9 Tempat Terkenal Di India Yang Paling Sering Di Kunjungi Wisatawan

India dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki budaya serta sejarah sejak dulu kala serta persebaran diaspora penduduknya yang juga cukup besar membuat negeri ini memiliki para penggemarnya tersendiri. Banyak orang ingin mengunjungi India namun tak pernah mengetahui ke mana harus pergi atau atraksi apa saja yang menarik yang bisa dikunjungi.

Bila kamu hanya mengenal New Delhi sebagai kota di India dan menganggap Taj Mahal sebagai satu – satunya lokasi wisata menarik maka kami sarankan kamu untuk membaca daftar yang merangkum tempat terkenal di India yang harus masuk dalam daftar kunjungan wisata. Di bawah ini ada beberapa lokasi wisata India yang bernuansa sejarah dan budaya dengan informasi acara dan festival menarik yang mereka miliki di beberapa kota di India tak hanya Delhi tapi juga termasuk Agra dan Uttar Pradesh.

  1. Benteng Merah

benteng merahBagi penyuka wisata sejarah, benteng Merah yang berlokasi di Delhi adalah salah satu yang mesti dikunjungi. Benteng ini dibangun saat Raja Shah Jahan memindahkan ibu kota dari Agra ke Delhi. Dibangun selama sepuluh tahun dari 1638 hingga 1648, nama lain dari benteng ini adalah Qila e Mubarak. Salah satu tempat yang paling menarik dikunjungi adalah Rang Mahal yang berarti istana berwarna, yang merupakan tempat istri raja, selir, dan pembantu tinggal.

Meski berwarna merah, benteng ini sebenarnya tidak dibuat dari batu pasir merah melainkan dicat merah oleh pemerintah Inggris. Benteng yang berbentuk segi delapan ini adalah lokasi wisata sejarah paling terkenal di India Utara sekaligus tempat presiden berpidato setiap hari kemerdekaan. Jam bukanya setiap hari kecuali Senin sejak pukul 9.30 hingga 16.30 dengan harga tiket 250 Rupe untuk wisatawan asing.

  1. Qutub Minar

benteng merahMenara sekaligus komplek masjid yang merupakan titik awal sejarah Islam di India ini memiliki sejarah yang cukup kontroversial, yakni dibangun dengan bebatuan yang diambil dari kuil Hindu sebelumnya. Terlihat dari ukiran huruf campuran Nagari serta Arab dan motif yang lebih bercorak Hindu ketimbang Islam di banyak dindingnya.

Masjid yang ada di dalam komplek juga merupakan masjid pertama di India yaitu masjid Quwwatul Islam. Masjid ini dibuat dari batu pasir merah dan ada salah satu pilarnya yang sudah 2000 tahun tidak diganti dan masih tetap berdiri. Ada pertunjukan cahaya dekorasi yang diadakan setiap malam dari pukul 6.30 sampai 8 malam. Selain itu ada juga festival yang diadakan pada bulan Oktober dan November.


  1. Hawa Mahal

india hawa mahalIstana Angin adalah arti dari nama tempat ini, yang bangunannya menyerupai sarang lebah dengan 953 jendela. Kadang juga bentuk bangunannya dianggap menyerupai mahkota raja yang mendirikannya yakni Maharaja Sawai Pratap Singh, yang begitu setia kepada dewa Krisna. Yang menarik dari lokasi wisata yang ada di Jaipur ini adalah ia merupakan salah satu bangunan tertinggi yang tidak memiliki pondasi.

Lantas mengapa bangunan ini masih berdiri? Karena bentuknya yang seperti piramida. Bangunan ini disebut sebagai tempat untuk para wanita pada masa itu untuk melihat dunia luar tanpa terlihat oleh siapa – siapa. Bila kamu menyukai desain interior, tempat ini juga dipenuhi motif menarik di dindingnya. Jam bukanya sendiri dari pukul 9.30 sampai 16.30 dengan harga tiket 50 Rupe bagi pengunjung asing.

  1. Taj Mahal

india taj mahalSiapa yang tak akan mengenal Taj Mahal India? Tempat ini mungkin adalah salah satu hal yang akan selalu teringat saat nama India disebut. Atraksi wisata yang satu ini adalah juga salah satu dari tempat terkenal di India yang harus masuk dalam daftar kunjungan wisata kamu. Meski kerap dianggap sebagai istana, sebenarnya bangunan ini adalah makam.

