10 Souvenir Khas India Wajib Dibeli Wisatawan Dunia

India adalah negara yang kaya akan warisan tradisi dan budaya. Selain itu negara ini juga memiliki sisi-sisi yang cantik untuk dieksplorasi. Maka dari itu cukup banyak yang menginginkan untuk mengunjungi India saat liburan. Negara ini memiliki keragaman yang cukup kompleks. Sehingga ada banyak juga souvenir khas India yang menarik untuk dibawa pulang saat Backpaker Ke India. Berikut ini beberapa yang terkenal.

1. Kain Sari

Kain SariIngat India berarti ingat sari atau kain sari. Sari adalah pakaian khas wanita India. Ciri khasnya adalah berwarna warni, panjang, dan elegan. Pakaian ini hadir dalam nuansa tradisional. Namun banyak juga sari modern yang bisa Anda beli.

Banyak wisatawan yang membeli sari sebagai oleh-oleh karena memang unik dan khas India. Kain sari biasanya memiliki panjang 4 sampai 9 meter dan tidak dijahit. Sehingga saat menggunakannya, hanya perlu dililit atau digulung.

Harga kain sari pun bermacam-macam, tergantung bahan dan motifnya. Anda bisa menemukan kain sari yang murah hingga yang berharga jutaan rupiah. Semua tergantung selera masing-masing.

2. Gelang

GelangSelain kain sari, ciri khas klasik wanita India adalah menggunakan gelang yang banyak. Maka dari itu banyak juga wisatawan yang sengaja membeli gelang dari India langsung saat berwisata ke sana.

Gelang keroncong khas India berwarna warni. Kebanyakan memiliki warna yang mencolok. Di India sendiri, harga gelang ini sebenarnya sangat murah. Hanya ribuan rupiah saja per biji.

Karena murah, Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak. Sehingga sekaligus bisa dibagi-bagikan ke sanka saudara atau tetangga. Gelang India juga terdiri dari beberapa variasi.

3. Sepatu Tradisional India

Sepatu Tradisional IndiaSouvenir khas India yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi bagi Anda yang memang menyukai sepatu atau sandal untuk mendukung penampilan fashion Anda. Sepatu dan sandal tradisional India hadir dalam desain yang menarik.

Sepatu ini memiliki motif tersendiri yang dinamakan dengan istilah Khussa dan Mojari. Dimana sepatu ini juga ditambah dengan detail bordir atau manik-manik sehingga nampak semakin elegan.

Sepatu semacam ini banyak digunakan oleh anggota kerajaan di masa lalu. Harganya bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal. Kebanyakan dijual sekitar ratusan ribu rupiah satu pasangnya. Sepatu ini banyak ditemukan di Jodhpur.


4. Miniatur Taj Mahal

Miniatur Taj MahalSalah satu ikon wisata India yang terkenal sejak dahulu kala adalah Taj Mahal. Maka dari itu jika ingin mencari oleh-oleh ada baiknya yang berkaitan dengan Taj Mahal India. Misalnya miniatur bangunannya.

Miniatur Taj Mahal banyak dijual di berbagai tempat belanja di India dan juga di sekitar Tempat Terkenal Di India. Miniatur ini dibuat dari berbagai macam bahan. Sehingga harganya pun bervariasi. Namun ada juga yang menjualnya sekitar 50.000 rupiah.

Miniatur ini lebih menarik jika dibeli di sekitar Taj Mahal. Anda pun bisa mendapatkannya di Janpath Market dan Dili Haat. Miniatur Taj Mahal dibuat sederhana namun tetap memiliki detail yang menawan.

5. Perhiasan Wanita India

Perhiasan Wanita IndiaSelain gelang, perhiasan lainnya juga menarik untuk dibeli. Seperti yang diketahui bersama bahwa wanita India sangat suka dengan perhiasan. Mulai dari anting telinga, anting hidung, hingga hiasan kepala.

Anda bisa membeli beberapa perhiasan wanita India yang dibuat dari bahan-bahan yang bervariasi. Ada baiknya jika membeli langsung satu set, agar menjadi kenang-kenangan yang lebih lengkap.

