Tian Tan Buddha , Wisata Religius Yang Wajib Di Kunjungi Di Hongkong

Objek wisata di dunia ada beraneka ragam, jika Anda punya kesempatan untuk berkunjung ke manakah Anda akan pergi untuk menikmati liburan Anda? Ada banyak sekali agen wisata yang menawarkan paket berlibur ke tempat-tempat wisata tertentu, pada umumnya di Asia, tempat wisata di Singapura, tempat wiata di Thailand, tempat wisata di Malaysia akan menjadi negara utama kunjungan wisata. Baru kemudian daerah Eropa akan menjadi alternatif lainnya.

Salah satu tempat wisata yang memiliki daya tarik besar ialah sebuah tempat wisata di Hongkong bernama Buddha Tian Tan yang berlokasi di NGong Ping, Pulau Lantau, Hong Kong. Budha Tian Tan dikenal juga dengan sebutan “Budha Besar” karena ukurannya yang memang sangat besar.

Buddha Tian Tan dibangun pada tahun 1993 dengan bahan berupa perunggu. Buddha Tian Tan mengambil karakter utama tokoh Buddha Sakyamuni. Buddha Tian Tan berada di dekat Biara Po Lin dan menjadi lambang hubungan hamonis antara makhluk hidup dengan alam lingkungannya, sesama anggota masyarakat, dan agama.

Sekapur Sirih Buddha Tian Tan

Patung-Raksasa-Tian-Tai-Buddha

Patung Buddha Tian Tan menjadi ikon wisata di Hongkong. Keberadaannya sangat filosofis dan religius, karena dilambangkan sebagai penanda keberadaan surge. Pondasi patung Buddha Tian Tan dibuat menyerupai model altar surge dari kuil langit yang ada di Beijing.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Hongkong pasti tidak ingin melewatkan kunjungannya ke patung Buddha Tian Tan ini. Semua orang ingin menyaksikan sebuah patung Buddha yang duduk di atas bunga teratai dengan warna emas yang mengkilat dan menarik perhatian dari kejauhan. Ketika Anda sampai di lokasi, Anda akan melihat patung Buddha Tian Tan juga dikelilingi oleh enam patung perunggu yang bentuknya lebih kecil. Patung-patung itu dikenal dengan nama “Persembahan dari Enam Dewa”. Masing-masing patung memperlihatkan pose mempersembahkan bunga, dupa, salep, lentera, buah, dan musik untuk sang Buddha.

Keberadaan enam patung tersebut juga menjadi lambang dari enam entitas moral yang sangat penting untuk membangun kehidupan antara lain moralitas, semangat, meditasi, kedermawanan, kesabaran, dan kebijaksaan. Enam entitas moral itu disebut dengan enam paramita.

Bentuk Arstistik Patung

Patung ini memiliki bobot sebesar 250 ton metrik, dibangun dengan 202 potongan perunggu dan memiliki ketinggian setinggi 34 meter atau 112 kaki. Dengan ketinggian yang begitu mencolok itu, patung tersebut dapat dilihat dari seberang teluk sampai sejauh Makau di hari yang cerah. Patung Buddha Tian Tan diperkuat dengan kerangka baja.

Pengunjung yang ingin merasakan suasana sekitar patung Budha Tian Tan harus mendaki anak tangga sebanyak 268 buah terlebih dahulu sebelum mencapai puncaknya. Dalam pendakian, Anda akan merasakan menikmati pemandangan dan jalan yang berkelok-kelok.

Begitu sampai di dekat Patung Buddha Tian Tan, Anda bisa melihat tangan kanan Buddha dinaikkan melambangkan penghapusan dunia dari penderitaan, sedangkan tangan kirinya melambangkan sikap kedermawanan, karena itulah posisinya terbuka di pangkuannya. Berbeda dengan posisi patung Budha lainnya yang menghadap ke arah Selatan, Budhha Tian Tan menghadap ke arah utara.


