12 Oleh Oleh Khas Guangzhou Terfavorit Wisatawan

Sekarang tidak hanya pepatah yang mengatakan mencari ilmu sampai ke negeri China, tapi mulai ada yang mengatakan berlibur sampai ke negeri China. Guangzhou menjadi salah satu tempat wisata di China yang diincar oleh wisatawan di berbagai daerah. Guangzhou memiliki banyak sekali tempat wisata yang layak untuk dinikmati oleh siapa saja.

Beberapa tempat wisata yang terkenal di Guangzhou antara lain: canton tower, temple of six banyan trees, Guangzhou opera house, Dr. Sun Yat Sen memorial hall, lotus hill, Shamian Island, south china botanical garden, chimelong paradise dan lain sebagainya. ketika mereka sudah berwisata sampai ke Guangzhou, tidak mungkin akan meninggalkan oleh oleh khas Guangzhou sebelum pulang ke rumah.

Buat anda yang juga tidak ingin melewatkan membawa pulang oleh oleh khas Guangzhou, berikut beberapa saran oleh oleh khas Guangzhou China yang bisa jadi pilihan untuk dijadikan buah tangan.

1.Kain Sutra China

kain-sutera-china

Kain sutra China juga dijual di Guangzhou, anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh. Kualtias kain sutra China sama bagusnya dengan kain sutera dari Turki dan negara lain yang memproduksi sutera, dan satu hal yang pasti bahwa setiap negara memiliki ciri khas tersendiri dalam hal mengelola kain suteranya. Produksi terbaik oleh oleh khas Guangzhou berupa kain sutra China ini berasal dari Kota Dandong, Suzhou, Hangzhou dan Sichuan.

Banyak orang memilih kain sutra sebagai oleh-oleh karena kain sutera sangat bagus dijadikan gaun cantik. Ketika kain sutera dibawa pulang, anda bisa menyimpannya atau langsung membuat pola pakaian yang anda bayangkan selama ini. pakaian yang terbuat dari sutera sering terlihat sangat memukau, terutama jika sutera yang terbaiklah yang dijadikan bahan utama.

Di samping kain sutra anda bisa membawa syal yang juga terbuat dari sutera atau aksesoris fashion item lainya sebagai buah tangan.

2. Keramik Antik

keramik-china

China juga terkenal sebagai bangsa penghasil karya seni yang tinggi, jangan heran jika bisa melihat gerabah atau keramik antik di negara ini dijual di pasar-pasar. Keramik antik kini juga menjadi salah satu oleh oleh khas Guangzhou yang diinginkan banyak orang.

Keramik antik bisa menjadi pajangan di rumah. Seni keramik antik diperkenalkan dalam perdagangan jalur sutera. Kolektor dan perkembangan seni keramik antik memiliki sejarah yang panjang.

Banyak pecinta seni keramik China mencari keramik dengan motif lawas. Keramik dengan ukiran yang menggambarkan budaya dan kehidupan tradisional orang Tiongkok dijual di pasaran, membuat para pelancong dapat menemukannya dengan mudah.

Beberapa toko menjual keramik antik disertai dengan garansi. Mungkin ini bisa menjamin besarnya kualitas keramik antik yang dijual oleh masyarakat setempat. Bila anda penasaran dengan keramik antik dan kuno di China, datanglah ke Kota Jingdezhen. Kota tersebut merupakan pusat penjualan keramik antik, sekalipun di Guangzhou juga ada, namun banyak orang memilih untuk datang ke pusatnya langsung.


3. Lukisan China

lukisan-china

Banyak kolektor barang antik jauh-jauh datang ke Guangzhou China untuk membeli lukisan China selain untuk melihat-lihat tempat belanja murah di Guangzhou. Kolektor barang antik memahami bahwa karya seni buatan China mengandung arti khusus, karena kekhasan itu nampak dari cara pengrajin mnegukir hiasan di dinding keramik.

Seiring perubahan waktu, keindahan lukisan China pun juga mengalami perubahan seperti halnya kerajinan keramik antik, namun bagi para pecinta lukisan mereka menyadari bahwa lukisan China klasik masih memiliki daya tawar yang tinggi. Banyak lukisan-lukisan klasik China yang menggambarkan kehidupan sosial, spiritual, sampai dengan politik dan alam China.

Lukisan apik China yang digemari para kolektor lukisan ada dua teknik yaitu Gong Bi dan Shui Mo. Kedua teknik itu menghasilkan perbedaan filosofi lukisan dan memiliki penggemar yang berbeda.

