14 Oleh-Oleh Makanan Khas India Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-oleh Makanan Khas India – Berlibur ke luar negeri tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Oleh-oleh sebuah negara tujuan wisata biasanya beragam, mulai dari souvenir hingga makanan khas. Begitu juga jika Anda berlibur ke negara India. Namun dari semua pilihan yang ada, tidak ada salahnya membeli beberapa jenis makanan khas India untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Makanan India saat ini bukanlah jenis makanan yang asing di hadapan dunia. Pesebaran masyarakatnya di berbagai belahan dunia turut memperkenalkan apa yang mereka konsumsi. Tidak heran jika kuliner India juga memberikan pengaruh terhadap dunia kuliner beeberapa negara. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh makanan khas India, daftar di bawah ini barangkali berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan.

  1. Samosa

samosaSalah satu makanan khas India yang bisa Anda temukan dengan mudah adalah Samosa. Penganan garing yang sekilas mirip pastel ini memiliki sejarah dan rasa yang unik. Di bawa masuk ke India pada abad ke 13 oleh para pedagang dari Asia Tengah, Samosa berkembang menjadi makanan khas yang banyak disukai.

Tersedia dengan berbagai isian mulai dari sayur hingga rempah dan buah, makanan ini bisa Anda beli dengan harga 20 rupee atrau sekitar 4.000 rupiah saja. Salah satu tempat yang bisa Anda sambangi untuk mendapatkannya adalah jalan Hauz Khas—terletak tidak jauh dari pusat perbelanjaan di Aurobindo place. Anda juga menemukan Samosa di kota terkenal di India lainnya.

  1. Kulfi

kulfiMakanan manis yang tampak seperti es krim ini merupakan makanan khas India yang patut Anda coba. Anda juga bisa membawanya pulang ke Indonesia, hanya saja dengan pengepakan yang sedikit ribet. Sebab Kulfi tersedia dalam suhu dingin dan akan mencair jika dibiarkan dalam suhu ruangan. Hal tersebut tentu akan mengubah cita rasanya.

Salah satu tempat yang menjual Kulfi terletak di sekitara Albert Hall Museum dan di tempat terkenal di India lainnya. Penganan ini terbuat dari susu segar dengan campuran air gula, berbagai rempah dan perasa alami. Meski lebih baik dimakan langsung di kedai penjual saat matahari terik, tidak ada salahnya berbagi kenikmatan Kulfi bersama keluarga di tanah air.

  1. Halwa

halwaTerbuat dari wortel dan biasa disajikan dengan susu atau yoghurt, Halwa merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia. Kandungan rasa manisnya terbuat dari bahan alami dan bisa juga menjadi teman minum kopi atau teh. Anda bisa menyajikan Halwa saat hari besar keagamaan seperti hari raya idulfitri seperti di negara asalnya.

Membawa Halwa sebagai oleh-oleh bisa menunjukkan bahwa Anda pernah jalan-jalan ke India. Salah satu tips membawa Halwa ke tanah air adalah dengan menyimpannya di tempat kedap udara. Untuk menjaga rasanya agar tetap otentik, jangan lupa pisahkan Halwa dengan makanan pendukung lainnya selama dalam perjalanan pulang.


  1. Chai atau teh

chai atau tehMeski tidak termasuk dalam kategori makanan, teh adalah minuman khas India yang sayang untuk dilewatkan. Selain karena memiliki cita rasa yang berbeda dari teh di Indonesia, teh merupakan minuman khas India yang bisa dengan mudah dijadikan oleh-oleh. Anda hanya perlu membli teh khas India dalam bentuk sachet dan menyimpannya dengan rapi di bagasi.

Ada berbagai jenis teh khas India yang bisa Anda beli. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan sebagai produsen teh terbaik adalah provinsi Darjeeling. Anda bisa mengunjungi provinsi tersebut ketika menjadi backpacker ke India Di India, Anda bisa menikmati teh ini di berbagai departemen store. Selain teh dari Darjeeling, jangan lupa juga untuk membeli teh Assam dan Nilgiri.

  1. Ladoo

ladooMakanan khas India lainnya yang patut Anda jadikan Oleh-Oleh Makanan Khas India adalah Ladoo. Manisan yang kerap disajikan dalam berbagai ritual keagamaan ini memiliki citarasa gurih dan manis. Membawa Ladoo ke tanah air tidak memerlukan persiapan khusus, Anda hanya perlu menyimpannya di tempat yang kedap udara dan aman.

