8 Tips Backpacker ke Ho Chi Minh Vietnam Yang Paling Berguna

Mengunjungi tempat wisata di Asia Tenggara bisa menjadi salah satu pilihan destinasi liburan luar negeri yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan negara-negara di Asia t\Tenggara lokasinya tak jauh dari Indonesia, dan juga semakin dipermudah dengan kebijakan bebas visa bagi warga Indoensia untuk mengunjungi negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk berlibur adalah Ho Chi Minh yang merupakan salah satu kota terbesar di Vietnam.  Banyak tempat wisata di Vietnam, khususnya Ho Chi Minh yang menarik dan juga ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara,

Bagi yang ingin mengefisiensikan biaya untuk berwisata di Vietnam, khususnya di kota Ho Chi Minh ini tentu bisa dengan cara Backpacker. Berikut ini adalah beberapa tips Backpacker ke Ho Chi Min yang bisa membuat berlibur ke tempat ini bisa lebih efisien namun tetap menyenangkan.

1. Berburu tiket pesawat murah

Berburu tiket pesawat murah

Salah satu hal utama yang pasti dipikirkan banyak orang ketika merencanakan untuk berlibur, terutama ke luar negeri adalah mengenai biaya tiket pesawat. Untuk mengefisiensikan biaya tiket pesawat dan hotel ini manfaatkan paket promo atau bisa membeli tiket jauh-jauh hari, maupun mengunjungi travel fair yang sering diselenggarakan oleh maskapai penerbangan.

Tips Lainnya adalah hindari musim-musim High season seperti bulan Oktober-Maret atau saat peak Season Dessember hingga pertengahan Februari karena tentu harga tiketnya pasti akan lebih mahal dari biasanya.

2. Rencanakan dengan matang Itinerary selama liburan d Ho Chi Minh

Rencanakan dengan matang Itinerary selama liburan d Ho Chi Minh

Dengan membuat rencana perjalanan atau Itinerary perjalanan secara detail, itu juga akan membantu untuk mengatur waktu selama liburan di Ho Chi Minh.

Selain itu juga dengan membuat itinerary juga semakin mudah untuk menghitung dan memperkirakan biaya yang keluar selama liburan sehingga bisa efektif dan efisien dan dapat menghemat dana untuk di alihkan ke yang lainnya.

3. Memilih lokasi penginapan yang tepat

Memilih Lokasi Penginapan yang tepat

Salah satu cara agar Itinerary yang sudah dipersiapkan untuk Backpacker ke Ho Chi Minh bisa efektif dan juga efisien adalah mencari tempat penginapan yang lokasi nya bisa cukup strategis untuk menjangkau tempat-tempat wisata yang akan didatangi sehiningga bisa lebih hemat waktu dan biaya, terutama biaya transportasi.

Para Backpacker terkadang lebih memilih hostel atau Dom karena tarif menginapnya yang tentu lebih murah juga dibandingkan dengan Hotel. Namun jangan lupa juga memperhitungkan dan mempertimbankan untuk jarak antara hotel tersebut dengan tempat wisata yang kita kunjungi dan pilihlah tempat penginapan yang nyaman dan juga bisa menghemat waktu dan biaya.

4. Pilih Transportasi yang akan digunakan

Pilih Transportasi yang akan digunakan

Sebagai backpacker, terkadang kita memilih untuk berjalan kaki ataupun menggunakan transportasi umum untuk menghemat biaya dibanding menyewa kendaraan pribadi. Di Vietnam ini bagi pengunjung yang ingin backpacker bisa menggunakan open bus untuk bisa berkeliling kota Ho Chi Minh ataupun kota lainnya di Vietnam dengan biaya yang cukup terjangkau.

Untuk menuju ke berbagai tempat wisata di Ho Chi Minh, kita juga bisa menggunakan bus dengan harga yang cukup terjangkau. Atau saat ini di Vietnam juga sudah ada berbagai macam transportasi online yang juga bisa memudahkan pengunjung untuk menuju ke berbagai tempat wisata.

Satu hal lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk alat transportasi di Ho Chi Minh ini adalah dengan menyewa sepeda motor. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya transportasi selama di Ho Chi Minh, namun sebaiknya kamu hasus mempunyai cukup pengalaman karena lalu lintas di kota ini agak cukup kacau.

