11 Oleh Oleh Khas Brunei Terfavorit Wisatawan Yang Wajib Di beli

Apabila Anda sedang bepergian atau berwisata di suatu daerah tentu saja Anda ingin memaksimalkan segala macam kegiatan di tempat tersebut agar bisa mendapatkan moment sebanyak mungkin. Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi suatu tempat wisata dan akan kembali ke kota asal tanpa membawa sesuatu yang khas dari tempat wisata tersebut. Terlebih apabila Anda sedang pergi ke mancanegara, tentu wisata tersebut kemungkinan hanya terjadi dalam seumur hidup.

Brunei Darussalam merupakan negara yang terletak di utara pulau Kalimantan. Brunei Darussalam dikenal sebagai negara islam yang memiliki pasokan minyak yang melimpah. Apabila Anda sedang berkunjung ke Brunei Darussalam, Anda bisa menikmati berbagai macam wisata islam maupun wisata alam dan buatan di sana. Mayoritas warga negara Brunei Darussalam merupakan warga muslim sehingga Anda yang berkunjung di sana akan sangat mudah beradaptasi.

Dengan berbekal tips jalan-jalan ke brunei, anda bisa liburan di brunei dengan tenang dan aman. Keragaman tempat wisata yang bisa dikunjungi di Brunei Darussalam, maka ada banyak pula oleh-oleh khas yang bisa dimiliki dan dinikmati oleh Anda sebagai pelancong. Berikut oleh-oleh khas yang bisa Anda dapatkan selama berada di Brunei Darussalam. Oleh oleh khas brunei versi alowisata:

  1. Gantungan kunci

gantungan-kunci-bruneiGantungan kunci merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa dijadikan hadiah ke teman-teman terdekat. Gantungan kunci brunei darussalam sangat mudah ditemukan dimanapun. Bahkan tersebar diseluruh pusat perbelanjaan oleh-oleh di brunei. Gantungan kunci bisa dibeli dalam jumlah banyak namun tidak akan terkena bea cukai atau pajak bandara.

Gantungan kunci brunei banyak memiliki variasi modelnya. Harga gantungan kunci brunei bervariasi. Anda harus lebih cermat dalam melakukan tawar-menawar harga dengan penjual.

Karena dengan anda melakukan penawaran yang standar, kemungkinan anda akan mendapatkan harga yang relatif murah atau mendapat diskon. Tidak semua toko atau kios bisa ditawar karena ada beberapa kios yang memang memasang harga pas.

  1. Kaos

kaos-bruneiKaos  adalah hal yang wajib dibeli ketika berkunjung ke suatu wilayah atau negara baru. Terkadang, menggunakan kaos berlabelkan nama wilayah atau negara tertentu membuat kebanggaan tersendiri bagi pengguna.

Dengan menggunakan kaos berlabel nama negara tertentu, kita akan merasa bangga bahwa pernah mengunjungi negara tersebut atau mendapatkan hadiah dari seseorang yang pernah berkunjung ke negara tersebut.

Kaos brunei sangat bermacam-macam model dan warnanya. Anda bisa memilih segala macam model dan warna kaos sesuai dengan keinginan masing-masing. Kaos tidak hanya bisa dijadikan hadiah ke orang lain, namun bisa juga untuk hadiah diri sendiri.


Variasi harga kaos brunei sangat beragam. Anda harus pintar dalam melakukan penawaran harga ketika membeli. Hal ini supaya ada bisa mendapatkan diskon dari penjual meskipun dalam jumlah sedikit.

  1. Kain Khas Brunei

kain-jong-sarat1Sama halnya dengan sumba, indonesia yang terkenal dengan kain khasnya. Brunei juga memiliki cinderamata yang khas juga, yaitu kain jong sarat. Kain Jong Sarat merupakan kain khas yang dimiliki oleh brunei darussalam. Kain Jong Sarat ini dibuat dengan proses produksi handmade.

Dengan menggunakan kain sutra atau kain katun, kain Jong Sarat biasa digunakan untuk acara formal di brunei. Kain jong sarat memiliki nilai estetika tersendiri. Sama halnya dengan, malaysia negara yang dekat dengan brunei juga memiliki oleh-oleh khas malaysia yang memiliki kekhasan tersendiri.

Kain Jong Sarat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Benang emas dan perak yang digunakan untuk menenun kain Jong Sarat menjadikan kain jong sarat memiliki nilai seni tersendiri. Variasi warna dan model kain sangat beragam. Anda bisa memilih model dan warna sesuai dengan selera anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan banyak referensi oleh-oleh yang cocok untuk anda berikan ke keluarga atau orang terdekat.

  1. Wajid

kue-wajidWajid merupakan kue kecil yang cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Brunei Darussalam. Sama halnya dengan indonesia yang memiliki jenis kue seperti wajid di Brunei. Jajanan khas Indonesia yang mirip dengan wajid bernama wajik. Kue wajid terkenal dengan rasanya yang manis namun tidak berlebihan.

