5 Kota Terkenal Di India Paling Terkelan Yang Menjadi Tujuan Utama Wisata

India adalah negara bagian dari benua Asia yang tepatnya di benua Asia Selatan. Negara India memiliki populasi penduduk lebih dari satu miliar jiwa yang menjadikan negara ini sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar no dua. Negara ini juga di nobatkan sebagai negara terbesar no tujuh di dunia dengan ibu kota New Delhi.

Banyak kebudayaan dan juga tempat wisata yang menarik di negara satu ini. Meski tidak sedikit orang yang menganggap bahwa negara India adalah negara yang kumuh padahal faktanya jauh dari kata kumuh. Namun banyak wisatawan asing yang tidak memperdulikan berita yang belum ada faktanya tersebut dan tetap menjadikan India sebagai destiansi favorit.

Meskipun Negara India memiliki populasi penduduk terbesar no dua di Asia namun tidak menjadikan negara ini menjadi negara yang kumuh. Bahkan jika Anda kesini Anda akan melihat kecantikan negara ini dan rapinya penataan di tempat wisatanya. Negara ini jugaa menawarkan oleh-oleh khas India yang sangat beragam untuk di beli dan di bawa pulang.

Negara India memiliki 50 kota hingga saat ini, namun tidak semua kota tersebut terkenal di kalangan wisatawan asing. Ada 5 kota terkenal di India dan menjadi tujuan utama para wisatawan asing ketika pergi ke tempat wisata di India. Adapun kota itu adalah.

  • New Delhi, India

New Delhi, IndiaKota terkenal pertama di India adalah New Delhi. Selain menjadi ibukota negara India, di New Delhi Anda akan menemukan banyak tempat wisata maupun monumen bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Sebut saja Qutub Minar, Red Fort, Masjid Jama, dan masih banyak lagi. Selain itu New Delhi memiliki iklim yang sangat cocok untuk para wisatawan asing.

Selain karena tempat wisata dan iklimnya, New Delhi memiliki beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui. Diantaranya adalah:

  1. Kota dengan proyek infrastruktur terbesar di dunia. Proyek 2 pembangkit listrik, 6 bandara, 24 kota pintar, 6 jalan tol sepanjang 15.000 km, serta 2 pelabuhan menjadikan New Delhi sebagai kota dengan proyek infrastruktur terbesar di dunia setelah Jepang.
  2. New Delhi adalah pasar grosir terbesar di Asia.
  3. Menjadi pasar rempah-rempah terbesar di Asia.
  4. Memiliki perkantoran paling mahal ke lima di dunia.
  5. Mempunyai metro dan salah satu bandara terbaik di dunia.
  • Srinagar Khasmir, India

Srinagar Khasmir, IndiaKota terkenal di India kedua adalah Srinagar Khasmir. Sudah banyak julukan indah yang di berikan untuk kota ini, seperti Paradise On Earth, Heaven Of Earth, The Most Beautiful Place In The World, dan masih banyak lagi. Kota Srinagar Khasmir di anggap sebagai surga dunia oleh para wisatawan asing.


Bagaimana tidak di kota ini terdapat danau alami, lembah, serta pegunungan yang menjadi formasi lengkap untuk menarik hati wisatawan agar datang ke kota ini. Meski banyak konflik yang terjadi di Khasmir dan tidak kunjung selesai namun tidak menjadikan para wisatawan enggan untuk kesini. Keindahan seperti dalam cerita dongeng nirwana menjadi salah satu alasan kuat untuk mencoba ke tempat wisata ini.

Budaya di kota Srinagar Khasmir banyak di adopsi dari budaya orang Persia. Banyak yang dapat di lakukan di kota ini seperti merasakn hidup di atas rumah perahu yang berada di Dal Lake atau mencoba berbagai macam camilan khas India yang tentunya akan memanjakan lidah Anda.

  • Agra, India

Agra, IndiaAgra menjadi salah satu kota yang wajib Anda kunjungi ketika ke India. Kota ini menjadi sangat terkenal karena adanya Taj Mahal India di sini. Karena adanya maoseleum marmer termegah ini lah banyak wisatawan asing yang datang berkunjung ke Agra hanya untuk menikmati indah bangunan yang di bangun seorang raja khusus untuk istri tercintanya. Sangat romantis bukan?

