6 Oleh Oleh Khas Vietnam Paling Favorit Yang Wajib Di Beli

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang semakin ramai dikunjungi turis mancanegara dengan obyek – obyek wisatanya yang banyak menarik minat. Tempat wisata di Vietnam seperti tempat – tempat wisata di Ho Chi Minh, di Hanoi, dan Da Nang tak pernah kehabisan turis yang berkunjung untuk menikmati keunikan dan keindahan negeri ini.

Sebagai negara yang memiliki banyak lokasi wisata, tentunya Vietnam juga memiliki Oleh Oleh Khas Vietnam sendiri yang patut dibawa pulang oleh siapapun yang berkunjung ke sana. Negara yang juga kaya akan budaya dan sejarah ini memiliki beragam souvenir menarik khas Vietnam yang wajib dibawa pulang yang bisa dibeli untuk menjadi kenang – kenangan. Tak hanya yang berkaitan dengan budaya atau sejarah saja, namun juga barang – barang seperti kuliner, karya seni, bahkan karya arsitektur.

Bila kamu berkunjung ke Vietnam, kami memiliki beberapa oleh – oleh khas setempat yang kerap menarik perhatian para wisatawan. Selain itu, dengan membeli souvenir ini kamu akan tetap bisa mengingat memori perjalanan selama di Vietnam karena lekatnya jiwa Vietnam dalam produk – produk yang akan kami sajikan di bawah ini.

  1. Produk Sutera

produk suteraBicara soal produk – produk kain sutera, seseorang tak boleh melewatkan Vietnam terutama Hanoi dengan desa sutera Van Phuc atau yang juga dikenal dengan nama Ha Dong yang sudah mengukir industri kerajinan sutera sejak ribuan tahun lamanya.

Desa yang terletak sekitar 8 km dari pusat kota Hanoi ini kerap dikunjungi para pemburu sutera karena jaraknya yang dekat, harga yang lebih murah, sekaligus keberadaan pelatihan menganyam sutera yang bisa diikuti para turis.

Namun bila kamu tidak bisa pergi ke Van Phuc, sutera ini juga dijual di pusat kota Hanoi seperti di Khai Silk, Duc Loi Silk, dan Le Minh Silk yang semuanya berloaksi di Hoan Kiem. Produk sutera yang dijual pun ada beragam mulai dari dasi yang cocok dijadikan kado untuk kerabat laki – laki dengan harga mulai dari 720 ribu Vietnam Dong, syal untuk kawan wanita dengan harga sekitar 480 ribu Vietnam Dong, atau kain sutera dengan harga mulai dari 150 ribu Vietnam Dong per meternya, dan tas kosmetik yang dibanderol mulai dari 240 ribu Vietnam Dong.

  1. Produk Sulaman Tangan

produk sulamMasih untuk pecinta kain atau kerajinan yang berbasis kain, Vietnam punya banyak produk sulaman tangan dalam berbagai bentuk mulai dari seprai, selimut, sarung bantal, celemek, sapu tangan, taplak meja, dekorasi, hingga lingerie dan gaun malam.

Saking banyaknya produk ini dibuat, kamu juga mesti berhati – hati dan hanya membeli produk terbaik yang biasanya terbuat dari katun atau linen. Desain yang paling banyak diincar dan kualitasnya baik adalah naga raksasa dan bunga teratai. Ada juga desain pemandangan Danau Hoan Kiem 


Oleh – oleh ini cocok diberikan untuk wanita terkasih dalam hidup seperti ibu atau istri, mungkin juga bibi. Banyak tempat terbaik yang kami rekomendasikan untuk membeli souvenir ini di Hoan Kiem, seperti di Tan My Designs, Chi Vang, May Store, dan Ngoc Van. Harganya sendiri berbeda- beda, mulai dari 180 ribu Vietnam Dong untuk celemek, 30 ribu Vietnam Dong untuk tas kosmetik, dan 100 ribu Vietnam Dong untuk sapu tangan.

  1. Kertas Do

kertas doMencari kerajinan dari kertas, ada kertas Do a la Vietnam yang dibuat dari tanaman liar bernama Rhamnoneuron balansae yang sudah digunakan beratus – ratus tahun lamanya untuk memuat karya seni lokal. Salah satunya adalah lukisan Dong Ho yang terkenal. 

Kamu bisa memburu produk – produk kerajinan dari kertas Do di sekitar Old Quarter di Hanoi, khususnya di toko – toko barang kerajinan. Produk yang ditawarkan sangat beragam seperti kartu ucapan, kartu pos, buku catatan, dan buku tulis.