Raja Shah Jahan membangunnya di tahun 1632 untuk istrinya yang telah tiada, Mumtaz Mahal. Pembangunannya berlangsung sekitar 22 tahun. Salah satu kegiatan yang wajib dicoba adalah datang ke sini di malam hari untuk melihat pertunjukan. Namun datang di siang hari pun tak kalah indahnya. Orang di bawah usia 15 tahun tak diperkenankan masuk ke sini.

  1. Benteng Agra

india benteng agraBerkunjung ke Agra, tak hanya ada Taj Mahal namun juga ada Benteng Agra. Benteng ini menjelaskan banyak hal tentang sejarah India khususnya dari masa kekaisaran Mughal. Tempat ini dibangun dengan batu pasir merah di tahun 1565 oleh Akbar. Ada dua gerbang masuk yaitu gerbang Amar Singh dan gerbang Delhi. Wisatawan biasanya masuk melalui gerbang Amar Singh.

Lokasi ini merupakan salah satu tempat wisata di Agra India yang paling terkenal yang juga pernah masuk dalam cerita Sherlock Holmes yang berjudul Sign of the Four serta menjadi lokasi syuting film Jodha Akbar. Tempat yang kerap menjadi atraksi di sini antara lain:

  • Istana Jahangir
  • Masjid Nagina
  • Masjid Moti
  • Pasar Zenana Mina
  1. Kuil Mahabodhi

india bodhigayaSelain berburu oleh – oleh khas India saat berwisata, tentunya mengenal sejarah adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat berkunjung ke negeri beribu kota New Delhi ini. Kuil Mahabodhi adalah lokasi tempat pohon Bodhi di mana Siddharta Gautama disebut mendapatkan pencerahan. Kuilnya sendiri dibangun oleh Ashoka di abad ke 3 dan lokasinya yang ada di Bodh Gaya memiliki patung Buddha raksasa.

Lokasi wisata ini gratis dikunjungi tanpa tiket dan buka dari pukul 5 pagi hingga 9 malam sehingga pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Ada lokasi bernama Bodhimanda di kuil ini yang dipercaya sebagai tempat yang akan menghilang terakhir saat dunia berakhir dan muncul pertama kali saat dunia kembali tercipta. Ada juga tapak jewel yang disebut sebagai tempat Buddha berkeliling tujuh kali untuk memperoleh pencerahan.

  1. Rani Ki Vav

india rani ki vavBila Taj Mahal adalah perlambang cinta raja untuk ratunya, maka Rani Ki Vav sebaliknya. Bangunan ini dibuat oleh Ratu Udayamati untuk mengenang suaminya raja Bhimdev dari dinasti Solanki. Susunan bebatuan ini dibuat pada abad ke 11 dan kedalamannya mencapai 24 meter. Tak ayal, ini adalah salah satu dari tempat terkenal di India yang harus masuk dalam daftar kunjungan karena pesona arsitekturnya yang benar – benar memukau.

Beberapa atraksi paling menarik adalah tingkat tengah bangunan yang diberi nama Dasavatars yang berarti 10 reinkarnasi Wisnu. Juga pahatan patung Yokinis, Apsaras, dan Nakakanyas di tujuh galeri. Wisatawan bisa berkunjung ke sini dari pukul 8 pagi hingga 6 sore dengan membayar sebesar 135 Rupe India. Lokasinya yang berada di Gujarat, juga akan memberikanmu kesempatan mencicipi banyak camilan khas India.


  1. Victoria Memorial

india victoria memorialTak hanya lokasi wisata yang berasal dari masa kejayaan kerajaan India yang bisa kamu kunjungi saat berada di salah satu negeri dengan penduduk terbanyak di dunia ini, ada juga situs wisata yang memberikan informasi sejarah terkait masa penjajahan yang pernah berlangsung di India. Tempat wisata ini adalah The Victoria Memorial di Kalkota yang dibangun pada era keberlangsungan pemerintahan Inggris di India.

Di dalamnya sendiri terdapat banyak memorabilia dari Inggris seperti senjata, lukisan, artefak, dan patung – patung. Tak ketinggalan, kamu juga akan bisa menemukan lukisan dari bangsawan Inggris. Ada juga lukisan yang menggambarkan wajah Pangeran Wales di Jaipur pada 1876, lukisan ini dibuat oleh Vasili Verestchagin dari Rusia. Dibuka sejak pukul 5.30 hingga 18.15 setiap harinya dengan tiket 200 Rupe untuk orang asing.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 05:42 Oleh :
Kategori : India