Harga perhiasan wanita India ini ada yang murah dan ada yang mahal. Yaitu berkisar antara 400.000-an hingga di atas 1.000.000-an rupiah. Sangat cocok untuk Anda yang memang tertarik dengan perhiasan mewah.

6. Pashmina

PashminaBagi Anda yang suka dengan pashmina atau suka menggunakan hijab dari pashmina, jangan lewatkan untuk membeli souvenir khas India yang satu ini. Karena India merupakan salah satu negara terbaik untuk membeli pashmina.

Fine cashmere wool merupakan salah satu bahan terbaik dan termewah untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Pashmina yang satu ini hadir dalam berbagai warna dan juga kualitas yang bervariasi.

Anda bisa membeli pashmina original di Ahujasons, atau mencarinya di Lajpat Nagar Market. Pashmina Kashmir biasanya menggunakan bahan tenun, sesuai dengan lingkungan Kashmir yang relatif dingin.

7. Jammu dan Kashmir

Jammu dan KashmirBagi Anda yang suka dengan kerajinan dari gerabah atau keramik, India memiliki beberapa koleksi yang terkenal dan bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh saat berwisata ke sana. Namanya adalah Jammu dan Kashmir.

Jenis kerajinan tangan yang satu ini merupakan salah satu yang khas dari India bagian utara. Kerajinan ini diberi nama sesuai dengan nama daerah asalnya, yaitu Jammu dan Kashmir.

Namun souvenir ini memiliki harga yang cukup mahal. Selain karena merupakan kerajinan tangan, Jammu dan Kashmir ini memang memiliki unsur kesenian yang cukup tinggi. Sangat cocok untuk Anda yang suka dengan barang seni.

8. Produk Cendana

Produk CendanaJika Anda suka dengan cendana, coba carilah beberapa produk dari cendana yang menarik untuk dibawa pulang. Karena India merupakan salah satu negara yang memiliki hutan cendana terbaik dan terbesar di dunia.

Souvenir khas India dari cendana hadir dalam banyak bentuk dan varian. Mulai dari minyak esensial, perawatan wajah, lulur, pengarum, dan masih banyak lagi. Prduk-produk ini ada yang murah dan ada yang mahal.

Salah satu yang terkenal adalah sabun (Sandalwood Soap) yang biasa dijual seharga 59 Rupee saja. Sangat murah dan bisa dibeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh orang kesayangan Anda.

9. Bumbu dan Rempah-Rempah

Bumbu dan Rempah-RempahUntuk Anda yang suka makan atau memasak Makanan Khas India, tentu akan lebih menarik jika Anda bisa memasaknya sendiri di rumah menggunakan bumbu dan rempah-rempah langsung dari India.

Maka dari itu cobalah membeli beberapa bumbu yang Anda inginkan sebagai souvenir yang unik dari India. Misalnya bumbu kari India bubuk yang rasanya sudah terkenal hingga ke seluruh dunia.

Anda juga bisa membeli beberapa bumbu lainnya yang sudah dikemas cantik dalam kotak atau toples kecil. Harganya sendiri bervariasi sesuai dengan jenis bumbu dan ukuran yang dibeli.


10. Teh India

Teh IndiaSelain kari, India juga terkenal akan tehnya yang enak dan khas. Maka dari itu tidak ada salahnya membeli Oleh-Oleh Makanan Khas India yang satu ini. India adalah salah satu negara penghasil teh yang terkenal.

Salah satu jenis teh yang biasa dibeli oleh para wisatawan adalah Goodwyn Tea. Teh ini terkenal karena didatangkan langsung dari perkebunan teh di kaki Humalaya. Maka dari itu harga teh ini juga mahal.

Anda bisa membuat teh tarik khas India dengan menggunakan bahan teh yang satu ini. Sehingga rasanya lebih otentik dan khas India. Selain itu bisa juga dengan memanfaatkan rempah-rempah khas India untuk membuat minuman khas.

Demikianlah beberapa souvenir khas India yang menarik untuk dibeli. Semoga bermanfaat untuk Anda, khususnya yang merencanakan liburan ke India.

, , ,
Post Date: Friday 23rd, November 2018 / 08:14 Oleh :
Kategori : India