Awalnya, kue wajid diperkenalkan dari orang-orang yang berasal dari indonesia. Seiring berkembangnya zaman dan waktu berlalu, wajid terus mengalami perkembangan sehingga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Brunei Darussalam. Wajid merupakan oleh-oleh yang pas untuk dijadikan hadiah atau oleh-oleh untuk keluarga, teman dan lainnya di tanah air.

  1. Kue Selurut

kue-selurutKue selurut merupakan kue khas brunei yang dibungkus oleh janur. Kue selurut mirip dengan kue celorot yang ada di Indonesia. Kue selurut bisa dijadikan alternatif oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di tanah air. Rasa yang khas menciptakan citarasa tersendiri bagi kue selurut.

Kue selurut bisa didapatkan di hampir semua tempat perbelanjaan oleh-oleh di brunei. Dengan sifat yang mudah dicari, keu selurut bsia dijadikan bahan pertimbangan untuk dijadikan oleh oleh khas brunei. Harga yang ditawarkan untuk kue selurut tidak mahal, sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh khas brunei yang beragam.

  1. Kue Sapit

kue-sapitKue sapit merupakan salah satu kue khas brunei yang bisa dijadikan oleh oleh khas brunei. Kue sapit memiliki persamaan dengan kue semprong di Indonesia. Konon katanya, kue sapit adalah kue yang dibawa oleh orang belanda yang berkunjung ke Brunei. Sehingga hingga sekarang, nama kue sapit bisa juga disebut dengan kue belanda.

Kue sapit terkenal dengan rasanya yang renyah dan sedikit manis. Kue sapit sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh khas brunei untuk keluarga dan teman-teman di tanah air. Kue sapit di brunei, umumnya dibanderol dengan harga yang relatif murah. Sehingga ketika anda ingin membeli kue sapit dalam jumlah yang banyak adalah hal yang wajar.

  1. Lencana

pernak-pernikLencana merupakan jenis pernak pernik oleh-oleh di brunei. Dengan bentuknya yang relatif kecil, lencana adalah salah satu oleh-oleh yang meskipun dibeli dalam jumlah yang banyak, tidak akan menghabiskan tempat didalam koper. Lencana khas brunei adalah oleh-oleh yang cocok untuk diberikan ke teman terdekat dalam jumlah yang banyak.

Lencana bisa didapatkan diberbagai pusat perbelanjaan oleh-oleh di Brunei. Model dan variasi lencana khas brunei sanga banyak jenisnya. Anda bisa mendapatkan lencana dengan model yang sangat banyak. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam. Anda bisa melakukan penawaran harga ketika kios tersebut tidak memasang harga pas untuk lencana tersebut.

  1. Kue Cincin

kue-cincinSama halnya dengan kue sapit, kue cincin merupakan salah satu kue khas brunei yang pantas dijadikan oleh oleh khas brunei. Kue cincin memiliki citarasa yang manis dan gurih. Kue cincin adalah kue yang mirip dengan kue di indonesia, yaitu kue kembang goyang. Dinamakan kue cincin karena bentuknya yang mirip cincin.

Kue cincin merupakan makanan kering sehingga bisa dijadikan oleh-oleh tanpa takut basi. Kue cincin bisa diborong dalam jumlah yang banyak untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan saudara-saudara di tanah air. Kue cincin sangat khas dengan rasanya. Kue cincin bsai ditemukan di hampir seluruh pusat perbelanjaan di Brunei.


  1. Topi

topi-usbekTopi merupakan salah satu item fashion yang sangat digemari semua orang. Topi bisa digunakan oleh semua gender, baik laki-laki maupun perempuan. Topi juga bisa digunakan untuk semua usia. Topi merupakan salah satu oleh-oleh yang bersifat general karena bisa diberikan kepada siapa saja.

Model dan warna topi brunei sangat bermacam-macam. Anda bisa membeli sesuai dengan keinginan dan selera fashion anda. Anda bisa juga melakukan penawaran untuk mendapatkan harga yang murah. Dengan begitu, anda bisa menghemat sedikit uang anda untuk digunakan membeli oleh-oleh lainnya.

Oleh-oleh lain yang bisa dibeli untuk dijadikan hadiah atau cinderamata untuk kerabat di tanah air adalah sebagai berikut:

  1. Kuih Sapit
  2. Kuih Bahulu
  3. Post Card

Berkunjung ke brunei merupakan salah satu pengalaman yang sangat luar biasa karena bisa mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor negara lain. Brunei merupakan negara yang dekat dengan malaysia. Anda bisa mengeksplor berbagai tempat wisata di malaysia. Selain itu, anda bisa menemukan berbagai tempat belanja murah di malaysia. Hal ini bisa menjadi bahan referensi untuk liburan anda.

, , , ,
Post Date: Monday 21st, May 2018 / 03:03 Oleh :
Kategori : Brunei Darussalam