6 Restoran Halal Di Hanoi Yang Wajib Di Kunjungi Wisatawan Muslim

Vietnam adalah negara yang mayoritas penduduknya tidak memeluk agama tapi ada juga yang beragama Budha. Berbeda sekali dengan Indonesia, orang-orang yang beragama Islam hanya menjadi kaum minoritas. Makanya jangan heran jika kamu pergi ke sana, akan terasa agak sulit menemukan suasana islamiah di sana. Termasuk ketika kamu sedang berusaha mencari makanan halal di Hanoi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menemukan beberapa restoran halal di Hanoi, ibukota Vietnam, yang bisa kamu kunjungi dan nikmati masakannya.

  1. Khazaana Indian Halal Restaurant

Khazaana Indian Halal RestaurantKarena memang Vietnam pada dasarnya bukan negara yang membedakan makanan halal dan haram, agak sulit menemukan makanan khas negara ini yang aman untuk dinikmati. Tapi kamu bisa mencicipi makanan dengan cita rasa yang lain loh. Sambil wisata kuliner di Vietnam, coba lah datang ke Khazaana Indian Halal Restaurant di Old Quarter. Restoran halal di Hanoi yang satu ini menawarkan makanan dengan gaya khas India yang berempah.

Apa yang membuatnya istimewa? Restoran ini mendapatkan rating dan feedback yang baik dari pengunjungnya. Dengan harga yang terjangkau, kamu akan menerima makanan dengan rasa yang lezat. Belum lagi tempatnya yang terbilang sejuk untuk ukuran negara tropis yang panas di musim kemarau.  Berbeda dengan beberapa restoran serupa di sana, ada restoran yang kurang mendapatkan review yang bagus karena cita rasa masakannya berubah sejak berganti kepemilikan.

  1. P.K. Spice Restaurant

P.K. Spice RestaurantRestoran halal di Hanoi ini tepatnya berada di kawasan 10 Hang Manh, Hanoi. Makanan yang ditawarkan adalah berbagai makanan halal khas Pakistan, Afghanistan, dan India. Dengan masakan India yang diunggulinya. Pemilik restoran dan staf yang bekerja di P.K Spice Restaurant terkenal sangat ramah. Mereka selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik agar pengunjungnya merasa nyaman di sini.

Tidak hanya itu, rasa yang ditawarkan pada makanannya mengingatkan dan mengenalkan kita pada rasa asli di negara asalnya. Jaminan halal melekat pada restoran ini. Jadi kamu akan merasa tenang menikmati makanan lezatnya. Kamu juga akan merasa nyaman makan di dalam restoran yang interior yang didesain sebagus mungkin.

  1. Batavia Restaurant & Café

Batavia Restaurant & CaféVietnam itu tidak berada jauh dari Indonesia. Jadi jangan kaget jika kamu mencari makanan halal, dan yang ditemukan adalah makanan khas Indonesia. Misalnya rendang, sate kambing, soto ayam, nasi kuning, nasi goreng, sop buntut, ayam penyet, dan jenis makanan lainnya. Duh membayangkannya jadi lapar ya? Apalagi jika kamu sedang berada di negara orang, tidak jarang kamu merasa homesick dan merindukan hal-hal berbau Indonesia. Maka dari itu, jangan ragu mengunjungi Batavia Restaurant & Café.

Restoran halal di Hanoi ini dimiliki oleh orang asal Indonesia yang sidah tinggal selama 15 tahun di Hanoi, bernama Azhar Rizal. Lokasinya berada di 25 Xuan Dieu, Quang An, Tay Ho, kota Hanoi.


Walaupun mayoritas makanan yang ditawarkan adalah makanan Indonesia, tapi banyak pengunjung luar negeri yang juga memilih untuk mencicipi makanan halal di sini. Kehalalannya terjamin hingga cara memasak, mendapatkan bahan makanan, dan alat-alat yang digunakan untuk membuat masakannya. Oh ya jangan lupa juga bertanya pada pemilik restoran, di mana kamu bisa mencari souvenir khas Vietnam yang mungkin ada di sekitar situ.

Kelebihan lainnya, kamu juga bisa mencicipi makanan khas Vietnam seperti Pho Bo (mie daging sapi) yang berlabel halal. Makanan satu ini tidak bisa dilewatkan saat kamu berwisata ke Vietnam. Bicara soal wisata, selain danau hoan kiem, kamu bisa menikmati keindahan danau terbesar di Hanoi bernama West Lake di sini loh. Batavia Restaurant & Café memiliki tiga lantai. Jika kamu bersama dengan sejumlah orang dalam rombonganmu, kamu bisa menggunakan lantai dua sambil menikmati pemandangan danau. Di lantai tiga, tersedia rooftop agar kamu bisa bersantai bersama teman-teman.

