8 Makanan Khas Korea Selatan Yang Halal Favorit Wisatawan

Setiap negara tentu memilikim makanan dengan ciri khasnya sendiri, mulai dari rasa yang unik, bentuk yang aneh, bahkan makanan khas yang disajikan dengan ekstrim. Kali ini kami akan membahas makanan khas Korea Selatan yang halal.

Banyak wisatawan dari luar Korea yang kagum dengan kebudayaan, musik, hingga K-drama hingga yang penasaran dengan Kota Terkenal Di Korea Selatan. Tapi tidak sedikit juga yang datang ke Korea Selatan karena penasaran dengan makanannya yang khas dan lezat. Mungkin untuk anda yang gemar menonton drama Korea pasti sudah tidak asing dengan beberapa makanan berikut ini.

1. Japchae

Japchae

Makanan khas Korea Selatan yang halal ini sekilas mirip dengan bihun goreng, japchae menjadi salah satu makanan favorite di Korea Selatan.

Tidak heran kalau makanan yang satu ini tidak sulit untuk ditemukan baik di pinggiran maupun Kota Besar Di Korea.

Bahkan mungkin hampir semua restoran yang menyediakan menu khas Korea pasti memiliki menu ini. Bahan dasar japchae adalah sayuran, daging, dan mie soun Korea yang terbuat dari kentang. Saat penyajian biasanya akan ditaburi biji wijen diatas masakan, membuat hidangan ini semakin terasa gurih.

2. Bibimbap

Bibimbap

Makanan ini disajikan diatas makuk yang di dalamnya terdapat nasi putih dengan lauk pauk berupa sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang.

Jika diartikan secara harafiah bibimbap berarti “ nasi campur “. Sebelum dimakan, nasi dan lauk pauk harus diaduk menjadi satu terlebih dahulu.

Hidangan ini memiliki banyak variasi menurut daerag di Korea, namun Kota Jeonju di Jeolla Utara lah yang menjadi asal variasi bibimbao oaling terkenal di Korea. Makanan khas Korea Selatan yang halal bernama Jeonju bibimbap ini berisikan lauk pauk terbanyak di Korea.


Ada pula makanan serupa yang bernama heotjesabap yang berasal dari Kota Jinju di Provinsi Gyeongsang. Bimbimbap versi ini berisikan nasi yang ditambah sayur dan daging sapi mentah. Menurut sejarahnya nasi campur ini tercipta ketika masa perang Imjin saat rakyat setempat harus menyiapkan makanan yang praktis ketika saat-saat genting.

Varian lainnya yaitu dolsot bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk batu yang telah dipanaskan. Panas dari mangkuk batu tersebut yang akan mematangkan telur mentah di atas nasi sebagai lauk.

Sebelum memasukkan nasi, mangkuk dituangi minyak wijen terlebih dahulu agar terbentuk kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuknya. Makanan ini banyak tersaji di Tempat Wisata Musim Dingin Di Korea.

3. Tteokbokki

Tteokbokki

Makanan khas Korea Selatan yang halal berikutnya ini tentu sudah tidak asing bagi penggemar Kpop atau K-drama. Berbahan utama tteok yang merupakan tepung beras yang kemudian dimasak dalam bumbu gochujang yang memiliki rasa pedan manis.

Tteok yang biasa dipakai memiliki bentuk silinder, makanan ini dikenal juga sebagai salah satu street foodnya Korea. Makanan ini awalnya berasal dari istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki.

Saat itu makanan ini dimasak menggunakan kecap asin, daging sapi, bagogari, kecambah, wortel, bawang bombay, dan shiitake. Rasanya tentu sangat berbeda dengan tteokbokki yang berbumbu cabai saat ini. Makanan khas Korea Selatan yang halal ini umumnya menggunakan

4. Kimchi

Kimchi

Makanan tradisional Korea ini adalah salah satu jenis sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas.

Setelah digarami dan dicuci, sayuran lalu dicampur dengan bumbu yang terbuat dari kecap ikan, bawang putih, jahe, bubuk cabai, dan udang kecil.

Makanan khas Korea Selatan yang halal ini umumnua terbuat dari sawi putih dan lobak. Kimchi selalu dihidangkan saat makan sebagai calah satu jenis banchan paling umum. Olahan ini juga kerap dijadikan sebagai bumbu ketika memasak sup atau nasi goreng kimchi.