Ladoo terbuat dari bahan dasar tepung yang dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan pangan. Hal tersebut menjadikan Ladoo memilki beberapa varian yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Ada Boondi Ladoo yang manis, Besan Ladoo dengan tambahan kacang, Coconot Ladoo, Pedha yang creamy, dan Semolina atau Rava Ladoo.

  1. Sattu

sattuBerawal sebagai jenis penganan yang tidak terkenal, Sattu berkembang menjadi trend baru dalam dunia hidup sehat. Sattu atau Chatu adalah tepung chhola yang memiliki banyak nutrisi, oleh karena itu beberapa orang menyebutnya superfood. Bisa dikonsumsi langsung, Sattu biasa dijadikan sebagai bahan olahan makanan lainnya

Saking dipandang sebagai makanan sehat, Sattu kerap kali menjadi makanan utama para binaraga. Tidak heran jika Sattu sering tampil dalam iklan kesehatan, berdampingan dengan para binaraga. Menilik dari begitu terkenal dan sehatnya makanan ini, Sattu cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan dimasak untuk keluarga di tanah air.

  1. Saffron

saffronJika bosan membeli makanan khas India untuk dijadikan Oleh-Oleh Makanan Khas India, kenapa Anda tidak membeli bahan mentahnya saja? Saffron adalah rempah-rempah khas India yang patut Anda bawa pulang. Rempah ini bisa dimasukan ke dalam resep masakan di rumah Anda sehari-hari. Hal tersebut bisa mengingatkan Anda pada liburan yang menyenangkan di Taj Mahal India.

Saffron khas India sudah menjadi barang ekspor yang bisa Anda temukan di berbagai belahan dunia. Dalam penggunaannya sebagai bahan masakan, saffron biasanya direndam terlebih dahulu di dalam air hangat. Hal tersebut mampu menguarkan aroma saffron menjadi lebih kuat. Selain memiliki aroma yang wangi, saffron memiliki kandungan 65% karbohidrat dalam bentuk kering.

  1. Dosa

dosaSekilas mirip crepes, dosa adalah makanan khas India yang bisa Anda temukan dengan mudah. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dengan berbagai isian yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Dalam penyajiannya, Dosa bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan pendamping seperti saus buah, selai, yoghurt, susu, bahkan es krim.

Dosa memiliki berbagai varian tergantung dengan bahan pembuatannya. Salah satu jenis Dosa yang paling tekenal adalah Dasala Dosa. Masalah Dosa pernah menempati urutan ke 49 sebagai world’s 50 most delicious food versi CNN pada tahun 2011. Jenis Dosa lainnya yang perlu Anda coba adalah Panir Dosa, Plain Dosa, Palak Dosa, serta Pessaratu.

  1. Naan

naanNaan secara bahasa berarti roti. Makanan khas ini terkenal mulai dari daerah timur tengah, asia tengah hingga asia selatan. Memiliki rupa seperti roti chane, Naan biasa disajikan sebagai makanan berat ketika dipadukan dengan kari. Naan terbuat dari tepung terigu atau gandum sehingga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yakni mencapai 50%.

Dengan berkembangnya kuliner modern di India, Naan kini bukan hanya sekadar makanan tradisional. Dalam resep modern, penganan ini bisa disajikan dengan keju a la barat atau pun dengan bahan lainnya. Sebagai makanan khas, Anda bisa menemukan Naan di berbagai kedai pinggir jalan maupun restoran.


Oleh-oleh makanan khas India tampil dalam berbagai rasa dan bentuk. Selain sembilan jenis makanan di atas, Anda juga bisa membeli makanan khas India lainnya untuk dijadikan oleh-oleh.

  • Bombay Mix and Savouries,
  • Gulab Jamun,
  • Mango Pickles,
  • Chapati, dan
  • Soan Papdi.

Selain membeli oleh-oleh khas India berupa souvenir dan sandang, membeli oleh-oleh makanan khas India harus Anda lakukan sebelum pulang. Berbeda dengan souvenir dan pakaian, makanan bisa membuat Anda langsung mencicipi India. Makanan khas India juga bisa Anda makan langsung selama Anda berlibur atau saat dalam perjalanan pulang.

, , ,
Post Date: Wednesday 18th, July 2018 / 03:00 Oleh :
Kategori : India