8 Oleh-oleh Khas India Yang Unik dan Wajib Dibeli di India

India merupakan salah satu negara di Asia Selatan yang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Salah satu diantaranya masuk ke dalam satu dari tujuh keajaiban dunia, yaitu Taj Mahal. Selain taj Mahal, anda bisa mengunjungi tempat wisata menarik lainya seperti Hawa Mahal, dan Qutub Minar.

Mengunjungi tempat wisata di India tak akan lengkap rasanya jika anda tidak membeli oleh-oleh khas dari negara ini. India merupakan negara besar dan memiliki berbagai kebudayaan yang beraneka ragam. Dari situlah tercipta kekhasan dan juga identitas dari negara tersebut. Hal ini sangat cocok untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh khas dari India, dimana anda bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai sedikit dari budaya mereka.

Untuk memperoleh oleh-oleh yang bagus, tentunya anda harus bisa memilih oleh-oleh yang dengan hanya melihatnya saja, anda sudah tahu bahwa oleh-oleh tersebut dari India. Dan berikut kami sajikan Oleh-oleh khas India yang Wajib anda beli saat liburan ke India.

1.Saree dan Kurtas

SareeMerupakan baju khas India yang sangat cocok sekali untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh. Saree sudah dipakai penduduk india sejak 5.000 tahun yang lalu. Biasanya digunakan oleh wanita-wanita india untuk acara-acara formal seperti pernikahan, upacara, dan bahkan penjamuan makan malam. Untuk membeli Saree anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan tubuh anda agar terlihat pas dan cocok dengan anda. Harga Saree biasanya dijual antara 1.000 rupee hingga 5.000 rupee (210.000 hingga 1.048.000 Rupiah)

Kurtas merupakan pakaian yang terbuat dari katun yang biasanya digunakan untuk legging dan dipakai sehari- hari. Terdapat berbagai macam motif Kurtas dimana setiap wilayah memiliki motif tersendiri. Untuk membawa pulang kurtas di anda hanya merogoh kocek sekitar 100 hingga 700 Rupee (21.000 – 147.000 rupiah), dan untuk kualitas terbaik anda dihargai sekitar 1.000 Rupee (1.048.000).

Harga:

  • Saree : 1.000 rupee hingga 5.000 rupee (210.000 hingga 1.048.000 Rupiah)
  • Kurtas : 100 hingga 700 Rupee (21.000 – 147.000 rupiah)

2.Replika Ganesha

GaneshaDewa Ganesha merupakan salah satu dewa yang cukup populer dan identik di India. Ganesha merupakan dewa berkepala gajah dimana dipercaya oleh beberapa masyarakat India sebagai pembawa keberuntungan dan kesuksesan.

Biasanya replika Ganesha terbuat dari kuningan. Oleh-oleh satu ini sangat cocok untuk anda pajang di ruang tamu atau bisa anda berikan kepada teman atau kolega anda sebagai hadiah yang berkesan dari India. Replika Ganesha ini akan mengingatkan anda pada kenangan indah saat berlibur di India. Anda bisa membelinya dengan harga sekitar 2.000 rupee atau sekitar 420.000 rupiah

Harga : sekitar 2.000 rupee atau sekitar 420.000 rupiah


3.Teh India

teh indiaIndia tekenal akan produksi tehnya, merupakan oleh-oleh berupa makanan yang bisa anda beli. Salah satu teh yang terkenal adalah Goodwyn Tea yang berbasis di Assam yaitu sebuah perkebunana the di kaki pegunungan Himalaya. Goodwyn Tea memiliki perkebunan teh seluas 9.000 hektar dan melibatkan 6.000 pembuat teh. Anda bisa membeli satu kotak teh dengan harga 500 rupee atau sekitar 105.000 rupiah.

Anda bisa menikmati berbagai campuran teh dan susu, anda bisa membuatnya dengan cara menyeduh dengan tambahan rempah-rempah seperti kapulaga dan cengkeh. Atau anda bisa membeli kemasan teh dengan merk Taj Mahal dengan rasa yang khas india.

Harga : 500 rupee (sekitar 105.000 rupiah) 

4. Bubuk Kari India dan Rempah-rempah India

bubuk rempahIndia terkenal akan kari nya yang kental dan lezat. Anda bisa membeli bubuk kari untuk anda masak di rumah dan nikmati suasana India dari rumah anda. Rasa kari di India khas dan mantap. Mungkin jika anda seorang yang hobi memasak, bubuk kari ini bisa anda jadikan sebagai alternative oleh-oleh. Atau bisa juga anda beli untuk oleh-oleh bagi kolega anda di rumah.

