sebuah tempat wisata yang amat menarik dan khas. Ankara adalah salah satu kota kosmopolitan penting di Turki di dalamnya terdapat banyak sekali jenis hiburan seperti opera, taman, cafe dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ankara juga telah memiliki fasilitas lengkap berstandar internasional seperti bandara internasional, bangunan-bangunan komersial, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jalan-jalan ke Ankara akan mmebuat anda melihat ikon-ikon khas Ankara antara lain seperti kambing berbulu panjang, Angora wool, tekstil, barang-barang yang terbuat dari kulit dan semen. Ketika Anda mengunjungi Ankara, berikut kami bagikan tips jalan-jalan ke Ankara, sebuah petunjuk yang harus anda patuhi.

1. Datanglah di Low Session

wisata-di-ankara-turki

Kalau anda memutuskan berlibur ke Ankara, kami sarankan agar jalan-jalan ke Ankara anda jadwalkan pada low session. Sebab pada periode high session, jangankan wisatawan lokal, wisatwan luar negeri akan berjibun di kawasan ini.

mereka semua ingin menikmati keindahan, keramaian, sekaligus juga menikmati beragam hiburan yang tersedia. Kalau datang di high session, bisa dijamin kalau anda akan mengalami kesulitan menikmati perjalanan. Karenanya, kami rekomendasikan untuk datang di musim yang lain.

Dengan demikian, anda akan jadi lebih murah untuk berada di tempat umu. Seperti misalnya berbelanja barang-barang buatan tangan yang terbuat dari tembaga. Souvenir seperti itu merupakan souvernir yang paling banyak dicari di kota Ankara, seperti hiasan keramik jika kita pergi ke tempat wisata di China. Anda pun dapat menemukan beberapa barang yang benar-benar eksklusif di antara berbagai pitcher, jimat, cangkir, dan peralatan lainnya.

Ketika datang di Low Session, acara jalan-jalan ke Ankara akan menjadi semakin berkesan.

2. Jangan Mengambil Foto Wanita Warga Ankara

Turkey

Mengambil foto wanita dilarang keras di Ankara, terutama perempuan yang kepalanya ditutupi dengan syal hitam karena itu menandakan dia sedang berkabung. Bahkan sebelum kamu mengambil foto seorang pria, kamu harus meminta izin padanya.

Penduduk setempat sangat tertutup, tidak seperti penduduk di kawasan tempat wisata di Amerika selatan atau Eropa, dan juga Asia pada umumnya. Mereka tidak bersedia dijadikan objek foto para turis.

Di samping itu, ada aturan ketat lain yang harus anda patuhi, di mana Anda harus melepas sepatu Anda di pintu masuk ke sebuah rumah atau masjid.


Ketika Anda berencana untuk pergi jalan-jalan, lebih baik memilih pakaian yang sopan dan tertutup. Di samping itu juga jangan menggunakan pakaian yang berwarna terlalu terang karena akan dianggap memprovokasi. Wisatawan, yang terlihat memakai pakaian terlalu terang  kebanyakan tidak diizinkan memasuki wilayah wisata budaya.

Karena itu, pakailah pakaian yang sopan, tertutup, dan dengan warna netral, juga jangan sembarangan mengambil foto di Ankara.

3. Minum Alkohol Harus Ditempat Khusus dan Jangan Tinggalkan Tip Sembarangan

kocatepe

buat anda yang ingin minum alkohol di Ankara anda harus tahu bahwa alkohol dapat dikonsumsi hanya di tempat khusus. Tidak seperti ketika berkunjung ke tempat wisata di Perancis.

di mana alkohol di sediakan di beebrapa cafe dan dapat diminum juga di tempat umum. Minum alkohol di jalan-jalan kota dilarang, dan pelanggar aturan ini mungkin diwajibkan membayar denda yang besar.

Di samping itu, soal membeirkan tips, anda tidak bisa meninggalkan tips di restoran dan kafe secara bebas. Sebab budaya tidak umum di kota Ankara. Misalnya anda menyewa taksi kemudian ingin memberikan imbalan tambahan kepada pengemudi taksi, hal itu justru menjadi praktik yang tidak diterima di Ankara. Sebaiknya anda bayar saja seusai dengan argo.

