Tips Backpaker Ke India Yang Paling Berguna Dan Bermanfaat

backpackers in indiaSebelum berwisata ke India apalagi dengan cara backpakeran perlu menyiapkan beberapa berkas. Backpakeran adalah seni menikmati perjalanan dengan dana yang minim dan tidak memanfaatkan jasa agen traveling sama sekali.

Dengan melakukan backpacker ke India banyak sekali hal yang bisa dilihat, budaya, tradisi, sosial masyarakat dan lain sebagainya. Backpaker ke India akan membuat Anda melihat budaya yang sama sekali berbeda dengan budaya yang ada di tempat wisata di Vietnam, tempat wisata di Thailand, dan lain sebagainya. walau kelihatannya sama, misalnya sama-sama memiliki bangunan candi atau kuil, namun fungsi, arsitektur, dan pemanfaatannya berbeda.

Jalan-jalan ke India akan membuat Anda mengetahui banyak hal, tempat wisata di India sangat banyak, masing-masing berkaitan erat dengan tradisi sekitar. Akan tetapi, sebelum pergi ke India, ada beberapa berkas yang perlu kalian persiapkan dengan matang terlebih dahulu, supaya ketika menjadi backpacker, Anda tidak dianggap sebagai Backpaker ke India yang illegal.

  • Visa

Pastikan dulu Anda sudah mengurus visa. Bagi orang Indonsia, dalam mengurus visa Backpacker ke India, Anda bisa meminta VOA (Visa on Arrival) yang bisa diurus dengan 3 cara:

  1. Sesampai di India langsung urus VOA, isi form kemudian langsung bayar. Update terus informasi ketentuan membuat VOA ketika sampai di India, Anda bisa mengupdate informasi via kedutaan RI untuk India.
  2. Bisa juga dengan mengurus Visa di Kedutaan India untuk Indonesia sebelum berangkat atau secara konveksional.
  3. Bisa mengurus visa dengan E-Visa, caranya mengisi formulir visa melalui internet dan hasilnya akan berupa lembaran visa yang bisa diprint dan ditempelkan di passport.

Silahkan Anda urus visa kunjungan ke India berdasarkan kebutuhan kunjungan Anda. waktu mengurus visa di Kedutaan India menelan biaya yang jauh lebih murah daripada mengurus visa melalui E-Visa.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan orang Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke India memilih untuk tidak melakukan pembuatan visa VOA langsung di India karena akan sedikit rumit, di mana India tidak menerima uang dolar, jadi Anda harus membayar dengan menggunakan rupee. So, pastikan saja dulu Anda pergi ke India dalam keadaan sudah mempersiapkan beberapa uang rupee.

  • Uang

backpacking-india

Persoalan kedua yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke India ialah menyiapkan uang untuk transaksi. ATM dengan master card atau VISA banyak terdapat di India, jadi Anda bisa mengambil uang dengan master card tersebut. Perlu diperhatikan bahwa Anda akan dikenai potongan sebesar Rp20.000 per penarikan. Supaya tidak sering kena potongan, lebih baik siapkan uang tunai.


Banyak backpacker yang sudah berpengalaman ke India mengatakan lebih baik tidak mengambil uang di ATM INDIA karena sistem yang diterapkan berbeda. Sebagai gambaran, bila di Indonesia penggunaan kartu ATM harus dengan cara memasukkan kartu ATM tersebut ke dalam mesin transaksi sampai selesai, kemudian secara otomatis ATM akan kembali keluar.

Di India, yang harus Anda lakukan adalah menggesekkan Kartu ATM ke dalam mesin gesek kemudian masukkan pin, baru transaksi pengambilan uang akan berjalan. Anda harus berhati-hati, sebab jika Anda lupa mematikan pin, Anda bisa kehilangan uang ketika ada orang iseng memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil uang milik Anda.

Oleh karena itu disarankan untuk menyiapkan uang cash secukupnya atau membawa uang dollar cash yang lebih mudah untuk ditukarkan di tempat penukaran uang.