  1. Dlions Restaurant

Dlions RestaurantKalau kamu masih ingin menikmati makanan khas Melayu, coba lah untuk mampir ke Dlions Restaurant. Restoran halal di Hanoi ini tepatnya berada di dalam hotel Cosiana, 92 Le Duan. Bukan makanan Indonesia yang ditawarkan ya, Dlions Restaurant lebih menawarkan makanan melayu dari Malaysia dan Singapura. Lumayan, kamu yang tidak sempat mampir ke dua negara itu, bisa merasakan makanannya di sini.

Makanan seperti apa sih yang ditawarkan Dlions Restaurant? Mungkin kamu sudah sering mendengar beberapa jenis makanannya di Indonesia. Misalnya roti canai, laksa, nasi lemak, bihun goreng singapura, the tarik, dan lain-lain. Mengenai harganya, kamu tidak perlu khawatir. Walaupun berada di dalam hotel, kamu bisa menikmati makanan berlabel halal dengan harga yang masih terjangkau, tidak berbeda jauh dengan harga makanan Indonesia.

  1. Juni’s Kitchen

Juni’s KitchenSatu lagi makanan khas Indonesia yang bisa menyalurkan rasa rindumu terhadap Indonesia. Dengan menu andalan rendang, Juni’s Kitchen berani memberikan variasi rasa makanan yang lain dari makanan Vietnam pada umumnya. Apalagi dengan jaminan halal yang dikantongi restoran ini. Kamu tinggal duduk manis tanpa merasa takut berdosa memakan makanan yang dilarang oleh agama Islam.

Sama dengan Batavia Restaurant & Café, Juni’s Kitchen juga menawarkan pemandangan West Lake, tempat wisata di Hanoi yang menarik untuk dikunjungi. Kamu hanya perlu mendatangi restoran yang berlokasi di 19 Xom Chua Kim Lien Ngo So 1 Au Co, kota Hanoi. Sulit ya mengejanya? Hehe. Untuk mempermudah, kamu bisa mencoba meminta arahan aplikasi Google Maps ke lokasi Juni’s Kitchen.

  1. Zaynab Restaurant

Zaynab RestaurantJika kamu berwisata ke Hanoi, baik yang muslim ataupun bukan, bisa berkunjung ke Mesjid Al-Noor. Bangunannya tidak terlalu besar tetapi menerapkan gaya kolonial dengan pilar dan dinding putihnya. Ada dua hal yang membuatnya istimewa. Pertama, mesjid Al-Noor sudah berdiri sejak tahun 1930-an. Dan yang kedua karena ada restoran halal di dalamnya.

Berbeda dengan restoran-restoran yang disebutkan sebelumnya, Zaynab Restaurant adalah restoran yang sangat sederhana. Tempatnya kecil dengan hanya empat buah meja makan yang disediakan untuk pengunjungnya.

Tapi agar mendapatkan variasi makanan di Vietnam, Zaynab Restaurant bisa menjadi pilihan. Akhirnya kamu bisa mencicipi makanan bernuansa Vietnam seperti Vietnam ice coffee dan spring roll rice noodle di sini. Karena lokasinya yang berada di dalam mesjid, tentu makanan di sini mengantongi label halal.


Enam restoran halal di Hanoi ini bisa membuatmu tenang untuk berkunjung ke sana kan? Tenang karena selain bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Vietnam, kamu juga bisa mengisi perut dengan makanan yang baik. Oh ya jangan khawatir, di Hanoi juga kamu bisa menemukan beberapa makanan ringan yang aman untuk disantap. Atau kamu juga bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Dari makanan hingga aksesoris.

Sebenarnya kenapa sih orang-orang menjadikan Hanoi sebagai destinasi wisata? Untuk beberapa dari kamu yang masih bingun, alowisata berikan sedikit alasanya. Hanoi adalah kota di mana kamu bisa berbelanja dengan harga yang murah, bahkan lebih murah dari Bangkok. Ada beberapa lokasi wisata menarik yang didukung dengan akses transportasi yang mudah dan akomodasi yang terjangkau. Kalau budget liburanmu terbatas tapi ingin melancong ke luar negeri, coba saja untuk backpacker ke Hanoi.

, , ,
Post Date: Wednesday 18th, July 2018 / 04:12 Oleh :
Kategori : Vietnam