10 Tempat Wisata Alam Di India Dengan Pemandangan Menakjubkan

Selama ini India dikenal dengan film Bollywoodnya yang selalu ditunggu. Selain itu, deretan aktor dan aktrisnya memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, sebut saja Syahrukh Khan, Karenaa Kapoor, Kajol, dll. India juga memiliki budaya masyarakat yang selalu menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berkunjung ke India selain menikmati pesona alamnya, juga wajib membeli Souvenir Khas India sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan bagi keluarga di rumah.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat, India menyimpan pemangan alam yang menakjubkan. Negara ini memiliki wilayah luas dan dikelilingi pegunungan Himalaya di sebelah Utara hingga Timur, serta Samudera Hindia yang terletak di sebelah Selatan. Tak heran jika terdapat tempat wisata alam di India yang memanjakan mata, jika penasaran dengan keindahan alam India, mungkin beberapa daftar tempat wisata di India ini bisa menjadi referensi liburan anda.

1. Dal Lake

Dal Lake

Dal lake terletak di Srinagar, sebuah kota yang terletak di wilayah Jammu dan Kashmir, India. Inilah wilayah terbesar kedua di India yang memiliki tempat wisata alam di India yang mempesona.

Kashmir mendapat julukan “Heaven in Earth” atau surga di bumi, Dal lake adalah objek wisata paling terkenal di Srinagar. Dalam bahasa Sansekerta danau ini disebut Maharasit, dalam cerita sejarah kuno Sansekerta terdapat sebuah desa di sebelah Timur danau bernama desa Isabar yang merupakan tempat tinggal Dewi Durga.

Danau Dal memiliki luas 18 km persegi, dengan kedalaman mencapai 6 meter. Biasanya pada bulan Juli dan Agustus danau ini akan tertutup tanaman lotus, sedangkan pada musim dingin temperatur di sekitar danau mencapai 11 derajat selsius. Di tepi danau terdapat kebun Mughal, yaitu Dhalimar Bagh dan Nishat Bagh yang dibangun sejak era kekuasaan Raja Jahangir. Di danau ini terdapat pemandangan yang cukup unik, seperti kebun, bunga, dan pasar yang semuanya mengapung di atas danau.

Jika anda pernah mengunjungi Danau Terkenal Di Australia. Sensasi yang ditawarkan oleh danau ini sangat berbeda. Yaitu dengan adanya pasar apung biasaya buka mulai pukul 5 pagi. Para petani lokal akan menjual hasil panen di atas perahu, selain itu ada banyak pedagang yang menjual berbagai amcam souvenir yang ditawarkan kepada para wisatawan.

Sekiat pukul 7 pagi, pasar akan mulai sepi pedagang. Di danau ini juga terdapat banyak penginapan yang bisa di sewa oleh pengunjung dengan harga bervariasi tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan.

2. Pangong Lake

Pangong Lake

Pangong lake di sebut juga Pangong Tso yang terletak di Himalaya dengan ketinggan 4.350 meter di atas permukaan laut. Danau ini memiliki panjang 134 kilometer yang membentang dari India sampai Cina.

Sebagian besar danau yang merupakan bagian dari tempat wisata alam di India ini terletak di Cina, yaitu sekitar 60 persen. Danau ini memiliki air asin dan akan membeku sepenuhnya ketika musim dingin. Saat ini Danau Pangong sedang dalam identifikasi sebagai lahan basah yang penting secarainternasional.

Danau ini akan menjadi lahan basah lintas batas pertama di Asia Selatan. Untuk menyaksikan keindahannya, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari Leh City, negara bagian Jammu dan Kashmir, India.


Sebelum menuju tempat ini, pengunjung harus mengurus surat izin terlebih dahulu, anda bisa mengurusnya lewat agen perjalanan. Dengan biaya sekitar 350 rupee, namun agen biasanya menawarkan harga 400 hingga 650 rupee.

Mungkin lokasi ini snagat menarik dan cocok bagi anda yang ingin Backpaker Ke India. Untuk transportasinya, anda bisa menyewa mobil atau ikut agen perjalanan yang menawarkan paket patungan jeep. Selama perjalanannya, jalur yang akan dilalui lumayan ekstrem dengan pegunungan yang mengelilinginya. Jalan berbatu, berliku dan banyaknya aliran air yang cukup deras membuat perjalanan semakin menantang.

Setelah menempuh perjalanan selama 5 jam, anda akan menyaksikan danau yang cukup luas. Pemandangan danau yang sangat indah dengan airnya yang nampak kehijauan dan jernih serta pegunungan yang mengelilinginya. Waktu paling tepat untuk berkunjung ke tempat wisata alam di India ini adalah ketika musim panas, karena ketikan musim dingin air akan membeku dan rute perjalanan menuju danau akan ditutup.