Pemandangan dari Biara Tian Tan Buddha

Tian Tan Buddha

Anda sudah sampai di depan Tian Tan Buddha? Bagaimana pemandangan sekitarnya menurut Anda? ada begitu spot foto yang sangat indah di sekitar Patung Buddha Tian Tan, bahkan sejak menginjakkan kaki di area parkirnya, ketika menaiki tangga satu per satu untuk mencapai puncak Buddha, Anda bisa merasakan spotnya, kesejukan angin yang semakin ke atas akan semakin sejuk.

Di sekitar Buddha, ada pemandangan yang sangt bagus dari vihara dan kota Hongkong. Anda bebas mengambil foto dari spot-spot tertentu. Nikmati pemandangan di sekitar Budha Tian Tan sampai Anda puas.

Jangan lupa untuk mengamati lingkungan sekitarnya juga, terdapat pintu gerbang formal yang mengarah ke Biara Poh Lin dengan desain yang sangat mengesankan. Dahulu, wisatawan bisa masuk ke area biara melalui pintu gerbang ini namun kini akses itu sudah dibatasi. Area tersebut dibuka secara penuh hanya untuk melaksanakan upacara-upacara tertentu.

Popularitas Patung Budha Tian Tan

Patung Buddha Tian Tan sangat populer di antara destinasi wisata di Hongkong. Banyak wisatawan yang tak sabaran untuk sampai ke puncak Tian Tan Buddha, karena itu banyak juga wisatawan yang mengantri di anak tangga menuju puncak Budha Tian Tan.

Tahukah Anda bahwa momen pembangunan patung Budha Tian Tan menjadi momen pembangunan yang sangat penting untuk umat Buddha? Pada saat acara pembukaannya, pelaksanaannya dihadiri oleh biarawan Hong Kong dan biarawan-biarawan lainnya yang berasal dari

  1. Cina
  2. Taiwan
  3. India
  4. Jepang
  5. Korea
  6. Thailand
  7. Malaysia
  8. Singapura
  9. Sri Langka
  10. bahkan ada yang berasal dari Amerika Serikat.

Sejak diresmikan, patung Budha Tian Tan menjadi pusat keagamaan umat Buddha di Hong Kong. Untuk Anda ketahui, bahwa di bawah patung Tian Tan Buddha terdapat ruangan khusus yang di dalamnya tersimpan barang-barang peninggalan Buddha Gautama. Wisatawan yang berminat memasuki ruangan tersebut, harus memenuhi syarat tertentu, mudahnya Anda harus membayar tiket masuknya.


Di dalam, Anda akan melihat sebuah bel berukuran besar yang bisa berdentang setiap tujuh menit sekali. Dengan demikian, dalam sehari bel tersebut akan berbunyi sebanyak 108 kali. Bunyi bel ini merepresentasikan pelepasan 108 jenis masalah pada diri manusia.

Disarankan untuk menikmati pemandangan di sekitar Patung Buddha dalam jangka waktu yang lama. Puaskan diri Anda untuk merasakan kesejukan angina yang berhembus di sekitar patung Budha. Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam ruangan rahasia itu, sebaiknya pelajari dan lihat baik-baik semua yang ada di dalamnya.

Tiket masuk

  • tidak ada tiket masuk

Jam buka

  • Setiap hari buka jam 10.00–17.30

Akses menuju Buddha Tian Tan

Ada beberapa jalur yang akan mengantarkan Anda sampai ke Buddha Tian Tan dari tengah kota Hongkong, jalur tersebut antara lain:

  • MTR Tung Chung Station keluar di jalur B, kemudian ambil jalur Ngong Ping Cable Car, perjalanan akan makan waktu selama sekitar 25 menit. Kemudian Anda bisa jalan kaki ke tujuan selama 10 menit.
  • MTR Tung Chung Station Exit B, kemudian ambil jalur New Lantao Bus 23 dari Tung Chung Town Centre, perjalanan ini akan makan waktu selama 45 menit, kemudian Anda bisa jalan kaki selama delapan menit.
  • Dari Central Pier 6 to Mui Wo, ambil jalan New Lantao Bus 2 to Ngong Ping Village, perjalanan ini akan makan waktu selama 40 menit

, , , ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 03:54 Oleh :
Kategori : Hong Kong