Selain bubuk kari, anda juga bisa membeli bumbu-bumbu khas India lainya sebagai oleh-oleh. Untuk membawa pulang satu kotak bumbu-bumbu khas india ini anda harus merogoh kocek sekitar 380 Rupee atau sekitar 80.000 rupiah

Harga : Sekitar 380 Rupee atau sekitar 80.000 rupiah

5. Lukisan Tanjore

TanjoreIndia memiliki budaya dan kerajinan tangan yang khas yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh. Salah satunya adalah hiasan dinding yang bisa berupa rajutan maupun lukisan. Hiasan dinding ini akan selalu mengingatkan anda mengenai kenangan saat berlibur di India yang bisa anda pasang di Ruang tamu ataupun kamar tidur anda.

Ada beberapa hiasan dinding yang bisa anda jadikan oleh-oleh adalah Lukisan Tanjore, Dengan warna yang kaya dan beragam. Biasanya Lukisan Tanjore menggambarkan karakter spiritual atau adegan dari mitologi india. Lukisan ini memiliki harga yang cukup mahal, biasanya dijual dengan harga 4,400 rupee (sekitar 930.000 rupiah).

Jika Lukisan Tanjore dinilai terlalu mahal anda bisa memilih Lukisan Madhubani ataupun Chikkan, Madhubani merupakan Lukisan  yang biasanya bergambar lukisan bertema hindu, mulai dari tarian dewa krisna, hingga pemandangan krisna, anda bisa membelinya di Datskar Mela do Anuvrat Marg.

Sedangkan, Chickan merupakan kain yang dirajut sehingga menghasilkan gambar yang mirip dengan lukisan. Biasanya Chickan bergambar gajah atau gambar rumit seperti batik. Harga untuk Chickan sekitar Rp. 50.000

Harga : Rp. 50.000  hingga 930.000 rupiah

6. Pashima

Pashmina adalah kain tenun yang biasa digunakan di lingkungan dingin di wilayah Kashmir. Kain ini memiliki bahan yang lembut dan hangat. Anda mungkin bisa menemukan berbagai kain pashima yang di berbagai toko di Indonesia. Namun, India khususnya khasmir telah mematenkan pasmina sebagai salah satu produk asli dan otentik. Anda bisa menggunakanya sebagai syal ataupun untuk penutup kepala.

7. Produk-produk dari Sandalwood / Cendana

Sandalwood soapIndia memiliki Beberapa hutan cendana terbesar dan terindah di dunia. Biasanya produk-produk cendana dimanfaatkan sebagai campuran produk kecantikan dan pengharum seperti dupa, minyak esensial, lulur tubuh, dan berbagai perawatan wajah lainya.

Di India, anda bisa membawa pulang produk-produk dari cendana dengan kualitas terbaik, bahkan dengan harga yang lebih murah. Salah satu produk yang paling populer adalah sabun Cendana (Sandalwood Soap). Untuk membeli oleh-oleh ini, anda hanya merogoh kocek sekitar 59 Rupee atau sekitar 12.500 rupiah. Salah satu toko yang cukup populer adalah di Nehru enclave east Kalkaji, New Delhi.

Harga untuk Sandalwood soap: 59 rupee  hingga 12.500 rupiah

8. Menakary dan Kundan

menakaryJika anda pecinta film Bollywood, biasanya anda akan melihat berbagai aksesoris yang dipakai oleh beberapa pemeran wanitanya. Nah, Ketika anda sedang berlibur ke India jangan lewatkan untuk membeli beberapa aksesoris khas india ini. Anda bisa mampir di Titu Jewelers yang berada di Dariba Kalan, Chandni Chowk, New Delhi.

Disini anda akan dimanjakan dengan semua perhiasan Meenakari dan Kundan dalam bentuk anting, kalung, gelang, dan cincin yang unik, funky, modis dan trendi untuk Anda pilih. Anda bisa membelinya untuk anda pakai sendiri ataupun untuk sanak saudara maupun teman-teman anda di rumah. Untuk harga bervariasi antara 2200 rupee hingga 9000 rupee (461.000 hingga 1.890.000 rupiah). 


Jika anda ingin mencari aksesoris yang lebih murah anda bisa membeli gelang kerincing dengan harga 50 hingga 60 rupee. Biasanya gelang-gelang tersebut sudah dikemas kedalam wadah plastic dengan isi 12 biji.

Harga

  • Gelang Keroncong, sekitar 50 hingga 60 rupee (10.500 hingga 12. 600 rupiah) untuk satu wadah berisi 12 biji
  • Menakari dan Kundan, sekitar 2200 rupee hingga 9000 rupee (461.000 hingga 1.890.000 rupiah)

Diatas merupakan beberapa oleh-oleh khas india yang bisa anda beli. Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan-makanan khas India yang unik; Dan kunjungi tempat wisata kuliner dimana anda bisa menikmati berbagai masakan disini. Juga, jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa menjelajahi tempat-tempat wisata di Asia Selatan lainya yang juga memiliki keunikan tersendiri, seperti tempat wisata di Maladewa dan tempat Wisata di Nepal. Nikmati liburan anda dan happy travelling.

, , ,
Post Date: Wednesday 18th, April 2018 / 01:38 Oleh :
Kategori : India