  • Bagasi/bawaan

Persoalan ketiga yang harus Anda ketahui ialah tentang bawang bawaan Anda. Bawalah barang secukupnya. Bawalah barang-barang yang penting dan bermanfaat untuk menikmati tempat wisata di India yang memiliki kemiripan dengan tempat wisata di Thailand dari segi keramaiannya.

Sebagai wisatawan backpacker, tentunya Anda akan sering berpindah-pindah tempat, karena itulah disarankan untuk membawa barang seperlunya saja agar Anda tidak perlu membawa beban berat ke mana-mana. Terlalu banyak barang hanya akan menyusahkan diri Anda sendiri. Bawa barang-barang yang dibutuhkan selama menginap di India, seperti :

  1. sandal sepasang,
  2. baju,
  3. sepatu satu pasang,
  4. untuk perempuan bawa pembalut,
  5. pakaian dalam,
  6. obat-obatan,
  7. keperluan lain yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Bawa logistic dari Indonesia

Mungkin terdengar aneh, karena di India pun ada banyak sekali tempat makan yang menjual makanan dengan harga murah. Akan tetapi, terkadang tidak semua masakan dimasak dengan bumbu yang ramah dengan lidah orang Indonesia, makanya banyak backpacker Indonesia yang justru memilih membawa beberapa logistic dari Indonesia.

Beberapa logistic yang sebaiknya dibawa seperti coeklat, mie instan, dan permen akan menolong Anda selama perjalanan. Makanan ringan juga baik untuk dibawa karena akan menjadi penghiburan tersendiri dalam perjalanan yang panjang dan bisa dibagikan dengan teman-teman seperjalanan untuk memecahkan.

  • Informasi trip ke India

Sebaiknya Anda berlangganan website yang menyediakan informasi trip ke India secara real time atau update. Dengan berbekal informasi tersebut Anda akan jadi lebih siap untuk mengetahui jadwal tiket kereta, pesawat, dan bus daan lain-lain bahkan bisa menggunakan website tersebut untuk memesan tiket.

  • Akomodasi

Satu hal yang penting ketika berwisata ke luar negeri ialah pamahami rute akomodasi yang kira-kira akan Anda tumpangi selama berwisata di negara tersebut. Bila Anda berwisata ke tempat wisata di Eropa, misalnya mungkin Anda berpikir untuk berjalan kaki saja, tapi tidak demikian jika di India, Anda membutuhkan alat transportasi karena jujur saja, kota India cukup crowded bagi pejalan kaki, jadi memanfaatkan kendaraan umum akan membuat Anda lekas terbebas dari crowdednya jalanan India.

Selain akomodasi dalam hal alat transportasi, pelajari dulu tempat penginapan yang akan Anda jadikan tempat istirahat. Bisa dibilang ada banyak hotel dan penginapan kelas menengah di India, pilihlah yang sesuai dengan budget Anda.

Kurang lebih itulah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk bepergian ke India dengan cara backpakeran. Anda mungkin sudah tahu bahwa India merupakan negara yang sangat terpengaruh sistem sosialnya oleh perbedaan kasta, jadi ketika berjalan-jalan di India, mungkin Anda akan melihat perbedaan yang sangat mencolok ketika mengunjungi tempat-tempat tertentu.


Ada pengalaman yang menyebutkan pengalaman kurang menyenangkan saat Backpaker Ke India, seperti menemukan banyak sekali hal jorok ketika menumpang kereta api. Ketika melewati wilayah tertentu akan nampak kemiskinan yang sangat menggerus hati, sampai pada daerah yang tandus. Jelajahi saja seluruh bagian wilayah India, sampai di Mombay. Di sana, Anda akan melihat roda ekonomi yang lebih baik daripada di india wilayah utara. Perbedaan ini mungkin memiliki gambaran yang mirip dengan Indonesia.

Menikmati India tidak akan cukup sampai Anda mengunjungi beberapa objek wisata terkenal di India seperti taj mahal, monument Agra, sunga Gangga, dan lain sebagainya. kunjungi juga tempat-tempat bersejarah di beberapa wilayah di India, dan jangan lupa setelah itu ceritakan pengalaman Anda dalam sebuah catatan harian. Bila perlu diterbitkan!

, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, April 2018 / 02:40 Oleh :
Kategori : India