5 Tempat Wisata Di Benares India Yang Wajib Dikunjungi

Liburan ke luar negeri sangat menyenangkan bagi pribadi yang memang suka berpetualang. Tidak terkecuali bagi yang memiliki budget kecil, tips untuk berpacker liburan ke luar negeri. Kalian dapat bepergian kemana saja dengan budget minim asalkan kalian sudah mengetahui tips – tips nya, akan sangat banyak kalian jumpai seperti  Backpacker Ke Jeju Island, backpacker ke krabi , dan backpacker ke hokkaido. Namun tidak hanya tentang backpacker, jika kalian memang mengalokasikan dana yang besar untuk mengapresiasi hasil kerja kalian selama ini, kalian bisa juga menikmatinya dengan sedikit mewah.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas dengan berlibur ke tempat – tempat wisata di benares. Benares merupakan salah satu kota yang ada di negara India yang terletak di provinsi uttar pradesh, India, di tepi barat sungai gangga. Kota benares juga di sebut dengan varanasi adalah kota tersuci dalam agama hindu itu terkenal sebagai pusatnya kegiatan dan tradisi spiritual agama hindu di India, karena itu selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah lokasi dan juga wisatawan mancanegara.

Langsung saja kami bahas tempat wisata yang ada di benares apa saja, berikut ulasannya.

  • Har ki pauri ghat

haridwar-har-ki-pauriHar ki pauri adalah ghat, ghat merupakan tangga dan teras tepi sungai yang terkenal di tepi barat sungai gangga di kota suci haridwar, provinsi uttarakhand India. Seperti ghat – ghat yang lainnya, har ki pauri ghat juga memiliki pemandangan yang indah dengan banyak kuil dan bangunan warna – warni di tepinya, serta selalu ramai dengan peziarah yang melakukan ritual – ritual keagamaan seperti mandi di sungai, dan ritual yang biasanya dilakukan di malam hari di sungai tersebut.

Ghat yang satu ini terdapat keistimewaan diantaranya adalah dewa siwa dan dewa wisnu di yakini oleh penduduk lokal pernah mengunjungi brahmakund, yaitu tempat diadakannya ganga aarti dan tempat tersebut adalah tempat paling suci pada zaman weda, keistimewaan lainnya adalah terdapat sebuah jejak kaki besar di tembok yang di  yakini sebagai jejak kaki dewa wisnu.

Tempat tersebut dipercaya sebagai titik dimana sungai gangga meninggalkan pegunungan dan memasuki dataran. Festival – festival hindu juga diadakan di ghat ini seperti perayaan kumbha mela yang menarik hingga ribuan orang dan juga perayaan ardh kumh mela dan punjabi festival vaisakhi.

  • Durga temple

fixedw_large_4xDurga temple adalah salah satu kuil terkenal di varansi. Bangunannya berwarna merah tua dengan sebuah kolam luas di belakangnya. Di kolam tersebut sangat banyak ikan, biasanya para wisatawan akan merilekskan penat dengan bermain – main dengan ikan dan memberi makanan pada ikan – ikan tersebut, namun sayangnya kolam tersebut kurang bersih. Kuil ini ternilai lebih sepi daripada tempat wisata di India yang lainnya, jadi kalian tidak perlu khawatir jika berdesak – desakan untuk menikmati durga temple tersebut.

Di sekitar area durga temple kalian akan banyak menjumpai hewan sapi ber lalu lalang. Tips jika kalian ingin mengunjungi kuil ini adalah pakailah pakaian yang sopan, jangan memakai celana pendek ataupun baju yang terbuka, karena durga temple merupakan tempat penduduk lokal untuk beribadah.


Tips lainnya juga adalah pakailah sandal atau sepatu yang biasa saja, atau masuklah bergilir dengan teman anda, karena ketika memasuki kuil ini, kalian di haruskan melepas alas kaki, yang di takutkan adalah sandal atau sepatu kalian bisa saja hilang atau tertukar ketika kalian memasuki kuil tersebut.

  • Stupa dhamek 

28-1438067980-dhamekstupa1Stupa dhamek atau disebut juga dengan stupa dharmarajika yang jika diartikan adalah stupa  pemerintahan dharma. Stupa ini memiliki ukuran yang sangat besar yang terletak di sarnath, benares, provinsi uttar pradesh, India.

