13 Tempat Bersejarah Di Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

Tempat bersejarah di vietnam  – Vietnam memiliki sejarah yang cukup kelam pada masa lampau. Negara ini dirundung perang  selama berabad-abad, dan meninggalkan berbagai bangunan dan berbagai monument peringatan.  Selain menikmati keindahan alamnya, Tidak lengkap rasanya jika berlibur menjelajahi tempat wisata di Vietnam tanpa mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada dinegara ini. Ada apa saja ya tempat bersejarah di Vietnam, yuk kita simak langsung saja tempat bersejarah di Vietnam berikut ini.

1. War Renmant Museum

war-renmans-museumWar Renmant Museum merupakan salah satu museum  terpopuler di Vietnam. Museum  ini menyimpan lebih dari 20.000 dokumen, artefak dan foto pada masa perang antara Vietnam Selatan dan Vietnam utara. Namun, dokumen yang dipublikasikan untuk umum hanya sekitar 1.500 dokumen, artefak, foto saja, yang terbagi menjadi 8 bagian.

Musuem ini berisi sisa-sisa perang yang sangat bersejarah bagi bangsa Vietnam dan menunjukkan bagaimana kejamnya agresi militer yang dilakukan oleh prancis dan Amerika Serikat pada masa itu. Disini anda bisa menyaksikan sendiri kekejaman yang didokumentasikan dan dipublikasikan dengan rapi. Disini anda akan menemukan berbagai foto cukup vulgar yang menggambarkan kekejaman colonial, termasuk pembantaian My Lai dan juga serangan agent orange yang masih berefek hingga sekarang.

  • Alamat : War Renmants Museum, 28 Vo Van Tan, Distrik 3, Ho Chi Minh

2. Komplesk Penjara Con Dao

Cao-daoPenjara Con Dao di Pulau Con Son, Vietnam selatan dibangun pada tahun 1861 oleh kolonialis Perancis untuk memenjarakan para pemberontak ketika mereka berkuasa. Penjara ini memiliki 120 sel, dimana dulunya penjara ini pernah diisi oleh sepuluh ribu tahanan yang disiksa dengan cara yang sangat mengerikan oleh pemerintah kolonial Prancis yang didukung oleh Amerika Serikat.

Kompleks Penjara Con Dao ditutup oleh pemerintah Vietnam pada tahun 1975. Didalam Penjara juga dilengkapi dengan manekin – manekin para tahanan yang terlihat sangat kasihan.

  • Alamat : Co Ong Street, Con Dao

3. Cu Chi Tunel

Chu-chi-TunelCu Chi Tunel merupakan terowongan bawah tanah yang  terletak di Distrik Cu Chi Kota Ho Chi Minh. Terowongan ini sangatlah kompleks dan dibangun pada sekitar tahun 1940 an, kemudian diperluas pada sekitar tahun 1960 an.

Cu Chi Tunel merupakan markas bagi para pejuang Vietnam selatan dalam memerangi pemerintah Amerika serikat  yang pada saat itu ingin menyebarkan faham mereka. Terowongan ini hanya memiliki tinggi sekitar sepinggang orang dewasa, jadi jika anda ingin menyusuri terowongan ini, anda harus merunduk.

  • Alamat : Phu Hiep, Phu My Hung, Cu Chi

4. Khai Dinh Tomb

Khai-Dinh-TmbMerupakan tempat bersejarah di Vietnam dimana tempat ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Khai Dinh, salah satu pimpinan dari kerajaan Hu dari dinasti Nguyen. Makam ini dibangun pada tahun 1920 an dengan lama pembangunan sekitar 11 tahun.

Bangunan utama dari makam ini juga disebut dengan Thien Dinh, dimana arsitektur dari makam ini terbilang cukup unik, yaitu memadukan antara arsitektur eropa dan Vietnam. Diluar bangunan utama terdapat berbagai patung seperti prajurit yang sedang berdiri. Sedangkan didalam Thien dinh terdapat patung Khai Dinh yang sedang duduk, dan diseluruh ruangan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang indah.

  • Alamat : Khai Dinh, Thuy Bang, Hue

5. Benteng Kekaisaran Hue

Benteng-HueBenteng ini dibangun pada tahun 1804 dan merupakan tempat tinggal Dinasti Nguyen. Dinasti Nguyen sendiri merupakan dinasti dari kerajaan terakhir di Vietnam yang berlangsung selama 143 tahun. Bangunan utama dari benteng ini mirip seperti Kota Terlarang yang juga menjadi salah satu tempat wisata di China populer.

Bangunan di Benteng ini rusak parah selama masa pemerintahan kolonial dan perang Vietnam. Dari 148 bangunan,sekarang hanya tesisa 20 bangunan yang masih bisa dilihat bentuknya.

  • Alamat: Hue, Thua Thien Hue

6. My Son Cham

My-SonMy Son Cham merupakan salah satu candi peninggalan dari agama Hindu, namun sekarang hanya tinggal reruntuhan. Candi ini  dibangun antara abad ke-4 hingga ke-14 pada masa pemerintahan kerajaan Champa.

Pada akhir abad ke-19, Kompleks candi ini mengalami kerusakan parah akibat bom yang dijatuhkan oleh militer AS.