Jika Anda benar-benar ingin memberi imbalan kepada pelayan yang bersedia melayani, Anda bebas untuk meninggalkan 10% dari total tagihan – kemurahan hati seperti itu pasti akan dihargai. Anda juga dapat memberikan hadiah kecil kepada pelayan dan porter di hotel.

4. Jangan mengkritik tradisi dan adat istiadat penduduk setempat

istanbul

Kebiasaan mengkritik harus ditahan di sini, jika anda memiliki keluhan sebaiknya simpan saja dulu dalam hati. Karena mengritik tradisi dan adat istiadat penduduk setepat dapat menyinggung perasaan mereka dan anda bisa dilaporkan ke pihak berwenang.

Penduduk pribumi menghargai masa lalunya dan sangat sensitif terhadap setiap kritik. Ini sama ketika anda berkunjung ke tempat wisata di Thailand, sebaiknya tetap jangan mengkritk budaya, tradisi, dan adat istiadat setempat.

Demikian pula ketika anda ingin melakukan tawar menawar saat berbelanja. Jangan terlalu kasar atau frontal, lakukan dengan bahasa yang baik, terkadang penjual bersedia mengurangi harga barang menjadi setengahnya. Perlu dicatat bahwa penjual di pasar jalanan sering sengaja menaikkan harga banyak barang. Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa pendatang baru tidak tahu tarif pada barang-barang tertentu.

5. Sewa Jasa Guide karena Tidak Banyak Orang Turki Bisa Bahasa Inggris

BlueMosque

Dikarenakan sebagian besar orang Turki tidak berbahasa Inggris, maka sebaiknya untuk keamanan dan kelancaran jalan-jalan ke Ankara, anda menyewa jasa guide yang bisa berbahasa Turki. Di luar kota-kota besar, tidak banyak orang berbicara bahasa Inggris di Turki.

Meskipun demikian, orang-orang bersikap ramah dan sabar pada para pendatang. Namun untuk berjaga-jaga sangat aman jika anda membawa guide yang memahami mereka dengan baik. Dengan adanya guide anda pun menjadi lebih siaga untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang dilarang untuk dilakukan di Turki.

Misalnya seperti ketika menawar barang atau membeli barang di pasar tradisional, akan lebih mudah bertransaksi ketika anda bersama seorang guide yang dapat membantu anda. dan teruslah ikuti petunjuk guide, entah itu translator anda ataupun brosur yang anda terima.

6. Makanlah dengan Baik dan dalam Moderasi

Anitkabir-Turki

Ada begitu banyak makanan yang sebaiknya anda cicipi. Makanan khas di Turki kebanyakan terbuat dari daging dan sayuran. Ada juga menu yang dibuat khusus untuk vegetarian. Saat makan di restoran, kami sarankan agar anda makan dengan sopan.

Jangan menjejalkan semua makanan pada satu kali kesempatan, makanlah sesuai urutan, mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup dan dengan gaya yang elegan, sebab orang-orang Turki menganggap orang yang makan dengan gaya terburu-buru merupakan tindakan yang tidak sopan.

Tentu saja, makanan Turki berbeda-beda berdasarkan wilayah, tetapi ingat untuk mengukur selera dan rencana ke depan sehingga Anda dapat menikmati petualangan kuliner yang lebih berkesan. Anda pun bisa mencicipi street food di area tertentu. Jajanan terkenal dari Turki itu seperti roti manis dan hummus.


Rekomendasi Tempat Wisata di Ankara

Selain tips jalan-jalan ke Ankara di atas, berikut kami anjurkan tempat wisata di Ankara yang sebaiknya anda kunjungi.

  • Anitkabir
  •  Mausoleum Ataturk
  •  Anittepe
  • Museum Peradaban Anatolian
  • Benteng Ankara
  • Roman Bath
  • Kota Ulus
  • Sungai Bosphorus

Demikian tentang tips jalan-jalan ke Ankara, semoga menginspirasi anda dan menjadikan anda orang yang lebih berhati-hati selama perjalanan.

, , ,
Post Date: Tuesday 18th, December 2018 / 08:58 Oleh :
Kategori : Turki