4. Batu Giok

batu-giok1

Anda mungkin sering menjumpai batu giok di toko-toko khas barang antik China. Ketika anda berlibur ke Guangzhou, anda pun bisa menjadikan batu giok sebagai oleh-oleh khas Hongkong yang juga ada di Guangzhou, sebaiknya dibawa pulang. Batu giok sangat identik dengan Tiongkok, karena itu benda ini akna mengingatkan anda pada keberuntungan anda yang sudah sampai ke China sebagai pelancong.

Batu giok biasanya disukai oleh perempuan, jadi anda bisa membawa oleh-oleh berupa kalung batu giok, gelang, anting, dan hiasan dinding yang terbuat dari bahan utama batu giok untuk mereka di rumah. Bagi masyarakt Tiongkok sendiri, batu giok merupakan tanda kemuliaan, kecantikan, kesempurnaan, keteguhan, kekuatan dan keabadian. Batu giok merupakan mascot orang Tiongkok sejak lebih dari 4.000 tahun.

5. Teh dan obat tradisional China

teh-oolong

Selin barang-barang antik, China juga terkenal dengan teh hitam, teh hijau, teh wangi, teh bata, dan teh oolong. Teh-the ini bisa anda jadikan oleh-oleh pilihan untuk orang di rumah. banyak wisatawan yang mencari teh oolong asli yang diracik orang China sebagai oleh-oleh setelah berwisata ke Guangzhou dan sekitarnya.

Kesukaan mereka memilih teh sebagai oleh-oleh ialah karena Teh China dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Di samping itu juga banyak yang percaya bahwa teh china dapat meningkatkan program diet yang sedang dijalani perempuan.

Selain teh, banyak orang juga berharap bisa memperoleh obat-obatan tradisional alami dari China seperti tumbuhan akar seperti jahe, gingseng, bunga krisan, ketimun China, camellia, cayenne, dan lain sebagainya.

Oleh-oleh kuliner khas China

Selain oleh-oleh berupa barang-barang tersebut di atas, ketika anda berwisata ke Guangzhou, berikut kami rekomendasikan oleh-oleh berupa kuliner khas China yang dapat anda beli di area Guangzhou.

  • Masakan Kanton

Masakan kanton ada di Guangzhou, sehingga anda bisa mencicipinya sebelum anda membawa pulang dalam bentuk kemasaran. Masakan ini dibuat dari berbagai bahan antara lain daging ayam, daging sapi, daging babi, lidah bebek, bekicot, ceker ayam, dan lain sebagainya. ada juga yang menggunakan daging kambing atau domba.

  • Dim sum kanton

Dim sum adalah jajanan khas China yang digemari banyak orang. Makanan ini mudah dijumpai di seantero China, termasuk restoran di Kota Guangzhou.

  • Yuntun Mian atau mie pangsit

Buat anda yang suka mie pangsit, tuntum mian atau mie pangsit akan menjadi makanan yang lezat untuk dinikmati dan juga menjadi oleh-oleh berkesan untuk setiap orang di rumah.

  • Jidi Zhou

Jidi Zhou merupakan kuliner berupa bubur yang mungkin kurang tepat jika dijadikan oleh-oleh, namun cocok untuk dicicipi ketika dan sampai di Guangzhou.


  • Chang Fen atau Streamed vermicelli roll

Chang fen adalah salah satu jenis kuliner yang sangat populer di Guangzhou. Banyak orang menikmatu makanan ini sambil minum teh. Di teahouse, pastikan akan tersedia cemilan chang fen yang di dalamnya juga termasuk dim sum.

  • Guiling Gao

Kuliner berikutnya yang kerap bikin penasaran wisatawan dari seluruh dunia ialah guiling gau, makanan atau jajanan lezat dari Guangzhou ini berupa jelly, di mana bahan utama pembuatannya ialah dari seekor kura-kura. Anda bisa membawanya pulang ke rumah sebagia oleh oleh khas Guangzhou. Masyarakat Guangzhou sendiri percaya bahwa Guiling Gao merupakan makanan yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

  • White Cut Chicken atau baiqie chicken

Satu lagi makanan kesukaan warga Guangzhou ialah white cut chicken yang biasa disantap dengan cara dicocolkan pada daun bawang, minyak kacang, cocolan jahe, dan lain sebagainya. Rasa original white cut chicken sangat menggoyang lidah, tak heran kalau ada banyak wisatawan ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh yang bisa dibagikan dengan orang rumah.

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, July 2018 / 07:55 Oleh :
Kategori : Tiongkok