10 Tempat Wisata Di Hanoi Yang Wajib Dikunjungi

Pertama mendengar nama Hanoi, Saya sedikit bingung antara Hanoi dengan Hanoi. Apakah Anda termasuk yang demikian? Honai adalah rumah khas penduduk Papua yang kecil, mungil, sempit dan terbuat dari kayu dengan atap dari bahan jerami atau ilalang. Dibuat demikian agar terlindungi dari hawa dingin. Tetapi, kali ini Saya tidak akan membahas mengenai Honai atau tempat wisata di Papua Nugini, melainkan 10 tempat wisata di Hanoi yang wajib dikunjungi.

Anda tidak perlu khawatir soal iklan dan cuaca, karena di Hanoi-Vietnam cuacanya hampir sama dengan di Indonesia, mungkin di sana sedikit lebih lembab. Jadi jika Anda berencana ke 10 tempat wisata di Hanoi yang wajib di kunjungi, tidak perlu repot-repot menyiapkan baju tebal seperti jika Anda hendak berlibur ke Eropa. Mungkin Anda hanya perlu memperhatikan tips jalan-jalan hemat ke Vietnam.

Sebagai salah satu negara tetangga, Vietnam memang memiliki banyak sekali spot asik yang wajib sekali Anda kunjungi. Jika Anda tidak tahu harus kemana, jangan bigung, saya akan bagikan 10 tempat wisata di Hanoi yang wajib dikunjungi. Berikut akan Saya bahas satu per satu.

1. Ha Long Bay

ha-long-bayWisata yang satu ini merupakan sebuah teluk yang sangat cantik, dan merupakan spot paling kece dan menempati urutan nomer satu dari 10 tempat wisata di Hanoi yang wajin dikunjungi. Wisata ini memang menjadi daya tarik turis, apalagi sejak tahun 1944 teluk Ha Long dinobatkan menjadi salah satu warisan budaya oleh UNESCO.

Teluk Ha Long di kelilingi oleh seribu lebih atau hampir dua ribu pulau-pulau batu kapur dengan posisi menjulang dari dasar laut dan juga terdapat beberapa gua di sekitarnya. Gua di teluk Ha Long terkenal memiliki ruang penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Ha Long artinya naga yang sedang turun.

Masyarakat sekitar percaya bahwa dulunya ada seekor naga yang turun dari langit untuk membantu melindungi negara Vietnam dari penjajah. Dan saat ini dipercaya bahwa naga tersebut telah menjelma menjadi rakyat biasa dan membantu mensejahterakan masyarakat sekitar teluk. Salah satu daya tarik dari teluk Ha Long adalah kehidupan masyarakat yang hidup di desa nelayan terapung. Kehidupan mereka sangat unik karena rumah-rumah yang dibuat terapung.

2. Danau Hoan Kiem

danau-hoan-kiemSelain Ha Long Bay, ada pula danau yang indah dan wajib untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Hanoi. Danau ini merupakan tempat yang asik untuk anda bersantai dan berkeliling menikmati pemandangan danau yang indah. Di sini Anda akan menemui masyarakat Hanoi sedang piknik, bersantai, bermain dan bercengkerama dengan keluarga atau sahabat.

Danau ini memiliki cerita unik dibalik arti namanya. Hoan Kiem artinya adalah pedang yang dikembalikan. Konon katanya, ada kura-kura sakti yang menghuni danau tersebut. Kura-kura tersebut memberikan sebuah pedang Thuan Thien kepada kaisar sebagai senjata untuk melawan penjajahan Cina dan mengusirnya dari Vietnam.

Setelah terbebas dari Cina, kaisar mengembalikan pedang tersebut kepada kura-kura sakti di danau itu. Makanya danau tersebut diberi nama Hoan Kiem yang artinya pedang yang dikembalikan. Unik sekali ya, Anda tentu penasaran bagaimana keindahan danau tempat dikembalikannya pedang kura-kura sakti.