Karena terbuat dari sayuran, tentu saja kimchi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Kimchi juga disebut sebagai salah satu makanan tersehat di dunia menurut majalah Health Megazine. Karena memiliki vitami, dan membantu pencernaa, sehingga memungkinkan untuk membantu mencegah kanker.

5. Gimbap

Gimbap

Makanan khas Korea selanjutnya adalah gimbap yang terdiri dari nasi yang dibungkus menggunakan rumput laut kering. Makanan ini populer dibawa ketika berpiknik, hiking, atau aktivitas di luar ruangan.

Untuk membuatnya hanya diperlukan bahan-bahan yang sederhana saja, yaitu nasi putih, daging, sayur, dan rumput laut kering. Bahan-bahan tersebut lalu digulung menggunakan rumput laut kering dan dipotong sesuai dengan ukuran gigitan.

Tidak diketahui dari mana makanan ini berasal, ada yang mengatakan bahwa makanan ini hasil adaptasi dari sushi Jepang. Namun, berdasarkan buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada era Dinasti Joseon, terdapat makanan yang bernama bokksam yang terbuat dari nasi yang digulung menggunakan rumput laut kering.

Ditengah banyaknya variasi gimbab di Korea, Chungmu gimbab adalah yang paling terkenal. Chungmu gimbab berasal dari Chungmu di pesisir selatan Semenanjung Korea, makanan ini tidak memiliki isian. Hanya berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan bersama cumi-cumi dan kimchi.

6. Jajangmyeon

Jajangmyeon

Masakan Korea ini berupa mie dengan saus pasta kacang kedelai hitam, kuliner ini sebenarnya berasal dari Tionghoa yang biasa disebut zhajiangmian.

Makanan ini dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Tempat Wisata Di Busan Korea Selatan.

Walupun keduanya memiliki perbedaan rasa, di Beijing makanan ini memiliki saus yang lebih bervariasi dengan daging babi sebagai tambahnnya. Namun di Korea Jajangmyeon memiliki saus yang lebih kental dan hitam dengan memakai makanan laut sebagai tambahannya. Variasi lainnya yaitu:

  • Ganjajangmyeon, yang disajikan bersama mie namun dnegan saus yang terpisah
  • Samseon jajangmyeon, makanan ini menggunakan campuran makanan laut seperti ikan, teripang, cumi-cumi dengan saus yang telah dicampurkan
  • Samseon ganjajangmyeon, memiliki komposisi mie dengan saus yang berisi makanan laut namun mie dan aneka seafood tersbut tidak dijadikan satu dalam satu piring.

7. Maeuntang

Maeuntang

Hidangan ini berupa sup ikan pedas khas Korea Selatan yang direbus bersama saus gochujang. Namanya berasal dari kata maeun yang memiliki arti pedas dan tang yang berarti sup.

Bahan utama dari makanan ini adalah ikan air tawar atau ikan laut segar yang direbus bersama bubuk cabai, bawang, lobak, tahu, daging sapi, saus gochujang, dan beberapa rmepah-rempah lainnya.

Bahkan banyak pula rumah makan di Korea yang mengizinkan pembeli untuk memiliki sendiri ikan yang diinginkan. Makanan ini sangat terkenal di Korea karena biasanya disantap dengan minuman soju, yaitu minuman beralkohol khas Korea.


8. Schnee Pang

Schnee Pang

Makanan lezat yang satu ini sangat populer di Korea Selatan dan juga cukup banyak diminati oleh wisatawan. Schnee Pang terbuat dari adonan tepung yang dibentuk seperti bola lalu digoreng hingga matang.

Kue ini memiliki rasa manis dengan beberaoa variasi rasa yaitu, coklat, gula bubuk, green tea, dan masih banyak lagi yang lainnya. Makanan ini dapat ditemukan dengan mudah di Korea Selatan, mulai dari mall, hingga pedagang di pinggir jalan, bahkan beberapa kawasan stasiun kereta pun memiliki kedai yang menjual kudapan ini. Setelah melihat daftar makanannya tidak ada ruginya kalau menyimak dulu Tips Backpacker Ke Korea Selatan.

, , ,
Post Date: Monday 10th, June 2019 / 09:03 Oleh :
Kategori : Korea Selatan