3. Great Rann of Kutch

 Great Rann of Kutch

Pernah membayangkan berjalan di atas pasir seputih kapas? Di distrik Kutch, yang merupakan distrik paling Brat Gujarat, India dan berbatasan langsung dengan Pakistan.

Meskipun terlihat tidak banyak penduduk, kawasan ini akan sangat padat ketika festival Rann Utsav yang biasanya berlangsung mulai bulan Desember sampai Maret.

Pada festival gurun ini, wisatawan bisa meyaksikan berbagai kegiatan menarik seperti, balon udara, perkemahan, safari unta, pertunjukkan tarian dan budaya, dan masih banyank lagi.

Tempat Wisata Di India ini akan terlihat semakin indah ketika malam bulan purnama. Great Rann of Kutch dibagi menjadi dua, yaitu Great Rann dan Little Rann yang masing-masing menawarkan pesona berbeda. Yang pertanam terkenal karena bentang alam yang spektakular, sedangkan yang kedua dikenal sebagai pusat peternakan satwa liar dan garam. Dalam bahasa Hindi Rann berarti gurun.

Tempat ini membentang seluas 10.800 mill persegi, dan akan kering di saat musim dingin, namun akan dipenuhi air ketika musum panas karena hujan yang deras. Karena memiliki iklom yang cukup ekstrim, wisatawan sebaiknya mengunjungi lokasi ini ketika musim dingin. Permukaan garam yang berwarna putih berkilau akan terlihat snagat menakjubkan ketika tersinari oleh cahaya bulan.

Pengunjung bisa mengaksesnya melalui kota Bhuj, ada baiknya anda menggunakan jasa tour guide. Selama di perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang tiada habisnya. Seperti Kalo Dungar yang berarti “bukit hitam”, bukit ini dipenuhi dengan batuan vulkanik yang berwarna hitam gelap dan merupakan titik tertinggi di Kutch.

Oleh karena itulah lokasi ini populer sebagi tempat untuk menikmati matahari terbenam. Selain itu terdapat pula Kuil Dattatreya yang memiliki bagunan sangat indah, konon katanya kuil ini sudah berusia lebih dari 400 tahun loh.

4. Nubra Valley

Nubra Valley

Selain memiliki bagunan dengan arsitektur megah dan unik, serta Tempat Terkenal Di India seperti Taj Mahal. Nubra Valley juga layak untuk dikunjungi. Nubra Valley adalah sebuah lembah yang terletak di sebelah Timur Laut lembah Ladakh.

Tepatnya berada di Diskit, ibukota Nubra, yang berjarak 150 kilometer sebelah Utara dari Kota Leh, ibukota distrik Ladakh, India. Warga lokal mengatakan bahwa nama asli dari tempat ini adalah Ldumra yang berarti lembah bunga.

Inilah tempat bertemunya sungai Shyok dan Nubra atau sungai Siachan yang kemudian membentuk lembah besar yang akhirnya memisahkan pegunungan Ladakh dan Karakoram.


Sungai Shyok sendiri adalah anak sungai dari sungai Indus. Tempat ini memiliki ketinggian rata-rata 10.00 kaki atau 3.048 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju tempat ini pengunjung harus melakukan perjalan melewati Khardung La pass di kota Leh.

Warga asing yang ingin mengunjungi lembah ini wajib mendapatkan surat izin kawasan lindung untuk mengunjugi Nubra valley. Namun sejak 2 April 2017 lalu, bukan hanya warga asing melainkan warga lokal India pun wajib mendapat surat izin untuk memasuki kawasan ini.

Sama halnya dengan dataran tinggi Tibet lainnya, Nubra merupakan gurun dingin dengan curah hujan sedikit dan minimnya tumbuhan selain di sepanjang aliran sungai. Sebagian besar wilayah Nubra Valley dihuni oleh penutur Nubra atau penutur Nubra Skat yang mayoritas menganut ajaran Budha.

Sedangkan di ujung sebelah Barat atau titik terendah dari lembah Nubra memiliki penduduk Balti dari Gilgit-Baltistan yang berbicara dalam bahasa Balti, dan mayoritasnya merupakan penganut Muslim Syiah dan Sufia Nurbakhsia. Tempat wisata alam di India lainnya adalah:

  • Sundarbans, West Bengal
  • Gurudongmar Lake, North Sikkim
  • Dzuko Valley, Kohima, Nagaland
  • Key Monastery, Spiti Valley
  • Valley of Flower National Park 
  • Baisaran Hills, Pahalgam, Kashmir

, , , ,
Post Date: Tuesday 19th, February 2019 / 03:04 Oleh :
Kategori : India