3. Danau Ho Tay

danau-ho-tayHanoi disebut-sebut sebagai kota seribu danau karena memang di sana terdapat banyak sekali danau tersebar di mana-mana. Wah, pasti asik sekali jika suatu kota memiliki banyak spot wisata seperti danau. Salah satu danau terbesar dan terluas di Hanoi adalah Danau Ho Tay, luasnya mencapai 400 hektar dan bahkan katanya lebih dari itu.

Danau ini awalnya tidak bernama, mungkin saking banyaknya danau di Hanoi sampai lupa mamberi nama. Akhirnya pada abad ke 15 danau ini disebut Danau Ho Tay, danau paling luas di Hanoi. Jika Anda berniat mengunjunginya, danau ini hanya berjarak 300 meter dari Istana Kepresidenan Vietnam. Cukup dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Di sini Anda dapat menikmati sunset yang sangat menawan.

4. Hanoi Military Museum

hanoi-military-museumDi Hanoi Anda juga perlu mengunjungi tempat-tempat bersejarah, slaah satunya yaitu Hanoi Military Museum. Di sini Anda akan disuguhi dengan berbagai macam peralatan dan senjata perang hingga transportasi yang digunakan saat itu. Pesawat tempur dan helikopter perang berjejer rapi di museum ini.

Selain itu, banyak juga ditunjukkan foto-foto, aksesoris, peta dan benda-benda bersejarah lainnya yang menjadi kenangan masa-masa perang memperjuangkan kemerdekaan di bawah kepemimpinan Ho Chi Minh dan Komunis. Museum ini berada di Dien Boen Phu Street, dibangun pada 1805 hingga 1812. Luas bangunannya 130 meter dan ketinggiannya mencapai 31 meter. Museum ini merupakan kenangan bagi rakyat Vietnam atas perjuangan para pahlawannya dalam merebut kemerdekaan.

5. Ho Chi Minh Mausoleum

ho-chi-minh-mausoleumMuseum yang perlu Anda ketahui juga yaitu Ho Chi Minh Mausoleum. Museum ini dibangun atas dasar penghormatan kepada presiden Ho Chi Minh yang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan Vietnam pada masa-nya. Presiden Ho Chi Minh dikenal dengan sebutan uncle atau paman, disebut demikian karena untuk menjaga suasana yang akrab.

Pada masa kepemimpinannya, presiden Ho Chi Minh memang dikenal ramah. Perlu Anda ketahui bahwa seluruh bangunan museum ini menggunakan bahan dari masyarakat Vietnam itu sendiri. Hal ini dianggap sebagai bentuk penghormatan untuk sang presiden.

Bahkan tanaman bonsai yang menghiasi taman museum adalah koleksi bonsai dari seluruh daerah di Vietnam. Jika ingin berkunjung, Anda bisa masuk dengan gratis, tetapi peraturan di sana sangat ketat. Anda tidak boleh menggunakan pakaian yang tidak sopan seperti rok mini atau tanktop. Selain itu, di dalam makam Anda tidak boleh sembarangan memotret atau menunjuk jari.

6. Temple of Literature

temple-of-literatureBangunan ini merupakan sebuah kuil, disebut juga sebagai Imperial College. Dulunya, kuil ini digunakan sebagai tempat belajar oleh para putra mahkota dan tempat ibadah konfucu. Kuil ini juga merupakan universitas pertama dan paling tua di Vietnam.

Letaknya ada di Jalan Van Mieu Street, Anda bisa berkunjung dari pagi hingga sore hari. Kuil ini wajib Anda kunjungi karena sangat unik dan di setiap sudutnya Anda akan menemukan nuansa karya seni dan sastra yang kental. Di dalamnya juga terdapat kolam yang disebut kolam surgawi.

Selain itu, juga ada patung-patung yang menghiasi kuil. Terdapat sebuah contoh literature langka di kuil ini, literature ini yang mengawetkan arsitektur tradisional Vietnam. Dan mendapat apresiasi dan penghormatan dari para tokoh sastra dunia.