Alamat: Duy Phu, Duy Xuyen, Quang Nam

7. Long Tan Cross Memorial

Long-tanLong Tan Cross Memorial merupakan sebuah monument untuk memperingati pertempuran Long Tan di mana lebih dari 500 tentara Australia tewas selama Perang Vietnam. Didirikan oleh Royal Australian Regiment pada tanggal 18 Agustus 1969. Keikutsertaan Australia dalam perang Vietnam menandai perang terpanjang, paling mematikan dan paling kontroversial di Vietnam.

Dukungan Australia dalam Perang Vietnam juga mencerminkan hubungannya dengan Amerika sebagai sekutu. Australia mengirim pasukanya atas permintaan dari Ngo Dinh Diem, pemimpin pemerintah yang juga didukung oleh Amerika Serikat. Monumen ini merupakan salah satu dari 2 monumen untuk mempeingati pasukan militer asing yang diizinkan oleh pemerintah Vietnam.

  • Alamat : Long Tan, Dat Do, Ba Ria Vung Tau

8. Cannon Fort

Cannon-fortCannon Fort, atau Benteng meriam merupakan sebuah benteng yang teletak di Cat Ba yang dibangun oleh Jepang dan digunakan sebagai pos militer selama perang dunia kedua. Dan kemudian digunakan Prancis selam perang Indochina untuk mempertahankan kota Haiphong.

Ketika mengunjungi Cannon Fort, anda bisa menelusuri terowongan dan parit bawah tanahnya. Dimana selain memiliki nilai historis, pemandangan di sekitar cannon fort juga sangat indah.

  • Alamat : Cat Ba, Cat Hai, Haiphong

9. Pagoda Thien Mu

Pagoda-Thien-MuThien Mu merupakan pagoda yang memiliki bangunan tujuh lantai yang dianggap sebagai simbol dari ibukota kerajaan Hue, Thien Mu. Pagoda Thien Mu juga merupakan pagoda tertinggi di Vietnam, dan terletak di tepi utara Sungai Perfume. Thien Mu dibangun pada tahun 1601 yaitu pada masa dinasti Nguyen.

Pada awalnya pagoda ini dibangun dengan desain yang hampir sama dengan kuil – kuil pada umumnya, namun seiring berjalanya waktu, pagoda ini terus dipugar hingga menghasilkan bangunan yang indah dan bersejarah seperti sekarang ini.

10. Penjara Hoa Lo

Hao-LaoHampir sama dengan penjara Cao Dao di Con Son, Penjara ini juga berisi manekin – manekin yang digunakan untuk menambah kengerian suasana dari penjara ketika terjadinya perang Vietnam.

Namun, berbeda dengan Penjara cao Dao, pernjara Hoa Lo digunakan untuk menahan para tawanan kolonial oleh para pejuan Nasionalis. Salah satunya adalah sang senator Amerika, John McCain dan juga salah satu pilot asal Amerika Serikat.

Alamat : Hoa Lo, Hoan Kiem, Hanoi

11. Vinh Moc tunnel

Vinc-MocTerowongan ini dibangun antara tahun 1966 hingga 1967. Berbeda dengan terowongan Cu Chi yang lebih difungsikan sebagai tempat persembunyian para pasukan Viet Cong; Terowongan Moc Tunnel dibangun untuk warga sipil, yang difungsikan untuk perlindungan  dari pengeboman dari militer Amerika Serikat. Sekitar 300 orang dinyatakan hidup dan bekerja didalam terowongan selama 6 tahun lamanya ketika perang Vietnam berlangsung.

Alamat: Vinh Thach, Vinh Linh, Quang Tri

12. Mauseleom Ho chi Minh

Ho-chi-minh-MaosoleumHo Chi minh merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam kemerdekaan Vietnam. Pada tanggal 2 September 1969, Presiden Ho Chi Minh yang juga merupakan presiden pertama Vietnam harus berpulang. Untuk menghormati jasa-jasa Ho Chi Minh, dan juga agar Ho Chi Minh juga ikut menyaksikan bahwa Vietnam sudah benar-benar bersatu dan berdaulat.

Jenazah Ho Chi Minh diawetkan dan disimpan ke dalam sarkofagus. Tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang sangat populer di Vietnam. Wisatawan dilarang berbicara dan memotret ketika berada di dalam monument ini.


13. Hoi An

Hoi-AnBerbeda dengan beberapa peninggalan diatas yang hampir kesemuanya berhubungan dengan perang Vietnam. Hoi An merupakan salah satu tempat bersejarah dimana Hoi An dulu adalah sebuah pelabuhan Internasional yang cukup ramai .

Pelabuhan Hoi An diperkirakan sudah ada sejak abad ke 16. Hoi An terkadang juga disebut sebagai Venesianya Vietnam karena terdapat banyak kanal –kanal kecil yang memotong kota. Anda bisa mampir dibeberapa tempat pembuatan keramik atupun tekstil disini.

dan itu dia berbagai tempat bersejarah di Vietnam yang bisa anda kunjungi ketika berlibur kesana. Jaga tingkah laku dan juga barang berharga anda, dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Saturday 28th, July 2018 / 01:53 Oleh :
Kategori : Vietnam