Wisata Victoria Peak Hongkong, Tips Kunjungan Ke Titik Tertinggi Di Hongkong

the peak tram mengangkut penumpang

Hongkong yang penuh dengan modernitas dan kesibukan menawarkan pesona lain dengan ragam wisata di ketinggian Victoria Peak yang juga merupakan titik tertinggi di negara ini dan juga salah satu Tempat Wisata Di Hong Kong. Victoria Peak Hongkong berada di ketinggian 552 meter sehingga tak heran bila tempat ini menjanjikan keindahan pemandangan negeri dengan dua sistem ini khususnya Pelabuhan Victoria, Pulau Hongkong, dan Kowloon seperti wisata Bukit Bendera di malaysia.

Victoria Peak atau yang kerap juga disebut sebagai Gunung Austin atau The Peak, sebenarnya adalah sebuah gunung yang juga digunakan untuk tujuan lain seperti radio telekomunikasi di puncak teratas, namun area residen yang berada di lokasi lebih rendah menawarkan atraksi wisata yang bisa dinikmati semua orang. Mulai dari pemandangan, museum, restoran, hingga beragam toko souvenir.

Victoria Peak Hongkong di Masa Lalu

Victoria Peak sejak zaman dulu sudah dikenal sebagai puncak tertinggi Hongkong dengan panorama kota yang cukup diminati oleh orang-orang Eropa. Mereka menyukainya karena udaranya yang lebih sejuk ketimbang udara kota Hongkong yang lembab. Gubernur Hongkong kala itu juga mulai membangun villa di puncak Victoria Peak.

Di sekitar tahun 1904-1930, hanya orang-orang selain etnis Cina yang boleh memiliki rumah di sana, sedangkan saat ini aturan lebih mengacu pada jumlah kekayaan. Peak Tram mulai dibuka sejak tahun 1888 dan langsung meningkatkan pembangunan di Victoria Peak yang sebelumnya kurang efektif karena hanya ada tandu yang diangkut manusia sebagai kendaraan bagi residen Victoria Peak.

Tempat Menarik di Victoria Peak Hongkong

the peak cafeDi puncak Victoria Peak, kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari berpiknik, mengunjungi museum, dan yang utama melihat pemandangan kota dari ketinggian. Namun tempat-tempat berikut menawarkan pemandangan kota yang tidak akan mengecewakan sekaligus pengalaman lain berwisata di Victoria Peak Hongkong.

  1. Peak Tower

Jika kamu pergi ke puncak dengan menggunakan Peak Tram, maka kamu akan tiba di Peak Tower sebab pemberhentian tram di puncak ada di dalam menara ini. Tidak hanya memesona para pengunjung Victoria Peak, menara ini adalah bangunan terunik sekaligus ikon Hongkong. Menara berbentuk wajan ini berada di ketinggian 396 meter dan menawarkan banyak area untuk menyaksikan pemandangan langit Kowloon dan Hong Kong juga pelabuhan Victoria.


  1. Peak Galleria

Berlokasi di seberang Peak Tower, Peak Galleria juga menawarkan teras-teras di mana kamu dapat menyaksikan pemandangan Hongkong dari ketinggian. Selain itu, bila kamu penggemar belanja, tersedia beragam toko, kafe, restoran, supermarket, bahkan toko buku di gedung ini. Sedikit tips, bila kamu ingin menyaksikan pemandangan Hongkong yang prima tanpa membayar lebih, kamu bisa pergi ke sini daripada membayar lagi di Peak Tower.

  1. Museum Madame Tussaud

Tidak hanya Singapura dengan The Art Science Museum nya, Victoria Peak juga punya museum Mada Tussaud yang berada di lantai dua Peak Tower dan menawarkan beragam pesona patung lilin tokoh-tokoh ternama Hongkong dan dunia dalam ukiran mendetail yang sangat mirip aslinya. Ada sekitar 100 koleksi patung lilin di sini. Beberapa nama terkenal yang patungnya bisa kamu temui adalah David Beckham, Jackie Chan, dan Andy Lau.

  1. Sky Terrace 428

Bila Peak Tower menawarkan pemandangan Hongkong dari ketinggian 396 meter, maka Sky Terrace 428 memberikan pemandangan di titik yang lebih tinggi lagi, 428 meter. Di sini kamu bisa memandang panorama Hongkong 360 derajat. Yang lebih kerennya lagi, beberapa titik menawarkan area yang terbuka tanpa atap.

  1. The Peak Café

Tidak hanya Malaysia yang punya tempat makan favorit di Kuala Lumpur, Victoria Peak juga punya tempat makan yang tidak boleh dilewatkan yakni kafe yang sudah berdiri sejak 1947. Sebelum menjadi kafe, bangunan satu lantai ini merupakan tempat tinggal para insinyur Inggris yang membantu membangun Peak Tram di tahun 1901. Meski makanan yang ditawarkan kebanyakan menu oriental, namun interiornya lebih menyerupai rumah tradisional Eropa.