Selain keindahan Taj Mahal di kota Agra juga terdapat Agra Fort yang dulunya menjadi pusat pemerintahan serta istana kerajaan Mughal saat kepemimpinan Shah Janan. Kemegahan arsitektur benteng ini terlihat dari banyaknya relief-relief yang di ukir sangat indah di atas batu-batu merah yang menghiasi Agra Fort.

Selain itu di dalam benteng Agra Fort Anda dapat mengunjungi kamar pengasingan raja Shah Janan yang beliau gunakan setelah ditinggal mati oleh istri tercintanya, Mumtaz. Karena rasa cinta yang sangat mendalam lah yang membuat raja Shah Janan mendirikan kamar ini dengan desain yang menghadap langsung ke Taj Mahal dengan tujuan agar raja Shah Janan dapat mengenang almarhum istrinya setiap hari.

  • Darjeeling, India

Darjeeling, IndiaKota selanjutnya yang sangat terkenal di kalangan wisatawan asing yang pergi ke India adalah Darjeeling. Kota yang terletak di kaki gunung Himalaya atau tepatnya di West Bengal, India ini menjadi salah satu kota tujuan utama wisatawan asing.

Mungkin untuk Anda yang menyukai teh nama Darjeeling sudah tidak asing lagi. Karena nama kota satu ini di jadikan salah satu nama teh yang sangat terkenal karena cita rasanya yang khas di mulai dari aroma hingga sensasi rasa setelah minum yang tidak ada di teh lain. Namun hanya sedikit pecinta teh yang tahu bahwa nama Darjeeling di ambil dari nama kota indah di Negara India.

Jika Anda berkunjung ke Darjeeling Anda dapat menikmati pemandangan indah dari hamparan perkebunan teh di gunung Himalaya. Selain itu di kota ini juga terdapat berbagai macam tempat yang memiliki percampuran arsitektur Inggris dengan Mongolia sehingga menjadikan bangunan tersebut sangat indah.

Suhu di kota Darjeeling selalu sejuk ini di karenakan kota ini terletak di kaki gunung Himalaya. Alternatif lain untuk menikmati ke indahan kota ini selain berjalan kaki adalah menaiki toy train. Toy train adalah kereta uap yang akan membawa Anda berkeliling kota Darjeling hingga Kurseong tanpa perlu merasakan lelah. Toy train di nobatkan oleh UNESCO sebagai situs yang di lindungi di India.

  • Manali, India

Manali, IndiaManali menjadi kota yang wajib Anda kunjungi selanjutnya ketika berwisata ke negara India. Kota ini sangat cocok untuk Anda backpacker yang ingin merasakan sensasi pegunungan yang masih asri belum tercemar udara kota. Manali masih terletak di sekitar komplek Himalaya.

Di tempat ini Anda bisa menikmati asrinya hutan-hutan alami gunung Himalaya dan segarnya air sungai yang berasal dari gunung Himalaya. Di tempat ini Anda juga dapat menikmati glacier-glacier yang banyak bertebaran di gunung Himalaya. Banyak juga hewan-hewan liar asli penduduk gunung yang masih ada di sini seperti rusa gunung ataupun kerbau dan domba gunung.

Namun kota Manali tidak hanya cocok untuk backpacker namun juga cocok untuk wisatawan biasa. Karena di kota ini juga menawarkan indahnya Himachal Pradesh yang merupakan titik temu dari banyaknya daerah yang ada di India Utara. Karena menjadi titik temu dari berbagai daerah menjadikan kota Manali mempunyai banyak budaya.


Budaya yang terdapat di kota ini sangatlah beragam karena berasal dari perampuran budaya India yang mengandung budaya Hindu, kemudian budaya dari Spitian yang sangat kental dengan budaya Budha nya, serta budaya dari Tibet dan Khasmir yang sangat kental budaya Islaminya. Ketiga budaya dari empat kota ini menjadi satu sehingga menjadikan perpaduan kebudayaan yang sangat indah.

Kota Manali memiliki tata kota yang sangat rapi dan bersih sehingga membuat para wisatawan betah jika berkunjung ke kota ini. Di kota ini juga terdapat perkumpulan para backpacker dari seluruh penjuru dunia tepatnya berada di Old Manali.

Nah itu dia 5 kota terkenal di India yang wajib Anda kunjungi. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, April 2018 / 03:09 Oleh :
Kategori : India