Hadiah khas Vietnam yang wajib dibawa pulang ini bisa kamu berikan untuk teman – teman yang menyukai kerajinan. Bisa ditemukan di toko seperti Craft Link yang berlokasi di Dong Da atau toko – toko souvenir yang ada di Old Quarter, harga produk ini sama sekali tidak mahal yakni mulai dari 35 ribu Vietnam Dong.

  1. Teh Teratai

teh terataiKalau kamu ingin membeli souvenir yang bisa dikonsumsi, maka ada pilihan teh teratai yang sudah menjadi ciri khas para pembuat teh di Vietnam. Sebagai bunga nasional negara Vietnam, teratai banyak digunakan dalam berbagai kegiatan termasuk sebagai penambah rasa dan aroma dalam teh hijau.

1500 bunga teratai harus digunakan untuk bisa menghasilkan 1 kg teh teratai, yang membuat harga teh ini sangat mahal, mulai dari 5 juta Vietnam Dong sampai dengan 8 juta.

Rasa teh hijau yang dipadukan dengan aroma teratai memiliki aroma dan rasa vanilla yang manis dan menyegarkan di mulut, sehingga harganya yang mahal kerap kali tak menjadi masalah bagi penikmatnya. Namun jangan khawatir, ada toko yang menjual kemasan 125 gram, karena untuk secangkir teh kamu hanya perlu sekitar 3,6 gram saja. Misalnya di Huong Mai Café di Hoan Kiem, trasen.vn di Tay Ho, atau Che Minh Cuong di Thanh Xuan.

  1. O Mai Manisan A la Vietnam

o maiSatu lagi oleh – oleh yang bisa dikonsumsi yakni o mai, manisan (atau bisa juga terasa asain) khas Hanoi yang menggunakan bahan dasar buah dan rempah. Lengkapnya o mai adalah buah kering yang dicampur dengan gula, garam, jeruk nipis, cabai, dan jahe sehingga rasanya berpadu antara asin, manis, asam dan pedas.

Buah yang digunakan biasanya nanas, plum, aprikot, peach, belimbing, asam, mangga, dan kumquat. Pertama kali mencoba mungkin tak semua orang menyukainya, namun ini adalah makanan favorit di hari besar.

Makanan ini merupakan snack yang biasanya dimakan bersama teh teratai dan kerap disajikan untuk tamu saat Tahun Baru Cina atau disebut sebagai hari Tet di Vietnam. Bila ingin membeli oleh oleh khas Vietnam ini, kamu bisa menyusuri Hang Duong Street karena banyak orang menjual makanan ini di sana seperti toko Hong Lam, Tien Thinh, dan Toan Thinh. Harganya mulai dari 40 ribu Vietnam Dong per kotak seberat 200 gram atau bisa jadi lebih murah dengan harga 90 ribu per kotak seberat 500 gram. Bisa juga kamu makan sambil berkeliling War Remnants Museum.

  1. Ao Dai (Pakaian Tradisional Vietnam)

ao daiPakaian tradisional akan selalu menjadi salah satu pesona sendiri bagi para wisatawan yang tengah memikirkan souvenir untuk dibawa pulang. Ao Dai adalah pakaian tradisional Vietnam sekaligus kostum nasional yang telah dikenakan sejak abad ke 18. 


Bentuknya adalah busana atasan panjang yang ketat dengan celana panjang. Siapa bilang hadiah semacam ini tak pantas dibeli untuk para pecinta fashion? Pilihan warna ao dai yang beragam selalu menjadi pilihan banyak orang Vietnam untuk dikenakan dalam berbagai acara.

Harga ao dai sendiri beragam mulai dari 700 ribu Vietnam Dong bila kamu membeli ao dai pabrikan yang bisa langsung pakai, atau bisa lebih mahal jika kamu memilih untuk membeli ao dai yang didesain khusus untukmu. Kamu bisa membelinya di Pasar Hang Da, Kham Thien Street, atau Bach Mai Street untuk produk ao dai yang siap pakai.

Jika kamu ingin membeli ao dai yang khusus didesain untukmu pergilah ke Ao Dai Vietnam di Hang Bong, Hoan Kiem atau Ao Dai Designer Boutique yang juga berlokasi di daerah yang sama. Harga desainnya mulai dari 1,6 juta Vietnam Dong.

, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 04:56 Oleh :
Kategori : Vietnam