Jam Buka Victoria Peak Hongkong

pemandangan malam dari victoria peak

Sebagai sebuah area residen dengan beragam atraksi wisata, Victoria Peak Hongkong memiliki jam operasional yang berbeda-beda untuk setiap lokasinya.

  1. Victoria Peak Garden dan taman umum lainnya buka 24 jam setiap harinya
  2. The Peak Tram 07.00 – tengah malam (setiap hari)
  3. The Peak Tower, Sky Terrace, dan toko-toko 08.00 – 23.00 (akhir pekan dan hari libur) dan 10.00 – 23.00 (Senin – Jumat)
  4. The Peak Galleria 10.00 – 22.00 (setiap hari)
  5. Pusat Informasi 09.00 – 21.00 (setiap hari)
  6. Beberapa toko kecil dan toko tertentu biasanya buka di jam yang sama (pukul 10.00) namun dapat tutup lebih awal

Tiket Masuk Victoria Peak Hongkong

Sebenarnya mengunjungi Victoria Peak Hongkong bisa menjadi gratis bila kamu mau mendaki hingga ke puncak atau penyuka wisata alam seperti di Doi Inthanon National Park. Beberapa informasi yang memberikan rute-rute seperti melalui Stanley, Aberdeen, atau Pok Fu Lam juga bisa ditemukan. Meskipun menawarkan pemandangan yang indah, namun permukaan jalan kadang curam dan untuk beberapa orang mungkin akan sangat melelahkan. Sehingga pilihan lainnya adalah duduk manis di dalam Peak Tram yang akan membawamu ke puncak dalam waktu 10 menit.

  1. Tiket Peak Tram untuk dewasa 37 Dolar Hongkong (one way) atau 52 Dolar Hongkong (PP) dan untuk anak/senior 14 Dolar Hongkong (one way) atau 23 Dolar Hongkong (PP).
  2. Tersedia juga tiket terusan yang menggabungkan Peak Tram dengan beberapa atraksi lain seperti Sky Terrace 428 atau Madame Tussaud mulai dari 84 Dolar Hongkong untuk dewasa dan 38 Dolar Hongkong untuk anak dan senior.
  3. Tiket Sky Terrace sebesar 48 Dolar Hongkong
  4. Tiket Peak Tower sebesar 20 Dolar Hongkong

Akses Menuju Victoria Peak Hongkong

the peak towerTurun di Stasiun MTR Central, pilih pintu keluar J atau K dan berjalan selama 12 menit mengikuti tanda

  1. ca
  2. Naik bus 15C dari Central Pier 8 atau jalan dari pintu keluar J2 Stasiun MTR Central untuk naik Peak Tram dari Peak Tram Lower Terminus di Garden Road
  3. Dengan minibus 1 dari area transportasi umum di pintu keluar E Stasiun MTR Hong Kong
  4. Naik bus 15 dari Exchange Square (dekat pintu keluar D Stasiun MTR Hong Kong) sampai ke puncak Victoria Peak
  5. Bila kunjunganmu di hari Minggu atau hari libur, tersedia bus 15B tujuan puncak Victoria Peak yang berangkat dari Stasiun MTR Tin Hau

Tips Mengunjungi Victoria Peak Hongkong

  1. Datanglah setengah jam sebelum matahari terbenam untuk melihat lampu-lampu kota berwarna-warni yang perlahan mulai menyala
  2. Sisihkan waktu setidaknya dua jam untuk perjalanan pulang pergi, menikmati pemandangan dari puncak Victoria Peak Hongkong, dan mengunjungi atraksi lain.
  3. Untuk menghindari antrian saat membeli tiket, kamu bisa menggunakan Octopus Card, kartu pembayaran serbaguna yang bisa didapatkan di pusat informasi Hongkong Tourism Board.
  4. Usahakan datang di pagi atau sore hari di luar hari Minggu, sebab antrian tiket biasanya penuh sekitar pukul 10.00 hingga jam makan siang, terutama hari Minggu dan hari libur.
  5. Saat naik Peak Tram, duduklah di sebelah kanan untuk mendapatkan pemandangan yang lebih bagus
  6. Bila kamu adalah penyandang disabilitas, Peak Tram bukanlah kendaraan yang aksesibel namun kamu bisa meminta pertolongan dari staff.
  7. Hindari mengunjungi Victoria Peak saat sedang mendung bila tujuanmu adalah untuk melihat pemandangan Hongkong, sebab kamu akan kecewa.
  8. Bawalah jaket dan payung, karena biasanya udara lebih dingin dan lembab di puncak Victoria Peak.

, , , , ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 08:06 Oleh :
Kategori : Hong Kong