7. Forbidden Purple City

forbidden-purple-cityForbidden Purple City merupakan wisata bangunan bersejarah yang berupa benteng. Bangunan ini juga disebut Tu Cam Thanh. Benteng ini sangat unik karena di sekelilingnya terdapat parit yang panjangnya mencapai 10 km.

Dulunya benteng ini digunakan oleh para raja beserta selir-selirnya. Selain itu, benteng ini dibangun dengan gerbang  dan benteng sebanyak 10 macam benteng yang memiliki fungsi dan kegiatan berbeda-beda di setiap bentengnya.

Misalnya gerbang pertama yang menuju benteng yang dihuni oleh rakyat biasa atau jelata. Kemudian yagn selanjutnya biasanya digunakan untuk acara-acara penting kerajaan. Sedangkan benteng yang paling akhir yaitu pusat kota terlarang ‘Forbidden Purple City’ yang hanya boleh dikunjungi oleh keluarga berdarah biru yaitu para raja beserta selir mereka, dan kasim yang melayaninya.

8. Hanoi’s Old Quarter

hanois-old-quarterMerupakan sebuah jalan dengan 36 ruas jalan yang bisa Anda lewati. Di sini Anda bisa berjalan-jalan memandangi indahnya kota Hanoi sambil berbelanja barang-barang unik atau oleh-oleh makanan khas vietnam.

Yang unik dari tempat ini adalah setiap jalan di Hanoi’s Old Quarter ini diberi nama sesuai dengan nama toko di ujung jalan tersebut. Saking banyaknya ruas jalan di sini, Anda bisa seharian berbelanja. Semakin malam, pemandangan Hanoi’s Old Quarter semakin cantik dengan lampu-lampu yang bermacam-macam. Selain di sini, Anda juga bisa mengunjungi tempat belanja di vietnam untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

9. Pantai Nha Trang

nha-trangPantai indah yang satu ini sebenarnya bukan di Hanoi, letaknya ada di Vietnam Tengah. Namun, akan sayang sekali jika Anda melewati pemandangan cantik pantai Nha Trang ini. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri karena pasir putihnya yang masih alami, pantai ini banyak dikunjungi turis asing untuk sekedar berjemur menyewa kursi pantai dan menikmati pemancangan alamnya yang cantik.

Pantai ini juga pernah dipakai untuk ajang Miss Universe Pageant 2008, pantai ini sangat populer dan di kenal di dunia. Namun, jika ke sini Saya sarankan untuk berkunjung saat sore atau malam hari saja karena cuaca di sini sangat panas. Namun, pemandangannya yang indah sangat sayang untuk dilewatkan dan bisa jadi tampat berkumpul atau menghabiskan waktu.


10. Saigon Central Mosque

saigon-central-mosqueMasjid yang satu ini juga sering disebut dengan Dong Du, karena letaknya yang berada di Jalan Dong Du Chi Minh City. Saigon Central Mosque didirikan oleh muslim asal India Selatan pada tahun 1935. Umat muslim yang berlibur ke Hanoi wajib untuk berkunjung ke sini, ternyata muslim juga banyak berkembang di kota Hanoi.

Anda akan merasa tentram saat berada di sini. Selain itu, di dekat masjid ini juga terdapat pusat makanan halal sehingga Anda bisa sekalian berburu kuliner makanan halal di sini. Karena di setiap negara makanannya pasti berbeda-beda seperti makanan halal di guangzhou. Selain itu, ada restoran halal di Hanoi yang wajib Anda kunjungi dan makanan halal di Hanoi yang wajib Anda coba.

Itulah 10 tempat wisata di Hanoi yang wajib dikunjungi. Dan masih banyak lagi wisata-wisata asik di Hanoi yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke sana. Selain di Kota Hanoi, Anda juga bisa berkeliling ke Vietnam tengah atau Vietnam selatan karena wisata di Vietnam sangat banyak dan sayang untuk dilewatkan.

, , , ,
Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 04:03 Oleh :
Kategori : Vietnam