5. Berwisata kuliner di Ho Chi Minh

Berwisata kuliner di Ho Chi Minh

Belum lengkap rasanya jika liburan ke Ho chi Minh, Vietnam jika belum menikmati wisata kuliner di Vietnam karena makanan khas Vietnam juga tak kalah lezarnya dibandingkan dengan negara lainnya di Asia Tenggara. Para Backpacker bisa mencicipi beragam street food yang banyak dijajakan di kota Ho Chi min ini yang juga sering ramai diburu oleh para pecinta kuliner.

Atau bagi para wisatawan beragama muslim di kota Ho chi minh ini juga banyak terdapat restoran maupun tempat makan yang menjual berbagai macam makanan halal di Ho Chi Minh. Selain itu pengunjun juga banyak toko yang menjual oleh-oleh makanan khas Vietnam bagi para pengunjung yang sedang mencari buah tangan untuk dibawa pulang.

6. Mengunjungi Objek wisata gratis di Ho Chi Minh

Mengunjungi Objek wisata gratis di Ho Chi Minh

Saat Backpacker ke Ho Chi Minh, tentu tempat wisata yang ingin dikunjungi adalah tempat wisata yang punya tiket masuk cukup murah dan terjangkau, bahkan gratis. Ternyata tempat wisata di Ho Chi Minh ini juga banyak yang tidak memungut tiket masuk bagi para pengunjungnya yang datang.

Beberapa objek wisata gratis di Ho Chi Minh yang bisa dimanfaatkan bagi yang ingin backpacker ke Ho Chi Minh antara lain Pham Ngu Lao, Ho Chi Minh Mousoleum Complex, Katedral Notre Dame HCMC, dan masih banyak lagi.

7. Menukar Mata Uang

menukar mata uang

Salah satu hal yang juga perlu dilakukan ketika berlibur keluar negeri tentu adalah menukar matau yang dengan mata uang setempat. Hal ini dilakukan agar kita dapat lebih mudah bertransaksi atau membeli kebutuhan selama liburan atau oleh-oleh.

Salah satu cara untuk mendapatkan nilai tukar yang cukup baik dengan mata uang negara lain, dalam hal ini mata uang negara Vietnam, sebaiknya kita menukar mata uang rupiah dahulu dengan dollar dan kemudian menukarkan dollar tersebut dengan mata uang Vietnam saat tiba di negara tersebut.

Namun untuk diingat bahwa dalam berwisata ke luar negeri sebaiknya membawa uang yang secukpnya saja untuk menghindari berbafai tindak kejahatan.

8. Membeli Kartu Sim Setempat

Membeli kartu Sim setempat

Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi, terutama kebutuhan akan internet juga menjadi salah satu kebutuhan yang utama bagi banyak orang walaupun sedang berlibur. Agar tetap terhubung dengan orang-orang dan juga tetap bisa eksis di media sosial selama liburan, Jangan lupa untuk membeli karrtu SIM setempat saat sudah tiba di Vietnam ini.

Saat ini di Bandara di kota Ho chi minh sendiri maupun di beberapa tempat lainnyya di kota rersebut yang sudah menyediakan sim card khusus untuk para turis. Beberapa operator lokal di Vietnam seperti Viettel, Vinaphone, maupun Mobifone sudah banyak yang menawarkan paket internet dan juga telepon internasional dengan harga yang terjangkau di kalangan backpacker.

Selain Sim Card, untuk supaya memenuhi kebutuhan berinternet selama di kota ini, bisa menyea MI FI yang juga dapat dibawa kemana-mana. Menggunakan MiFi ini juga bisa jadi cara untuk menghemat biaya,terlebih jika kamu berlibur bersama teman atau keluarga karena bisa digunakan bersama-sama.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi tips Backpacker ke Ho Chi Minh yang bisa dicoba untuk menghemat biaya liburanmu selama di kota tersebut. Akhir kata semoga artikel ini bisa memberi informasi bermanfaat bagi yang ingin berlibur ke Vietnam, khususnya kota Ho Chi Minh.

Terimakasih juga sudah membaca dan berbagi artikel ini, dan sampai bertemu di artikel berikutnya,

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, March 2019 / 14:49 Oleh :
Kategori : Vietnam