Tinggi dari stupa dhamek ini adalah 43,6 meter dengan struktur seperti tabung bertumpuk, diamana diameter dasar stupa ini selebar dua puluh delapan meter. Pada batas – batasnya terukir pola geometris dan bunga – bunga sera sosok manusia dan burung.

Jika kalian ingin mengunjungi stupa dhamek dari new delhi, kalian dapat langsung menaiki pesawat untuk menuju stupa dhamek yang menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam atau kalian juga bisa menaiki kereta api yang memiliki tujuan ke varansi yang memakan waktu kurang lebih semalam, lalu melanjutkan dengan transportasi darat sekitar 10 kilometer.

Menurut penduduk lokal, lebih dari 2500 tahun yang silam, buddha memberikan khotbah yang pertama kepada lima pengikut pertamanya setelah mencapai pencerahan dan diulaskan juga yaitu kemungkinan stupa dhamek ini dibangun sekitar tahun 500 semasa pemerintahan raja ashoka untuk menandai tempat suci ini.

  • Dashashwamedh ghat

dashashvamedh-ghat-side-trips-from-delhi-3Tempat wisata di benares selanjutnya adalah dashashwamedh ghat. Seperti yang kita ketahui bahwa benares dialiri sepanjang sungai gangga, jadi dengan otomatis di sepanjang benares akan banyak terdapat ghat – ghat yang di pakai untuk melakukan ritual – ritual ibadah, yang mana salah satunya dalam kesempatan kali ini kita akan membahas ghat ini.

Rekomendasi untuk kalian jika ingin mengunjungi ghat ini datanglah sebelum acara evening ganges aarti, adalah sebuah ritual ipacara keagamaan hindu yang dilakukan setiap petang setelah matahari terbenam. Biasa juga dikenal dengan agni pooja yang merupakan bentuk pemujaan terhadap shiva, sungai gangga, surya, api, dan seluruh alam semesta.

Biasanya para wisatawan akan menyewa perahu untuk menikmati dan mempelajari ritual – ritual kebudayaan setempat, namun jika tidak menyewa juga tidak apa – apa. Budget yang ditawarkan adalah 500 rupee untuk dua jam. Jika kalian mahir dalam tawar – menawar kalian bisa meminta kepada sang sopir perahu untuk mengunjungi ghat – ghat lain sekalian yang paling dekat. Di sekitar ghat – ghat yang kalian kunjungi kalian juga bisa mencicipi makanan khas india.

  • Manikarnika ghat

Manikarnika_ghat_at_sunrise_July_2007-1Manikarnika ghat adalah salah satu ghat yang terkenal yang menjadi tempat wisata di benares, dikenal sebagai tempat kremasi jenazah dan pelarungan abu jenazah. Prrosesi kremasi ini hampir setiap hari dilaksanakan, jadi bagi kalian yang ingin melihat secaralangsung prosesi tersebut tidak perlu khawatir untuk mencocokkan dengan jadwal kalian.

Menurut umat hindu, siapa saja yang meninggal di kota varnasi akan mendapat penghilangan dosa, dan siapa saja yang abu kremasinya di larung sungai gangga di yakini akan menyudahkan reinkarnasinya dan pergi menuju nirwana yang selalu di yakini oleh warga setempat.


Bagi kalian yang penakut ada baiknya kalian berkunjung kesini dengan rombongan atau mengikuti rombongan lain, karena suasana mistis memang lebih kental, dan aroma yang terdapat di sekitar area tersebut memang sangat menusuk. Setiap hari ada sekitar 200 jenazah yang dikremasi di tempat ini yang datang dari seluruh india.

Sedangkan setiap jenazah memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk habis terbakar secara sempurna. Tips untuk kalian jika mengunjungi tempat ini ada baiknya kalian tidak mengambil gambar. Selain dianggap tidak menghormati bagi keluarga yang sedang berduka, di samping itu kalian akan mendapat teguran dari petugas keamanan setempat.

Nah semoga tempat – tempat wisata tersebut bisa dijadikan rekomendasi untuk kalian jika sedang berlibur kesana ya gengs..

Happy holiday..

, , , ,
Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 04:21 Oleh :
Kategori : India